18 Istana Tercantik di Dunia

18 Istana Tercantik di Dunia

Sebuah istana umumnya jadi pertanda kemasyhuran dan keelokan satu bangsa yang dibikin dengan penuh keelokan, seperti terlihat pada beberapa istana paling cantik di dunia di bawah ini. Sekarang ini, istana-istana warisan periode lalu yang berada di penjuru dunia itu beralih menjadi sebuah tempat rekreasi yang benar-benar menarik.

Daya magnetnya ada tidak cuma untuk pecinta riwayat, tapi juga untuk kelompok masyarakat umum atau kelompok pemula. Setiap istana mempunyai ciri-ciri uniknya tertentu, sesuai watak negara masing-masing. Selainnya memesona, beberapa istana ini mempunyai nilai riwayat.

Bila kamu suka berkunjung istana-istana istimewa di dunia, karena itu kamu juga jangan melewati beberapa istana paling cantik di dunia di bawah ini.

1. Istana Nasional Pena, Portugal

Istana Nasional Pena atau Pena National Palace berada di bukit Sintra di teritori negara Portugal. Bangunan istimewa ini dibuat di tahun 1493 oleh Raja Portugis King John II sebagai biara yang diproteksi terus-terusan oleh tiap raja. Sesudah hancur kronis didera gempa bumi pada 1755, Raja Ferdinand II membuat kembali beberapa puing biara jadi Istana Nasional Pena. Istana Nasional Pena sekarang sudah tercatat dalam UNESCO World Heritage Sites.

2. Istana Schonbrunn, Wina, Austria

Istana yang dibuat di antara tahun 1696 - 1712 atas perintah Kaisar Leopold I dan sekarang jadi monumen monumental terpopuler di seantero Wina, Austria. Keelokan istana ini tidak cuma tersurat pada arsitekturnya tetapi pada namanya yang memiliki makna "musim luruh yang cantik". Di istana ini kamu dapat mendapati 1441 kamar berlainan dan kebun pahat yang paling cantik pada bagian depan Istana Schonbrunn.

3. Istana Mysore, India

India tidak cuma mempunyai Taj Mahal, ada pula Istana Mysore yang istimewa di kota Mysore, India Selatan yang bahkan juga terhitung dalam salah satunya istana paling cantik di dunia. Sisi awalnya istana ini dibuat di era ke-14 oleh beberapa raja Wodeyar, tetapi istananya baru usai beberapa era selanjutnya melalui beberapa angkatan. Kamu dapat menyaksikan style arsitektur Indo-saracenic, Hindu, Muslim, Rajput, dan Gothic digabungkan secara unik untuk membuat istana ini. Saat terbaik untuk berkunjung istana ini ialah bulan September saat festival dasara dikerjakan.

4. Istana Musim Panas, Cina

Istana Musim Panas dibuat pada warsa 1750 yang meliputi tempat selebar 2,9 km di pusat perkotaan Beijing, Cina. Awalannya, istana ini dikatakan sebagai kebun Qingyi saat sebelum selanjutnya ditukar namanya jadi Istana Musim Panas sesudah direkonstruksi pada 1888. Kamu dapat mendapati sekitaran 3000 susunan kuno dan taman istimewa disekitaran kompleks istana paling cantik di bumi ini.

5. Istana Topkapi, Turki

Istana Topkapi dibuat di tahun 1453 oleh Raja Sultan Mehmed II di daerah Istanbul, Turki dengan luas daerah sekitaran 173 hektar. Awalannya, istana ini ialah rumah untuk beberapa sultan selanjutnya jadi tempat untuk memayungi masalah yudisial dan eksekutif kerajaan. Sisi menara dan kubah Istana Tokpaki sebagai daya magnet khusus untuk beberapa pengunjung.

6. Chateau de Chambord, Perancis

Negara Perancis populer dengan beragam bangunan monumental yang paling istimewa, satu diantaranya Chateau de Chambord. Chateau de Chambord populer karena mempunyai style arsitektur renaisans Perancis yang unik. Tidaklah aneh tempat ini jadi tempat ke-2 yang terbanyak didatangi di Perancis. Menariknya, saat pertama dibangunan pada 1519-1547, bangunan ini malah digunakan sebagai pemondokan untuk memburu untuk Raja Francois. Aneh, kan?

7. Istana Versailles, Prancis

Selainnya Chateau de Chambord, kamu bisa juga mendapati salah satunya istana paling indah di dunia yang lain yang berada di barat daya Paris, yakni Istana Versailles. Awalannya, Raja Louis XIII membuat tempat ini sebagai pemondokan memburu. Selanjutnya, Raja Louis XIV jadikan bangunan ini sebagai rumah tetap pada 1682. Dalam Istana Versailles ada 700 ruang, 1200 perapian, dan 60 tangga yang diperlengkapi kebun raksasa dengan luas keseluruhan 2000 hektar.

8. Istana Alhambra, Spanyol

Istana Alhambra berada di kota Andalusia, Spanyol. Sisi pertama istana ini dibuat pada era kesembilan, selanjutnya hancur dan diacuhkan sepanjang nyaris dua era. Selanjutnya pada era kesebelas, Muhammad bin Al-Ahmar melakukan renovasi dan jadikan tempat ini sebagai istana untuk Sultan Granada pada 1333. Awalannya, Istana Alhambra bercat putih di semua bagiannya, tetapi sekarang terlihat warna kemerahan karena sudah benar-benar lama dijemur panas matahari.

9. Istana Potala, China

Istana Potala ialah satu diantara banyak monumen istimewa yang berada di kota Lhasa di daerah Republik Rakyat Cina. Nama Istana Potala sendiri diambil dari nama gunung di dekatnya, yakni gunung Potalaka, tempat bersemayamnya Buddha. Pembangunan istana paling cantik di bumi ini sebenarnya diawali pada era ketujuh dan baru diganti jadi seperti memiliki bentuk sekarang ini oleh Dalai Lama ke-5 pada 1645. Kabarnya, istana ini jadi bangunan tertinggi di dunia dari tahun 1653 sampai 1889 dan dari pucuknya, pengunjung dapat menyaksikan keseluruhnya kota Lhasa.

10. Kota Terlarang, Cina

Kota Terlarang ialah kompleks istana terluas di dunia yang berada di Beijing, Cina, dan juga dikenal sebagai istana kekaisaran dan museum. Tempat istana ini menghampar selebar 72 hektar dan didalamnya ada 980 bangunan yang terbagi dalam 8707 tipe ruang. Selama saat kemasyhurannya, istana ini jadi tempat bertahta untuk 24 kaisar Cina dari tahun 1420 sampai tahun 1912. Semenjak 1987 Kota Terlarang sudah tercatat di dalam website peninggalan dunia UNESCO dan didatangi oleh sekitaran 10 juta wisatawan /tahunnya.

11. Forbidden City, Beijing

Forbidden City telah dibuat semenjak 1406 oleh Kaisar Yongle dari Dinasti Ming. Teritori ini sendiri sebetulnya ialah kompleks istana kekaisaran di Beijing, China. Sekarang ini Forbidden City sudah tidak lagi rumah bangsawan. Tetapi Forbidden City masih tetap jadi lambang kekuasaan China. UNESCO mengatakan sebagai koleksi paling besar susunan kayu kuno. Forbidden City sudah tercatat di dalam website peninggalan duni UNESCO semenjak tahun 1987.

12. Geyongbokgung Palace, Seoul

Isatana Geyongbokgung sebagai istana paling besar yang dibuat oleh Dinasti Joseon. Arsitek Jeong Do Jeon jadi figur dibalik pembangunan istana itu pada tahun 1394 lalu. Sempat remuk di tahun 1592 karena agresi Jepang, Istana Geyongbokgung dibuat kembali pada tahun 1860an. Istana ini dikatakan sebagai lambang dari keagungan pekerjaan dan rakyat Korea.

13. Buckingham Palace, London

Buckingham Palace ialah rumah sah untuk anggota kerajaan Inggris. Keseluruhan kamar didalamnya capai sampai 755, yang terdiri atas kamar khusus, kamar kerajaan dan tamu, ruang tidur staf, kamar mandi, dan kantor. Istana ini demikian terkenal di London. Tiap tahunnya, sekitaran 50.000 pelancong datang zaman kamuan makan malam, hajatan, sampai acara pesta sah bagian keluarga kerajaan.

14. Winter Palace, Saint Petersburg

Winter Palace terlihat demikian cantik dengan mengangkat style Baroque seni Rusia era 18 tengah. Selaam 150 tahun, istana ini ditempati oleh keluarga penguasa Soviet. Sekarang, Winter Palace tidak lagi jadi tempat tinggal kerajaan. Semenjak 1917, Winter Palace jadi museum yang ajak wisatawan menyaksikan megahnya tiap ruang dengan koleksi barang unik asal Eurasia dan Timur

15. Alhambra, Granada

Alhambra ialah bentuk riil dari keelokan kekhalifahan Banu Ummayah di Granada, Spanyol selatan. Tidak cuma kompleks istana, Almabra mencakup benteng yang kuat. Istana Alhambra mempunyai luas 14 hektar dan berada di ats Bukit Al-Sabika. Panorama yang disuguhi demikian menarik, cantiknya bentangan kota Granada bisa dilihat di atas.

16. Palace of Versailles

Pertama kali pembangunan Istana Versailles ini diawali oleh Louis XIII sebagai pondok berkunjung pemburuan pada tahun 1623. Hingg a pada akhirnya pada athun 1661, Louis XIV meluaskan bangunan ini dan disihir jadi istana istimewa. Untuk dipahami, ongkos pembangunan istana ini menggulirkan uang sekitaran 300 miliar USD. Jumlah ini berulang-kali lipat semakin besar daripada Istana Buckingham yang cuma menelan 2-5 miliar USD. Adapun luas bangunan Istana Versailles capai 67.000 mtr. persegi, dibarengi juga tempat taman seluar 1.070 hektar.

17. Topkapi Palace, Istanbul

Istana Topkapi berada di Istanbul, Turki. Tempat ini ditempati oleh Sultan Utsmaniyah sepanjang 600 tahun , dimulai dari tahun 1465 sampai 1856. Bangunan ini dapat disebutkan sebagai bukti kemjadian islam dalam sektor arsitektur. Sekarang ini, Istana Topkapi berusah jadi lokasi rekreasi yang mearik perhatian wisatawan. Di situ, ada beragam benda warisan Islam, seperti pedang dan jubah Nabi Muhammad.

18. Udara Mahal, Jaipur

Udara Mahal Jaipur dibuat oleh Lal Chand Usta. Design demikian unik dari Istana ini ternyata sebagai pengadopsian mahkota Dewa Kresna , figur dewa khusus dalam tuntunan hindu. Dibuat di tahun 1799, Udara Mahal terbentuk atas keinginan Maharaja Sawai Pratap Singh. Arsitektur nya juga termasuk sulit dengan dihias lebih dari 900 jendela atau jharokhas berornamen cantik. Kekhasan Jharokhas ini bukanlah sekadar sirkulasi, tapi juga sela untuk putri dan istri raja melihat tetapi tidak akan kedapatan dari segi luar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama