Bukan Dogma, Ini Keterangan Klinis Pemicu Kedutan di Mata

Bukan Dogma, Ini Keterangan Klinis Pemicu Kedutan di Mata

Mata berkedut atau myokymia ialah keadaan yang biasa terjadi. Umumnya, myokymia umum terjadi secara tiba-tiba saat melakukan aktivitas. Kedutan mata ini biasanya terjadi pada kelopak mata atas, tapi dapat terjadi pada kelopak mata atas dan bawah.

Merilis dari Hopkins Medicine, myokymia bisa dikelompokkan dalam dua kelompok, yakni myokymia kelopak mata yang disebut kasus enteng tanpa perlu penyembuhan dan blefarospasme fundamental jinak yang mengikutsertakan kontraksi otot tidak sadar dan mempunyai karakter terus-menerus.

Diambil dari Healthline, walau kasus kompleksitas karena kedutan mata jarang ada, seorang harus tetap berwaspada jika keadaan ini berjalan secara terus-terusan. Karena, ada peluang kedutan mata ialah tanda-tanda dari masalah otak atau saraf yang lebih serius.

Disebut, kompleksitas yang kemungkinan bisa terjadi karena kedutan mata ialah kelumpuhan muka (Bell's Palsy), kejang otot tidak tersangka (Dystonia), kepala dan leher kejang sampai berputar-putar ke status yang tidak menyenangkan (Distonia Serviks), penyakit mekanisme saraf pusat (Multiple Sclerosis), penyakit Parkinson, sampai Sindrom Tourette.

Sampai sekarang ini, belumlah diketahui dengan cara tepat pemicu dari kedutan mata. Tetapi, ada beberapa peluang factor yang memacu berlangsungnya kedutan mata, yakni:

1. Iritasi mata

2. Mata kering

3. Angin yang kuat, sinar jelas, matahari, debu, atau pencemaran udara yang berkenaan mata

4. Kecapekan

5. Depresi

6. Konsumsi alkohol

7. Efek obat

8. Bengkak susunan tengah mata

9. Mata enteng

10. Migrain

Bila kedutan mata berjalan sepanjang beberapa minggu, menyebabkan mata susah untuk dibuka, sampai alami kesusahan pandangan, selekasnya datangi dokter mata untuk memperoleh pengatasan klinis.

Tetapi, jika alami kedutan mata enteng, cukup kompres hangat dan pijat enteng mata yang berkedut, turunkan depresi, tidur yang memadai, awasi konsumsi cafein, dan jauhi sementara memakai lensa contact.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama