Ketentuan Terkini PPKM Se-Indonesia: WFO, Kongkow, Sampai Mall

Ketentuan Terkini PPKM Se-Indonesia: WFO, Kongkow, Sampai Mall

Pemerintahan kembali perpanjang periode pemerlakukan limitasi aktivitas warga (PPKM) Jawa-Bali sepanjang dua minggu, mulai 8 November sampai 21 November.

Disamping itu, pemerintahan perpanjang PPKM luar Jawa-Bali sepanjang sebulan di depan, terhitung semenjak 8 November sampai 5 Desember 2022.

Keputusan ini dituangkan dalam Perintah Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 47/2022 dan Inmendagri 48/2022. Ekstensi kembali dilaksanakan ingat ada peningkatan kasus Covid-19, terutamanya di Jawa Bali di mana di awal November ada 5.000 kasus aktif.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Safrizal, menerangkan pemerintahan harus tetap memutuskan perpanjang PPKM untuk meredam pergerakan peningkatan Covid-19.

"Ini hari kami berikan jika PPKM tetap diperpanjang untuk tekan pergerakan peningkatan Covid-19," kata Safrizal, dalam info sah yang diambil Rabu (9/11/2022)

Subvarian Omicron XBB disebutkan menjadi satu diantara pemicu naiknya kembali jumlah kasus aktif di Indonesia. Tetapi, beberapa ahli sampaikan jika tebaran subvarian omicron XBB di Indonesia relatif masih rendah.

Hingga, kata Safrizal, ada keraguan jika peningkatan kasus aktif Covid-19 yang terjadi dalam beberapa saat paling akhir karena mulai kendurnya kesadaran warga pada implementasi prosedur kesehatan di komune.

"Kami minta ke semua barisan pemda tidak untuk meleng dan terus bersiaga dengan teror kenaikan kasus. Galakan kembali implementasi prosedur kesehatan dalam masyarakat, optimalkan pemakaian program PeduliLindungi, dan juga sangat penting ialah terus dorong vaksinasi jumlah ke-3 /booster," terangnya.

Ketentuan Terkini PPKM Semua Indonesia

1. Penerapan Evaluasi Lihat Muka

Penerapan evaluasi di unit pengajaran bisa dilaksanakan lewat evaluasi bertemu muka terbatas dan/atau evaluasi jarak jauh berdasar Keputusan Bersama Menteri Pengajaran dan Kebudayaan, Penelitian dan Tehnologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/KB/2022, Nomor 408 Tahun 2022, Nomor HK.01.08/ MENKES/ 1140/ 2022, Nomor 420-1026 Tahun 2022 mengenai Tutorial Penyelenggaraan Evaluasi di Periode Wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

2. Perkantoran WFO 100%

Penerapan aktivitas pada bidang non fundamental diterapkan optimal 100% Work From Office (WFO) untuk karyawan yang telah divaksinasi. Karyawan harus memakai program PeduliLindungi pada pintu jalan masuk dan keluar tempat kerja.

3. Kemampuan Pasar-Supermarket 100%

Untuk supermarket, hypermarket, pasar tradisionil, toko kelontong dan pasar swalayan yang jual keperluan setiap hari dengan kemampuan pengunjung 100%.

4. Ketentuan di Warung Makan-Kafe

Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajan dan semacamnya dibolehkan membuka dengan prosedur kesehatan yang ketat s/d Jam 22.00 waktu di tempat dengan optimal pengunjung makan 100% dari kemampuan yang penataan tehnis ditata oleh Pemerintahan Wilayah.

Ketentuan yang juga sama berlaku untuk cafe, restaurant dengan lokasi ada dalam ruang. Sementara untuk rumah makan jam operasional jam 18.00 bisa membuka sampai 02.00 waktu di tempat.

5. Ketentuan Mall

Kemampuan mal 100% dan membuka sampai jam 22.00 waktu di tempat.

Anak umur di bawah 12 tahun harus ditemani orangtua. Khusus anak umur enam tahun s/d 12 tahun harus memperlihatkan bukti vaksinasi minimum jumlah pertama.

6. Ketentuan Bioskop

Pengunjung harus memakai PeduliLindungi

Kemampuan 100% dan cuma pengunjung kelompok hijau di PeduliLindungi bisa masuk

7. Aktivitas Konstruksi

Penerapan aktivitas konstruksi untuk infrastruktur khalayak dan konstruksi swasta (tempat konstruksi dan lokasi project) bekerja 100% dengan mengaplikasikan prosedur kesehatan lebih ketat.

8. Tempat Beribadah

Tempat beribadah (Mushola, Mushala, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng dan tempat yang lain yang digunakan sebagai tempat ibadah), bisa melangsungkan aktivitas peribadatan/keagamaan berjemaah selama saat implementasi PPKM Tingkat 1 dengan optimal 100% kemampuan dengan mengaplikasikan prosedur kesehatan lebih ketat dan memerhatikan ketetapan tehnis dari Kementerian Agama.

9. Sarana Khalayak

Sarana umum (tempat khalayak, taman umum, tempat rekreasi umum dan tempat khalayak yang lain) dibolehkan membuka dengan kemampuan optimal 100% (100 %) dengan mengaplikasikan prosedur kesehatan, memakai masker dan memakai program PeduliLindungi.

Dalam pada itu, anak umur di bawah 12 tahun harus ditemani orangtua. Khusus anak umur enam tahun s/d 12 tahun harus memperlihatkan bukti vaksinasi minimum jumlah pertama.

10. Aktivitas Seni Budaya

Aktivitas seni, budaya, olahraga dan sosial bungkusyarakatan (lokasi seni, budaya, fasilitas olahraga dan aktivitas sosial yang bisa memunculkan keramaian dan keramaian) dibolehkan membuka dengan kemampuan optimal 100% dengan mengaplikasikan prosedur kesehatan lebih ketat dan harus memakai program PeduliLindungi dan cuma pengunjung dengan kelompok Hijau dalam program PeduliLindungi yang bisa masuk terkecuali tidak dapat divaksinasi karena argumen kesehatan.

12. Transportasi Umum

Angkutan umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konservatif dan online) dan kendaraan sewa/persewaan) diterapkan dengan penataan kemampuan optimal 100% dengan mengaplikasikan prosedur kesehatan lebih ketat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama