Kenali 7 Penyebab Utama Flek Hitam dan Cara Menghilangkannya

Kenali 7 Penyebab Utama Flek Hitam dan Cara Menghilangkannya

Bercak hitam turunkan keyakinan diri, terlebih bila ada di muka. Proses yang tidak instant membuat kita harus bersabar untuk kurangi warna gelap yang mengusik ini. Selainnya menggunakan produk skincare di pasar, Teman dekat NOVA bisa juga menggunakan bahan alamiah untuk menangani bercak hitam, lo. Cukup persiapkan daun kemangi dan masker kunyit sebagai langkah hilangkan bercak hitam. Ingin tahu bagaimana triknya? Merilis GridHype, baca jalannya berikut:

1.. Daun kemangi

Daun kemangi dipandang efisien dalam menahan penuaan awal. Kita perlu memprosesnya jadi minyak kemangi agar menolong menangani bintik hitam dan menantang penuaan. Untuk memperoleh minyak kemangi, kamu dapat membuat sendiri. Ini benar-benar gampang dilaksanakan sendiri di dalam rumah. Cukup leburkan beberapa daun kemangi untuk dibikin pasta. Saat ini, tambah satu sendok teh yogurt ke pasta kamu dan berikan di wajah sepanjang sekitaran 20 menit.

2. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang bisa menolong proses pengobatan cedera dan bermanfaat sebagai zat antiperadangan. Langkah hilangkan bercak hitam di muka dengan kunyit lumayan gampang. Awalnya, campur satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit air atau semakin lebih optimal bila sama air perasan lemon. Berikan pasta kunyit ke tempat kulit muka yang ada bercak hitam dan diamkan sepanjang 15 menit. Kemudian, bersihkan muka sama air hangat. Untuk mendukung hasil, pakai pelembap opsi kamu sesudah memakai masker kunyit itu. Cara ini bisa dilaksanakan 2x satu hari.

Tersebut langkah hilangkan bercak hitam berbahan alami. Bercak hitam di muka dapat ada pada bagian badan mana saja. Dari punggung tangan, muka, punggung, sampai pundak. Nach, bercak hitam yang ada di muka kemungkinan menjadi yang paling mengusik dan buat Mam tidak optimis. Untungnya, ada beragam perawatan simpel yang bisa saja langkah hilangkan bercak hitam di muka. Tetapi, saat sebelum cari tahu bagaimanakah cara hilangkan bercak hitam di muka, sebaiknya Mam pelajari dahulu apa pemicu bercak hitam.

Apa Itu Bercak Hitam di Muka?

Bercak hitam di muka ialah dari hasil hiperpigmentasi, yakni keadaan kulit di mana tempat kulit dengan spot hitam alami produksi melanin (pigmen bahan warna) semakin banyak dibanding tempat kulit yang lain. Hiperpigmentasi ini disebabkan karena beragam factor seperti peralihan hormon, pertanda penuaan, pancaran cahaya UV, infeksi kulit, sisa cedera, iritasi, atau efek produk tertentu.

Bercak hitam atau bercak-bercak hitam bukan hanya ada di kulit muka, tetapi dapat terjadi di punggung, pundak, atau kulit kepala. Keadaan ini tersering diketemukan pada beberapa orang berkulit putih. Merilis Indian Journal of Dermatology, pemakaian tirai surya (sunblock) secara periodik saat ada pancaran cahaya matahari bisa menahan timbulnya bercak hitam.

Bercak hitam di muka biasanya tidak membahayakan kesehatan hingga tidak membutuhkan penyembuhan. Namun beberapa orang dapat alami pengurangan keyakinan diri karena ada bercak hitam ini.

Tanda-tanda Bercak Hitam di Muka

Bercak-bercak hitam bisa kelihatan terang di kulit dengan warna gelap, cokelat muda, atau cokelat tua. Di bagian muka, bercak-bercak hitam tersering ada disekitaran hidung dan pipi. Keadaan ini paling disebutkan dengan sunspot (bercak-bercak hitam karena pancaran cahaya UV terlalu berlebih) dan age spot (pertanda penuaan).

Bercak-bercak ini benar-benar kecil dan biasanya kelihatan bergerombol. Bercak-bercak hitam tidak mengakibatkan tanda-tanda gatal, perih, atau ngilu di kulit. Ke orang yang lebih tua, bintik atau bintik hitam dapat terjadi di pundak, punggung tangan, lengan, dan pundak.

Pemicu Bercak Hitam di Muka

Bercak hitam tercipta saat melanin menghasilkan melanosome terlalu berlebih hingga pigmen kulit membuat kulit jadi lebih gelap. Bintik hitam ini akan makin gelap saat terserang pancaran cahaya matahari. Selainnya pancaran cahaya matahari, munculnya bercak hitam bisa juga disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

1. Paparan Cahaya Ultraviolet

Merilis Experimental Dermatology, pancaran cahaya ultraviolet dari matahari dan tanning bed kerap jadi pemicu khusus timbulnya bercak hitam. Hiperpigmentasi yang terjadi di umur separuh baya salah satunya factornya. Mencapai umur separuh baya, umumnya bercak hitam di kulit gampang banyak muncul karena pancaran cahaya matahari. RisIko makin bertambah jika orang itu tak pernah memakai tirai surya atau perlindungan cahaya matahari.

2. Permasalahan Kulit

Ada banyak penyakit kulit yang bisa memacu munculnya bercak hitam, misalnya: 

  • Hiperpigmentasi pasca-inflamasi, yakni peralihan warna kulit sesudah alami guratan, ruam, atau jerawat.
  • Melasma yang kerap dikenali atau chloasma ialah permasalahan kulit yang diikuti dengan timbulnya bintik-bintik cokelat.
  • Linea nigra, keadaan kulit di mana ada garis vertikal yang warna gelap di tempat perut sampai tulang kemaluan.
  • Melanosis Riehl, wujud dermatitis contact yang disebabkan karena pancaran cahaya matahari.
  • Poikiloderma of Civatte, permasalahan kulit yang mengganti sisi leher jadi warna coklat kemerahan.
  • Erythromelanosis follicularis, yakni timbulnya bintik coklat kemerahan di wajah dan leher.

3. Beberapa obat

Pemakaian beberapa obat kenyataannya bisa mengakibatkan bercak hitam. Ini dikarenakan oleh beberapa obat bisa membuat kulit lebih peka pada pancaran cahaya matahari (dikenal juga sebagai fotosensitifitas). Beberapa obat yang dijumpai bisa mengakibatkan bercak hitam ialah:

  • Estrogen.
  • Tetrasiklin, antibiotik spektrum luas seperti doksisiklin, demeclocycline, dan minocycline.
  • Amiodarone yang kerap dipakai untuk menyembuhkan detak jantung tidak teratur.
  • Fenitoin, obat antikonvulsan.
  • Fenotiazin yang sering dipakai untuk menyembuhkan masalah psikis dan emosional
  • Sulfonamida yang dipakai untuk menyembuhkan infeksi.

4. Keadaan Tertentu

Orang dengan keadaan tertentu juga lebih rawan memperoleh bercak hitam. Umumnya permasalahan kulit ini lebih rawan dirasakan oleh ibu hamil, penderita tumor hipofisis, penderita hemokromatosis, penderita penyakit Addison dan penderita penyakit hati.

5. Factor Lingkungan

Factor geografis jadi pemicu munculnya bercak hitam. Beberapa orang yang hidup disekitaran garis khatulistiwa condong mempunyai semakin banyak melanin sebagai tanggapan badannya pada cahaya matahari. Proses ini jadikan kulit mereka umum warna cokelat gelap. Ini dikuasai oleh karakter melanin yang bisa mempernyerap cahaya matahari, sekalian menepis radiasi UV.

6. Genetik

Bercak hitam dapat muncul karena bawaan genetik. Beberapa orang dengan kulit ceria dan mempunyai rambut pirang atau merah ialah yang kerap alami keadaan ini. Bercak hitam bisa juga ada pada beberapa orang tua. Bercak-bercak ini dikenali bernama liver spot atau sun spot.

7. Peralihan hormonal

Pada keadaan tertentu, badan pasti bisa jadi alami peralihan hormon. Rupanya, beberapa peralihan hormon ini bisa juga mempengaruhi timbulnya bercak hitam di kulit. Satu diantaranya ialah peralihan hormon estrogen yang sering ditemui saat wanita sedang menstruasi atau hamil. Bertambahnya hormon estrogen dalam tubuh akan memengaruhi produksi melanin di kulit hingga bercak hitam bisa ada.

Langkah Menangani Bercak Hitam di Muka

Untuk hilangkan bercak hitam di muka, Mam harus pastikan dahulu apa pemicunya, dan jauhi pemicu itu. Selainnya menghindar pemicu, inilah beragam perawatan dan langkah hilangkan bercak hitam di muka yang dapat Mam coba.

1. Cream Hidrokortison

Langkah menangani bercak hitam yang pertama dengan cream hidrokortison. Saat ada infeksi di kulit, entahlah itu karena jerawat, eksim, atau psoriasis, selekasnya tangani dengan cream hidrokortison. Cream hidrokortison bisa menantang infeksi, hingga dapat kurangi bercak hitam, kemerahan, atau bengkak di kulit. Mam dapat memoleskan cream hidrokortison langsung pada tempat yang memiliki masalah. Ulang 2x atau seringkali satu hari sampai infeksinya berkurang.

2. Serum untuk Membuat cerah Kulit

Serum dapat menjadi satu diantara langkah hilangkan bercak hitam di muka yang cukup baik. Seharusnya Mam tentukan serum yang mempunyai faedah membuat cerah kulit. Satu diantaranya yakni serum yang mengandung retinol atau vitamin C. Retinol tawarkan manfaat yakni percepat proses pengangkatan sel-sel kulit mati sekalian memberikan dukungan perkembangan sel-sel kulit baru.

Dengan demikian, bercak hitam juga bisa lebih cepat terangkut dan diganti dengan kulit yang lebih ceria dan sehat. Dalam pada itu, beragam riset, satu diantaranya dalam jurnal Nutrients tahun 2017, menunjukkan jika vitamin C bisa menolong membuat cerah kulit dan menolong tangani hiperpigmentasi. Tetapi, Mam harus memakai serum muka dengan teratur jika ingin memperoleh hasil yang maksimal.

3. Gel Lidah Buaya

Langkah menangani bercak hitam berbahan alami dengan manfaatkan lidah buaya. Mam kemungkinan seringkali dengar begitu bermanfaatnya produk perawatan kulit yang ini. Ya, selainnya dapat melembapkan dan mempertahankan kesehatan kulit, gel lidah buaya bisa juga jadi opsi langkah hilangkan bercak hitam di muka. Sebuah riset dalam Journal of Cosmetic and Laser Terapi tahun 2017 menyingkap jika pemakaian gel lidah buaya dengan teratur sepanjang 5 minggu bisa kurangi bercak hitam terutamanya pada ibu hamil.

4. Sunscreen (Tirai Surya) dengan SPF Tinggi

Sunscreen dapat menjadi salah satunya langkah menangani bercak hitam. Janganlah lupa selalu untuk memakai tirai surya atau sunscreen tiap hari. Terlebih jika Mam bisa banyak melakukan aktivitas di bawah cahaya matahari. Tentukan tirai surya dengan SPF tinggi, yakni minimal SPF 30. Mam seharusnya pilih tirai surya yang bisa membuat perlindungan kulit dari radiasi cahaya ultraviolet A (UVA) dan B (UVB).

Pakai tirai surya sekitaran 30 menit saat sebelum keluar dari rumah. Ulang kembali pemakaiannya sesudah beberapa saat terkena cahaya matahari. Apa lagi jika Mam banyak berkeringat, bisa jadi tirai surya yang Mam gunakan menjadi lebih cepat luntur.

5. Perawatan ke Dokter

Jika semua langkah di atas telah Mam coba tetapi tidak ada yang sukses, telah waktunya Mam coba ke dokter kulit. Dokter kulit kemungkinan mereferensikan perawatan seperti therapy laser, mikrodermabrasi, atau peeling. Ini bergantung dari keadaan kulit Mam sendiri.

6. Memakai Madu

Langkah menangani bercak hitam rupanya dapat memakai madu, Mam! Dengan manfaatkan anti-oksidan yang dari madu, bahan ini baik sekali untuk kulit hingga sanggup membuat kelihatan ceria. Mam dapat mengimplementasikan madu pada tempat bercak hitam atau lokasi yang ada bintik jerawat. Langkah penggunaannya dengan memoleskan madu tipis-tipis ke atas kulit.

Janganlah lekas dibasuh, Mam diamkan lebih dulu sepanjang 5 sampai 10 menit. Mencucinya juga berharap memakai air hangat ya, Mam. Kandungan pada madu dapat menolong menangani permasalahan pigmentasi di kulit. Supaya lebih baik dan maksimal. Mam dapat membuat scrub dari kombinasi madu dan garam atau gula.

Ini baik dilaksanakan sebagai langkah menangani bercak hitam di muka yang buat tidak optimis. Scrub muka ini juga baik sekali dipakai untuk mengusung sel-sel kulit mati.

7. Cuka Apel

Langkah menangani bercak hitam bisa juga memakai cuka apel, lho Mam! Bahan dapur ini dapat menolong Mam untuk kembalikan rasa optimis karena munculnya bercak hitam. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang dipandang sanggup membuat cerah dan meratakan warna kulit. Mam jadi dapat kembali melakukan aktivitas tak perlu malu karena kehadiran bercak hitam di kulit muka.

Langkah penerapannya ialah, berikan kombinasi itu pada tempat kulit yang ada bercak hitam atau bintik sisa jerawat, lalu diamkanlah sepanjang 2-3 menit. Seterusnya, Mam dapat mencuci muka dengan memakai air hangat. Kerjakan secara teratur yaitu 2x satu hari untuk memperoleh hasil yang maksimal. Langkah menangani bercak muka yang ini gampang bukan, Mam?

8. Manfaatkan Manfaat Yogurt

Tidak cuma nikmat dikonsumsi dan bagus untuk pencernaan, siapa kira yoghurt dapat menjadi satu diantara langkah menangani bercak hitam yang baik, Mam! Mam dapat manfaatkan yoghurt sebagai salah satunya langkah menangani bercak hitam karena makanan ini mempunyai asam laktat yang dipercayai dapat menolong memberantas bercak hitam di kulit.

Untuk hasil yang maksimal, Mam dapat pilih yoghurt tanpa rasa untuk dibalurkan ke kulit. Coba untuk memoleskan yoghurt tanpa rasa di kulit yang ada bercak hitam secara tipis. Mam bisa juga memakai makanan ini untuk hilangkan sisa bintik jerawat yang menghitam di kulit lho! Berikan yoghurt di muka selanjutnya biarkan sepanjang 5 sampai 10 menit saat sebelum dibasuh sama air bersih.

9. Gunakan Teh Hijau

Langkah menangani bercak hitam yang gampang yang lain dengan manfaatkan kantong teh hijau. Ini ialah langkah alami untuk dapat kembalikan rona kulit Mam seperti yang lalu. Karena itu, Mam perlu menyeduh kantong teh hijau di air panas sepanjang lebih kurang 1 menit. Angkatlah teh dari air mendidih dan biarkan sampai kantong teh hijau itu dingin sendirinya. Gosokan kantong teh hijau di tempat muka atau kulit yang ada bintik hitam. Mam dapat lakukan langkah menangani bercak hitam dengan teh hijau ini sekitar 2x satu hari supaya hasilnya maksimal.

10. Air Perasan Lemon

Salah satunya langkah hilangkan bercak hitam di muka dengan alami dengan air perasan lemon. Kandungan vitamin C di air lemon bisa menolong membuat cerah dan meratakan warna kulit. Langkah hilangkan bercak hitam di muka dengan alami sama air perasan lemon benar-benar gampang dilaksanakan. Mam dapat membasahi kapas dengan sedikit air perasan lemon, lalu menyekakannya pada permukaan muka tipis-tipis secara rata. Selanjutnya, basuh muka selanjutnya.

11. Kunyit

Kunyit sebagai salah satunya bahan alamiah masker pembasmi bercak hitam di muka yang dapat Mam dapatkan secara mudah di dalam rumah. Faedah kunyit untuk muka datang dari kandungan anti-oksidan dan zat khusus yang bisa membuat cerah kulit. Bila dipakai dengan teratur, karena itu bintik hitam di muka yang bandel bisa menghilang.

Anda dapat membuat masker kunyit dari ½ sendok makan bubuk kunyit dan 1 sdm madu. Aduk rata sampai jadi pasta masker yang kental. Selanjutnya, berikan masker kunyit tipis-tipis pada permukaan muka yang telah dibikin bersih. Biarkan masker sepanjang 15-20 menit atau sampai masker jadi kering. Basuh muka memakai air dingin.

12. Kentang

Tidak banyak yang mengetahui jika kentang bisa dijadikan langkah alami hilangkan bercak hitam di muka. Kentang dipercaya mempunyai zat alami yang bisa menolong membuat cerah kulit. Mam bisa membuat masker muka alami dari halusan ½ buah kentang, 1 sdt air perasan lemon, dan ¼ sendok teh susu bubuk (opsional).

13. Pepaya

Langkah hilangkan bercak hitam di muka yang bandel dengan alami setelah itu pepaya. Faedah pepaya untuk muka ini datang dari kandungan enzim yang mempunyai tujuan untuk mengeksfoliasi kulit dan membuat kulit terlihat lebih ceria. Untuk memperoleh hasil yang optimal, Mam dapat menambahkan halusan buah pepaya dan teh hijau. Tersebut cara-cara hilangkan bercak hitam yang dapat dicoba.

Nach, janganlah lupa untuk kerap mengimplementasikannya supaya hasilnya maksimal ya, Mam! Selamat mempraktikkan!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama