Blibli Melantai, Hartono Bersaudara Cuan Rp 17,76 T

Blibli Melantai, Hartono Bersaudara Cuan Rp 17,76 T

Perusahaan e-commerce punya Group Djarum sah melantai di Bursa Dampak Indonesia (BEI), di hari ini Selasa (8/11/2022).

Dengan menetapkan harga penawaran umum sejumlah Rp 450 per saham, karena itu perusahaan punya Group Djarum itu akan mengantongi dana sampai Rp 7,99 triliun. Lantas berapa besar keuntungan yang didapat 2 orang paling kaya RI yang disebut pemilik sebagian besar Blibli?

Berdasar data prospektus IPO yang dikeluarkan perusahaan Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono kuasai 88,22% saham Blibli otomatis saat sebelum IPO dikerjakan. Pemilikan itu sama dengan 88,84 miliar saham di perusahaan. Sesudah IPO, jumlah saham ke-2 nya masih sama, tetapi secara jatah terdilusi jadi 75%, karena penerbitan 17,77 miliar (15%) saham baru.

Robert dan Bambang masing-masing mempunyai 51% dan 49% saham di PT Lingkarmulia Cantik yang mempunyai 89,61% saham di PT Global Digital Sempurna. Perusahaan yang disebutkan paling akhir kuasai 99,99% saham di PT Global Investama Unggulan yang disebut pengontrol Blibli dan kuasai 98,46% saham perusahaan langsung saat sebelum IPO.

Prospektus IPO Blibli mengutarakan faksi pemilik faedah (ultimate beneficial ownership) perseroan ialah Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono. Pada harga nominal Rp 250 per saham, maknanya jumlah modal ditaruh dan disetorkan penuh oleh Hartono bersaudara otomatis capai Rp 22,21 triliun.

Dan saat IPO, dengan penentuan harga sejumlah Rp 450 per saham, karena itu keuntungan yang didapat oleh duet Hartono capai Rp 17,76 triliun. Perlu dicatat, keuntungan ini sebagai cuan di atas kertas, ingat harga saham turut berfluktuasi sesudah diperjualbelikan oleh investor khalayak.

Disamping itu, semua pemilikan tidak langsung duet Hartono sebagai sisi saham yang terserang lock up sampai dengan 8 bulan sesudah pengakuan registrasi jadi efisien.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama