30++ Ciri Ciri Hamil Muda Tanpa Disadari Sebelum Melakukan Testpack

30 Ciri Ciri Hamil Muda Tanpa Disadari Sebelum Melakukan Testpack

Terlambat haid sebagai beberapa ciri hamil muda yang umum dijumpai. Selainnya telat menstruasi, ada banyak peralihan fisik atau tanda-tanda yang lain menjadi pertanda kehamilan.

Kehamilan bisa dijumpai bahkan juga saat sebelum wanita alami telat menstruasi. Tetapi, beberapa wanita yang tidak mengetahui jika dianya tengah hamil karena tanda-tanda hamil yang dirasakannya seperti tanda-tanda mendekati menstruasi. Disamping itu, beberapa ciri hamil muda pada tiap wanita bisa jadi berlainan.

Trimester pertama kehamilan banyak diikuti oleh alih bentuk yang tidak kelihatan tetapi mengagumkan. Salah satunya beberapa ciri hamil muda ialah kehilangan masa menstruasi baik 2 bulan ataupun lebih secara beruntun.

Namun, dikutip dari situs National Institute of Child Health and Human Development, lenyapnya masa menstruasi tidak selamanya memiliki arti seorang Mam hamil. Tapi cuma test kehamilan, test darah, atau penyekenan ultrasound yang bisa mengonfirmasi kehamilan Mam.

Tidak perlu berduka hati karena tidak berarti jika Mam dan Dads tengah usaha memperoleh Sang Kecil, saat kehilangan masa menstruasi jadi tidak hamil. Ada beberapa tanda hamil muda yang kemungkinan dapat Mam rasakan.

Ciri-Ciri Hamil Muda

Langkah paling tepat untuk mengetahui kehamilan dengan lakukan testpack yang dituruti dengan pengecekan USG. Meskipun begitu, wanita bisa juga mengatahui kehamilan dengan memperhatikan beberapa ciri hamil muda berikut:

1. Payudara Halus dan Lebam

Beberapa ciri hamil muda yang pertama yakni payudara yang halus dan lebam yang disebabkan karena fluktuasi hormon pada tubuh. Sesudah badan beradaptasi dengan peralihan hormon, ketidaknyaman akan berkurang dalam beberapa minggu.

Beberapa gejala ini kemungkinan serupa dengan PMS tapi kemungkinan kronis bila Mam sedang hamil. Bila menstruasi telat dan Mam menyaksikan peralihan payudara bersama dengan tanda-tanda yang lain, kerjakan test kehamilan untuk pastikan.

2. Mual di Pagi Hari

Mual pada pagi hari atau umum dikenali sebagai morning sickness, dapat menjadi satu diantara beberapa ciri hamil muda. Umumnya kondisi ini dapat diawali kapan pun, malam atau siang hari. Juga bisa diawali sekitaran minggu keenam. Selanjutnya akan berkurang saat kehamilan berjalan. Mam kemungkinan berasa mual kapan pun selama seharian, tapi pagi hari dapat jadi lebih jelek, tersebut penyebabnya disebutkan mual pada pagi hari. 

Berdasar artikel NCT.uk, sekitaran 50 sampai 80 % wanita alami mual pada pagi hari, tapi tingkat keparahannya bisa bervariatif. Keadaan ini kemungkinan tambah jelek pada kehamilan pertama Mam tapi kemungkinan berkurang sama yang pada akhirnya.

3. Bintik Darah

Mam tidak perlu terkejut saat menjumpai bintik darah di celana dalam sebab bisa jadi ini beberapa ciri hamil muda. Bintik darah itu dikenal juga sebagai pendarahan implantasi, terjadi saat telur yang dibuahi dimasukkan ke susunan kandungan. Ini terjadi sekitaran 10 sampai 14 hari (1-2 minggu) sesudah pembuahan, tapi tidak seluruhnya Mam yang hamil merasakannya.

4. Kerap Buang Air Kecil

Kerap buang air kecil, khususnya saat malam hari, dapat menjadi beberapa ciri hamil muda. Di awal kehamilan, ini biasanya disebabkan karena peralihan hormon dan pertambahan jumlah cairan badan saat hamil.

5. Kecapekan

Kenaikan kandungan progesterone bisa membuat Mam berasa capek. Disamping itu, badan bekerja lebih buat penuhi keinginan Sang Kecil dalam kandungan, hingga membuat Mam berasa capek. Bila Mam merencanakan untuk hamil, bahas sama dokter dan minum vitamin prenatal, jauhi cafein dan beberapa produk berkaitan, dan tidur pulas untuk menantang kecapekan.

Lihat jika kecapekan bisa juga disebabkan karena permasalahan kesehatan lain seperti anemia, hipotiroidisme, dan yang lain. Dan kemungkinan kecapekan bukan salah satu tanda kehamilan.

6. Peralihan Situasi Hati

Mam kemungkinan berasa ada peralihan situasi hati, yang umum terjadi sepanjang kehamilan. Nach, ini jadi beberapa ciri hamil muda. Peralihan hormon pada tubuh juga bisa berpengaruh jelek pada kesehatan psikis jika bersambung tanyakan ke dokter kandungan Mam.

7. Mual

Mual biasanya akan berasa pada umur kehamilan 6 minggu, tapi juga bisa ada lebih cepat. Stanford Children's Health menerangkan hormon progesteron melemaskan sfingter esofagus, yang memungkinkannya cairan lambung mengucur ke atas ke tenggorokan dan mengakibatkan rasa mual.

Beberapa ciri hamil muda yang lain yang cukup biasa terjadi ialah mual. Keluh kesah ini bukan hanya ada saat pagi hari, tapi bisa juga di siang atau malam hari. Mual dapat dibarengi dengan muntah. Selain peralihan hormon, mual pada wanita hamil dapat dipacu oleh wewangian dan berbau tertentu.

8. Kembung

Hampir serupa seperti mual, beberapa ciri hamil muda yang lain yakni kembung yang mana sama disebabkan karena kenaikan kandungan progesterone yang perlambat proses pencernaan hingga akibatkan gas dan kembung.

Kembung saat hamil bisa juga dituruti oleh kentut dan bersendawa karena hormon progesteron, yang perlambat pencernaan Mam. Tetapi, kembung dapat muncul karena permasalahan pencernaan yang lain juga.

9. Sembelit

Sembelit menjadi satu diantara beberapa ciri hamil muda. Ini kenaikan hormon progesteron. Hormon progesteron ini selainnya mengurangi otot-otot kandungan, berpengaruh dalam melembeknya otot dindin usus hingga mengakibatkan sembelit atau sulit bab.

10. Kram

Beberapa ciri hamil muda yang lain seperti kram perut. Ini muncul karena pada babak awalnya hamil muda, sel telur yang sudah dibuahi akan melekat pada dinding kandungan. Merasa sakit pada perut ini kemungkinan Mam rasakan pada 1 minggu awalnya sesudah kegiatan seksual bersama suami.

11. Sakit Kepala dan Pusing

Kenaikan kandungan darah dan peralihan hormon membuat Mam pusing dan mengakibatkan sakit di kepala saat hamil. Kandungan gula darah yang rendah bisa mengakibatkan sakit di kepala, karena beberapa sel otak berusaha untuk menangani tingkat suplai gula yang lebih rendah.

University of Rochester Medical Center menerangkan bila Mam kerap sakit di kepala, karenanya dapat memiliki arti jika hormon sex wanita seperti estrogen dan progesteron sedang menyiapkan kandungan untuk bayi.

12. Peralihan Kemauan Makan

Peralihan kemauan makanan seperti malas karena wewangian atau mempunyai kemauan untuk makanan terterntu sebagai hal normal dalam beberapa ciri hamil muda. Ini semua disebabkan karena peralihan hormon yang terjadi pada tubuh. Disamping itu, peralihan makanan menjadi hal biasa pada awal kehamilan saat muntah dan mual datang.

Beberapa kemungkinan memperoleh selera makan saat hamil mereka kembali ke trimester ke-2 atau ke-3 , tapi lainnya kemungkinan harus melawannya sepanjang kehamilan. Sementara pemicu penampikan makanan ialah kenaikan kandungan progesteron, tidak terdapat bukti signifikan yang memberikan dukungan teori ini.

13. Hidung Mampet

Kenaikan kandungan darah mengakibatkan bengkak selaput hidung. Hingga, memungkinkannya semakin banyak lendir yang mengucur masuk dan akibatkan hidung mampet. Bengkak selaput dapat mengakibatkan mimisan.

14. Peka pada Berbau

Menurut study terbitan jurnal Frontiers in Psychology, kesensitifan hidung untuk menghirup bau akan bertambah mencolok selama saat kehamilan. Saat menghirup bau tertentu, beberapa ibu hamil muda bisa alami pertanda hamil, seperti gampang berasa pusing, muntah dan mual, atau bahkan juga hancur situasi hatinya.

Walau sebenarnya, mereka kemungkinan tidak terasa terusik dengan wewangian itu saat sebelum hamil. Keadaan ini mempengaruhi ibu hamil saat ngidam. Nafsu makan ibu hamil kemungkinan berbeda karena menghirup bau makanan tertentu.

15. Sakit Punggung Sisi Bawah

Beberapa Mam alami sakit punggung sisi bawah sebagai beberapa ciri hamil muda. Tetapi, hal tersebut jadi lebih mencolok saat kehamilan bersambung. Implantasi kram, kembung, dan sembelit dapat mengakibatkan sakit punggung sepanjang awalnya kehamilan. Sikap tidur Mam dapat menjadi pemicu sakit punggung.

Bila rasa sakitnya tidak tertahan, berobat ke dokter untuk analisis yang akurat. Jauhi konsumsi obat pembasmi merasa sakit yang dipasarkan bebas, karena penyembuhan sendiri bisa beresiko bila Mam sedang hamil khususnya hamil muda.

16. Jerawat

Saat kandungan hormon naik seperti beberapa ciri hamil muda, tingkat androgen juga bertambah. Ini akibatkan kelenjar sebaceous keluarkan semakin banyak minyak yang menutup pori-pori, memberi ruangan untuk perkembangan bakteri yang pada gilirannya memunculkan jerawat sepanjang kehamilan.

17. Pregnancy Glow

Yakin tidak beberapa ciri hamil muda yang kemungkinan dinanti oleh Mam ialah pregnancy glow. Masuknya hormon tingkatkan volume darah, dan perputarannya membuat kulit Mam lebih ceria. Ini mengakibatkan kelenjar kulit keluarkan semakin banyak minyak, hingga membuat terlihat lebih berkilau.

18. Areola Payudara yang Gelap

Berikut satu peralihan pada payudara Mam yang tidak bisa disetarakan dengan PMS. Mam kemungkinan memerhatikan jika areola (lingkaran disekitaran puting susu) jadi gelap dan semakin bertambah diameter dalam beberapa minggu sesudah pembuahan.

Mam bisa juga menyaksikan tonjolan kecil serupa areola Mam (kelenjar yang pada akhirnya akan memulasi puting untuk menyusui). Ke-2 peralihan ini cuma dapat disambungkan sampai kehamilan.

19. Detak Jantung Lebih Cepat

Harvard University menerangkan beberapa ciri hamil muda setelah itu detak jantung bisa lebih cepat. Saat keinginan oksigen dan gizi bertambah, jantung perlu bekerja lebih keras untuk memompa semakin banyak darah ke janin. Hasilnya ialah kenaikan renyut jantung.

20. Peralihan Rasa di Lidah

Peralihan hormon perlambat peranan aliran pencernaan, mengakibatkan peralihan rasa sepanjang babak awalnya kehamilan. Sesudah tingkat hormon normal kembali, Mam akan kehilangan peralihan rasa di lidah yang mengusik.

21. Temperatur Badan Basal

Merilis Bioenginering and Translational Medicine, temperatur badan basal dipandang seperti indicator ovulasi. 1 minggu ataupun lebih saat sebelum ovulasi, temperatur badan basal Mam kemungkinan sekitaran 36 derajat Celsius, yang disebut rerata pada kondisi pra-ovulasi.

Satu sampai 2 hari sesudah ovulasi, BBT Mam umumnya bertambah sedikit dan turun sesudah menstruasi usai. Mayoritas wanita condong berasa lebih hangat sepanjang kehamilan, tapi tidak terdapat bukti yang memperlihatkan jika ini disebabkan karena temperatur badan basal yang tinggi.

22. Mengiler

Merilis North American Journal of Medical Sciences, air liur bukan tanda-tanda umum, tapi beberapa wanita kemungkinan hasilkan air liur berlebihan (dikatakan sebagai 'Ptyalism gravidarum') bila mereka alami mual atau muntah.

Beberapa study kasus memberikan laporan air liur berlebihan pada wanita hamil sepanjang trimester pertama kehamilan. Tetapi, study selanjutnya dibutuhkan untuk putuskan apa ini sebagai beberapa ciri hamil muda.

23. Haus

Mam kemungkinan berasa haus sebagai beberapa ciri hamil muda, yang dapat disebabkan karena kenaikan volume darah atau buang air kecil yang terlalu berlebih. Mam kemungkinan minum semakin banyak air, dan itu bisa mengakibatkan kerap buang air kecil, yang pada gilirannya dapat membuat Mam berasa haus kembali.

24. Kenaikan Pigmentasi Kulit

Tidak cuma payudara yang berbeda dalam beberapa ciri hamil muda. Peralihan mencolok yang lain terhitung penggelapan garis yang menghampar dari bawah pusar ke tulang kemaluan (linea nigra) dan bintik-bintik gelap yang ada di dahi dan pipi Mam saat hamil muda.

25. Kesusahan Tidur

Banyak Mam yang hamil berusaha dengan insomnia sebagai beberapa ciri hamil muda. Ini juga bisa bersambung sepanjang kehamilan dan kemungkinan susah diperpecahkan. Kurangi waktu monitor Mam selekasnya saat sebelum tidur dan mandi malam hari yang hangat bisa menolong. Check sama dokter kandungan bila Mam nampaknya tidak bisa meningkatkan kegiatan rutin tidur yang bagus.

26. Sesak Napas

Medlineplus menerangkan Mam kemungkinan mulai alami napas sesak pada beberapa minggu awal kehamilan karena badan memerlukan semakin banyak oksigen dan darah untuk dibagi dengan janin yang tumbuh. Ini bisa bersambung sejauh kehamilan saat bayi tumbuh, dan keperluan akan oksigen dan gizi bertambah. 

Mempunyai kegiatan rutin olahraga, duduk pada sikap badan yang betul, menarik napas dalam-dalam yang lamban, kenakan pakaian kendur, dan yang lain, bisa menolong atur pernafasan Mam. Gejala-gejala kehamilan ini serupa dengan PMS dan kemungkinan diacuhkan oleh mayoritas wanita. beberapa yang lain kemungkinan disebabkan karena keadaan klinis lain dan harus dicheck oleh dokter.

27. Rambut Rontok

Beberapa ciri hamil muda setelah itu alami kerontokan pada rambut. Walau cukup jarang ada, beberapa wanita bisa juga alami rambut rontok pada awal periode kehamilannya. Ini muncul karena peralihan kandungan hormon progesteron pada tubuh, hingga membuat rambut jadi lebih kering dan gampang patah saat hamil.

28. Telat Menstruasi

Telat menstruasi ialah beberapa ciri hamil muda yang umum. Umumnya, beberapa ciri hamil ialah tidak berlangsungnya menstruasi sesudah 4-5 hari ataupun lebih semenjak tanggal semestinya. Bila ada pembuahan, sel telur akan melekat pada dinding kandungan dan semakin berkembang jadi janin dalam kurun waktu sembilan bulan.

Sesudah implantasi, badan akan melepas hormon HCG yang bekerja jaga kehamilan. Hormon ini yang memerintah indung telur untuk stop menghasilkan sel telur baru saat hamil. Maka dari itu, tidak ada sel telur yang luruh jadi darah haid.

Tetapi, perlu calon ibu ketahui jika telat menstruasi bisa juga muncul karena faktor-faktor, satu diantaranya yakni kesetidakimbangan hormon. Terlambat haid sebagai beberapa ciri hamil muda yang paling terang dan biasa terjadi.

Sesudah pembuahan terjadi, badan wanita akan menghasilkan human chorionic gonadotropin (hCG) yang hentikan ovulasi. Ini memiliki arti transisi menstruasi wanita akan stop dan dia tidak alami menstruasi kembali sampai sesudah bayi lahir.

Tetapi, terlambat haid tidak selamanya sebagai pertanda kehamilan. Wanita dapat alami terlambat haid karena depresi, olahraga terlalu berlebih, diet ketat, kesetidakimbangan hormon, dan mempunyai keadaan klinis tertentu yang bisa mengakibatkan menstruasi tidak teratur.

29. Penekanan Darah Tinggi

Beberapa wanita bisa alami tekanan darah tinggi pada periode awalnya kehamilan. Keadaan ini terkait dengan pembuluh darah yang melebar, walau masih susah diketahui pemicu tentunya. Keadaan tekanan darah tinggi ini bisa juga terjadi pada periode hamil tua atau menjelang kelahiran. Karena itu, rutinlah lakukan pengecekan tekanan darah tinggi ini untuk menahan resiko selanjutnya.

30. Berat Tubuh Naik

Peningkatan berat tubuh ibu hamil normal terjadi. Bahkan juga, keadaan ini bisa terjadi dari sejak awalnya kehamilan sampai akhir. Beberapa ciri hamil muda ini muncul karena ada tambahan berat pada payudara, kandungan, plasenta, cairan ketuban, volume darah dan cairan, lemak, sampai berat janin.

31. Ngilu payudara

Pada awal kehamilan, payudara bisa berasa lebih penuh, semakin besar, dan ngilu waktu dipegang. Disamping itu, areola (tempat warna hitam disekitaran puting) terlihat lebih gelap dan jadi membesar. Ngilu payudara saat hamil muda disebabkan karena bertambahnya kandungan progesteron pada tubuh. Beberapa ciri hamil muda ini bisa bersambung sepanjang kehamilan atau berkurang sesudah trimester pertama kehamilan.

32. Kram dan pendarahan enteng

Pendarahan enteng pada awal kehamilan muncul karena proses penempelan atau menempelnya embrio pada dinding kandungan (implantasi). Kram dan pendarahan enteng biasanya terjadi sekitaran 10-14 hari sesudah pembuahan. Pendarahan implantasi seringkali terjadi bersisihan dengan agenda menstruasi. Maka dari itu, cukup banyak wanita yang keliru menerjemahkan pendarahan implantasi dengan menstruasi.

Tetapi, ada ketidaksamaan di antara pendarahan implantasi dan menstruasi. Darah yang keluar pada pendarahan implantasi berbentuk bintik, berwarna lebih ceria, dan cuma berjalan sepanjang 1-3 hari. Kram atau ngilu yang dirasa lebih enteng dan berjalan lebih singkat. Selainnya beberapa ciri hamil muda di atas, beberapa wanita hamil ada yang alami kembung, moody, ngidam, atau berjerawat saat sebelum mengetahui transisi haid telat.

Beberapa ciri hamil muda pada tiap wanita bisa jadi berlainan. Bahkan juga, beberapa ciri hamil muda ini bisa berlainan pada kehamilan pertama dan kehamilan selanjutnya. Bila Anda curigai diri Anda hamil, kerjakan pengecekan berdikari memakai testpack dan teruskan untuk memeriksa diri ke dokter. Testpack bisa mengetahui hCG dalam urine dan memperlihatkan apa Anda hamil dimulai dari hari awal sesudah Anda telat menstruasi.

Tetapi, untuk lakukan pengecekan USG, dianjurkan untuk menanti 1-2 minggu sesudah terlambat haid karena kantung kehamilan baru kelihatan di saat itu. Beberapa ciri hamil gampang yang lebih cepat diakui bisa membuat calon ibu lakukan pengecekan kandungan lebih awal. Dengan begitu, kesehatan ibu dan janin dapat diawasi sejak awalnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama