Pengertian Karbohidrat dan Pola Makan Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat dan Pola Makan Karbohidrat

Karbohidrat sebagai senyawa organik yang paling berlimpah di Bumi. Karbohidrat ialah zat nutrisi yang berperan untuk sumber energi untuk badan. Sumber energi ini sebagai makanan khusus untuk otak.

Oleh karenanya, jika kekurangan karbohidrat malah dapat memacu permasalahan kesehatan, hingga Anda tidak dapat menghindariinya. Karbohidrat mempunyai beragam peranan pada tubuh makhluk hidup, khususnya sebagai bahan bakar, cadangan makanan dan materi pembangun.

Di saat Anda konsumsi karbohidrat, badan akan merusaknya jadi glukosa. Glukosa atau gula darah yakni sumber energi khusus untuk sel, jaringan, dan organ badan. Zat ini bisa selekasnya dipakai atau diletakkan di otot dan hati.

Mayoritas karbohidrat bisa ditemui dalam beberapa bijian. Tetapi, cukup banyak juga produsen makanan yang menambah zat nutrisi ini ke makanan buatan yang lain, berbentuk pati atau tambahan gula.

Keperluan karbohidrat tiap orang biasanya berbeda, bergantung umur, tipe kelamin, kegiatan fisik, dan keadaan klinis yang dialami. Maka dari itu, kesetimbangan jumlah konsumsinya perlu selalu dijaga. Janganlah sampai kekurangan atau kelebihan. Disamping itu, diet ekstrim dengan batasi karbohidrat dan konsumsi gizi lain seharusnya dijauhi.

Orang dewasa sehat, biasanya memerlukan konsumsi karbohidrat sekitar 220 sampai 300 g sehari-harinya . Maka, janganlah sampai kekurangan konsumsi karbohidrat, supaya tubuh kamu masih tetap mempunyai energi yang cocok, hingga dapat mengawali kegiatan dengan optimal.

Sumber Karbohidrat

Pada intinya, ada banyak makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan menjadi alternatif nasi. Berikut keterangan selengkapnya.

1. Nasi Putih

Nasi putih sebagai salah satunya makanan yang karbohidratnya lumayan tinggi. Nasi putih sebagai makanan dasar Indonesia. Di dalam 180 gr nasi putih ada 50 gr karbohidrat.

Bukan hanya karbohidrat saja yang tinggi, nasi putih simpan vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, selenium, mangan, fosfor, dan magnesium yang diperlukan oleh badan meskipun dengan jumlah yang sedikit. Glukosa dari nasi putih berguna untuk sumber energi atau bahan bakar khusus badan khususnya untuk otak.

2. Nasi Merah

Beras merah atau nasi merah sebagai makanan yang dipandang lebih sehat dibanding nasi putih. Di pada sebuah cangkir nasi merah ada sekitaran 36 gr karbohidrat. Walau kandungan karbohidratnya lebih rendah, tetapi nasi merah mempunyai serat yang berguna untuk badan. Nasi merah berperan sebagai anti-oksidan.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar yang memiliki ukuran sedang dan dengan kulitnya mendungan sekitaran 23,61 gr. Dan makanan yang ini simpan vitamin A, C, dan potasium yang berguna untuk kesehatan.

4. Jagung

Opsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat selanjutnya yakni jagung. Konsumsi jagung sekitar 100 g, karena itu Anda akan memperoleh karbohidrat sekitaran 25 gr. Tidak cuma karbohidrat saja, jagung mempunyai vitamin dan protein C yang diperlukan oleh badan.

5. Apel

Apel yang mempunyai struktur keras tetapi rasa yang nikmat ini memiliki kandungan karbohidrat lumayan tinggi. Dalam sebuah apel yang ukuran sedang ada sekitaran 25,15 gr karbohidrat. Apel simpan vitamin seperti vitamin A dan C yang bagus untuk badan. Kandungan kalium dan serat membuat buah satu ini makin banyak mengandung nutrisi.

6. Pisang

Buah-buahan dapat menjadi sumber karbohidrat. Pisang salah satunya buah yang lumayan tinggi kandungan karbohidratnya. Dalam sebuah pisang ukuran sedang mempunyai kandungan karbohidrat sekitaran 26,95 gr. Disamping itu, pisang simpan kalium, vitamin A dan C.

7. Kacang Merah

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat seterusnya yakni kacang merah. Konsumsi kacang merah sekitar secangkir akan hasilkan karbohidrat lebih kurang 21 gr.

Kandungan protein dan seratnya lumayan tinggi hingga dapat menambahkan gizi untuk badan. Tidak itu saja, kalium dalam kacang merah membuat makanan ini banyak memiliki faedah untuk kesehatan, satu diantaranya menahan radang pada usus besar.

8. Oat

Oat sekitar secangkir dapat hasilkan karbohidrat sekitaran 27 gr. Selainnya karbohidrat, oat memiliki kandungan protein dan serat lima dan empat gr. Sebuah riset mengatakan jika oat yang dari gandum berguna untuk mempertahankan kesehatan jantung. Oat umumnya dimakan pagi hari sebagai menu makan pagi.

9. Kentang

Karbohidrat dalam kentang sekitaran 66 sampai 90 %. Umbi yang ini memang lumayan mengenyangkan. Anda dapat mengonsumsinya dengan direbus, dimasak, atau memprosesnya berbentuk lain.

10. Kurma

Kurma Medjool mempunyai kandungan karbohidrat sekitaran 17,99 gr. Disamping itu, kurma kaya vitamin A, serat, kalsium, fosfor, dan kalium yang berguna untuk kesehatan. Rasa manis dan struktur halus membuat beberapa orang menyenangi makanan ciri khas Timur tengah ini.

11. Kismis

Makanan dari buah anggur kering ini memiliki kandungan karbohidrat sekitaran 129,48 gr pada sebuah cangkir. Disamping itu, kismis simpan kalium, fosfor, kalsium, dan jadi sumber anti-oksidan yang bagus untuk badan.

Beberapa jenis Karbohidrat

Karbohidrat dijumpai mempunyai dua tipe. Badan akan mengolah ke-2 tipe makronutrien dengan berbeda. Berikut penuturannya diringkas dari beragam sumber:

Tipe Karbohidrat Simpel

Karbohidrat simpel umumnya diketemukan pada permen, sirup, atau minuman bersoda. Minuman dan makanan itu dibuat dari gula olahan yang tidak memiliki kandungan serat atau vitamin.

Tipe makanan itu dikenali dengan panggilan "kalori kosong" dan mempunyai potensi untuk tingkatkan berat tubuh.

Walau tidak mempunyai kalori, tapi badan masih tetap dapat memproses karbohidrat simpel itu. Saat gula simpel yang dibuat oleh karbohidrat telah ada di saluran darah, karena itu insulin akan menolong glukosa masuk ke sel badan.

Energi akan didapat oleh sel itu. Insulin akan menolong tersisa glukosa untuk masuk ke organ otot dan hati buat disimpan sebagai cadangan energi. Bila glukosa tidak dapat diletakkan dalam sel menjadi energi, karena itu glukosa itu akan diganti jadi lemak.

Berikut yang pada akhirnya membuat beberapa orang yakini jika karbohidrat dapat membuat berat tubuh bertambah. Walau sebenarnya bila ketahui langkah mengelolanya, karena itu karbohidrat dapat memberi banyak faedah.

Misalkan, dengan teratur lakukan olahraga supaya cadangan glukosa dalam otot dapat kepakai. Hingga ketika berada kelebihan glukosa, dapat diletakkan dalam otot dan jadi cadangan energi.

Tipe Karbohidrat Kompleks

Peranan karbohidrat untuk badan didukung oleh tipe karbohidrat yang ini. Karbohidrat kompleks diolah badan dengan merusak rantai panjang gula saat sebelum jadi energi.

Karbohidrat kompleks memerlukan waktu semakin lama untuk diolah pada tubuh jika dibanding dengan karbohidrat simpel. Segi bagusnya, karbohidrat kompleks dapat memberi energi secara stabil dan menahan penimbunan lemak pada tubuh.

Sesudah karbohidrat kompleks masuk ke usus kecil, enzim mulai akan merusak karbohidrat jadi glukosa. Waktu itu, glukosa segera masuk ke saluran darah. Selanjutnya glukosa akan diperlukan secara sama dengan glukosa pada karbohidrat simpel.

Tetapi karbohidrat kompleks perlu waktu semakin lama untuk masuk ke saluran darah. Keunggulan dari karbohidrat kompleks yakni dapat sediakan energi dalam saat yang semakin lama dibanding karbohidrat simpel. Hingga saat konsumsi tipe karbohidrat kompleks dapat membuat kita berasa kenyang semakin lama.

Ada banyak tipe makanan yang sanggup memberi peranan karbohidrat yang maksimal untuk badan, misalnya:

  • Beberapa bijian utuh dan roti yang memiliki kandungan bahan itu (whole grain)Nasi merah, nasi coklat, atau sagu
  • Pasta Sereal dari gandum utuh
  • Kacang-kacangan
  • Umbi-umbian, seperti ubi jalar
  • Buah-buahan, seperti buah pisang, apel, mangga, atau kurma.

Peranan Karbohidrat Untuk Badan

Berikut sejumlah peranan dari konsumsi karbohidrat untuk badan, diantaranya:

1. Sebagai Sumber Energi

Peranan dari karbohidrat yakni untuk sumber energi. Saat karbohidrat diolah, karena itu badan akan menggantinya jadi glukosa. Zat berikut sebagai sumber energi untuk badan.

Hal yang penting kita kenali jika karbohidrat terdiri jadi dua tipe yakni karbohidrat kompleks dan simpel. Karbohidrat kompleks memberi energi yang lebih bertahan lama. Dan karbohidrat simpel sediakan energi dalam sekejap.

Konsumsi karbohidrat dari tiap makanan yang dimakan akan dibagi jadi gula pada tubuh, selanjutnya diserap oleh aliran cerna dan masuk ke saluran darah.

Dengan kontribusi hormon insulin, gula pada darah akan masuk sel badan dan dibuat jadi energi. Dalam pada itu, kelebihan gula atau glukosa pada tubuh akan diletakkan dalam hati dan otot sebagai glikogen. Jika betul-betul tidak kepakai, glukosa akan diganti jadi lemak.

2. Sebagai Pengontrol Berat Tubuh

Cukup banyak orang yang berasumsi jika mengonsumsi makanan berkarbohidrat bisa meningkatkan berat tubuh. Asumsi itu memang bukan dogma semata. Karbohidrat kompleks dapat memberi energi semakin lama.

Jadi saat mengonsumsinya, kita dapat rasakan kenyang semakin lama dan kurangi selera makan. Untuk memperoleh peranan karbohidrat yang ini, pilih makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, kacang-kacangan, dan sayur.

Tipe makanan berkarbohidrat itu dijumpai kaya serat yang bisa memberi dampak kenyang semakin lama dan turunkan berat tubuh.

Banyak orang yang ingin turunkan berat tubuh memutuskan untuk jalani diet rendah karbohidrat. Maknanya, Anda kemungkinan cuma akan memperoleh konsumsi karbohidrat sekitar 25 sampai 150 g setiap harinya.

Kenyataannya, diet penurun berat tubuh ini sebetulnya aman, tapi Anda perlu tetap konsultasi dengan pakar nutrisi. Ini karena diet rendah karbohidrat kadang membuat Anda tidak memperoleh serat yang cukup.

Kekurangan serat dan karbohidrat yang lain juga dapat memunculkan permasalahan kesehatan, seperti sembelit (konstipasi) sampai kekurangan nutrisi.

3. Untuk Mendukung Peranan Otak

Salah satunya peranan karbohidrat untuk memberikan dukungan performa otak. Glukosa yang berada di karbohidrat sebagai sumber makanan yang bagus untuk otak. Organ ini dijumpai mempunyai kerja lebih keras hingga memerlukan energi semakin besar untuk jalankan perannya.

Minimal otak membutuhkan sekitaran 20% energi supaya bisa berperan dengan maksimal. Oleh karena itu, karbohidrat benar-benar diperlukan dan bagus untuk mendukung peranan otak.

4. Untuk Menahan Penyakit

Konsumsi kebanyakan karbohidrat memang buruk untuk kesehatan khususnya untuk jantung. Tetapi tipe karbohidrat kompleks seperti makanan tinggi serat yang bisa menolong turunkan cholesterol badan.

Sebuah riset menunjukkan jika karbohidrat kompleks yang tinggi serat tidak tingkatkan gula darah. Disamping itu, serat bisa juga menahan diabetes karena tidak memacu kenaikan gula pada darah.

5. Membuat perlindungan Protein

Peranan yang lain yang penting yakni membuat perlindungan protein. Pada tubuh manusia, protein berperan sebagai cadangan energi atau sumber energi lain sebagai alternatif dari karbohidrat. Bila jumlah karbo yang dimakan kurang, protein lah yang hendak gantikan peranan itu.

Sebetulnya, peranan protein tidak cuma untuk sumber energi saja, untuk pembangunan organ penting lain pada tubuh. Oleh karenanya, jumlah karbohidrat yang cukup akan menolong jaga protein supaya masih tetap dapat berperan seperti mestinya.

6. Pencegah Beragam Penyakit

Karbohidrat dijumpai bisa kurangi resiko terserang beragam penyakit. Peranan karbohidrat yang ini disokong oleh beberapa riset yang mengatakan jika kandungan serat dalam karbohidrat kompleks diperhitungkan sanggup tekan resiko penyakit jantung, kegemukan, dan masalah pencernaan.

Sumber karbohidrat yang kaya serat mencakup sayur, kentang atau ubi yang masak dengan kulit, dan beberapa bijian utuh.

7. Memiara Kesehatan Mekanisme Pencernaan

Peranan karbohidrat untuk badan seterusnya yakni menolong mempertahankan kesehatan pencernaan. Karbohidrat kompleks yang kaya serat dapat menolong bab jadi lebih teratur dan lancar. Disamping itu, serat bisa juga menghindari kita pada resiko penyakit usus besar seperti divertikulum.

8. Sumber Kalori

Karbohidrat berperan untuk sumber kalori untuk badan. Jumlah kalori yang berada di dalam karbohidrat sebetulnya tidak demikian banyak, tetapi cukup menolong untuk penuhi keperluan badan. Jika Anda ingin menambahkan kalori, benar-benar dianjurkan konsumsi karbohidrat yang tinggi serat.

9. Memiara Otot

Karbohidrat dijumpai bisa memiara otot. Hal itu karena karbohidrat dapat jaga massa otot. Saat badan kekurangan glukosa, otot akan dibagi jadi asam amino. Lantas, diganti kembali jadi glukosa atau senyawa yang lain hasilkan energi.

Langkah Atur Skema Makan Karbohidrat

Berikut cara-cara yang bisa menolong Anda dalam mengontrol pola makan sehat buat penuhi keperluan karbohidrat harian, yakni:

1. Makan pagi dengan beberapa bijian

Di saat mengawali hari, Anda dapat makan pagi dengan oatmeal atau sereal yang ditambahkan dengan beberapa bijian. Upayakan untuk pilih tipe sereal yang memiliki kandungan 4 gr serat dan kurang dari 8 gr gula per jatahnya.

2. Makan roti gandum sebagai makan siang atau cemilan

Jika Anda jemu dengan nasi sebagai makanan dasar saat makan siang, coba untuk menukarnya dengan roti gandum. Anda dapat pilih roti tawar dari gandum utuh yang memberikan bahan berbentuk: gandum utuh, gandum hitam, atau beberapa bijian utuh yang lain.

3. Menukar kentang dengan kacang

Bukannya makan kentang yang dapat meningkatkan berat tubuh, Anda dapat menukarnya dengan kacang. Masalahnya kacang ialah sumber karbohidrat yang bisa diolah secara perlahan-lahan dan memiliki kandungan protein yang sehat.

Pengertian

Karbohidrat ialah zat nutrisi yang berperan untuk sumber energi untuk badan. Sumber energi ini sebagai makanan khusus untuk otak. Oleh karenanya, kekurangan karbohidrat malah dapat memacu permasalahan kesehatan, hingga Anda tidak dapat menghindariinya.

Di saat Anda konsumsi karbohidrat, badan akan merusaknya jadi glukosa. Glukosa atau gula darah yakni sumber energi khusus untuk sel, jaringan, dan organ badan. Zat ini bisa selekasnya dipakai atau diletakkan di otot dan hati.

Mayoritas karbohidrat bisa ditemui dalam beberapa bijian. Tetapi, cukup banyak juga produsen makanan yang menambah zat nutrisi ini ke makanan buatan yang lain, berbentuk pati atau tambahan gula.

Tipe

Pada intinya, ada dua tipe karbohidrat, yakni karbohidrat simpel dan kompleks. Ke-2 tipe ini diperbedakan dengan cara memprosesnya, hingga mempengaruhi kandungan gula darah dengan kecepatan yang lain.

Berikut beberapa macam karbohidrat yang penting Anda ketahui supaya bisa memperoleh skema makan nutrisi yang imbang.

Karbohidrat simpel

Karbohidrat simpel ialah senyawa yang bisa diolah secara cepat oleh badan untuk jadi energi. Tipe molekul gula yang ini bisa diketemukan dengan alami dalam beragam makanan, misalnya:

  • buah-buahan,
  • susu dan produk buatan susu,
  • makanan manis, seperti permen dan sirup, dan
  • minuman enteng.

Mengenali Pengertian, Peranan, dan Skema Makan Karbohidrat

Pengertian

Karbohidrat ialah zat nutrisi yang berperan untuk sumber energi untuk badan. Sumber energi ini sebagai makanan khusus untuk otak. Oleh karenanya, kekurangan karbohidrat malah dapat memacu permasalahan kesehatan, hingga Anda tidak dapat menghindariinya.

Di saat Anda konsumsi karbohidrat, badan akan merusaknya jadi glukosa. Glukosa atau gula darah yakni sumber energi khusus untuk sel, jaringan, dan organ badan. Zat ini bisa selekasnya dipakai atau diletakkan di otot dan hati.

Mayoritas karbohidrat bisa ditemui dalam beberapa bijian. Tetapi, cukup banyak juga produsen makanan yang menambah zat nutrisi ini ke makanan buatan yang lain, berbentuk pati atau tambahan gula.

Tipe

Pada intinya, ada dua tipe karbohidrat, yakni karbohidrat simpel dan kompleks. Ke-2 tipe ini diperbedakan dengan cara memprosesnya, hingga mempengaruhi kandungan gula darah dengan kecepatan yang lain.

Berikut beberapa macam karbohidrat yang penting Anda ketahui supaya bisa memperoleh skema makan nutrisi yang imbang.

Karbohidrat simpel

Karbohidrat simpel ialah senyawa yang bisa diolah secara cepat oleh badan untuk jadi energi. Tipe molekul gula yang ini bisa diketemukan dengan alami dalam beragam makanan, misalnya:

  • buah-buahan,
  • susu dan produk buatan susu,
  • makanan manis, seperti permen dan sirup, dan
  • minuman enteng.

Memiliki bentuk yang simpel membuat karbohidrat yang ini gampang diproses. Itu penyebabnya, konsumsi madu, gula, atau gula merah pada penyandang penyakit diabetes tidak dianjurkan.

Makanan dengan gula olahan itu bisa memacu kenaikan gula darah dan membuat diabetes tidak bisa dikontrol. Disamping itu, kebanyakan konsumsi gula dapat mengakibatkan peningkatan berat tubuh mendadak.

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks ialah tipe yang terbagi dalam molekul gula yang tersambung jadi rantai panjang dan sulit. Anda dapat menemui tipe molekul gula kompleks ini pada makanan misalnya:

  • kacang-kacangan,
  • beberapa bijian, dan
  • Sayur.

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks tawarkan vitamin, mineral, dan serat yang perlu untuk kesehatan. Bahkan juga, Anda perlu konsumsi tipe zat nutrisi yang ini.

Karbohidrat yang ini terbagi dalam beragam jenis. Berikut beberapa macam senyawa gula yang kompleks yang diperlukan oleh badan buat mempertahankan kesehatan badan keseluruhannya.

Pati

Pati sebagai zat nutrisi yang tawarkan mineral dan vitamin. Badan umumnya membutuhkan saat yang semakin lama untuk merusak pati.

Itu penyebabnya, kandungan gula darah tetap konstan dan Anda kemungkinan berasa kenyang semakin lama sesudah konsumsi makanan yang memiliki kandungan pati.

Pati bisa gampang ditemui pada makanan dasar, misalnya:

  • kacang dan polong-polongan, seperti buncis, lentil, dan kacang merah,
  • buah-buahan, seperti apel, berikan, dan melon,
  • makanan gandum utuh, yaitu nasi merah, oatmeal, dan roti gandum, dan
  • sayur, yakni jagung, kacang polong, dan kentang.

Walau tidak sekencang gula, pati masih tetap bisa tingkatkan kandungan gula darah. Oleh karena itu, masih tetap mengonsumsi makanan dasar seperlunya untuk kurangi resiko hiperglikemia (gula darah naik).

Serat

Serat sebagai tipe karbohidrat kompleks yang sehat. Di saat Anda konsumsi serat, badan tidak bisa mengolahnya. Mayoritas serat akan melalui usus, menggairahkan, dan menolong mekanisme pencernaan.

Peranan serat atur gula darah, turunkan cholesterol, dan membuat Anda berasa kenyang semakin lama. Maka dari itu, makanan serat umumnya tidak membuat berat tubuh naik dan kandungan gula darah tetap normal.

Sumber makanan memiliki serat diantaranya:

  • buah-buahan, seperti raspberry, buah pir, dan apel,
  • sayur, yakni brokoli, jagung, kubis, dan labu,
  • kacang dan polong-polongan, seperti kacang hitam, buncis, dan lentil,
  • kacang dan beberapa bijian, terhitung almond, kacang tanah, dan biji kenari, dan
  • produk gandum utuh, yakni beras merah, sereal, dan pasta dari gandum utuh.

Referensi karbohidrat harian

Meskipun sumber energi khusus untuk badan, Anda harus tetap memerhatikan konsumsi karbohidrat harian. Masalahnya kebanyakan konsumsi makanan memiliki serat, gula, atau pati bisa memunculkan permasalahan kesehatan.

Umumnya, angka keperluan harian zat nutrisi ini untuk orang dewasa berumur di atas 19 tahun yakni 260 gr. Lantas, keperluan nutrisi ini juga diperpecah kembali berdasar macamnya, yakni:

  • serat: 32 gr
  • gula: 50 gr atau 4 sdm/hari

Gula versus. serat dan pati

Pada intinya, orang yang sehat dan normal memerlukan semua jenis karbohidrat terhitung gula dan serat. Tetapi, hal yang penting jadi perhatian yakni jatah dari tiap-tiap tipe yang hendak dimakan.

Baiknya, jumlah karbohidrat simpel harus sedikitnya. Bahkan juga, gula tidak kembali dibolehkan pada penyandang diabetes karena bisa memacu kelonjakan glukosa secara cepat.

Walau demikian, penyandang diabetes bisa menggatinya dengan pemanis bikinan khusus diabetes, seperti olahan dari tanaman stevia.

Pati harus juga dimakan sesuai jumlah yang diperlukan. Maka dari itu, Anda tidak dianjurkan kebanyakan makan nasi, pasta, roti atau tipe pati yang lain.

Dalam pada itu, Anda perlu perbanyak konsumsi serat karena baik gula darah dan dapat kurangi resiko penyakit akut. Tetapi, masih tetap samakan keperluan zat nutrisi sama sesuai keadaan Anda.

Skema makan karbohidrat

Faedah zat nutrisi ini yang demikian penting pasti membuat Anda tidak mau melewatinya. Merilis Harvard University, cara-cara berikut ini bisa menolong Anda mengontrol pola makan sehat buat penuhi keperluan karbohidrat harian.

1. Makan pagi dengan beberapa bijian

Di saat mengawali hari, Anda dapat makan pagi dengan oatmeal atau sereal yang ditambahkan dengan beberapa bijian. Upayakan untuk pilih tipe sereal yang memiliki kandungan 4 gr serat dan kurang dari 8 gr gula per jatahnya.

2. Makan roti gandum sebagai makan siang atau cemilan

Jika Anda jemu dengan nasi sebagai makanan dasar saat makan siang, coba untuk menukarnya dengan roti gandum. Anda dapat pilih roti tawar dari gandum utuh yang memberikan bahan berbentuk:

  • gandum utuh,
  • gandum hitam, atau
  • beberapa bijian utuh yang lain.

3. Tukar kentang dengan kacang

Bukannya makan kentang yang dapat meningkatkan berat tubuh, Anda dapat menukarnya dengan kacang. Masalahnya kacang ialah sumber karbohidrat yang bisa diolah secara perlahan-lahan dan memiliki kandungan protein yang sehat.

Bagaimana dengan diet rendah karbohidrat?

Banyak orang yang ingin turunkan berat tubuh memutuskan untuk jalani diet rendah karbohidrat. Maknanya, Anda kemungkinan cuma akan memperoleh konsumsi karbohidrat sekitar 25 - 150 g setiap harinya.

Kenyataannya, diet penurun berat tubuh ini sebetulnya aman, tapi Anda perlu tetap konsultasi dengan pakar nutrisi. Ini karena diet rendah karbohidrat kadang membuat Anda tidak mndapatkan serat yang cukup.

Kekurangan serat dan karbohidrat yang lain juga dapat memunculkan permasalahan kesehatan, seperti sembelit (konstipasi) sampai kekurangan nutrisi.

Jika Anda mempunyai pertanyaan selanjutnya, silahkan tanyakan sama dokter atau pakar nutrisi (nutritionist) untuk memperoleh jalan keluar yang akurat.

Awas, Diet Berlebihan Tidak Makan Karbohidrat Dapat Menghancurkan Usus!

Diet rendah karbohidrat ialah skema makan yang saat ini ini lebih banyak dituruti. Karena, diet ini dijumpai banyak memiliki faedah, satu diantaranya turunkan berat tubuh. Di lain sisi, sebuah riset memberikan imbas diet rendah karbohidrat yang bikin rugi pada kesehatan usus bila dilaksanakan terlampau berlebihan. Karenanya, Anda harus arif saat jalankan diet ini.

Jalinan diet rendah karbohidrat dan kesehatan usus

Diet rendah karbohidrat memang banyak memiliki faedah, tetapi terlampau rendahnya karbohidrat rupanya bikin rugi badan menurut riset yang sudah dilakukan seorang dosen, Richard Agans dari Wright State University Dayton dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology tahun 2018.

Richard Agans dan teamnya mempunyai tujuan untuk menyaksikan apa yang terjadi pada keadaan usus saat seorang mengganti skema makannya dari diet imbang, jadi diet rendah karbohidrat.

Dalam riset ini Agans membuat tiruan usus manusia memakai beragam alat dengan tehnologi canggih untuk jalankan risetnya, dan memakai feses dari pendonor untuk jalankan riset ini.

Riset yang sudah dilakukan Agans dan team ini mendapati jika saat seorang dari diet imbang berpindah ke diet tinggi lemak dan tanpa karbohidrat, karena itu jumlah bakteri dalam ususnya menjadi turun.

Menyusutnya bakteri yang dibutuhkan usus ini lama-lama akan kurangi produksi asam lemak rantai pendek dan anti-oksidan dalam usus. Walau sebenarnya, ke-2 senyawa ini benar-benar dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan usus.

Kekurangan karbohidrat tingkatkan resiko kanker usus

Asam lemak rantai pendek dan anti-oksidan dalam usus sebagai senyawa kimia yang penting untuk menantang kerusakan DNA dan penuaan karena radikal bebas dalam sel usus. Saat ke-2 senyawa ini menyusut, karena itu terjadinya kemungkinan infeksi dan resiko kanker usus akan makin besar.

Karenanya, menurut periset imbas diet rendah karbohidrat yang berlebihan malah beresiko, bukanlah sehat.

Terlampau minimal karbohidrat akan membuat pengurangan produksi asam lemak rantai pendek dan anti-oksidan dalam usus yang cukup mencelakakan yang akan datang.

Walau demikian, riset ini masih perlu dipelajari kembali. Karena, tidak bisa dijumpai dengan tentu dari riset ini berapakah semestinya perbedaan jumlah karbohidrat, protein, dan lemak yang aman untuk mempertahankan kesehatan usus.

Karbohidrat tingkatkan senyawa kimia penting dalam usus

Asam lemak rantai pendek dan anti-oksidan dalam usus sebagai senyawa kimia yang penting untuk menantang kerusakan DNA dan penuaan karena radikal bebas dalam sel usus. Saat ke-2 senyawa ini menyusut, karena itu terjadinya kemungkinan infeksi dan resiko kanker usus akan makin besar.

Karenanya, menurut periset imbas diet rendah karbohidrat yang berlebihan malah beresiko, bukanlah sehat.

Terlampau minimal karbohidrat akan membuat pengurangan produksi asam lemak rantai pendek dan anti-oksidan dalam usus yang cukup mencelakakan yang akan datang.

Walau demikian, riset ini masih perlu dipelajari kembali. Karena, tidak bisa dijumpai dengan tentu dari riset ini berapakah semestinya perbedaan jumlah karbohidrat, protein, dan lemak yang aman untuk mempertahankan kesehatan usus.

Karbohidrat tingkatkan senyawa kimia penting dalam usus

Kadang orang malah lupa atau terlampau semangat ikuti trend diet untuk memotong habis makanan sumber karbohidratnya, tanpa berpikiran apa imbas diet rendah karbohidrat yang esktrem. Walau sebenarnya, karbohidrat masih tetap mempunyai peranan yang juga sangat penting dengan protein serta lemak.

Karbohidrat sebagai sumber energi khusus untuk badan. Pada sebuah gr karbohidrat hasilkan energi sekitar 4 kalori. Energi dari karbohidrat ini dapat dipakai langsung atau menjadi simpanan energi bila nanti dibutuhkan. Mekanisme saraf pusat dan otak lewat cara natural benar-benar tergantung pada energi dari karbohidrat.

Disamping itu, karbohidrat menolong jaga jumlah protein atau massa otot pada tubuh. Saat jumlah karbohidrat pada tubuh tidak memenuhi, badan automatis ambil protein untuk sumber energi hingga bisa turunkan massa otot badan.

Karbohidrat berperan mengontrol berat tubuh. Terutamanya karbohidrat kompleks yang hendak memberi faedah ini . Maka, seharusnya tidak boleh asal-asalan diet karena dampaknya malah dapat beresiko untuk Anda.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama