5 Ide Quality Time Bersama Keluarga dan Manfaatnya

5 Ide Quality Time Bersama Keluarga dan Manfaatnya

Melakukan aktivitas di dalam rumah memang berasa menyenangkan dan nyaman. Apa lagi jika Anda dapat nikmati quality time dengan keluarga dengan teratur . Maka, tidak boleh repot dengan handphone atau masalah masing-masing saat ada di rumah, ya. Beraktivitas dengan keluarga penting juga untuk memberikan dukungan kesehatan psikis Anda satu keluarga.

Apa sejauh ini Anda berasa quality time dengan keluarga masih terbatas?

Tidak boleh risau dahulu hadapi hal itu. Anda bisa mengusahakan quality time yang lebih intens dan membahagiakan mulai saat ini . Maka, baca dahulu pembahasan mengenai faedah dan beragam langkah quality time keluarga berikut agar Anda di inspirasi merealisasikannya.

Apa yang Diartikan dengan Quality Time?

Menurut penulis buku dengan judul Five Love Language asal dari Amerika, Dr. Gary Chapman, ada 5 tipe bahasa cinta yang dapat diterapkan ke beragam tipe jalinan diantaranya, pertalian cinta, keluarga, dan persahabatan. Satu diantaranya ialah quality time.

Love language sendiri ialah langkah seorang untuk ekspresikan cintanya ke seseorang. Ke-5 bahasa cinta itu ialah seperti berikut:

  • Words of affirmation (beberapa kalimat positif seperti sanjungan, animo, dan kalimat yang lain mengutarakan perasaan sayang).
  • Quality time (perlakuan habiskan waktu bersama beberapa orang yang dicintai).
  • Receiving gifts (ide memberi suatu hal ke orang yang dicintai, tapi tidak selamanya sama dengan hadiah mahal).
  • Acts of servis (beragam sikap yang memperlihatkan kasih-sayang, misalkan teratur mengantarkan pasangan pergi kerja, temani rekan yang alami kedukaan, dan yang lain).
  • Physical touch (adu fisik dengan beberapa orang yang dicintai, misalnya memegang tangan, berangkulan, menggenggam pundak, mencium, dan lainnya)

Rupanya, quality time termasuk juga salah satunya bahasa cinta yang perlu untuk kehidupan manusia. Quality time dapat diartikan sebagai saat yang Anda pakai untuk memberi perhatian dan melakukan aktivitas bersama semua bagian keluarga di dalam rumah, yakni pasangan, anak, orangtua, dan saudara tanpa terusik oleh beberapa hal lain di saat bertepatan. Aktivitas apa saja jangan membuat Anda lupa lakukan quality time keluarga agar dapat memperoleh banyak faedah dari kegiatan rutin itu.

Beragam Faedah Quality Time Bersama Keluarga

Beberapa faedah yang dapat Anda satu keluarga peroleh bila menyempatkan quality time dengan teratur ialah seperti berikut:

  • Memperkuat ikatan emosional di antara keluarga. Hingga semua bagian keluarga dapat sama-sama menyayangi dan pahami keduanya. Ini membuat masing-masing bagian keluarga tidak enggan mengungkapkan masalahnya karena bagian keluarga lain tentu ikut menolong menemukan jalan keluar. Quality time juga penting untuk jaga keserasian jalinan dengan pasangan.
  • Memperlihatkan kepedulian ke keluarga, khususnya di antara kegiatan rutin kerja atau usaha yang super repot. Habiskan waktu luang dengan keluarga ialah langkah terbaik untuk menunjukkan jika Anda benar-benar mengasihi keluarga.
  • Ketahui perubahan atau perolehan individu semua bagian keluarga. Beberapa orang yang lupa sediakan quality time keluarga umumnya tidak ketahui perubahan bagian keluarga, misalkan prestasi anak di sekolah, tugas pasangan di kantor, atau keadaan kesehatan orangtua. Janganlah sampai ini terjadi terlalu lama sampai membuat jalinan Anda dan keluarga semakin renggang.
  • Mengoptimalkan perform masing-masing bagian keluarga untuk masalah sekolah, bekerja, menjalankan bisnis, atau mengurusi rumah tangga. Keluarga yang berbahagia sebagai motivasi khusus untuk raih beragam hal baik saat melakukan aktivitas.
  • Tingkatkan kesehatan fisik semua bagian keluarga. Faedah ini dapat didapat jika Anda satu keluarga isi quality time dengan beberapa hal berguna, misalkan olahraga bersama, mengolah makanan sehat, mendaki gunung, atau beraktivitas fisik yang lain. Ini pasti ikut perpanjang umur keinginan hidup.
  • Tingkatkan kesehatan psikis semua bagian keluarga karena tiap bagian keluarga terasa nyaman berhubungan keduanya. Ini membuat resiko depresi, stres, masalah kekhawatiran, dan permasalahan kesehatan psikis yang lain bisa diminimalisir.

Jeli Menangani Kendala Quality Time Keluarga

Merealisasikan quality time keluarga dengan teratur memanglah bukan kasus gampang. Oleh karenanya, Anda satu keluarga harus jeli menangani beberapa kendala quality time berikut supaya tidak kehilangan peristiwa membahagiakan dengan keluarga:

  • Keterikatan terlalu berlebih pada handphone yang membuat seorang malas bergerak dari monitor handphone untuk melakukan aktivitas dengan keluarga.
  • Aktivitas masing-masing bagian keluarga hingga waktu berjumpa di dalam rumah jadi makin berkurang, misalkan orangtua repot bekerja atau menjalankan bisnis dan meremehkan kebersama-samaan dengan anak-anak atau anak-anak malah repot melakukan aktivitas di luar rumah.
  • Hati malas bergabung dengan bagian keluarga karena sering mendapatkan tindakan yang menjengkelkan, misalkan dibandingkan dengan bagian keluarga lain (antara anak atau ponakan) atau selalu dimarahin karena dipandang kerap lakukan kekeliruan.
  • Kekurangan empati pada diri masing-masing bagian keluarga hingga kepedulian pada keluarga makin sedikit. Ini rawan terjadi jika ada bagian keluarga yang rasakan kejadian buruk terkait dengan jalinan antara keluarga.
  • Jalinan antara bagian keluarga yang dirasa cemplang dan kurang serasi. Umumnya waktu bergabung dengan keluarga justru memacu perselisihan dan beradu mulut karena tidak usaha pahami keduanya. Tiap bagian keluarga harus meredam ego beberapa waktu supaya bisa berbicara secara efisien.
  • Kebatasan keadaan keuangan yang membuat tumpuan keluarga agar lebih giat cari nafkah untuk penuhi keperluan keluarga. Mengakibatkan, tumpuan keluarga kerap tidak ada di rumah karena memandang jika usaha penuhi keperluan keluarga lebih penting dibanding quality time.

Panduan Quality Time Efisien Bersama Keluarga

Tiap keluarga tentu punyai langkah masing-masing untuk lakukan quality time. Jika Anda berasa quality time keluarga Anda masih terbatas, coba beberapa panduan berikut agar quality time menjadi lebih efisien:

  • Menyempatkan diri dengan teratur untuk quality time keluarga, misalkan memutuskan hari minggu sebagai waktu bergabung keluarga di dalam rumah. Dengan begitu, semua bagian keluarga dapat beraktivitas individu di hari lain dan menyempatkan diri di hari quality time yang sudah ditetapkan.
  • Menghindari diri kita dan keluarga dari beragam masalah quality time, misalkan bermain handphone dan timbunan tugas. Anda dapat membuat permainan simpel yang melawan sepanjang quality time. Misalnya, bagian keluarga yang pertama kalinya tertarik memakai handphone saat quality time harus membayari semua bagian keluarga.
  • Ajak semua bagian keluarga berencana aktivitas hebat secara berganti-gantian. Hingga semua bagian keluarga dapat memberi gagasan mengenai kegiatan membahagiakan yang dapat dilaksanakan bersama.
  • Meredam ego untuk mengulas beberapa hal memiliki sifat peka (misalkan menanyakan mengenai gagasan menikah, prestasi, atau tugas bagian keluarga lain) hingga peristiwa quality time berjalan membahagiakan tanpa menyentuh hati salah seorang bagian keluarga.
  • Menyisihkan uang tabungan secara disiplin agar Anda satu keluarga dapat rasakan quality time di luar rumah, misalkan staycation atau berkunjung tujuan rekreasi mimpi.

Beberapa Gagasan Aktivitas untuk Quality Time Bersama Keluarga

Gagasan quality time keluarga dapat dibagi jadi dua berdasar tempatnya, yakni:

1. Quality Time di Luar Rumah

Bermacam aktivitas yang bisa dilaksanakan untuk isi waktu dengan keluarga di luar rumah, diantaranya:

  • Rekreasi kulineran: jika Anda satu keluarga hoby coba makanan baru, berekreasi kulineran ke tujuan favorite menjadi opsi yang membahagiakan. Yakinkan jika tujuan rekreasi kulineran yang didatangi sesuai selera semua bagian keluarga.
  • Staycation: bila jemu dengan situasi rumah, Anda satu keluarga dapat coba kesan staycation atau bermalam sekian hari di luar rumah. Anda tidak harus melancong jauh karena staycation bisa dilaksanakan di lokasi yang satu kota dengan rumah Anda.
  • Berkunjung tempat rekreasi dalam kota: quality time dengan keluarga di luar rumah dapat dilaksanakan dengan berkunjung beragam tempat rekreasi, misalkan pantai, pegunungan, kebun binatang, dan tempat wisata menarik yang lain. Janganlah lupa memburu video dan foto untuk mendokumentasikan peristiwa hebat dengan keluarga.
  • Berekreasi ke luar kota atau luar negeri: Anda dapat merealisasikan gagasan berekreasi ke luar kota atau luar negeri dengan keluarga jika sudah mempersiapkan anggaran yang ideal. Penyiapan rekreasi harus dilaksanakan dengan matang supaya berjalan hebat dan kurang kendala.

2. Quality Time di Rumah

Jika Anda satu keluarga tidak punyai beberapa waktu atau penyiapan anggaran untuk quality time di luar rumah, beberapa kegiatan #DiRumahAja berikut dapat menjadi alternative yang membahagiakan:

  • Melihat film favorite: salah satunya kegiatan membahagiakan yang bisa dilaksanakan dengan keluarga saat ada di rumah ialah melihat film favorite. Saat ini, banyak siaran film streaming yang dapat diputuskan sama sesuai ketertarikan dan kesesuaian agenda. Upayakan untuk pilih film berjenis keluarga agar semua bagian keluarga dapat menikmatinya, terhitung anak-anak.
  • Bermain board games: waktu senggang di dalam rumah bisa juga digunakan untuk bermain board games bersama semua bagian keluarga. Ada beragam board games bagus yang dapat dimainkan di dalam rumah, misalkan ular tangga, monopoli, scrabble, kartu remi, ludo, dan othello. Anda bisa juga memutuskan mekanisme persaingan ketika bermain board games supaya jalur permainan berjalan lebih hebat.
  • Mengolah bersama: hoby makan bisa memberi ide aktivitas baru di dalam rumah, yakni mengolah bersama. Anda harus mempersiapkan beragam bahan makanan lebih dulu jika ingin mengolah bersama semua bagian keluarga di dalam rumah. Janganlah lupa pilih resep makanan yang tidak begitu sulit agar Anda satu keluarga tidak kesusahan membuat di dalam rumah.
  • Makan bersama: tidak jadi masalah bila Anda sedang malas mengolah. Quality time dengan keluarga dapat dilaksanakan dengan pesan makanan di luar lalu makan bersama di dalam rumah. Peristiwa makan bersama bisa digunakan untuk mengobrol dari dalam hati ke hati dengan semua bagian keluarga hingga jalinan keluarga jadi semakin serasi.
  • Bercocok tanam atau menjaga hewan piaraan: jika semua bagian keluarga sukai bercocok tanam atau memiara hewan, karena itu hal itu dapat menjadi salah satunya gagasan quality time. Sempatkan diri untuk bercocok tanam atau menjaga hewan piaraan minimum satu minggu sekali karena kegiatan hebat ini benar-benar efisien untuk mengakrabkan jalinan keluarga jika dilaksanakan bersama.
  • Bersihkan rumah bersama: satu aktivitas quality time kembali yang membahagiakan sekalian benar-benar berguna ialah bersihkan rumah bersama. Kegiatan ini tidak cuma memperkuat jalinan keluarga tapi juga membuat rumah jadi nyaman dan bersih. Janganlah lupa mempersiapkan produk kebersihan berkualitas supaya kegiatan bersihkan rumah berjalan lebih ringkas, satu diantaranya ialah Wipol Disinfectant Spray.

Variasi produk Wipol yang ini efisien bersihkan permukaan dari beragam tipe kotoran dan melenyapkan kuman. Anda dapat memakai Wipol Disinfectant Spray untuk bersihkan seisi rumah, khususnya beberapa bagian yang kerap disentuh seperti gagang pintu, permukaan meja, pegangan tangga, dan sakelar lampu. Produk Wipol ini juga memperoleh sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia hingga kehalalan terjaga. Bersihkan rumah tidak akan menyusahkan kembali jika Anda satu keluarga memercayakan Wipol Disinfectant Spray.

Maka apa Anda telah mempunyai gagasan untuk lakukan quality time keluarga dalam kurun waktu dekat?

Quality time keluarga seharusnya selalu dilaksanakan dengan teratur. Karena, ini mempunyai beberapa faedah yang dapat didapat untuk semuanya bagian keluarga. Sesudah kerjakan kegiatan rutin harian, keluarga Mam pasti bergabung di dalam rumah. Sebagai orangtua, Mam harus pastikan minimal satu jam satu hari untuk membuat jaringan riil dengan keluarga.

Merilis dari The Telegraph, Dr Amanda Gummer, seorang child development ahli dan penulis buku Play: Fun Ways to Help Your Child Develop in the First Five Years (2015) menjelaskan, orangtua harus membuat quality time dengan keluarga dan melakukan aktivitas bersama anak-anak.

"Orangtua harus sampaikan opini mereka hingga membuat anak lakukan hal sama. Ini membuat anak-anak berasa lebih dipandang, lebih didengarkan, dan semakin dapat pahami orangtua mereka," tutur Dr Amanda. Maka dari itu, Mam dan Dads harus isi quality time dengan kegiatan yang tidak menjemukan. Dengan demikian jalinan keluarga juga semakin dekat dan serasi!

Gagasan Quality Time Keluarga

Berikut beberapa panduan habiskan quality time dengan keluarga secara membahagiakan.

1. Bermain Games Bersama Anak

Bila Mam menyaksikan anak-anak bermain games, mendekati mereka. Ketahui mengapa mereka demikian menyenangi permainan itu. Saat nikmati bermainnya, sampaikan diri untuk ikut di dalam permainan itu. Awalannya anak-anak akan berasa terkejut, tetapi mereka akan menikmatinya. Tanpa Mam ketahui, Mam melakukan quality time bersama. Tidak ada rasa canggung, semua mengucur apa yang ada.

Saat turut bermain, Mam akan mempunyai waktu untuk memandang permainan itu, sekalian kadang-kadang masukkan elemen permainan pembelajaran, atau bahkan juga ajaknya menceritakan mengenai hatinya ketika bermain.

2. Menonton Bersama Keluarga

Menonton film atau seri yang hebat dengan keluarga dapat menjadi opsi yang pas lho, Mam! Pilih film yang bisa dilihat oleh anak-anak, dan mempunyai pesan baik yang tersurat, hingga bisa memberikan nilai yang bagus untuk anak. Untuk memberikan dukungan kegiatan menonton bersama keluarga saat quality time, Mam dapat coba memakai Paket Dekat dari XL, untuk internetan satu keluarga.

Paket ini mempunyai paket besar yang dapat dibagi dan ada bonus paket individu untuk setiap anggota. Bukan hanya hanya itu, Mam bisa juga memperoleh bonus berlangganan program Video.com, lho! Semakin asyik, kan menonton bersama film atau seri favorite keluarga di dalam rumah. Aktifkan Paket Dekat di program myXL dan memulai untuk paket Paket Dekat dengan keluarga dan famili! Check informasi secara lengkap di sini.

3. Mengolah Makanan dan Makan Bersama

Salah satunya gagasan quality time keluarga yang dapat dicoba ialah mengolah bersama. Ini membuat anak bisa mengenal dan membuat sikap bertanggungjawab, dan jadi lebih inovatif. Disamping itu, anak dapat belajar membuat makanannya sendiri yang menolong mereka berdikari di masa datang kelak.

4. Bercocok tanam di Halaman Rumah

Bercocok tanam ialah gagasan quality time keluarga yang bisa tingkatkan hubungan di antara bagian keluarga. Bekerja sama di dalam bercocok tanam, dimulai dari berencana apa yang hendak ditanamkan dan menjaganya bersama, bisa perkuat ikatan di antara orangtua dan anak, dan pelajari langkah bertanggungjawab pada makhluk hidup lain.

5. Makan Malam Khusus

Makan malam di dalam rumah bersama semua keluarga kemungkinan berasa biasa. Tetapi, Mam dapat coba topik yang lain dalam peristiwa makan malam. Mam bisa coba kulineran serba pizza, acara makan malam hindangan Jepang, atau makan malam ala-ala sajian Eropa. Ganti dapur Mam secara khusus seperti restaurant sushi atau bistro Italia satu minggu sekali. Anak-anak pasti semangat dan turut dalam penyiapannya.

Saat anak-anak bergembira, mereka akan suka menceritakan membagi pengalaman mereka di sekolah di antara proses masak. Saat pagi, Mam dapat bicara mengenai acara makan malam khusus itu. Mereka pasti menunggunya kembali.

Faedah Quality Time Keluarga

Ada beberapa faedah baik yang dapat didapat saat lakukan quality time keluarga, seperti bisa kurangi depresi, tingkatkan keyakinan diri, kesehatan fisik dan psikis, dan yang lain. Datang secara fisik sama orang yang disayangi membuat support emosional yang kuat untuk menyokong seorang lewat rintangan hidup, seperti depresi atau stres.

Bahkan juga, dalam sebuah riset di tahun 2019, yang diedarkan di JAMA Pediatrics, memperlihatkan jika anak dan remaja yang punyai jalinan keluarga positif, mempunyai tingkat tanda-tanda stres yang lebih rendah saat dewasa dibandingkan mereka yang alami jalinan keluarga yang jelek.

Selainnya bagus untuk kesehatan psikis, quality time keluarga berguna juga untuk kesehatan fisik. Seperti berperan serta dalam aktivitas di luar ruang dengan keluarga, seperti olahraga, mendaki, atau bercocok tanam bersama bisa menolong tingkatkan kesehatan badan.

Disamping itu, quality time keluarga dapat menolong anak berprestasi lebih bagus di sekolah. Keluarga yang hangat membuat anak berasa dihiraukan dan membuat mereka makin semangat belajar.

Peranan Internet untuk Tumbuh Kembang Anak

Teratur lakukan quality time keluarga bisa memperkuat jalinan yang terikat. Anak yang tumbuh di keluarga yang hangat pasti baik untuk tumbuh berkembangnya. Untuk membuat quality time keluarga bisa ditolong dengan internet. Selainnya membuat keluarga jadi dapat beraktivitas bersama, internet berguna juga untuk tumbuh berkembang anak.

Di zaman digital ini, di mana info bisa secara mudah dan cepat didapat, internet mempunyai peranan yang lumayan besar untuk tiap orang, terhitung anak-anak. Karena ada internet, anak bisa mendapat pengetahuan secara mudah, memberikan ide untuk mereka, dan tingkatkan kreasi. Ini tentu saja akan mendukung anak jadi seorang yang lebih pintar dan cetak banyak prestasi.

Sebuah riset tahun 2019 yang sudah dilakukan oleh team Innocenti (UNICEF Office of Research), dan London School of Economics and Political Science (LSE), dan Global Kids Online, mendapati jika kegiatan yang sudah dilakukan anak-anak lewat cara online penting untuk membuat ketrampilan digital.

Selingan online misalkan seperti bermain games atau melihat video bisa menolong anak meningkatkan ketertarikan sampai berpikiran krisis. Karena itu orang dewasa perlu memberikan dukungan sekalian masih tetap memantau kegiatan online anak. Yakinkan sebagai orangtua selalu menemani mereka, ya! Habiskan waktu membahagiakan bersama Sang Kecil akan menolong melepas kepenatan Mam. Menghargai waktu dengan keluarga sekecil apa saja, karena waktu tidak bisa terulang lagi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama