Kenali 14 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

 Kenali 14 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

Faedah donor darah sebetulnya bukan hanya menolong orang yang lain memerlukan, tapi juga memberi banyak faedah dalam tubuh sendiri. Menurut Philip DeChristopher, MD, Ph.D, direktur bank darah Mekanisme Kesehatan Kampus Loyola, bantuan darah berulang-ulang bisa menolong saluran darah lebih lancar tanpa menghancurkan susunan pembuluh darah dan semakin sedikit penyumbatan arteri. Karenanya, American Journal of Pandemiology mendapati jika orang yang teratur lakukan donor darah 88 % lebih kecil untuk menanggung derita penyakit serangan jantung.

Penggolongan Tipe-Jenis Darah

Saat sebelum mengulas mengenai donor darah selanjutnya, kita ulas dahulu mengenai penggolongan darah ya, Mam. Kelompok darah diketemukan pertama kalinya oleh Karl Landsteiner di tahun 1901. Ada 4 tipe kelompok darah di dunia, yaitu A, B, AB, dan O. Kelompok darah O sebagai kelompok darah universal (dapat didonorkan ke mana saja), dan kelompok darah AB ialah kelompok darah yang paling jarang-jarang di dunia.

Walau sekarang ini pengetahuan dan pengembangan telah berkembang cepat, tetapi kenyataannya beberapa periset sampai saat ini tidak dapat membuat alternatif darah. Maka aktivitas donor darah juga masih diperlukan. Khususnya, ingat jumlahnya pasien yang memerlukan transfusi darah.

"Syarat mendonorkan darah ialah berumur 17 tahun, mempunyai berat minimum 50 kg, dan tekanan darah di atas 90/50 dan di bawah 180/100," terang dr. Cedrina Calder, MD, dokter penyembuhan penangkalan dan ahli kesehatan dari Nashville.

Faedah Donor Darah untuk Kesehatan

Sebetulnya, belumlah jelas faedah kesehatan periode panjang berkaitan dengan saluran darah yang lebih bagus. Tetapi, orang yang teratur donor darah jarang-jarang sekali jalani perawatan di rumah sakit.

"Yang terang, pendonor darah kelihatan semakin lebih jarang-jarang jalani perawatan di rumah sakit.

Mereka condong beresiko lebih rendah terserang penyakit serangan jantung, stroke dan kanker," terang dr. DeChristopher. Berikut beberapa faedah kesehatan bila Mam atau Dads teratur mendonorkan darah.

1. Kurangi Berat Tubuh

Faedah donor darah yang pertama ialah kurangi berat tubuh. Donor darah dengan teratur kurangi berat tubuh pendonor. Setiap mendonorkan darah, Mam dan Dads membakar sampai 650 kalori lemak badan. Ini karena badan harus isi kembali beberapa sel darah. Keadaan ini berguna untuk Mam atau Dads yang alami kegemukan dan beresiko semakin tinggi terserang penyakit kardiovaskular dan masalah kesehatan yang lain.

2. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Merilis National Library of Medicine, faedah donor darah bisa tingkatkan kesehatan jantung. Lakukan donor darah dengan teratur dihubungkan dengan pengurangan resiko penyakit jantung yang kemungkinan disebabkan karena kandungan cholesterol yang tidak bagus. Tidak itu saja, mendonorkan darah bisa juga menolong kurangi kekentalan darah. Hingga, ini memungkinkannya darah mengucur lebih gampang lewat pembuluh darah dan capai jantung bisa lebih cepat.

3. Kurangi Kandungan Zat Besi

Biasanya, orang yang menanggung derita hemochromatosis berkadar zat besi tinggi yang pada akhirnya dapat menghancurkan organ. Sebetulnya permasalahan kandungan zat besi yang tinggi bukan permasalahan umum. Tetapi, faedah donor darah teratur dipandang dapat menggerakkan perawatan penyakit hemochromatosis. Ini, karena menolong turunkan kandungan zat besi pada tubuh. Tiap donor darah hilangkan 225 sampai 250 mg zat besi. Maknanya, pasien cukup memperoleh faedah hebat dari mendonorkan darah.

4. Pengecekan Kesehatan Gratis

Faedah donor darah juga bisa jadi peristiwa untuk pengecekan kesehatan gratis. Saat sebelum donor darah tentu Mam atau Dads jalani pengecekan fisik, terhitung tekanan darah, renyut nadi, temperatur badan, dan kandungan hemoglobin sampai cholesterol. Dengan demikian, Mam dan Dads bisa juga memperoleh info tentang keadaan kesehatan diri kita dengan gratis saat donor darah. Karena info itu benar-benar bermanfaat untuk Mam dan Dads dalam mempertahankan kesehatan.

5. Mengetahui Anemia

Test hemoglobin diperlukan saat sebelum seorang lakukan donor darah. Faedah donor darah akan memberikan info seorang menanggung derita anemia atau mungkin tidak. Bila iya, maknanya seorang dapat ketahuinya bisa lebih cepat dan cari tahu pemicunya datang dari keadaan akut atau kurangnya vitamin.

6. Turunkan Resiko Kanker

Merilis dari Florida Health, faedah donor darah menolong kurangi simpanan zat besi pada tubuh. Zat besi sudah dihubungkan dengan kanker yang mengakibatkan radikal bebas. Sebuah study yang diedarkan dalam Journal of the National Cancer Institute lakukan pengetesan pada 2 barisan pria sepanjang 4 1/2 tahun. Barisan yang menyumbang darahnya seringkali dalam satu tahun, dijumpai alami pengurangan tingkat zat besi. Karenanya, resiko mereka terserang kanker lebih rendah dibanding mereka yang tidak mendonorkan darahnya.

7. Jaga Kesehatan Hati

Faedah donor darah setelah itu kurangi resiko penyakit jantung dan hati yang disebabkan karena kelebihan zat besi pada tubuh. Konsumsi makanan kaya zat besi bisa tingkatkan kandungan zat besi pada tubuh. Ini hanya karena beberapa sumber makanan yang bisa diserap. Dijumpai , kelebihan zat besi akan diletakkan di jantung, hati, dan pankreas. Karena itu, keadaan ini akan tingkatkan resiko sirosis, tidak berhasil hati, kerusakan pada pankreas, dan abnormalitas jantung seperti irama jantung yang tidak teratur. Donor darah menolong jaga kandungan zat besi dan kurangi resiko beragam penyakit dalam tubuh.

8. Menggerakkan Produksi Sel Darah

Disamping itu, faedah donor darah bisa juga dirasa untuk kesehatan saluran darah. Jika Mam sudah mendonorkan darah, badan akan bekerja untuk isi kembali darah yang lenyap. Hingga faedah donor darah bisa menggairahkan produksi sel darah baru dan pada nanti akan menolong mempertahankan kesehatan badan yang bagus.

9. Turunkan Penekanan Darah

Merilis National Library of Medicine, faedah donor darah dapat turunkan tekanan darah. Di tahun 2015, beberapa periset mengawasi tekanan darah 292 pendonor yang lakukan donor darah 1 sampai 4 kali sepanjang satu tahun. Hasilnya memperlihatkan, mereka yang ditelaah alami pengurangan tekanan darah dengan bertahap. Tekanan darah yang normal akan kurangi resiko terserang penyakit kardiovaskular seperti penyakit serangan jantung, stroke, dan sebagainya.

10. Saluran Darah Lancar

Faedah donor darah setelah itu saluran darah akan makin lancar. Donor darah dengan teratur bisa menolong memperlancar saluran darah secara natural serta bisa kurangi penyumbatan arteri. Bila saluran darah lancar, konsumsi oksigen dan gizi ke semua kumpulan sel tubuh tercukupi. Tentu saja tiap orang inginkan hal ini bukan, Mam?

11. Kurangi Depresi

Faedah donor darah bukan hanya bagus untuk organ badan, tapi juga bagus untuk kesehatan psikis. Merilis Transfusion Medicine Ulasans, aktivitas memberi darah dengan teratur bisa memberi kepuasan ke beberapa orang jika mereka menolong seorang yang memerlukan. Disamping itu, mendonorkan darah bisa menolong menangani permasalahan depresi dan kurangi emosi negatif.

12. Ketahui Penyakit Akut

Faedah donor darah rupanya dapat kurangi resiko terserang tanda-tanda lebih serius dari penyakit akut, seperti HIV dan sifilis. Merilis thehealthy.com, ini dijumpai proses dari pengetesan darah di laboratorium. Tentu saja, faedah ini dapat kita alami jika kita awalnya tidak paham jika sedang terserang penyakit itu. Tetapi, ini tidak berlaku untuk Mam atau Dads yang sudah ketahuinya saat sebelum donor darah. Jadi yakinkan selalu untuk memberitahukan tenaga medis mengenai kisah penyakit kita, ya.

13. Menolong Hidup Orang Lain

Tidak cuma faedah untuk kesehatan fisik, tetapi rupanya donor darah juga dapat memberi faedah untuk kesehatan psikis. Dengan mendonorkan darah, memiliki arti Mam telah membantu orang yang paling memerlukan di luaran sana. Tentu saja, ini akan tingkatkan kualitas hidup untuk mereka yang sakit dan memerlukan darah. Saat kita mengetahui kita dapat membantu seseorang, ini akan munculkan hati senang dan haru pada diri kita.

14. Turunkan Resiko Penyakit Menyebar

Donor darah bukan hanya dibagi buat mereka yang memerlukannya, tetapi dites, Mam. Darah yang diambil akan dites untuk menahan resiko terserang penyakit menyebar yang beresiko. Ini seperti virus West Nile, hepatitis B dan C, Zika, dan penyakit Chagas (yang disebabkan karena parasit). Bila dijumpai positif pada penyakit tertentu, tidak boleh cemas, ya. Selekasnya kerjakan pengecekan lebih berlanjut ke dokter paling dekat, Mam.

Hal yang Harus Jadi perhatian Saat sebelum Donor Darah

Saat sebelum lakukan donor darah, Mam dan Dads harus ketahui dahulu beberapa poin utama yang perlu jadi perhatian. Ini kurangi resiko alami efek yang diakibatkan.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Makan dengan teratur saat sebelum lakukan donor darah akan menolong jaga kandungan gula darah masih tetap konstan. Ini penting supaya Mam dan Dads tidak berasa pusing sesudah memberi bantuan. Makan cemilan saat sebelum menyumbang bisa menolong jaga kandungan gula darah.

2. Badan Terhidrasi dengan Baik

Nyaris 1/2 dari darah yang Mam sumbangkan terbagi dalam air. Cairan yang lenyap sepanjang donor bisa mengakibatkan pengurangan tekanan darah dan mengakibatkan badan berasa lemas dan pusing. Untuk menolong menahan ini terjadi, seharusnya minum minimum 500ml air. Yakinkan selalu untuk minum air untuk menahan dehidrasi ya, Mam.

3. Tidur Cukup

Tidur kembalikan energi yang sudah lenyap. Saat sebelum lakukan donor darah, seharusnya Mam dan Dads tidur di antara 6-7 jam saat sebelum donor darah. Ini akan kurangi resiko tidak nikmat tubuh dan lemas sesudahnya.

4. Jauhi Olahraga Berat

Jauhi lakukan olahraga berat atau angkat berat baik saat sebelum atau setelah lakukan donor darah. Olahraga berat akan membuat badan pusing dan lemas. Bila Mam dan Dads ingin olahraga, kerjakan olahraga enteng seperti jalan kaki. Saat sebelum lakukan donor darah, sebaiknya Mam dan Dads check kesehatan lebih dulu ya!

Saat sebelum donor darah dilaksanakan, tenaga kesehatan akan periksakan keadaan kesehatan untuk pastikan jika Anda penuhi persyaratan jadi seorang pendonor. Bila semua persyaratan tercukupi, tenaga kesehatan akan masukkan jarum steril ke pembuluh darah vena lengan untuk ambil darah Anda sekitaran 470 ml.

Bantuan atau donor darah yang Anda beri pasti benar-benar berguna untuk orang yang memerlukan, bahkan juga dapat selamatkan nyawa. Keadaan yang memerlukan donor darah salah satunya ialah korban kecelakaan atau operasi, transplantasi organ, kanker, anemia, penyakit sel sabit, thalassemia, dan hemofilia.

Ketahui 5 Faedah Donor Darah

Sama seperti yang sudah diutarakan awalnya, faedah donor darah bukan hanya bisa dirasa yang menerima, tetapi juga untuk pendonor. Berikut beragam faedah donor darah yang dapat Anda alami bila jadi pendonor darah:

1. Mempertahankan kesehatan jantung dan perputaran darah

Donor darah dapat kurangi resiko berlangsungnya tersumbatnya pembuluh darah, hingga membuat saluran darah pada tubuh jadi lebih lancar. Donor darah bisa juga membuat jantung berdetak dengan semakin teratur dan konstan. Dengan saluran darah yang lancar, organ-organ badan Anda akan sehat dan berperan secara baik. Beberapa penelitian memperlihatkan jika orang yang rajin mendonorkan darah beresiko lebih rendah untuk terserang beragam penyakit, seperti penyakit serangan jantung, kanker, dan stroke. Disamping itu, teratur donor darah diperhitungkan bisa membuat kandungan zat besi pada darah jadi konstan.

2. Kurangi jumlah cholesterol jahat

Beberapa riset mengatakan jika rutinitas mendonorkan darah dapat turunkan cholesterol jahat (LDL dan trigliserida) pada darah. Dengan begitu, resiko terciptanya karies atau sumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis) dapat menyusut, hingga saluran darah dan peranan organ dapat berjalan mulus.

3. Tingkatkan produksi sel darah merah

Saat Anda lakukan donor darah, beberapa sel darah merah akan menyusut. Untuk menukar jumlah darah yang lenyap, sumsum tulang akan hasilkan beberapa sel darah merah diserta hemoglobin yang baru dan sehat. Proses pergantian beberapa sel darah merah memerlukan waktu beberapa minggu. Sesudah badan Anda mendapat beberapa sel darah merah baru, darah akan mengusung oksigen lebih efisien hingga badan Anda jadi lebih sehat dan bugar.

4. Menolong mengetahui awal penyakit tertentu

Saat akan mendonorkan darah, Anda akan jalani pengecekan atau skrining dengan gratis untuk mengetahui penyakit serius, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Pengecekan ini mempunyai tujuan untuk pastikan jika darah yang Anda sumbangkan aman untuk dipakai sebagai transfusi darah. Nach, lewat pengecekan ini, Anda dapat mengetahui ada penyakit tertentu, hingga penyakit itu dapat teridentifikasi sedini kemungkinan dan diatasi secepat-cepatnya.

5. Mempertahankan kesehatan psikis

Donor darah pada intinya ialah perlakuan yang mulia. Tiap tetes darah yang disembahkan akan demikian bernilai untuk orang yang memerlukan dan ini dapat selamatkan jiwa seseorang. Hati ini dapat membuat Anda berasa terpacu untuk hidup lebih sehat dan suka menolong seseorang. Anda juga kemungkinan dapat di inspirasi ingin berperan semakin banyak pada sama-sama. Pada akhirannya, ini dapat membuat keadaan psikis Anda lebih bagus.

Tersebut beragam faedah donor darah yang dapat Anda dapatkan. Sesudah donor darah usai dilaksanakan, darah Anda akan dikirimkan ke laboratorium untuk jalani beragam test yang lain. Bila diketemukan masalah pada darah, Anda akan selekasnya dikabari oleh petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mencanangkan hari Donor Darah Sedunia tiap tanggal 14 Juli. Ingat beragam faedah donor darah yang cukup banyak, Anda bisa melakukan dengan teratur di Palang Merah Indonesia (PMI) atau rumah sakit paling dekat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama