4 Sekte Sesat yang Pernah Ada di Indonesia

4 Sekte Sesat yang Pernah Ada di Indonesia

Saluran menyimpang atau heresi sebagai penglihatan atau doktrin dari teologis atau keagamaan yang mengajari atau mempercayai beberapa hal yang dipandang bersimpangan dan berlawanan dengan kepercayaan, atau mekanisme dari keagamaan mana saja yang dipandang ortodoks atau dengan cara sah dipandang tuntunan yang betul.

Dalam artian saluran menyimpang itu, heresi ialah penglihatan atau doktrin pada politik, filsafat, pengetahuan sampai seni yang lain dengan yang datang secara umum dan dipandang berwibawa. Aliran-aliran menyimpang ini sempat ada di dunia dan Indonesia. Lantas apa saluran menyimpang itu? Baca sampai akhir artikel ya!

Pemahaman Saluran Sesat Secara Etimologi

Saluran menyimpang datang dari bahasa Yunani yakni heresy, hairresis yang ini berarti opsi kepercayaan atau pihak dari penganut yang menantang. Kata heresy itu, sering dipakai oleh Ireneus pada risalah-risalahnya khususnya pada Contra Haereses atau menantang penyesat.

Ireneus memvisualisasikan tempatnya sebagai seorang ortodoks dan tempatnya yang selanjutnya berkembang jadi status pada Gereja Kristen pertama, di mana kata ortodoks itu berasal. Hingga, munculah asumsi di mana tuntunan menyimpang sebetulnya tidak mempunyai makna seutuhnya yang obyektif. Kelompok itu, cuma ada sebagai terbalik dari status sekte tertentu yang awalnya sudah mempunyai pengertian sebagai ortodoks tersebut.

Maka dari itu tiap pandang non konformis pada sektor apa saja, bukan hanya gama dapat dipandang seperti tuntunan menyimpang, oleh sektor-sektor yang lain yang percaya jika penglihatannya pada sektor tertentu ialah penglihatan yang betul atau ortodoks. Beberapa orang yang yakini tuntunan menyimpang itu, umumnya tidak memandang jika kepercayaan yang dia anut ialah menyimpang.

Saluran Sesat di Dunia

Beberapa pengikut tuntunan menyimpang yakin, jika mekanisme agama yang yang ada kurang cukup dan tidak sesuai nilai yang semestinya ada. Maka dari itu, beberapa pengikut tuntunan menyimpang ini, usaha untuk mengubah dunia dengan mendatangkan nilai-nilai yang dipandang semestinya ada.

Namun, beberapa pertimbangan dari pengikut tuntunan menyimpang itu malah berlebihan dan sarat dengan beberapa tindakan kriminalitas yang dinormalkan hingga mencelakakan.

Walau beresiko dan berlebihan, kenyataannya aliran-aliran menyimpang ini malah tumbuh subur dan banyak datang di beberapa penjuru dunia. Berikut beberapa saluran menyimpang yang dipandang beresiko.

1. Saluran Children of God

Saluran menyimpang Children of God yang menyebar di Amerika dan populer sebagai saluran menyimpang yang paling beresiko di dunia dan sebagai salah satunya sekte sex yang cukup bengis.

Saluran menyimpang Children of God mewajibkan beberapa penganutnya untuk lakukan hubungan seksual bebas dengan sama-sama anggota dari Children of God. tidak itu saja, beberapa penganut tuntunan Children of God juga mewajibkan beberapa penganutnya untuk melakukan hubungan intim dengan anak-anak.

Beberapa penganut dari saluran Children of God yakin, jika ritus itu akan membuat mereka memperoleh pahala yang besar. Karena kepercayaan itu, beberapa penganut saluran menyimpang ini tidak enggan untuk menganiaya, melarikan bahkan juga membunuh banyak wanita berumur muda.

2. The Ku Klux Klan

KKK sebagai saluran menyimpang yang dipandang beresiko dan awalnya ialah kelompok dari beberapa berlebihanis Kristen yang cuma sejumlah kecil yang berada di Eropa.

Walau awalannya benar-benar kecil dan anggotanya sedikit, namun The Ku Klux Klan pada akhirnya berkembang cepat selesai perang sipil pecah bahkan juga KKK mempunyai penganut sekitaran 4 juta orang waktu itu.

Saluran ini dikenali karena mempunyai seragam yang cukup menonjol, jubah putih dengan kedok yang tutupi semua badan untuk sembunyikan identitas beberapa anggotanya.

Sebagai sekte yang berkuasa waktu itu, KKK sempat lakukan beberapa tindakan berlebihan. Seperti membunuh beberapa pemuka agama, membunuh beberapa orang dengan kepercayaan yang lain sampai membunuh orang kulit hitam.

3. Branch Davidians

Pengikut dari saluran Branch Davidians yakin, jika mereka ialah mediator hadirnya kiamat dari muka bumi. Karena yakin sebagai mediator kiamat, karena itu beberapa pengikut Branch Davidians juga usaha untuk merealisasikan kiamat itu dari muka bumi.

Triknya dengan lakukan beberapa hal pengacau, seperti memunculkan kerusuhan, lakukan pembunuhan, membakar, sampai lakukan pengeboman di daerah-daerah Amerika.

Karena kerusuhan dan anarkisme yang dibikin oleh Branch Davidians, beberapa penganut dari saluran menyimpang ini juga jadi buron di Amerika. Selanjutnya saluran menyimpang ini usai, saat 76 anggota terakhir kalinya memilih untuk lakukan bunuh diri massal dengan meletusan diri pada sebuah bangunan.

4. Order of the Solar Temple

Saluran menyimpang ini pertama kalinya ada di tahun 1984, pimpinannya namanya Joseph di Mambro dan Luc Jaouret yang pimpin sekte ini dengan sembunyi-bunyi. Namun, di tahun 1994, ke-2 pimpinan saluran menyimpang Order of the Solar Temple juga menebarkan tuntunannya secara terus-terang.

Saluran menyimpang satu ini dipandang seperti salah satunya tuntunan menyimpang paling beresiko, karena terjadi satu kasus. Kasus itu ialah saat beberapa penganut Order of the Solar Temple membunuh seorang bayi, karena mereka memandang jika bayi itu ialah jelmaan anti kristus.

Semenjak kasus pembunuhan bayi itu, beberapa dari anggota Order of the Solar Temple lakukan bunuh diri. Tindakan bunuh diri itu mereka kira sebagai ritus khusus, supaya mereka bisa masuk surga.

Sesudah banyak anggotanya yang bunuh, sekitaran 100 anggota yang lain diketemukan mati karena ketuanya sendiri yang membunuh beberapa anggota dengan beberapa cara kejam seperti dikasih toksin, ditembak sampai dibakar.

5. The Peoples Temple

The Peoples Temple dibangun dengan seorang komunis namanya Jim Jones yang menebarkan tuntunan-ajaran yang dia yakin. Namun, Jim Jones sempat terganjal kasus kekerasan dan tindak amoral yang membuat Jim Jones mengubah haluan tuntunannya.

Selesai terganjal kasus itu, Jim Jones berpindah selanjutnya tinggal di Guyana dan mengubah visi salurannya jadi memahami menyimpang, dan menebarkan kedengkian pada petinggi-petinggi di Amerika.

Karena memahami menyimpang itu, Jim Jones dan beberapa penganutnya di The Peoples Temple ingin membunuh beberapa pejabat Amerika. Namun, visi pembunuhan itu usai dengan bunuh diri massal yang sudah dilakukan oleh 900 anggota The Peoples Temple dengan minum cairan beracun.

6. Heaven's Gate

Salah satunya tuntunan yang dipandang beresiko pada saluran menyimpang Heavens Gate ialah manusia bisa masuk surga, jika mati saat sebelum hari kiamat terjadi. Karena tuntunan itu, banyak anggota dari Heavens Gate beramai-ramai pilih langkah paling mudah untuk mati dengan bunuh diri.

Heavens Gate waktu itu sebagai salah satunya saluran menyimpang yang cukup fantastis di Amerika. Saluran menyimpang ini, dibangun oleh bekas marsekal dari militer Amerika namanya Herff Applewhite and Bonnie Nettles, yakni seorang suster yang tertarik dengan ketuhanan dan kenabian Alkitab. Ke-2 pendiri Heavens Gate, berjumpa di tahun 1972 dan mulai sejak itu ke-2 nya sudah mengenali lama.

Dari tatap muka Nettles dengan Applewhite, Nettles waktu itu berasa jika dia sudah diwahyukan untuk berjumpa dengan Applewhite. Sampai ke-2 nya berasa, jika sudah mengenali keduanya dalam kehidupan awalnya.

Ke-2 nya selanjutnya pelajari Alkitab versus Raja James bersama, Alkitab dari terjemahan bahasa Inggris dan Alkitab untuk Gereja Inggris. Dengan pelajari Alkitab, ke-2 nya mempelajari kesepakatan baru dan akui mempunyai pekerjaan dalam kenabian dan mempunyai tingkat kecerdasan yang melebih seseorang.

Heaven's Gate percaya, jika bumi akan didaur ulangi lalu dibikin bersih dan diperbaharui. Saluran menyimpang ini juga mewajibkan beberapa anggotanya untuk lupakan ketergantungan yang dipunyai tiap anggota dengan dunia. Seperti rekan, keluarga, seksualitas, tugas sampai uang.

Di tahun 1997, dikabarkan jika sekitaran 39 anggota dari Heavens Gate lakukan bunuh diri secara massal, karena tuntunan dan perintah dari ketua Heavens Gate. Dari kasus bunuh diri massal itu, banyak mulai beberapa media yang mengatakan jika Heavens Gate adalah saluran menyimpang yang paling beresiko di dunia khususnya pada sekitaran tahun 1997.

7. Aum Shinrikyo

Selainnya datang di barat, saluran menyimpang sempat datang di Asia. Aum Shinrikyo ialah saluran menyimpang yang pernah datang di Jepang dan menebarkan tuntunan berkenaan keruntuhan bumi.

Saat sebelum jadi saluran menyimpang, awalnya Aum Shinrikyo ialah barisan yang beraktivitas dan konsentrasi pada meditasi dan yoga. Tetapi pelan-pelan barisan Aum Shinrikyo yang dipegang oleh Shoko Asahara ini mulai berbeda haluan.

Beberapa penganut dari Aum Shinrikyo menginginkan munculnya kiamat untuk manusia. Alasanya, karena anggota Aum Shinrikyo memercayai jika kematian untuk umat manusia sama dengan ticket yang bisa mengantar umat manusia untuk pergi dan masuk langsung ke surga.

Untuk merealisasikan apa yang dipercayai oleh anggota dari Aum Shinrikyo, mereka selanjutnya memunculkan kekacauan dan lakukan bermacam tindak kriminil. Tindak kriminil yang sudah dilakukan juga tidak begitu berbeda jauh dengan aliran-aliran menyimpang yang lain, yakni berbentuk pengeboman, pembunuhan, pencurian dan penculikan.

Untuk memberantas tindak kriminil yang sudah dilakukan oleh anggota Aun Shinrikyo, pemerintahan Jepang selanjutnya turun tangan tangani saluran ini supaya tidak makin mengalami perkembangan.

Pemerintahan Jepang selanjutnya tangkap Ashara sebagai pimpinan dari Aum Shinrikyo. Tetapi saat diadili, Ashara tidak memberi info dan tak pernah akui bersalah. Di tahun 2004, Ashara selanjutnya dijatuhkan hukuman mati, namun eksekusinya diundur sampai tahun 2012.

Saluran Sesat di Indonesia

Bukan hanya ada di beberapa negara tetangga saja, saluran menyimpang sering ada di Asia bahkan juga di Indonesia. Berikut beberapa saluran menyimpang yang sempat datang di Indonesia.

1. Kerajaan Ubur-ubur

Saluran menyimpang kerajaan ubur-ubur pertama kalinya dibangun oleh sepasang suami istri namanya Rudi dan Aisyah lalu mempunyai pimpinan di Serang, Banten namanya Nurhalim. Aisyah sebagai pendiri kerajaan ubur-ubur memercayai jika dianya ialah figur Ratu Kidul yang mengaku Al Quran dan Allah. Namun dia beragama namanya Sunda Wiwitan.

Sebagai pendiri dari kerajaan ubur-ubur, Aisyah akui jika dia dapat ambil uang dari lintasi negara dengan terhubung beberapa bank yang berada di luar negeri. Saluran ini awalnya menebarkan tuntunan sesatnya lewat sosial media, seperti Facebook dan Youtube. Lewat sosial media itu, kerajaan ubur-ubur ungkap pengakuan yang cukup polemis jika Allah mempunyai pusara.

Tidak itu saja, kerajaan ubur-ubur memberi pengakuan jika Nabi Muhammad sebetulnya sejenis kelamin wanita. Beberapa anggota dari kerajaan ubur-ubur tidak memercayai Kabah sebagai arah kiblat untuk umat Muslim, namun ialah tempat penyembahan berhala. Karena beberapa pernyataan itu, MUI selanjutnya memberi fatwa haram pada kerajaan ubur-ubur pada tahun 2018.

2. Puang La'lang atau Maha Guru

Puang La'lang dipandang seperti saluran menyimpang di Indonesia, karena Puang La'lang mengusung dirinya sebagai seorang Rasul. Bukan hanya akui sebagai Rasul, dia menebarkan jika ada Allah Bapa, Allah Mama, Allah pembuat, Allah Jin, Allah Iblis, Allah Syaitan dan Allah gairah.

Maha Guru atau Puang La'lang menebarkan keyakinan, jika manusia yang sudah wafat, akan diangkat oleh Allah jadi tuhan. Dia menebarkan juga, jika dia mempunyai kesaktian dan mengeklaim bisa perpanjang usia beberapa penganutnya.

Bukan hanya sampai di sana, Maha Guru sempat menikahkan beberapa penganutnya tanpa wali dan tanpa pendataan di KUA. untuk beberapa anggota Puang La'lang masing-masing per pribadi mempunyai pungutan harus dari karut surga sejumlah Rp10.000 sampai Rp50.000, tiap anggota dibebani dengan dana zakat sejumlah Rp5.000 per kg dari berat tubuh penganut.

Tiap anggota, harus menyerahkan dana pungutan itu sekitar 2,5 % pendapatannya ke Maha Guru. Puang La'lang dipandang semaunya menerjemahkan ayat-ayat Al Quran dan memercayai jika ada kitab suci lainnya selainnya Al Quran.

3. Pergerakan Fajar Nusantara atau Gafatar

Saluran Gafatar dibangun oleh Ahmad Musadeq, dalam Gafatar mereka menyatukan tuntunan Kristen, Islam dan Yahudi. Masadeq sebagai pendiri Gafatar akui, jika dia ialah seorang nabi bernama Al Masih Al Maw'ud dan menerukan tuntunan yang awalnya sudah difatwakan menyimpang oleh MUI di tahun 2007, yakni Al Qiyadah Al Islamiyah.

Gafatar mengajari beragam tuntunan menyelimpang dalam agama Islam, tuntunan-ajaran menyelimpang itu ialah hilangkan kewajiban sholat 5 waktu, selanjutnya menukar shalat 5 waktu dengan shalat malam dana sholat saat matahari keluar dan terbenam.

Gafatar menukar kalimat syahadat, meremehkan kewajiban puasa seperti pada bulan Ramadhan, bayar beberapa uang ke Ahmad Musadeq sebagai pendiri Gafatar sebagai penebusan dosa. Saluran ini datang dari Kalimantan Barat persisnya di Kabupaten Mempawah Timur dan MUI sudah memberi fatwa menyimpang pada Gafatar di tahun 2016.

4. Salamullah atau Komune Eden

Di tahun 1997, datang komune Eden yang pertama kalinya dicetuskan oleh Lia Eden atau Lia Aminuddin karena dia akui sebagai Imam Mahdi dan penebar wahyu Tuhan. Selainnya akui sebagai penebar wahyu Tuhan, Lia Eden akui jika dia ialah figur reinkarnasi dari Bunda Maria, sementara anaknya yang namanya Ahmad Mukti ialah jelmaan dari Yesus Kristus.

Pada awalnya, Lia Eden ajak 100 orang menjadi penganut dari Salamullah atau komune Eden yang dia gagas. Namun MUI dengan selekasnya memberi fatwa menyimpang pada Desember 1997 saat Eden usaha cari penganut.

Karena penebaran saluran menyimpang dan kasus penistaan agama, Lia Eden sudah masuk keluar penjara di tahun 2006 dan tahun 2009. Walau demikian, sampai akhir hayatnya, Lia Eden masih tetap berpedoman keyakinan yang dia membawa.

Tersebut tujuh aliran-aliran menyimpang yang sempat datang di penjuru dunia, dimulai dari Amerika, Asia dan Indonesia. Saluran menyimpang itu umumnya sekarang sudah musnah, karena beberapa orang sudah mengetahui jika tuntunan yang diusung oleh saluran itu ialah saluran menyimpang.

Selainnya aliran-aliran menyimpang yang sudah disebut pada artikel ini, ada juga saluran menyimpang yang lain cukup populer di Indonesia dan beberapa orang yang akui sebagai nabi palsu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama