20 Spot Snorkeling yang Wajib Kamu Coba

20 Spot Snorkeling yang Wajib Kamu Coba

Birunya air laut yang bersatu dengan warna hijau turquoise, putihnya pasir pantai, dan sepoi-sepoi angin memang tidak dapat disangkal jadi panorama dan situasi yang menganakemaskan untuk beberapa orang. Panorama dan pemandangan ini akan makin pleno bila kamu dapat nikmati keberagaman biota laut yang tentu saja tidak kalah elok.

Tidak boleh cuma gunung, surga bawah laut Indonesia harus juga Bestpackers telusuri, ya. Karena Indonesia menjadi satu diantara wilayah dengan keelokan bawah laut terbaik di dunia. Nach, antara luasnya lautan, berikut tempat snorkeling terbaik di Indonesia. Indonesia sebagai negara maritim yang mempunyai perairan elok dan tidak kalah dari negara lain. 

Dimulai dari Sabang sampai Merauke ada beragam tempat snorkeling yang menarik. Bawah laut Indonesia dikenali sebagai tempat tinggal untuk beberapa ribu sampai juta-an spesies hewan dan tumbuhan laut yang menarik. Untuk melihat keelokan bawah laut Indonesia, Bestpackers bisa lakukan snorkeling.

Karena itu, tidak komplet rasa-rasanya bila berlibur ke pantai tanpa lakukan snorkeling untuk berhubungan langsung dengan hewan-hewan laut yang menggemaskan. Tidak perlu lisensi sampai perlengkapan hebat seperti diving, kegiatan snorkeling dapat kamu kerjakan secara perlengkapan yang lebih simpel.

Nach, sebagai negara maritim, Indonesia punyai deretan beberapa pantai cantik yang seolah tidak ada selesainya. Dari Sabang sampai Merauke, kamu dapat mendapati banyak perairan elok yang pas buat snorkeling. Untuk kamu beberapa pemburu kecantikan surga bawah laut, berikut spot snorkeling terbaik yang perlu masuk daftar berliburmu. Baca, ya!

1. Gili Labak, Jawa Timur

Pulau Gili Labak memang sedikit dikenali wisawatan. Walau sebenarnya taman bawah lautnya sebagai spot snorkeling terbaik di Jawa Timur. Menariknya, ongkos untuk sewa perahu sekalian perlengkapan snorkeling pada tempat ini masih dapat dijangkau.

Snorkeling di Gili Labak bisa kamu kerjakan secara turut open trip atau mandiri, alias pergi sendiri. Untuk sewa perahu sekalian supir dan perlengkapan snorkeling cuma dikenai Rp 500 sampai Rp 600 beberapa ribu sepanjang hari. Perahu nelayan yang dikontrakkan umumnya memiliki 10 sampai 15 orang.

Pulau Gili Labak termudah dicapai dari Pelabuahan Kalianget Pulau Madura. Dari Dermaga Kalianget ke Gili Labak, pelancong akan meneruskan perjalanan dengan perahu sepanjang 2,5 jam. Saat sebelum landing ke Pulau Gili Labak, perahu akan stop di spot snorkeling terbaik. Kamu dapat menyaksikan terumbu karang dan beragam ikan beragam warna di spot ini.

2. Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat

Pulau Moyo sebagai salah satunya pulau yang masuk ke daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil ini dikitari oleh terumbu karang yang cantik. Pantai sama air yang biru, pasir putih dan situasi yang tenang jadi daya magnet khusus yang paling memikat. Tidaklah aneh bila almarhum Putri Diana pernah liburan kesini.

Walau lokasinya lumayan jauh dari Ibu Kota Kabupaten Sumbawa, tapi sarana rekreasi yang berada di pulau ini tidak kalah atas lain tempat. Kamu bahkan juga dapat bermalam di resort eksklusif kelas internasional, yakni Amanwana. Dengan pantainya yang cantik tentu saja snorkeling jadi kegiatan yang harus kamu coba di sini.

Salah satunya spot yang paling direferensikan untuk snorkeling, yakni Takat Sagele. Spot ini sebetulnya ialah gundukan karang yang tercipta dari koral, terumbung karang mati dan pasir, tapi gundukan ini akan kelihatan bila air laut sedang kering. Nach, di bawah gundukan itu, ada surga bawah laut yang cantik dan hebat buat kamu eksploitasi dengan snorkeling.

3. Pulau Abang, Batam

Dengar kata Batam kemungkinan yang tebersit dalam benakmu adalah kota industri yang berada di Indonesia. Walau sebenarnya Batam simpan banyak daya tarik rekreasi terselinap yang cantik. Satu diantaranya ialah Pulau Abang yang berada di kecamatan Galang, Kota Batam.

Walau ukuran cuma 10 km persegi, Pulau Abang dikenali mempunyai perairan jernih dengan lautan birunya yang cantik. Selainnya pantainya, Pulau Abang tawarkan spot snorkeling yang memikat untuk pelancong.

Tidak boleh terkejut saat mulai menyelam ke laut, karena bermacam tipe ikan akan menyapamu saat snorkeling. Beragam tipe ikan beragam warna bisa kamu dapatkan di situ, seperti ikan badut atau clown fish, dan yang lain. Tidak itu saja, keelokan bawah lautnya dihias oleh terumbu karang berwarna-warna yang memikat.

4. Pulau Penjalin, Kepulauan Anambas, Riau

Kepulauan Anambas harus masuk ke daftar tujuan berlibur seterusnya. Kepulauan yang berada di Kepulauan Riau ini punyai kecantikan hebat yang sedikit dibeber pelancong. Walau sebenarnya, Anambas dikatakan sebagai kepulauan tropis paling cantik se-Asia, lho!

Kepulauan Anambas terdiri dari 255 pulau yang cuma 26 salah satunya memiliki penghuni. Salah satunya pulau yang harus kamu kunjungi ialah Pulau Penjalin. Pulau ini sebagai salah satunya pulau tapal batasan di Indonesia. Berada di Kecamatan Palmatak, Pulau Penjalin bersebelahan dengan Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Kecantikan Pulau Penjalin dapat kamu cicipi dengan snorkeling. Tidak cuma keelokan bawah laut, kamu bisa juga menyaksikan rangkaian pulau. Saat capek, kamu dapat menyisih di Pantai Tanjung Momong dan nikmati sunset super elok di situ.

5. Pantai Ora, Pulau Horor, Maluku tengah

Pantai Ora berada di Pulau Horor, Kecamatan Horor Utara, Kabupaten Maluku tengah. Pantai ini tawarkan keelokan karang-karang dan hewan-hewan laut yang asri. Tidaklah aneh, Pantai Ora telah populer dengan kecantikannya, bahkan juga kerap dipertemukan dengan pantai di Maladewa.

Ada beberapa kegiatan yang dapat kamu kerjakan di sini, seperti diving, snorkeling, sampai sekedar berjemur. Kamu dapat melihat langsung keelokan bawah laut yang dipunyai Pantai Ora. Untuk capai pantai ini, kamu harus seberang ke Dermaga Amahay di Kota Masohi, Pulau Horor dari Dermaga Tulehu di Kabupaten Maluku tengah. Kamu dapat memakai kapal dengan mengambil kantong dimulai dari Rp 100 ribu.

6. Pulau Dodola, Morotai, Halmahera Utara

Rasanya semua sepakat dan tidak menolak bila Indonesia Timur simpan kekayaan alam yang banyak. Sajian panoramanya masih alami, penduduknya yang ramah, sampai biota lautnya terlampau sayang bila tidak disaksikan langsung dengan mata telanjang.

Disamping itu, banyak juga bentangan beberapa pulau kecil yang tidak kalah cantiknya. Pulau Morotai misalnya. Salah satunya pulau paling utara di Indonesia ini sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara yang banyak simpan rekreasi riwayat, khususnya dari Perang Dunia II. Tetapi, tidak itu saja, Morotai mempunyai tujuan rekreasi yang tidak kalah menarik. 

Satu diantaranya ialah Pulau Dodola yang oleh pemda di tempat dikatakan sebagai mutiara di bibir pasifik. Saat bertandang kesini, kamu akan dipanggil dengan pasir putih yang lembut, air laut bak kristal, dan langit yang ceria. Dodola jadi tempat favorite untuk diving, main jetski, memancing, sampai snorkeling. Bila snorkeling di sini, tidak boleh terkejut karena kamu dapat mendapati beberapa kapal dan pesawat yang karam di dasar laut.

7. Pulau Rubiah, Sabang

Sabang, pulau di ujung barat Indonesia dianugerahkan alam yang elok dan memesona. Jika tidak yakin, coba lihat Pulau Rubiah, satu diantara beberapa surga terselinap yang ada di Laut Andaman dan Samudera Hindia. Pulau dengan luas 26 hektar ini tawarkan keelokan bawah laut yang tidak perlu disangsikan kembali. Kamu dapat secara mudah mendapati ikan-ikan yang berenang bebas atau sembunyi di karang.

Ada delapan titik snorkeling dan 11 titik diving sebagai spot terbaik untuk dieksploitasi. Saat menyelam, kamu akan berpapasan dengan beragam jenis spesies ikan tropis, seperti angel fish, kima raksasa, ikan kakatua, lion fish, dan lain-lain.

Selainnya ditempati oleh beragam spesies ikan, Pulau Rubiah jadi 'tempat tinggal' beragam tipe terumbu karang dan kerang raksasa. Karena kekayaannya, Pulau Rubiah kerap disebutkan Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah sebagai surga untuk beberapa penyelam. Antiknya, di salah satunya spot lokasi menyelam kamu dapat mendapati meja, bangku, sampai ayunan.

8. Gili Nanggu, Lombok Barat

Gili Nanggu berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini ada di daerah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Seperti pemandangan gili yang lain, Gili Nanggu punyai bentangan pasir putih yang halus sama air laut yang warna gradasi biru jernih.

Snorkeling di Gili Nanggu jadi aktivitas yang membahagiakan. Airnya biru jernih dan tenang, dan di bawahnya ada bermacam biota laut yang elok. Ikan-ikan di sini jinak dan seakan terlatih dengan kehadiran pelancong, mereka akan merapat ke pelancong.

Akses ke arah Gili Nanggu juga tidak terlampau susah. Dari pusat Kota Mataram, kamu dapat berkendaraan ke arah Dermaga Helai yang jauhnya sekitaran 27 km. Kemudian, kamu dapat meneruskan perjalanan dengan perahu atau speedboat sepanjang lebih kurang 45 menit ke arah Gili Nanggu. Untuk ongkos kontraknya, lebih kurang sekitaran Rp 500 ribu per perahu, komplet dengan pengemudi dan guide.

9. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Kalimantan sebagai salah satunya pulau di Indonesia yang mempunyai bermacam tujuan hebat. Satu diantaranya ialah Danau Labuan Cermin yang berada di Dusun Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Untuk berkunjung danau ini kamu harus tempuh perjalanan darat sekitaran enam sampai tujuh jam dari Ibu Kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur.

Diberi nama Labuan Cermin karena danau ini mempunyai susunan yang membuat sinar matahari membal. Itu muncul karena Danau Labuan Cermin mempunyai dua tipe air yang lain, yakni air laut dan air tawar.

Saat ada di Labuan Cermin, kamu bisa juga lakukan beberapa kegiatan menarik, seperti berenang, snorkeling, dan menyelam. Saat menyelam, kamu bisa menyaksikan beberapa ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan dan ada juga yang jauh di dasarnya.

Rasa dari air yang lain membuat ikan-ikan juga terpisah. Hingga bisa secara mudah membandingkan mana tipe ikan air tawar dan mana ikan air laut. Saat sebelum ke arah Labuan Cermin, kamu bisa menyiapkan alat snorkeling sendiri. Untuk yang lupa membawa tak perlu cemas, karena di pelabuhan tempat penyebrangan ada toko persewaan alat snorkeling dan pelampungnya.

10. Gili Kedis, Lombok

Satu kembali Gili dari Lombok yang punyai pemandangan hebat, yakni Gili Kedis. Berlainan dengan gili yang lain, Gili Kedis mempunyai ukuran yang kecil dengan bentangan pasir putih dan laut membiru yang jernih.

Pemandangan bawah lautnya juga memikat untuk ditelusuri. Oleh karenanya, untuk kamu yang berkunjung Gili Kedis, snorkeling jadi aktivitas yang jangan terlewatkan. Selainnya keelokan bawah lautnya yang alami, tipe biota laut di Gili Kedis semakin banyak dan bermacam dari gili yang lain.

Kamu bisa juga kemping atau membangun tenda di Gili Kedis. Tetapi tulis, kamu harus menyiapkan semua sesuatunya saat sebelum ke arah tempat ini, ya, karena Gili Kedis sebagai pulau yang tidak memiliki penghuni. Karena ukuran yang paling kecil, Gili Kedis dapat dikitari dalam kurun waktu lima menit saja dengan jalan kaki. Sekalian berkeliling-keliling, kamu dapat nikmati bukit-bukit hijau yang asri.

Untuk kamu yang tertarik ke Gili Kedis, ada dua langkah untuk ke arah tempat ini. Kamu dapat naik kapal lewat Dermaga Tawun atau Dermaga Helai yang memerlukan waktu lebih kurang satu jam. Umumnya saat sebelum ke arah Gili Kedis, pelancong akan dibawa untuk bertandang ke Gili Sudak yang ada tidak jauh dari Gili Kedis. Dari Gili Sudak, perjalanan ke arah Gili Kedis cuma memerlukan waktu sepanjang 10 menit.

11. Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken sebagai taman laut yang ditempati oleh 390 spesies terumbu karang, 90 spesies ikan, sampai moluska. Taman nasional ini mencakup Pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Siladen, dan Nain, dengan keseluruhan tempat capai 89,065 hektar.

Taman Nasional Bunaken ada di segitiga emas terumbu karang dunia yang menyebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, dan Kepulauan Solomon. Keberagaman biota bawah laut di salah satunya taman nasional paling indah di bumi ini dapat kamu cicipi tidak cukup dengan diving, tetapi juga cuma snorkeling.

Taman laut Bunaken sebagai salah satunya laut yang mempunyai biodiversitas kelautan paling tinggi di dunia. Terumbu karang yang cantik dengan beraneka macam dan warna, dan biota laut yang kaya, seperti ikan hiu, marlin, tuna, kakap, sampai ikan purba rajau laut ikut menghias taman laut ini.

12. Pulau Kri, Raja Ampat

Raja Ampat dengan sejuta keelokannya sanggup membuat siapa saja kagum saat bertandang ke pulau yang ada di daerah paling timur Indonesia itu. Dari sekitaran 17 pulau cantik di Raja Ampat, kenyataannya ada sebuah pulau yang jarang-jarang didatangi pelancong, lho.

Namanya Pulau Kri, pulau ini dapat disebut salah satunya mutiara terselinap di Raja Ampat. Air laut yang jernih dan bersih membuat beberapa penyelam akan gampang untuk menyaksikan dan melihat kepingan terumbu karang cantik yang berjajar rapi di sini. Disamping itu, pantai yang cantik lengkapi daya tarik Pulau Kri yang eksotik.

Sama dengan beberapa pulau lain di Raja Ampat, spot selam dan snorkeling jadi daya magnet khusus di Pulau Kri. Di sini kamu dapat secara mudah berjumpa ikan-ikan dan biota laut yang lain, tak perlu menyelam dalam.

Di Pulau Kri minimal ada sekitaran 374 spesies ikan dan terumbu karang, dimulai dari barracuda, beragam tipe jacks, batfish, kakap, kerapu, sampai kura-kura hijau. Tetapi, yang paling 'diincar' beberapa pelancong ialah hiu yang berada di Cape Kri, karena di sini pelancong bisa berenang dengan hiu dan ikan-ikan tanpa pakai repot menyelam ke dasar laut.

Akses ke arah Pulau Kri termasuk gampang. Kamu dapat tempuh perjalanan memakai pesawat ke arah Sorong. Lantas, setelah tiba di Sorong, kamu dapat naik kapal ferry, kapal cepat, atau pesawat terbang dari Sorong ke Waisai.

13. Gili Labak, Jawa Timur

Kemungkinan Gili Labak masih kedengar asing di sejumlah kelompok pelancong. Tetapi, kenalilah jika Gili Labak jadi spot snorkeling terbaik yang berada di Jawa Timur. Menariknya, snorkeling pada tempat ini tak perlu mengambil kantong terlampau dalam. Dimulai dari 500 sampai 600 ribu setiap hari, Bestpackers bisa snorkeling sepuasnya. Ongkos itu juga terhitung supir dan perlengkapan yang diperlukan.

Perahu nelayan di sini mempunyai kemampuan penumpang 10 sampai 15 orang. Untuk mencapai Gili Labak, Bestpackers harus lebih dulu tempuh perjalanan sepanjang 2,5 jam dari dermaga Kalianget, Madura. Saat sebelum bertambat di Pulau Gili Labak, penumpang akan dibawa untuk snorkeling menyaksikan beragam ikan dan terumbu karang yang beragam warna.

14. Pulau Moyo, NTB

Pulau Moyo berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo mempunyai pantai dengan bentangan pasir putih dan air yang jernih. Dibalik air yang tenang, ada kekayaan bawah laut yang paling menarik. Snorkeling jadi aktivitas yang jangan Bestpackers terlewat saat berkunjung pulau Moyo. Nach, tempat snorkeling yang terbaik di sini yaitu Takat Sagele.

Takat Sagele sebagai timbunan batu karang yang bisa disaksikan saat air pantai kering. Tetapi, siapa kira di bawah timbunan terumbu karang itu ada surga bawah laut yang menarik. Beragam biota laut siap menyongsong Bestpackers saat snorkeling pada tempat ini. Karena sangat cantiknya, tidaklah aneh bila almarhum Putri Diana pernah berkunjung tempat ini.

15. Pulau Penjalin, Riau

Pulau Penjalin yang ada di kepulauan Anambas masuk ke tempat snorkeling terbaik di Indonesia. Kepulauan Anambas bukan hanya menyajikan rekreasi darat yang eksotik, tapi juga rekreasi bahari yang tidak kalah cantik. Bahkan juga, disebut sebagai pulau tropis paling indah di Asia, lho.

Pulau Penjalin berada di Kecamatan Palmatak dan bersebelahan langsung dengan Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Untuk nikmati keelokan bawah lautnya, Bestpackers bisa menikmatinya dengan kegiatan snorkeling. Disamping itu, ada rangkaian pulau yang hendak menganakemaskan mata.

16. Pulau Horor, Maluku tengah

Pulau Horor memang terkenal akan keelokan alamnya. Pulau ini simpan tempat snorkeling terbaik di Indonesia yang namanya Pantai Ora. Pantai ini populer dengan airnya yang jernih dan bentangan pasir putih yang cantik. Pantai Ora jadi komunitas untuk juta-an bermacam tipe ikan dan terumbu karang.

Selainnya jad spot snorkeling, pulau ini juga pas dipakai sebagai tempat liburan bersama pasangan. Untuk capai pantai Ora, Bestpackers harus menyeberang dari dermaga Amahai dengan ongkos perahu lebih kurang 100 ribu. Beragam pojok di pantai ini, bisa saja latar belakang photo yang instagenic.

17. Pulau Dodola, Morotai, Halmahera Utara

Indonesia sisi timur memang simpan kekayaan alam yang natural serta benar-benar eksotik. Satu diantaranya yaitu kepulauan Morotai. Selainnya populer karena sejarahnya pada periode Perang Dunia II, pulau ini simpan beragam kekayaan biota laut yang termasuk komplet.

Persisnya ada di Pulau Dodola, pulau ini jadi tempat terbaik untuk snorkeling. Saat tiba kesini, Bestpackers akan disongsong bentangan pasir putih yang luas, air yang jernih bak kristal dan langit biru yang ceria. Pasti, snorkeling jadi aktivitas harus yang jangan dilewati saat berkunjung tempat ini.

18. Pulau Rubiah, Sabang

Sabang sebagai pulau paling barat di Indonesia dengan kekayaan alam yang memesona. Satu diantaranya, yaitu pulau Rubiah. Pulau ini berada antara kepulauan Andaman dan Samudera Hindia. Pulau Rubiah bisa disebutkan sebagai surga terselinap seperti keberagaman biota laut yang ada.

Pulau Rubiah sendiri mempunyai 8 tempat snorkeling terbaik dan 11 titik diving yang menyajikan pemandangan bawah laut yang cantik. Tidak boleh terkejut bila snorkeling di sini, karena Bestpackers bisa secara mudah berpapasan dengan macam biota laut baik yang memiliki ukuran kecil sampai raksasa. Pulau Rubiah kerap disebutkan dengan Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah.

19. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Kalimantan Timur tidak lepas menjadi satu diantara tempat snorkeling terbaik, persisnya ada di Danau Labuan Cermin. Danau ini berada di kecamatan Biduk-Biduk dan untuk mencapainya diperlukan waktu lebih kurang 7 jam dari ibu-kota kabupaten Berau. Lama waktunya perjalanan akan terbayar dengan keelokan yang disuguhi danau Labuan Cermin.

Diberi nama danau Labuan Cermin karena ada susunan air yang membuat sinar matahari membal. Antiknya, danau ini terbagi dalam 2 jenjang yaitu air laut dan air tawar. Hingga, saat snorkeling pada tempat ini Bestpackers akan gampangnya bisa menyaksikan 2 tipe ikan yang tinggal pada sebuah komunitas.

20. Pulau Abang, Batam

Batam bukan hanya populer dengan bidang industrinya saja. Pulau ini mempunyai tempat snorkeling terbaik yang sudah lama dikenali banyak pelancong lokal atau luar negeri. Satu diantaranya yaitu pulau Abang, pulau ini mempunyai luas 10 km persegi dengan lanscape keelokan yang eksotik.

Kegiatan snorkeling menjadi satu diantara tujuan rekreasi yang perlu dilaksanakan saat di sini. Bermacam tipe ikan dan terumbu yang berwarna-warna siap temani perjalanan snorkelingmu. Janganlah lupa mendokumentasikan peristiwa saat berpapasan dengannya, ya.

Tersebut 20 tempat snorkeling terbaik di Indonesia yang pantas untuk Bestpackers telusuri. Dari macam daftar di atas, yang mana kurang lebih ingin kamu datangi pertama?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama