Darurat Produksi 'iPhone 14' Apple ... Apakah Keluaran Lebih Cepat ke India?

Darurat Produksi 'iPhone 14' Apple ... Apakah Keluaran Lebih Cepat ke India?

Media asing seperti Bloomberg melaporkan pada tanggal 4 (waktu setempat) bahwa Apple memiliki Pegatron, kontraktor produsen peralatan asli (OEM) Taiwan, mulai merakit 'iPhone 14' baru di India. Ini merupakan tindakan balasan Apple ketika diperkirakan pabrik Foxconn yang menyumbang 70% dari total produksi iPhone akan terganggu akibat kebijakan lockdown Corona 19 yang kuat di Zhengzhou, China. 

Bagi Apple, di mana penjualan seri iPhone 14 menjadi penting di akhir tahun ini, tampaknya tak terelakkan. Kebijakan penahanan COVID-19 China mungkin memerlukan banyak waktu untuk dinormalisasi, karena tidak hanya akan merusak fasilitas pabrik, tetapi juga seluruh rantai pasokan. Sebelumnya, perusahaan induk Foxconn, Honghai Group, memulai produksi iPhone 14 di India pada September, dan Pegatron adalah perusahaan kedua yang memulai produksi di India. 

Perdana Menteri India Modi diharapkan untuk mencoba membedakan dirinya dari China dengan memberikan insentif keuangan seperti manfaat pajak untuk produsen Apple, media asing diprediksi. Pada tanggal 3, pemerintah China memerintahkan penutupan kawasan industri selama tujuh hari di Zhengzhou, tempat pabrik Foxconn berada. 

Firma riset pasar TrendForce memperkirakan awal pekan ini bahwa pengiriman iPhone pada kuartal keempat akan turun 2 hingga 3 juta unit dari sebelumnya 80 juta unit karena masalah pabrik Zhengzhou. Dianalisa bahwa produksi iPhone akan berkurang sekitar 30 % dari perkiraan semula . Sementara itu, strategi Apple untuk mendiversifikasi fasilitas manufaktur ke India, Meksiko dan Vietnam untuk menghindari 'China Risk' diperkirakan akan semakin cepat. 

Dalam laporan baru-baru ini oleh Bloomberg Pengiriman iPhone India ke luar negeri diperkirakan akan mencapai  sekitar $ 2,5 miliar dalam 12 bulan dari April tahun ini hingga Maret tahun depan . Dibandingkan dengan angka satu tahun dari April  2021 hingga Maret tahun ini , dikatakan hampir dua kali lipat dari level dalam satu tahun.

Sejauh ini, Apple semakin banyak memercayakan China untuk membuat iPhone terkini. Terakhir, tersebar berita jika Apple meluaskan baris produksi iPhone terkini ke luar China, yaitu India. Beritanya, perusahaan asal Cupertino, AS ini telah mengawali produksi iPhone 14 yang disebut akan melaju bulan kedepan. Bila berita ini tepat, karena itu iPhone 14 seri nanti akan dibuat di dua tempat yakni di China dan India. 

Berdasar laporan Bloomberg, Apple sudah bekerja bersama dengan penyuplai elemen untuk tingkatkan produksi di India. Kerja-sama itu mempunyai tujuan supaya produksi iPhone baru dapat dilaksanakan bisa lebih cepat, cuma 6 - sembilan bulan saat sebelum produk dikeluarkan. Disamping itu, usaha ini kabarnya dilakukan Apple buat cari alternative produksi iPhone di tengah-tengah kemelut di antara AS dengan China. Apa lagi, jalinan politik yang memanas di antara China-Taiwan, disebutkan dapat memberikan ancaman produksi iPhone. 

Sejauh ini iPhone dibuat oleh Foxconn, partner manufacturing Apple di China. Adapun di India, dibuat oleh manufacturing di bawah lindungan Foxconn yakni Wistron. Rintangan Apple produksi iPhone di India Menurut sumber, Foxconn sedang pelajari proses pengangkutan elemen dari China dan perakitan iPhone 14 di pabriknya yang berada di luar kota Chennai, India Selatan. Disamping itu, Foxconn pelajari langkah menjaga standard kerahasiaan Apple yang ketat. 

Karena, salah satunya rintangan produksi di India ialah masalah kerahasiaan perusahaan. Apple sendiri berusaha keras jaga kerahasiaan detil produk baru dan mengaplikasikan kontrol ketat di China atau India, walau kenyataannya cukup susah dilaksanakan. Menurut sumber intern, eksekutif manufacturing India mengecek semua sisi dari salah satunya lajur perakitan Foxconn, mengucilkan pegawai sepanjang proses pengecekan sampai mempelajari semua langkah yang kemungkinan supaya kerahasiaan selalu terlindungi. 

Meskipun begitu, kontrol yang ketat seperti pada China, menurut orang dalam akan susah diaplikasikan di India. Apa lagi petinggi bea cukai India umumnya buka paket buat mengecek apa bahan import sesuai keterangan perusahaan. iPhone 14 bikinan India ditarget Oktober Sebagian orang di Apple dan Foxconn mengharap mengawali produksi yang bertepatan dengan China di India tahun ini. Sayang kemauan itu tidak pernah diwujudkan. Menurut sumber, buat pastikan penyeluncuran produk yang lancar, Apple akan konsentrasi percepat operasional di China lebih dulu, selanjutnya kerjakan produksi di India. 

iPhone 14 pertama kali yang dibuat di India diprediksikan akan usai di akhir Oktober atau November, sesudah handphone itu dipublikasikan sekitaran bulan September. Adapun sasarannya ialah iPhone 14 versus India melaju bertepatan dengan festival Diwali yang diawali pada 24 Oktober kedepan. Diringkas KompasTekno dari MacRumors, Rabu (24/8/2022), Apple diberitakan akan umumkan iPhone 14 seri pada 7 September kedepan. Piranti itu selanjutnya akan ada di toko retail mulai 16 September. Beragam isu mengatakan iPhone 14 seri terdiri dari 4 mode, mencakup iPhone 14 (6,1 inci), iPhone 14 Max (6,7 inci), iPhone 14 Pro (6,1) inch dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inch).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama