Cara Mengatasi Telat Menstruasi Tanpa Perlu Minum Obat

Cara Mengatasi Telat Menstruasi Tanpa Perlu Minum Obat

Secara normal haid akan tiba tiap bulan. Tetapi untuk beberapa keadaan sering haid tiba telat. Oleh karenanya, langkah menangani terlambat haid jadi poin penting untuk dipahami. Haid atau mestruasi sebagai keadaan pendarahan pada uterus yang mengucur dari kandungan selanjutnya keluar melalui vagina. Haid biasanya terjadi teratur tiap bulannya. 

Tetapi untuk beberapa keadaan sering haid tiba telat. Oleh karena itu langkah menangani terlambat haid mejadi pengetahuan yang perlu untuk dipahami. Berdasarkan keterangan di hellosehat.com, dijelaskan jika transisi menstruasi normal umumnya terjadi 21-35 hari sekali. Durasi waktu pendarahan dapat terjadi di antara 2-8 hari. Tetapi waktu itu tidak menjadi dasar, karena kadang haid tiba terlambat atau bahkan juga bisa lebih cepat.

Selain kehamilan, ada banyak keadaan yang menjadi pemicu haid tiba telat. Apa sebagai pemicu terlambat haid? Dan bagaimanakah cara menanganinya? Baca keterangan ini. Tidak sedang berencana hamil, tetapi kuatir karena belum menstruasi ? Mam kemungkinan harus ketahui langkah menangani terlambat tiba bulan.

Terlambat haid, terlambat tiba bulan, atau telat haid ialah keadaan yang terjadi saat Mam melewati satu ataupun lebih transisi menstruasi. Menurut jurnal Menstrual Cycle: Basic Biology, transisi menstruasi yang normal umumnya terjadi tiap 21-35 hari sekali. Durasi waktu menstruasi tiap wanita juga berbeda. Tetapi rerata berjalan dua sampai delapan hari.

Diterangkan selanjutnya, transisi menstruasi sebagai satu transisi yang paling kompleks. Ada beragam jenis hormon dan keadaan yang mempengaruhi seorang wanita alami menstruasi. Keadaan itu dapat dimulai dari kekurangan nutrisi, depresi, dampak kegiatan seksual, sampai ada penyakit yang mengikuti kesehatan seorang wanita

Lantas bagaimanakah langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil? Yok kita lihat.

Tanda-tanda Seorang Wanita Terlambat Datang Bulan

Saat seorang wanita alami terlambat tiba bulan, ada beragam tanda-tanda yang dapat dirasakan olehnya. Pertanda khusus yang jelas ialah tidak ada pendarahan setetes juga yang keluar vagina pada saat yang semestinya. Pertanda khusus dari terlambat haid atau telat haid ialah tidak ada pendarahan yang keluar vagina pada waktu periode seharusnya, sepanjang sebulan atau bahkan juga lebih.

Situs Medical News Today mengatakan seorang wanita terlambat haid atau telat haid sesudah 5 hari ataupun lebih semenjak tanggal yang semestinya. Selainnya tidak alami pendarahan haid, umumnya wanita itu tetap dapat rasakan tanda-tanda Pra Menstruasi (PMS).

Tanda-tanda itu dapat mencakup timbulnya jerawat, perut berasa kembung, sakit di kepala, sakit di kepala samping, ngilu pada punggung, kram perut sisi bawah sampai ke pinggul, badan berasa lemas, sampai payudara yang dirasa lebih peka.

Apa Pemicu Terlambat Datang Bulan?

Mencuplik dari alodokter.com berikut beberapa keadaan yang mengakibatkan terlambat mestruasi. Saat sebelum ketahui selanjutnya mengenai langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil, Mam seharusnya ketahui lebih dulu apa pemicu terlambat tiba bulan.

Dr. Debra Rose Wilson, mengatakan jika selain wanita itu hamil, terlambat tiba bulan dapat disebabkan oleh depresi, olahraga terlampau berat, turunnya berat tubuh yang berarti, kegemukan, hormon tidak imbang, permasalahan kista PCOS, dampak KB hormonal, sampai perimenopause.

Perimenopause ialah keadaan seorang wanita yang tidak alami tiba bulan sepanjang minimal 12 bulan. Umumnya wanita itu ada pada umur sekitaran 52 tahun. Meskipun begitu, umumnya tanda-tanda perimenopause berjalan pada 10-15 tahun saat sebelum menopause. Keadaan perimenopause memberikan indikasi jika tingkat hormon estrogen mulai alami pengurangan

1. Kegemukan

Kegemukan atau berat tubuh berlebihan dapat menyebabkan mestruasi tiba telat. Karena saat berat tubuh tidak normal karena itu bisa mengakibatkan peralihan hormon. Oleh karena itu, jaga berat tubuh bagus jadi poin penting untuk seorang wanita.

2. Depresi

Depresi rupanya dapat mengakibatkan haid tiba telat. Karena depresi dapat berpengaruh pada hormon dan otak yang bekerja atur transisi haid. Jika depresi terjadi berkelanjutan, karena itu dapat berpengaruh pada peralihan berat tubuh secara mendadak. Keadaan ini yang bisa menggangu transisi mestruasi.

3. Sindrom polikistik ovarium

Pemicu terlambat haid yang lain yakni karena terjadi sindrom polikistik ovarium (PCOS). Sindrom itu membuat badan menghasilkan semakin banyak hormon pria atau androgen. Hormon itu membuat menstruasi tiba telat atau bahkan juga berhenti.

Ciri-Ciri Terlambat Haid

Berdasar keterangan di hellosehat.com, pertanda khusus terlambat haid yakni tidak berlangsungnya pendarahan yang keluar lewat vagina dalam kurun waktu tertentu sepanjang sebulan atau lebih. Biasanya terlambat haid dihitung sesudah lima hari ataupun lebih semenjak tanggal yang telah seharusnya.

Tanda-tanda terlambat haid sebetulnya benar-benar bervariatif bergantung pada pemicunya. Meski begitu, Anda tetap alami tanda-tanda premenstrual syndrom (PMS). Selainnya tidak keluar darah, beberapa ciri terlambat haid yang lain yakni:

  • Ada jerawat di muka.
  • Perut kembung.
  • Payudara ngilu dan peka.
  • Sakit di kepala.
  • Lemas, lemas, dan tidak memiliki tenaga.
  • Kram di bagian perut bawah dan punggung.
  • Pinggul berasa ngilu.

Langkah Menangani Terlambat Datang Bulan supaya Tidak Hamil

Selainnya ketahui transisi menstruasi, seorang wanita perlu pahami langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil. Maksudnya ialah atur kehamilan dan mempertahankan kesehatan organ kewanitaannya. Dikutip dari healthline.com, banyak hal ini menjadi langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil. Apa sajakah?

1. Konsumsi Vitamin C

Langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil yang pertama kali yang penting diingat ialah teratur minum vitamin C. Vitamin ini sanggup menolong tingkatkan hormon estrogen dan turunkan hormon progesteron. Kerja sama di antara ke-2 hormon ini bisa menolong kandungan kontraksi hingga susunan kandungan meluruh.

Karena itu, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang ada pada buah jeruk, buah berikan, brokoli, bayam, tomat, sampai paprika merah dan hijau. Bila perlu, Mam bisa juga konsumsi ekstra vitamin C sama sesuai jumlah yang disarankan.

2. Minum Jamu Kunyit

Langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil setelah itu dengan konsumsi junyit. Kunyit kaya kandungan curcumin. Kandungan curcumin ini dipercayai banyak memiliki manfaat untuk badan dimulai dari meminimalisir inflamasi dan tingkatkan suasana hati.

Tidaklah aneh rasa-rasanya bila kunyit sering dijadikan obat herbal untuk menangani tanda-tanda PMS. Kunyit mempunyai dampak yang serupa dengan hormon estrogen. Ini pasti menolong jaga transisi menstruasi jadi lebih teratur.

3. Minum Teh Jahe

Jahe bukan hanya menolong menghangatkan badan saat musim penghujan atau menurunkan kerongkongan gatal karena batuk, tetapi juga dapat menjadi langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil

Riset di jurnal Phytotherapy Research mempelajari 92 wanita yang alami volume menstruasi berlebihan memperlihatkan jika dengan konsumsi suplemen jahe, transisi menstruasi mereka jadi lebih teratur dan volume menstruasi berangsur normal dan tidak terlalu berlebih.

Mam bisa menambahkan jahe pada satu gelas teh hangat. Campur dengan kayu manis supaya cita-rasa teh itu semakin nikmat. Tidak cuma hanya itu, Mam juga bisa nikmati jahe dalam satu mangkuk hangat sekoteng atau makanan yang lain memakai jahe sebagai salah satunya kandungannya.

4. Kerjakan Rileksasi dan Tenangkan Pemikiran

Langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil selanjutnya dengan menjauhi dari depresi dan kuatir terlalu berlebih. Saat seorang alami stress, badan akan hasilkan hormon kortisol atau adrenalin yang bisa menghalangi produksi hormon estrogen dan progesteron.

Walau sebenarnya, hormon estrogen dan hormone progesteron berikut yang berperanan untuk menolong jaga transisi menstruasi. Mam bisa lakukan beragam langkah rileksasi yang dirasakan pas untuk badan.

Sebutlah saja dimulai dari meditasi, yoga, melihat tv bersama orang tercinta, mandi merendam di air hangat, kurangi beban kerja untuk beberapa waktu, sampai coba aktivitas yang membahagiakan.

5. Tidak boleh Lakukan Olahraga Terlampau Berat

Langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil yang harus dipahami setelah itu jauhi lakukan olahraga terlampau berat untuk badan. Olahraga berat yang diartikan ialah HIIT, angkat beban, lari marathon, sampai olahraga yang lain termasuk olahraga intensif tinggi.

Bila Mam terlatih lakukan olahraga ini dan sedang telat tiba bulan, coba untuk "istirahat" beberapa waktu. Mam bisa juga kurangi jatah latihan untuk saat ini, atau menukar tipe olahraga yang lain lebih enteng.

6. Menjaga Berat Tubuh Badan

Langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil yang tidak kalah penting dengan jaga berat tubuh badan. Berat tubuh yang terlampau rendah atau berat tubuh yang terlampau tinggi (bahkan juga condong kegemukan) bisa mempengaruhi transisi menstruasi. Ini juga tingkatkan resiko kista PCOS.

PCOS sebagai kista yang mengakibatkan telur-telur dalam sel telur susah masak. Menjaga berat tubuh badan dengan konsumsi makanan bergizi imbang, dan olahraga dengan teratur minimum 30 menit tiap hari. Mam perlu konsumsi air mineral minimal 2 ltr tiap hari dan istirahat cukup.

7. Konsumsi Obat Pelancar Haid

Supaya haid lebih lancar, Mam bisa juga minta anjuran dokter kandungan untuk memberi resep obat pelancar haid. Umumnya, dokter akan mereferensikan pil KB yang memiliki kandungan estrogen dan progesteron bisa menolong mengatur menstruasi.

Konsumsi pil KB ini dengan teratur, tiap hari, tiap bulan untuk menolong membuat lancar transisi menstruasi tidak teratur. Apa Mam telah lakukan beragam langkah menangani terlambat tiba bulan supaya tidak hamil di atas, tetapi rupanya belum alami menstruasi?

Selekasnya kerjakan test urine untuk pastikan kehamilan. Janganlah lupa untuk lakukan testpack saat pagi hari, ya!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama