Ketahui Penyebab Rambut Rontok Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Rambut Rontok Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Rambut rontok dan kebotakan awal. Kelihatannya dua ini jadi mimpi jelek yang paling ditakuti semua cowok. Tentunya lo tidak mau jadi botak karena memiliki masalah dengan kerontokan rambut, kan? Sebetulnya, permasalahan rambut rontok dapat dirasakan oleh semuanya orang. Cewek dan cowok, tidak perduli umurnya. Nama bagusnya ialah Androgenetic Alopecia, yang umum terjadi sesudah lo masuk periode pubertas. Umumnya, penipisan rambut akan kelihatan pada bagian frontal-vertex (kepala sisi depan).

Jika permasalahan ini tidak selekasnya diatasi, ya rambut dapat botak dan buat lo kelihatan lebih tua daripada umur yang sebetulnya. Memalukan sekali, apa lagi di muka gebetan. Sepakat? Pemicunya juga bermacam. Pada cowok, kerontokan rambut biasanya disebabkan karena genetika atau sensitivitas badan pada hormon dihidrotestosteron (DHT). Disamping itu, factor external seperti salah shampoo atau produk styling sampai ketombe bisa juga buat rambut tipis karena rontok berkelanjutan.

Pemicu rambut rontok pada pria penting dipahami supaya Dads dapat mengetahui langkah menanggulanginya. Dikutip dari American Academy of Dermatology, 80 juta lelaki dan wanita di Amerika sendiri mempunyai keadaan rambut rontok karena turunan atau yang disebutkan dengan alopecia.

Keadaan ini dapat mempengaruhi rambut di kepala atau semua badan. Walau alopecia mempunyai kemungkinan untuk terjadi ke orang tua, tetapi keadaan rambut rontok bisa juga dirasakan anak-anak. Harus dipahami, sangat normal untuk kehilangan 50-100 lembar rambut setiap harinya. Karena ada 100.000 lembar rambut di kepala, rontoknya 100 lembar setiap hari bukan sebuah permasalahan, Dads.

Pada kondisi normal, rambut baru akan balik tumbuh gantikan rambut yang telah rontok. Tetapi ini tidak selamanya terjadi. Rontoknya rambut dapat makin jelek dari hari ke hari atau datang secara mendadak. Tidak itu saja, rontoknya rambut juga dapat terjadi tetap atau temporer. Tenang, Dads, tidak boleh cemas jika rambut mulai rontok. Ada beragam pemicu rambut rontok pada pria, tetapi mayoritas dapat dihindari, kok.

Berdasar situs WebMD, lebih dari setengah pria yang berumur 50 tahun ataupun lebih tua punyai tanda-tanda rambut rontok, Umumnya karena factor turunan di keluarga, tetapi tidak tutup peluang factor lain ikut.

Pemicu Rambut Rontok pada Pria

Berikut beberapa pemicu rambut rontok pada pria, Dads.

1. Factor Genetik

Pemicu rambut rontok pada pria ialah skema kebotakan berwujud "U-shape." Keyakinan umum mengatakan jika kebotakan berwujud "U-shape" ini karena factor depresi, tetapi kenyataannya bukan. Kebotakan ini karena murni oleh factor genetik dan di turunkan oleh ke-2 segi keluarga (ayah dan ibu).

2. Umur Semakin bertambah

Pemicu rambut rontok pada pria yang setelah itu semakin bertambah tua. Memanglah tidak dapat disangkal, siapa saja tentu semakin bertambah umur, baik pria atau wanita. Saat umur masuk 30 tahun, perkembangan rambut akan melamban dan volume rambut menyusut. Tidaklah aneh pemicu rambut rontok pada pria satu diantaranya ialah umur. Saat masuk umur 30 tahun, rambut menjadi lebih banyak rontok dan tipis.

"Kebotakan pria jarang ada pada umur saat sebelum 18 tahun, tapi jika Anda menyaksikan kenaikan jumlah rambut rontok, selekasnya tanyakan," tutur Leonora Doclis, specialist rambut rontok senior di Belgravia Centre, London.

3. Permasalahan Kesehatan

Pemicu rambut rontok pada pria nomor 3 ialah mempunyai permasalahan kesehatan. Tidak boleh remehkan rambut rontok, Dads, karena bisa saja kerontokan ini sebagai tanda ada permasalahan kesehatan seperti anemia atau tiroid. Bila Dads sedang diet rendah protein, rambut rontok juga bisa saja efeknya. Kekurangan zat besi jadi factor kesehatan sebagai pemicu rambut rontok pada pria.

4. Skema Makan yang Amburadul

Tahukah Mam jika skema makan yang amburadul dapat menjadi satu diantara pemicu rambut rontok pada pria? Sama dengan anggota badan lain, rambut pada pria juga memerlukan gizi untuk tumbuh dan masih tetap sehat. Pengurangan berat tubuh tiba-tiba, rendah zat besi, atau diet yang keliru dapat menjadi satu diantara pemicu rambut rontok pada pria.

5. Depresi Terlalu berlebih

Yakin atau mungkin tidak, dikutip dari infografik bikinan Lloyds Pharmacy, depresi sebagai pemicu rambut rontok pada pria yang dapat terjadi pada Dads. Cuma ada 1 type rambut rontok yang karena depresi, yaitu karena gerak fisik yang intensif atau depresi emosional yang luar biasa. Rambut akan rontok dengan jumlah banyak, bukan sekedar tipis.

6. Style Rambut

Jika rambut Dads kerap dikuncir kuda, kepang, atau membuat rambut di samping kulit kepala dengan menariknya secara kuat bisa saja pemicu rambut rontok pada pria. Kerontokan rambut saat ini disebutkan traction alopecia. Tidak itu saja, mengeriting rambut atau hot oil treatments bisa juga menghancurkan folikel rambut Dads.

7. Psoriasis

Psoriasis atau yang umum dikenali sebagai pemicu ketombe sebagai keadaan di mana kulit kepala menghasilkan sel-sel kulit yang terlalu berlebih. Nach, keadaan ini dapat menjadi salah satunya pemicu rambut rontok pada pria. Keadaan ini terkadang jadi pemicu kerontokan rambut pada pria karena menghancurkan kandungan folikel rambut.

8. Infeksi

Infeksi dapat menjadi salah satunya pemicu rambut rontok pada pria. Infeksi kurap dapat membuat bintik bersisik di kulit kepala dan bercak-bercak botak. Meskipun begitu, rambut juga dapat kembali tumbuh selesai dilaksanakan perawatan, Dads!

9. Dampak Konsumsi Obat atau Penyembuhan

Pemicu rambut rontok sementara sendiri menjadi sebuah pertanda karena Dads lakukan penyembuhan. Ya, ada banyak tipe penyembuhan yang mempunyai resiko rambut rontok misalnya:

  • Kanker
  • Stres
  • Tekanan darah tinggi
  • Permasalahan jantung

Tidak itu saja, penyembuhan radiasi atau kemoterapi bisa juga dapat mengakibatkan rontoknya rambut secara mencolok. Meskipun begitu, rambut Dads akan balik tumbuh seperti sebelumnya selesai penyembuhan usai. Tersebut beberapa pemicu rambut rontok pada pria yang umum. 

Untuk menahan kebotakan sedini kemungkinan, lihat skema makan dan perawatan rambut. Berdasar riset Eplasty, beberapa pria sehat yang memperoleh pijat kulit kepala sepanjang 4 menit tiap hari sepanjang 24 minggu mempunyai rambut yang lebih tebal. Cara itu dapat dicoba jika Dads alami rambut yang tipis!

10 Langkah Menangani Rambut Rontok Pada Pria

Khusus buat lo yang memiliki masalah dengan rambut rontok, kami punyai 10 langkah menangani rambut rontok pada pria yang mudah buat dilaksanakan. Baca artikel ini sampai habis, gan!

1. Banyak Makan Telur dan Dada Ayam

Sadar atau tidak, kesetidakimbangan nutrisi bisa juga memacu kerontokan rambut, gan. Saat badan lo kekurangan protein, akar rambut automatis menjadi lebih kurang kuat dan mudah rontok. Saat rambut rontok lo sedang banyak-banyaknya, sebaiknya lo menambahkan konsumsi protein yang masuk ke badan.  Coba perkaya menu makanan lo dengan telur, dada ayam, dan makanan yang lain banyak protein. Pada intinya, protein bagus sekali untuk perkuat akar rambut. 

Selainnya dikonsumsi, telur bagus dijadiin sebagai masker rambut, gan. Lo tinggal menambahkan putih telur dengan sedikit minyak zaitun, lalu berikan rata di kulit kepala. Kemudian, tinggal didiamkan dan dibasuh bersih gunakan shampoo. Coba, kerjakan minimum 2x satu minggu. Lo akan rasain hasilnya sendiri!

2. Gunakan Minoxidil

Obat atau salep minoxidil memang populer dapat menggairahkan perkembangan rambut di luar. Tinggal lo olesin di kulit kepala dengan teratur dan disiplin, hingga rambut yang rontok cepat diganti oleh rambut baru.

Agar rambut lo cepat panjang dan lebat, minoxidil harus didiamkan sepanjang 2-4 jam satu hari. Tetapi harus diingat, lo tidak bisa beraktivitas apa saja yang buat kulit kepala berkeringat. Selainnya menangani kerontokan rambut, minoxidil bisa juga digunakan buat numbuhin jenggot dan brewok, gan. Multi-fungsi!

3. Minum Finasteride Sama sesuai Saran Dokter

Finasteride ialah suplemen hormon yang hanya bisa diminum atas resep dokter. Perannya menghalangi pembangunan hormon di kulit yang mengakibatkan kebotakan pada cowok. Jumlahnya harus cocok, tidak bisa kurang atau lebih.

Walau efisien menyembuhkan kerontokan rambut karena masalah hormon, finasteride punyai banyak efek yang tidak bisa dilihat sepele. Obat ini mempunyai potensi mengakibatkan kanker payudara pada cowok, memengaruhi peranan hati, sampai memacu alergi. Dasarnya jika ingin minum finasteride, diskusi dahulu ke dokter paling dipercaya!

4. Rajin Maskeran Gunakan Minyak Kelapa

Dari dahulu, minyak kelapa sudah populer efisien buat rambut tebal dan bercahaya. Didalamnya ada asam lemak fundamental dan vitamin yang baik sekali untuk menggairahkan perkembangan rambut. Langkah memakainya super mudah, gan. 

Tinggal olesin seperlunya di kulit kepala atau digunakan sebagai masker rambut biasa. Agar lebih menyerap dan optimal hasilnya, lo dapat memijat kulit kepala sepanjang beberapa saat. Selainnya lebih menyerap di folikel rambut, akar rambut menjadi lebih sehat. Murah dan meriah!

5. Minum Biotin (Vitamin B)

Biotin ialah vitamin yang baik sekali untuk memperkuat akar rambut lo. Selainnya memperolehnya berbentuk suplemen, biotin alias vitamin B bisa juga lo peroleh dari makanan setiap hari. Seperti kacang-kacangan, hati ayam, kuning telur, daging, ubi, sampai keju. Dengan pastikan konsumsi biotin lo terpenuhi, rambut dan kuku ditanggung semakin kuat dan tidak gampang patah.

6. Gunakan Lidah Buaya (Aloe Vera)

Langkah menangani rambut rontok pada pria ialah rajin maskeran gunakan aloe vera. Lo tentu sudah tidak asing donk, berbahan alami yang ini? Lo dapat pakai aloe vera gel yang banyak dipasarkan di pasar sebagai masker rambut. Atau jika ingin lebih alami, coba buat sendiri gunakan daun lidah buaya yang ditanamkan nyokap lo di halaman. Kulit kepala jadi dingin dan buat rambut berasa halus saat digenggam.

7. White Vinegar

Walau berbau, tetapi cuka putih bisa juga dijadikan langkah menangani rambut rontok pada pria, lho. Kandungan asam amino, vitamin B1 dan B2, dan asetat yang berada di dalamnya efisien memperkuat akar rambut.

Langkah memakainya mudah, tinggal basahi kulit kepala dengan cuka putih setelah membasahi rambut dan saat sebelum memakai shampoo. Biarkan sesaat, terus basuh bersih sampai wewangiannya lenyap optimal. Coba sendiri, dech!

8. Rajin Minum

Tahu tidak lo, ada pula rutinitas remeh yang dapat rambut lo rontok: jarang-jarang minum! Jika lo kurang cairan, bagaimana badan lo dapat ngirim suplai gizi ke semua badan. Karena rambut ialah sisi terluar dari badan, automatis semakin sulit bisa gizinya. Minum yang cukup (8 gelas satu hari) tidak hanya untuk menjaga kesehatan lo, tetapi juga untuk membantu distribusi gizi ke akar rambut, yang dapat ngurangin kerontokan.

9. Olahraga Teratur

Ada yang ngomong jika olahraga ialah pemicu kerontokan, walau sebenarnya mah tidak gan! Jika lo olahraga terus tidak keramas, tidak bingung jika kulit kepala lo tertumpuk minyak dan kotoran. Kulit kepala punyai pori-pori, yang jika mampet, dampaknya tidak baik untuk kesehatan kulit kepala dan perkembangan rambut. Sudah ketombean, dapat rontok juga!

Tidak perlu nge-gym terlalu berlebih, lo dapat mencoba HIIT cardio 1/2 jam satu hari di teras rumah. Jika kembali sepi nih, lo bisa juga sepedaan keliling kompleks. Selainnya buat fit, tingkat hormon lo akan lebih baik. Janganlah lupa keramas yang bersih dan mandi dengan sabun Axe agar lebih segar!

10. Tentukan Produk Styling Water-Based

Rambut yang kelihatan keren setiap hari memang nyenengin, apa lagi jika lo setiap hari ada online rapat atau call dengan gebetan, hehe. Ini hari, faux hawk gunakan pomade. Besoknya slick back gunakan gel. Ganti-ganti style rambut boleh-boleh saja, tetapi pastiin kembali jika produk styling lo mudah dibasuh air. 

Jika berbahan minyak yang condong lekat, ada peluang produknya sulit sekali dibersihin. Lo harus keramas seringkali agar tidak ada tersisa produk yang menempel di rambut. Jika kulit kepala lo tidak bersih, ya tidak bingung jika rambut lo semakin bertambah rontoknya setiap hari.

Jika tidak mau ribet, lo mendingan gunakan produk styling yang water-based atau dengan bahan dasar air. Axe punyai jejeran produk styling yang formulasinya memang dengan bahan dasar air. Memang menyengaja direncanakan agar mudah dibasuh dan tidak nyusahin lo gan. Coba dech! Tuch, panduan dari kami tidak sulit kan? Coba kuy, agar rambut lo semakin keren setiap hari!

Analisis Pemicu Rambut Rontok

Nach, ada cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk mendiagnosa pemicu rambut rontok nih, Dads! Rambut rontok yang terjadi terus-terusan menjadi tanda-tanda ada permasalahan dalam sel badan kita. Pakar dermatologi atau dokter dapat ketahui pemicu rontoknya rambut lewat test fisik dan ketahui kisah kesehatan.

Dalam beberapa kasus, dengan mengontrol pola makan dapat menolong Dads untuk kurangi rambut rontok. Meskipun begitu, dokter bisa juga memberi resep obat untuk menyembuhkan rambut rontok. Bila pakar dermatologi curigai ada penyakit autoimun atau kulit, umumnya Dads akan dianjurkan untuk lakukan biopsi di kulit atau kulit kepala.

Nach, itulah Dads beragam jenis pemicu rambut rontok pada pria dan bagaimanakah cara mendiagnosa pemicu rambut rontok itu. Bila pemicu rambut rontok pada pria yang dirasakan oleh Dads ialah skema makan yang tidak teratur, yok ganti langkah makan dan menjaga kesehatan awal hari ini!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama