15 Wisata Goa Pindul Gunungkidul dengan Atraksi yang Menantang!

15 Wisata Goa Pindul Gunungkidul dengan Atraksi yang Menantang!

Rekreasi Goa Pindul sangat populer di kelompok pelancong lokal sampai luar negeri. Goa Pindul sebagai gua yang mempunyai saluran sungai bawah tanah warna kehijauan. Salah satunya tempat rekreasi alam di Jogja ini tercipta dengan alami proses dari pengeroposan pada daerah kapur.

Nach, proses pengeroposan ini berjalan benar-benar lama sampai pada akhirnya membuat sebuah gua dengan penampilan eksotik sama seperti yang kita mengenal sekarang ini. Gua yang mempunyai panjang sekitaran 350 mtr. dengan lebar 5 mtr. ini dibuka untuk umum sebagai tempat rekreasi semenjak tahun 2010. Lihat serunya berekreasi di Goa Pindul, yok Mam!

Rafting dan Cave Tubing di Goa Pindul

Kehadiran sungai dalam gua menarik beberapa pelancong untuk lakukan rafting. Selainnya rafting, Mam bisa juga lakukan cave tubing dengan memakai ban saat melalui sungai dalam Goa Pindul. Ada tiga zone yang hendak dilewati saat lakukan aktivitas ini, yaitu zone jelas, zone remang, dan zone gelap.

Di masing-masing zone itu, Mam dapat menyaksikan batu stalagmit dan stalagtit yang unik sama ukuran yang lumayan besar dan wujud yang bermacam. Pas di sisi tengah gua, ada lubang besar pada bagian atas hingga sinar di luar akan menerangi sisi dalam gua. 

Zone berikut yang disebutkan dengan zone jelas. Warga di tempat mengatakan dengan sumur kebalik atau sinar surga, karena sangat cantiknya dampak cahaya matahari yang menerangi sisi dalam gua.

Lokasi dan Jalan Ke arah Goa Pindul

Lokasi Goa Pindul ada di Dusun Ajang 1, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupatan Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi, Mam dapat lewat beberapa jalur perjalanan. Bila pergi dari arah pusat Kota Yogyakarta, jaraknya sekitaran 40 km hingga memerlukan waktu perjalanan lebih kurang 1 jam.

Dari pusat Kota Yogyakarta, Mam dapat ambil arah jalan ke arah Wonosari. Tujukan kendaraan untuk belok ke kiri ke Bunderan Siyono lewat Jalan Lingkar Utara. Belok ke kiri di perempatan Bejiharjo, lalu belok ke kiri kembali saat berjumpa pertigaan Jalan Wonosari-Bejiharjo yang ke arah Jalan Raya Pindul.

Saat berjumpa tugu, tujukan kendaraan untuk belok kanan. Disana Mam tinggal ikuti papan panduan jalan yang arahkan Mam ke arah ke arah tempat rekreasi Goa Pindul. Jika ingin naik kendaraan umum ke arah lokasi Goa Pindul, Mam dapat naik bis dari Yogyakarta ke arah Terminal Giwangan.

Mam dapat naik bis yang ke arah Wonosari, lalu turun di perempatan Grogol dan naik ojek untuk sampai di lokasi.

Jam Membuka dan Harga Ticket Goa Pindul

Buat Mam yang ingin bertandang ke tempat rekreasi ini, Goa Pindul membuka tiap hari dimulai dari jam 07.00-19.00. Harga tiketnya juga dapat dijangkau, cuma Rp10.000 saja untuk tiap-tiap orang. Tetapi, bila Mam ingin menelusuri ke sisi dalam gua, maka dikenai ongkos tambahan yaitu Rp40.000 per-orang untuk dewasa dan Rp20.000 untuk anak-anak di bawah lima tahun.

Ongkos tambahan itu telah terhitung pemandu rekreasi, pakaian pelampung, ban, sepatu karet, dan minuman selamat tiba. Bila Mam bawa kendaraan individu, siapkan ongkos parkir sejumlah Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Sarana di Goa Pindul

Rekreasi Goa Pindul yang paling terkenal ini sudah pasti mempunyai sarana yang paling komplet. Bebeapa sarana yang ada di Goa Pindul diantaranya:

  • Tempat parkir yang lega
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Musala
  • Ruangan tukar
  • Tempat untuk istirahat
  • Tempat untuk menitipkan barang yang diperlengkapi CCTV
  • Jaket pelampung dan ban tubing
  • Rumah makan
  • Pemondokan
  • Ruangan transit untuk penyiapan
  • Tempat untuk bermain anak
  • Free hotspot

Larangan di Goa Pindul

Walau dapat bebas menelusuri, rupanya ada banyak larangan yang perlu dipatuhi saat bertandang ke Goa Pindul. Berikut larangan di Goa Pindul yang penting Mam jauhi, diantaranya:

  • Jauhi telusuri gua saat hujan.
  • Jauhi tiba saat haid, karena gua ini dipandang seperti tempat keramat yang dahulunya pernah disucikan dan dipakai sebagai tempat bertapa beberapa leluhur.
  • Jauhi bicara kotor, tidak santun, atau berteriak-teriak untuk jaga keteraturan di teritori rekreasi.
  • Dilarang ambil atau menghancurkan bebatuan dalam gua, agar keelokan gua bisa terbangun secara baik.
  • Dilarang buang sampah asal-asalan supaya tidak mengotori sekitar lingkungan.

Jakarta Rekreasi Goa Pindul sebagai salah satunya tujuan rekreasi yang berada di Yogyakarta, berada 7 km di selatan kabupaten Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi ini dapat dicapai dengan lakukan perjalanan sepanjang 3 jam dari pusat perkotaan Yogyakarta.

Rekreasi Goa Pindul ialah arah rekreasi yang populer karena tawarkan langkah baru dan unik untuk menelusuri goa alam yang memesona. Di sini pelancong dapat nikmati keelokan alam goa pindul yang mencekam dan bisa hilangkan Stress sesudah melakukan aktivitas sepanjang 1 minggu penuh.

ada beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan di rekreasi Goa Pindul, dimulai dari menelusuri goa lewat kegiatan cave tubing dan nikmati keelokan alam berbentuk Stalaktit dan stalagmit yang berada di semua tempat gua. Tentu saja ini menjadi pengalaman liburan yang unik dan tidak terlewatkan.

Agar semakin mengenali Rekreasi Goa Pindul yang berada di Yogyakarta ini, berikut Liputan6.com kumpulkan dari beragam sumber Rekreasi Goa Pindul komplet dengan pertunjukan, sarana, lokasi dan harga ticket masuknya, Senin (10/10/2022).

rekreasi goa pindul

  • Goa Pindul
  • harga ticket masuk Goa Pindul
  • pertunjukan Goa Pindul
  • sarana Goa Pindul
  • lokasi Goa Pindul
  • Rekreasi Jogja
  • Rekreasi Alam Jogja

Goa Pindul Gunungkidul, yeah siapa sang yang tidak tahu goa pindul? Kemungkinan mayoritas orang pernah dengar mengenai keelokan di Goa Pindul, Goa Pindul ialah sebuah tempat wisata susur goa alam yang berada di teritori dusun rekreasi Bejiharjo Kabupaten Gunungkidul ini telah go-international. Letak goa pindul ini tidak begitu jauh dari kota Jogjakarta, cuma lebih kurang 60 km atau perlu lakukan perjalanan sepanjang 1 jam.

Goa pindul jogja ini telah dikenali sampai seluruh dunia, kenapa tidak, bila pada musim berlibur, tempat wisata yang terlatak di dusun Bejiharjo tentu selalu ramai diserang oleh beberapa pengunjung dari luar atau dalam kota yogyakarta.

Saat telusuri Goa pindul ini Anda pun tak perlu cemas , karena pada tempat ini dapat di ngomong aman untuk semua umur tetapi tidak di anjurkan untuk anak umur di bawah enam tahun, untuk anak-anak umur lebih dari enam tahun sampai Lanjut usia sekalinya dapat coba menyusurinya, karena air yang mengairi di Goa Pindul ini datang dari mata air yang mengucur perlahan walau musim penghujan, jadi tidak perlu cemas berlangsungnya banjir besar.

Goa Pindul ini mempunyai panjang susur sekitaran 350 m, memiliki lebar sampai 5 m, dalam jarak permukaan air dengan atap goa sampai 4 m, dan kedalaman air sekitaran 5-12 m. Goa Pindul ini mempunyai 3 zone dalam goa, yakni zone jelas , zone remang-remang, dan zone gelap pekat. waktu untuk telusuri goa ini sekitaran 45 menit sampai 1 jam.

Zone Yang Pertama (Zone Terang)

Zone yang pertama yakni zone jelas ini Anda akan menyaksikan beberapa macam stalaktit (batu yang ada dan jadi membesar di atas kebawah) dan batu pilar (tatap muka dari batu stalaktit dan batu stalakmit (batu yang tumbuh dari bawah ke atas). Anda akan menyaksikan sumur kebalik dan sarang burung walet dan ada banyak kembali di zone pertama ini.

Zone Yang Ke-2 (Zone Remang)

Zone ke-2 ialah zone remang, Pada zone ini Anda bisa menyaksikan dinding goa tanpa senter, di zone ini akan menemui stalaktit yang terletak bergelantung menghias dindin-dinding goa. Ini ialah zone yang paling dicintai oleh pengunjung. Tempat ini biasanya sebagai lokasi yang baik untuk mendokumentasikan peristiwa yakni berpose antara stalaktit dan menyaksikan batu kristal pertama sama seperti yang diperlihatkan pemandu di bawah ini.

Zone Yang Ke-3 (Zone Gelap)

Zone kertiga yakni zone gelap pekat,disebutkan zone gelap kekal karena di zone atau lorong pada goa tak pernah terserang oleh sinaran matahari langsung atau refleksi sinar dari dinding-dinding disekelilingnya. Pada zone ini perlu media pencahayaan yang cuma disinari dengan senter yang dibawa oleh pemandu saja.

Bila anda tidak inginkan untuk pemandu mematikan senternya, anda bisa juga berfoto di sini tetapi harus hidupkan flash camera supaya kelihatan hasil fotonya. di Zone gelap ini ada batu stalaktit paling besar ke-2 yang menghias dinding Goa. Anda bisa berfose bebas dan di ijinkan menggenggam batu itu di bagian yang kering.

Sarana dan Ticket

Sarana sangat komplet dan ticket masuk 35rb - 40rb bergantung musimnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama