Manfaat dan Efek Samping Suplemen Tidur Melatonin

Manfaat dan Efek Samping Suplemen Tidur Melatonin

Permasalahan susah tidur pulas umum terjadi karena kesetidakimbangan hormon melatonin pada tubuh. Peranan melatonin sebagai hormon penyebab rasa ngantuk dan jaga Anda supaya masih tetap lelap semalaman. Oleh karenanya, suplemen melatonin kerap dipakai sebagai bala dana untuk tingkatkan jumlah hormon ngantuk pada tubuh. Tetapi, apa suplemen ini aman untuk dimakan?

Faedah suplemen melatonin untuk tidur

Otak menghasilkan hormon melatonin sebagai tanggapan pada kegelapan. Kehadiran hormon ini bisa menolong Anda menjaga irama sirkadian dan kualitas tidur. Bila terkena sinar, produksi melatonin akan terhalang. Oleh karenanya, untuk tingkatkan banyaknya pada tubuh, Anda dapat konsumsi suplemen melatonin.

Berikut beberapa permasalahan tidur yang dapat Anda tangani saat konsumsi suplemen ini:

1. Jet lag

Umumnya, saat melancong jauh sampai lewat beragam zone saat yang berlainan, Anda akan alami jet lag. Apabila sudah begitu, waktu tidur dan kualitas tidur Anda kemungkinan terusik. Akhirnya, Anda jadi kekurangan tidur.

Untuk menanganinya, Anda dapat konsumsi suplemen melatonin. Masalahnya suplemen itu bisa menolong menurunkan tanda-tanda yang Anda rasakan saat jet lag. Akhirnya, Anda dapat tingkatkan kualitas tidur, kembalikan irama sirkadian badan, dan menangani permasalahan kekurangan tidur sesudah lakukan perjalanan lintasi zone waktu.

2. Masalah transisi tidur yang terlambat

Orang yang alami keadaan ini umumnya tidak dapat tidur dan bangun seperti umumnya. Biasanya, orang yang merasakannya baru dapat tidur saat masuk jam dua pagi, dan baru dapat bangun saat masuk jam 10 pagi. Nach, suplemen melatonin bisa menolong menangani masalah tidur ini. 

Umumnya, orang yang alami keadaan ini dapat tidur kurang dari 22 menit sesudah mengkonsumsinya. Bila alami keadaan ini, Anda bisa konsumsi suplemen melatonin lebih kurang satu jam saat sebelum jam tidur. Tidak cuma menolong Anda cepat tidur, suplemen ini dapat juga menolong Anda supaya terus lelap sampai pagi.

3. Insomnia

Insomnia atau masalah susah tidur sebagai salah satunya tipe masalah tidur yang menganiaya. Pikirkan, Anda tidak dapat tidur walau telah capek dan mengantuk. Bahkan juga, seringkali Anda terjaga larut malam dan tidak dapat tidur kembali.

Untuk menangani insomnia, Anda dapat konsumsi suplemen melatonin. Ya, suplemen ini diperhitungkan bisa menolong Anda tidur bisa lebih cepat dan tidur pulas saat malam hari. Suplemen hormon ini kemungkinan dapat memberi faedah untuk lanjut usia yang mulai alami defisiensi melatonin atau mungkin tidak mempunyai cukup hormon melatonin dalam badannya.

4. Masalah tidur pada anak-anak

Suplemen melatonin mempunyai potensi menolong menangani masalah tidur yang terjadi pada anak-anak. Walau demikian, ini bukanlah langkah khusus yang dianjurkan untuk menangani permasalahan tidur pada anak.

Lebih bagus melatih anak untuk mempunyai kegiatan rutin tidur yang bagus untuk menahan masalah tidur dibanding memberi suplemen. Tidak itu saja, bila Anda ingin memberi suplemen ini pada anak, tanyakan lebih dulu ke dokter anak, aman atau mungkin tidak untuk anak konsumsi suplemen itu.

Efek konsumsi suplemen melatonin

Secara umum, suplemen ini termasuk aman untuk Anda konsumsi dalam periode pendek. Tidak seperti suplemen dan obat tidur yang lain, Anda tidak mempunyai keterikatan pada suplemen ini. Tetapi, sama seperti dengan konsumsi obat dan suplemen yang lain, suplemen melatonin mempunyai potensi memunculkan efek tertentu. Beberapa efek yang biasa dan kemungkinan memiliki sifat sementara dari suplemen ini, yakni:

  • Sakit di kepala.
  • Stres periode pendek.
  • Mengantuk dan lemas di siang hari.
  • Pusing.
  • Kram perut.
  • Peralihan situasi hati (suasana hati).

Oleh karenanya, beberapa pakar tidak merekomendasikan Anda untuk beraktivitas yang memerlukan fokus saat memakai suplemen ini. Misalnya, berkendara atau menjalankan mesin berat. Selainnya efek enteng, ada banyak resiko efek yang lebih serius dan perlu lebih Anda cermati. Efek suplemen melatonin yang lebih serius, terhitung:

  • Pendarahan.
  • Stres.
  • Kenaikan gula darah.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Kejang.

Langkah pas konsumsi suplemen melatonin

Baiknya, Anda harus konsultasi sama dokter berkenaan permasalahan tidur lebih dulu. Maksudnya untuk ketahui apa pemicu tentu dan langkah terbaik menanganinya. Bila dokter sudah menyepakati atau bahkan juga merekomendasikan pemakaian suplemen melatonin, turuti ketentuan pemakaian dan jumlah yang sudah dokter tetapkan untuk Anda.

Menurut National Health Security (NHS), jumlah umum untuk orang dewasa untuk suplemen ini ialah dua miligram (mg). Minimal, minum suplemen ini satu sampai dua jam saat sebelum tidur. Disamping itu, dokter merekomendasikan untuk konsumsi obat ini sesudah makan. Jauhi membagikan tablet atau mengunyahnya. Lebih bagus, telan langsung tablet dan dorong dengan 1 gelas air.

Berhati-hati, tidak seluruhnya orang bisa memakai obat melatonin. Suplemen melatonin jangan dipakai pada beberapa orang yang barusan terima cangkok organ atau terima transfusi darah. Masalahnya melatonin bisa tingkatkan peranan ketahanan tubuh dan kemungkinan mengusik efektifitas therapy imunosupresif. Therapy ini khusus untuk beberapa orang yang terima transplantasi.

Wanita yang program hamil seharusnya tidak memakai suplemen ini. Hormon melatonin dapat mengusik periode ovulasi, yang dapat menyulitkan kesempatan sukses hamil Anda. Dalam pada itu, anak-anak cuma bisa konsumsi suplemen melatonin versus obat minumnya saja. Permasalahannya, suplemen versus suntik disampaikan dapat mengusik tumbuh berkembang anak dan remaja.

Mam, pernah dengar mengenai melatonin? Apa itu terhitung obat tidur? Silahkan baca dahulu ulasan berikut saat sebelum salah mengerti, ya. Dikutip dari National Center for Complementary and Integrative Health, melatonin sebetulnya ialah hormon yang dibuat otak sebagai tanggapan pada kegelapan.

Peranan dari hormon ini untuk menolong waktu irama sirkadian dengan tidur. Adapun irama sirkadian ialah proses intern dan alami yang atur transisi tidur dan bangun seorang, yang diulangi tiap 24 jam. Saat irama sirkadian kita teratur, karena itu jam tidur dan bangun teratur dan sanggup jaga kualitas hidup secara baik. Perlu dimengerti, terserang sinar pada malam hari bisa memblok produksi melatonin.

"Badan menghasilkan melatonin secara alami. Melatonin bukan hormon yang membuat tidur. Tetapi, saat kandungan melatonin bertambah pada malam hari, itu yang hendak menolong tingkatkan kualitas tidur, "terang ahli tidur Luis F. Buenaver. 

Tetapi, pada beberapa keadaan seorang memerlukan suplemen melatonin untuk jaga irama sirkadian mereka. Walau ada banyak faedah suplemen melatonin, masih tetap harus dipahami resiko yang mengincar dan efek yang kemungkinan terjadi.

Peranan Suplemen Melatonin

Melatonin ialah hormon yang diketemukan dengan alami pada tubuh. Suplemen melatonin dikenal juga bernama merk Circadin. Pelengkap makanan melatonin bisa dibikin dari hewan atau mikroorganisme, tapi tersering dibikin secara sintetis. Melatonin yang dipakai sebagai obat umumnya dibikin secara sintetis di laboratorium.

Suplemen melatonin ini tersering ada berbentuk pil. Tetapi, ada pula melatonin yang ada berbentuk yang bisa ditaruh di pipi atau di bawah lidah. Ini memungkinkannya melatonin untuk diserap langsung ke badan. Sebagian orang konsumsi melatonin lewat mulut untuk sesuaikan jam intern badan.

Peranan suplemen melatonin ini dipakai untuk tingkatkan kualitas tidur dan sesuaikan irama sirkadian badan. Merilis dari situs National Sleep Foundation, irama sirkadian ialah peralihan sikap, fisik, dan psikis yang ikuti transisi 24 jam.

Peranan khusus irama sirkadian ialah tentukan apa badan siap untuk tidur atau mungkin tidak. Sebagian orang dengan keadaan ini memerlukan suplemen melatonin, salah satunya, yakni:

1. Insomnia

Siapa dari Mam yang sekarang ini masih berusaha untuk menantang insomnia? Masalah tidur ini memang lumayan umum terjadi, ya. Dikutip dari WebMD, sebagian orang yang alami kesusahan tidur berkadar melatonin yang rendah.

Diprediksi jika menambah melatonin dari suplemen bisa menolong tingkatkan kualitas tidur. Tetapi, perlu dimengerti jika suplemen melatonin harus berdasar resep dari dokter, ya. Bila Mam alami insomnia, umumnya akan konsumsi melatonin cuma beberapa minggu untuk menolong menangani permasalahan tidur periode pendek (insomnia).

Tetapi, pada beberapa kasus tertentu, terkadang dokter akan memberi resep untuk konsumsi suplemen melatonin sampai 13 minggu. Cara-cara yang lain yang dapat menolong Mam untuk menangani insomnia, salah satunya:

  • Atur jam tidur dan bangun yang serupa sehari-harinya.
  • Membuat situasi kamar lebih gelap dan redup, dan temperaturnya dingin.
  • Jauhi bermain handphone apa saja itu mendekati jam tidur.
  • Mandi air hangat dapat menolong tingkatkan kualitas tidur.
  • Jauhi konsumsi cafein dan makanan berat mendekati jam tidur.

2. Karyawan Shift

Untuk mereka yang bekerja dengan mekanisme shifting atau mempunyai agenda kerja yang berbeda, hal itu bisa mengusik jam tidur dan bangun sehari-harinya. Shift kerja yang mengikutsertakan shift malam bisa mengakibatkan orang berasa mengantuk pada tempat kerja dan membuat susah untuk tidur pada siang hari sesudah shift usai.

Karena itu, mereka mungkin memerlukan suplemen melatonin untuk tingkatkan kualitas tidurnya dan menolong memutuskan transisi siang dan malam. Bila mekanisme kerja shifting ini telah mengusik, kemungkinan sebaiknya Mam selekasnya konsultasi ke dokter untuk memperoleh pengatasan yang akurat.

Mungkin, Mam memerlukan konsumsi suplemen melatonin. Perlu dimengerti, jauhi konsumsi minuman mengandung alkohol atau merokok saat konsumsi melatonin. Karena, hal itu bisa hentikan obat bekerja seperti mestinya.

Tersebut keadaan orang yang memerlukan konsumsi suplemen melatonin. Mereka yang alami jet lag sesudah tempuh perjalanan udara yang panjang biasanya memerlukan suplemen melatonin. Sebagian orang kemungkinan alami sakit di kepala sesudah konsumsi melatonin, atau berasa capek, sakit, atau gampang tersinggung esok harinya.

Tetapi, biasanya suplemen melatonin ini aman untuk dimakan, sepanjang masih ada pada jumlah yang akurat. 

Siapa Saja yang Bisa Konsumsi Suplemen Melatonin?

Dikutip dari National Health Servis, suplemen melatonin kerap dipakai untuk menyembuhkan permasalahan tidur ke orang dewasa berumur 55 tahun atau lebih. Tetapi, suplemen melatonin belum pasti pas untuk semuanya orang. Bila Mam sedang hamil atau menyusui, sebaiknya diskusi lebih dahulu ke dokter saat sebelum konsumsi melatonin atau tipe obat yang lain. Dan pada anak-anak, sebetulnya suplemen melatonin bisa diberi.

Melatonin bisa menolong pada anak-anak dengan permasalahan tidur. Tetapi, beberapa pakar biasanya sepakat jika riset selanjutnya dibutuhkan untuk pahami pemakaian maksimalnya pada anak-anak. Bila Mam mempunyai beberapa keadaan berikut ini perlu pastikan ke dokter mengenai keamanan minum suplemen melatonin, yakni:

  • Mempunyai reaksi alergi pada melatonin atau tipe obat yang lain awalnya.
  • Mempunyai masalah pada kesehatan hati atau ginjal.
  • Mempunyai rheumatoid arthritis, multiple sclerosis atau lupus, atau keadaan autoimun yang lain.

Resiko Suplemen Melatonin yang Perlu Jadi perhatian

Sebetulnya, konsumsi suplemen melatonin kurang resiko, jika dimakan dalam periode pendek dan sesuai resep dokter. Disamping itu, banyak orang tidak mempunyai efek saat konsumsi melatonin. Tetapi, masih tetap ada banyak efek yang bisa jadi terjadi dan kemungkinan mengusik Mam, misalnya:

  • Berasa mengantuk atau capek pada siang hari
  • Sakit di kepala
  • Berasa mual
  • Sakit di perut dan pusing
  • Gampang tersinggung atau resah
  • Mulut kering
  • Kulit kering atau berasa gatal
  • Berkeringat saat malam hari

Efek yang serius bisa jadi bisa terjadi jika Mam konsumsi suplemen melatonin dalam periode saat yang panjang dan jumlah terlalu berlebih. Berbicaralah sama dokter jika Mam alami beberapa pertanda, misalnya:

  • Bersedih tanpa ada alasan yang terang
  • Penglihatan buram atau mata jadi lebih berair dari umumnya
  • Kerap alami tidak sadarkan diri
  • Alami psoriasis
  • Alami vertigo
  • Alami pendarahan yang tidak stop, bengkak yang tidak bisa diterangkan, atau darah dalam urine

Langkah Tingkatkan Melatonin secara Alami

Bila Mam tidak mau konsumsi suplemen melatonin, coba kerjakan banyak hal ini untuk tingkatkan melatonin dengan alami, yakni:

  • Membuat situasi kamar yang nyaman dan tenang mendekati tidur.
  • Berjemur pada pagi hari untuk memperoleh faedah dari cahaya matahari.
  • Jauhi terlalu berlebih bermain sosial media.
  • Jaga kesetimbangan di antara screen time dan kegiatan yang riil di luar ruang.
  • Lakukan aktivitas rileksasi, seperti meditasi, dengarkan musik, yoga, membaca buku, dan yang lain.
  • Mengonsumsi makanan yang bisa tingkatkan melatonin, seperti telur, asparagus, ubi, tomat, buah delima, kacang-kacangan, dan beberapa bijian.

Suplemen melatonin memanglah bisa menolong tingkatkan kualitas tidur, tetapi sebaiknya Mam pahami langkah tingkatkan melatonin dengan alami, ya! Mudah-mudahan info ini menolong Mam memperoleh kualitas tidur yang jauh lebih bagus.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama