10++ Induksi Alami Untuk Memicu Kontraksi Persalinan

10++ Induksi Alami Untuk Memicu Kontraksi Persalinan

Alami induksi alami saat persalinan makin dekat ialah hal yang diimpikan oleh tiap ibu hamil. Induksi diperlukan untuk ibu hamil untuk memacu dan memperkuat berlangsungnya kontraksi di proses persalinan.

Mencuplik Mayo Clinic, salah satunya aspek khusus dalam meramalkan peluang induksi persalinan yang sukses ialah berlangsungnya pematangan serviks. Induksi umumnya diberi pada ibu hamil yang telah melalui bulan, tetapi belum rasakan kontraksi atau pertanda ingin melahirkan.

Lalu, seperti apakah induksi alami yang dapat dilaksanakan untuk memacu kontraksi mendekati persalinan?

Dokter Specialist Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Cantik - Pondok Cantik, dr. Putri Deva Karimah, Sp.OG menerangkan jika ketuban pecah dan kontraksi belum kuat atau mungkin tidak ada, karena itu induksi harus selekasnya dilaksanakan untuk menahan infeksi.

"Tetapi, tidak seluruhnya ibu hamil bisa dilaksanakan induksi. Harus jadi perhatian persyaratan kelaikan atau syarat untuk induksi yang hendak dipandang oleh dokter specialist kebidanan dan kandungan lebih dulu," terangnya.

Selanjutnya, dr. Putri menjelaskan jika sebetulnya sistem induksi yang paling dianjurkan ialah sesuai proses klinis. Karena, sistem induksi klinis telah bisa dibuktikan secara ilmiah dan aman untuk proses persalinan.

"Sistem alami seperti menggairahkan puting, berhubungan seksual, akupuntur, olahraga, atau berenang, memang memberi dampak untuk memacu berlangsungnya kontraksi. Namun, bukti ilmiah belumlah cukup kuat," tegasnya.

Beragam Langkah Induksi Alami

Walau belum bisa dibuktikan, induksi alami menjadi jalan keluar untuk menggairahkan kontraksi awalnya pada kehamilan tanpa infeksi di umur 37-40 minggu. Tentu saja, ini tetap harus dalam pemantauan dokter specialist kebidanan dan kandungan, ya, Mam!

Berikut beberapa wujud induksi alami untuk memacu kontraksi persalinan yang dapat dilaksanakan.

1. Menggairahkan Puting

Menggairahkan puting memanglah bisa memacu kontraksi persalinan. Tetapi, harus pada keadaan penilaian jalan lahir berdasar bishop skor yang bagus dan bisa lahir, dan harus dalam pemantauan dokter.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, bishop skor dipakai untuk memandang persiapan serviks saat lakukan persalinan dengan bentang angka 0-13. Bila bishop skor kurang dari 6, memiliki arti serviks itu kemungkinan belum siap untuk persalinan.

Karena kecepatan kontraksi setiap saat bisa berbeda dan bisa mencelakakan janin, induksi alami ini perlu dilaksanakan riset selanjutnya. Kenyataannya, bila Mam memutuskan untuk menyusui Sang Kecil sesudah melahirkan, stimulan yang serupa dapat menolong kandungan untuk kembali lagi ke ukuran aslinya.

Mam dapat lakukan stimulan puting bersama dengan Dads atau memakai pompa ASI. Dalam sebuah jurnal Pub Meds, stimulan puting dapat bermanfaat untuk:

  • Induksi alami
  • Menghindar induksi klinis
  • Turunkan resiko pendarahan saat melahirkan

2. Terkait Sex

Dalam sebuah jurnal Iranian Red Crescent Medical Journal, disebut kegiatan seksual bisa menolong induksi, dengan:

  • Percepat munculnya persalinan
  • Menahan kehamilan yang berkelanjutan
  • Kurangi keperluan induksi persalinan

Langkah ini menjadi induksi alami untuk memacu kontraksi persalinan.

"Berhubungan seksual bisa menggerakkan pelepasan hormon oksitosin, yakni hormon yang dibutuhkan untuk mengawali persalinan dan kontraksi. Cairan sperma dan air mani memiliki kandungan hormon prostaglandin, yang bisa menolong merenggangkan dan memperdalam serviks/leher kandungan," terang dr. Putri.

Sepanjang Mam dan Dads waspada, lakukan hubungan seksual sebagai induksi alami itu aman. Tapi harus diingat, jauhi lakukan hubungan seksual bila ketuban telah pecah, karena bisa tingkatkan resiko infeksi.

3. Akupuntur

Akupuntur dapat menolong melunakkan serviks atau leher kandungan sampai terjadi kontraksi. Ini menjadi induksi alami untuk memacu kontraksi yang lain. Tetapi, karena sistem akupuntur terkait dengan penusukan jarum dan pemijatan, karena itu perlu tenaga yang pakar, memahami, dan dilaksanakan di lokasi yang bersih.

4. Olahraga Rileks

Mam bisa lakukan olahraga rileks sebagai wujud induksi alami agar memacu kontraksi untuk persalinan. Misalkan, dengan berolahraga berenang.

"Berenang bisa menolong menyantaikan otot dan membuat ada penekanan halus dari air saat berenang. Aktivitas ini bisa menolong bayi bergerak lebih gampang dalam kandungan," jelas dr. Putri.

Kegiatan olahraga ini akan membuat bayi lebih gampang mendapati jalan lahir, karena ada pijatan dan penekanan halus dari air saat Mam berenang.

5. Makan Kurma

Salah satunya induksi alami yang dapat Mam kerjakan setelah itu makan kurma. Ya, buah kurma rupanya menolong proses melahirkan jadi lebih cepat. Dalam sebuah jurnal dengan judul Journal of Midwifery Reproductive Health, kurma mempunyai faedah untuk Mam yang sedang hamil besar, diantaranya:

  • Tingkatkan pematangan dan perluasan serviks
  • Kurangi keperluan pemakaian pitocin sepanjang persalinan

6. Akupresur

Beberapa pegiat memandang akupresur adalah langkah yang dapat dipakai untuk memancing induksi alami. Meskipun begitu, tidak boleh melakukan secara asal-asalan ya, Mam! Mam perlu minta kontribusi professional untuk lakukan praktek ini. Bila akupresur tidak berbuah hasil, praktek ini menjadi langkah yang bagus untuk kurangi merasa sakit dan tidak nyaman saat persalinan.

7. Konsumsi Minyak Jarak

Salah satunya langkah induksi alami lainnya dengan konsumsi minyak jarak. Ya, minum minyak jarak rupanya dapat memancing induksi, Mam! Meskipun begitu, Mam tak perlu meminum kebanyakan. Dikutip dari Healthline, Mam perlu mengkonsumsinya sekitar 29,5-59 ml saja.

Minyak jarak menolong menstimuli peluncuran prostaglandin yang dapat menolong pembukaan serviks jadi lebih gampang. Meskipun begitu, prakitk ini benar-benar direferensikan untuk dilaksanakan di bawah pemantauan bidan atau dokter.

Mam jangan mengkonsumsinya sering atau banyak, ya! Tentu saja, ada banyak sistem induksi alami lain untuk menggairahkan kontraksi persalinan. Lepas dari itu, induksi alami harus tetap dilaksanakan di bawah pemantauan dokter yang pakar.

Ini penting, supaya kesehatan Mam dan Sang Kecil dalam kandungan selalu terlindungi. Mam harus juga selekasnya pergi ke dokter kandungan jika kontraksi tidak juga terjadi sampai lebih dari 40 minggu, atau rasakan pergerakan janin menyusut.

Mudah-mudahan Mam dan Sang Kecil selalu terbangun kesehatannya, ya!

Proses persalinan kadang bisa terhalang hingga ibu hamil perlu jalani induksi untuk percepat pembukaan persalinan. Ada bermacam sistem induksi yang dapat Anda kerjakan, baik memakai beberapa obat klinis atau secara alami. Apa induksi alami untuk persalinan yang aman dan efisien supaya percepat kontraksi? Baca keterangan ini.

Sistem induksi persalinan alami, mana yang efisien?

Induksi persalinan perlu dilaksanakan untuk menggairahkan kontraksi kandungan supaya proses melahirkan jadi lebih cepat. Sejauh ini, ada beberapa hal yang dipercayai sebagai induksi alami atau percepat pembukaan persalinan. Sayang, tidak seluruhnya panduan itu bisa dibuktikan aman dan efisien secara ilmiah. Kita akan mengulas satu demi satu berkenaan sistem induksi alami yang terkenal dalam masyarakat, apa aman dan bisa dibuktikan efisien?

1. Berhubungan seksual

Umumnya, mendekati hari prediksi lahir (HPL), Anda disarankan agar semakin kerap berhubungan seksual dengan suami. Tetapi, apa ini aman dan efisien? Merilis My Cleveland Clinic, hubungan seks bisa menggairahkan produksi hormon oksitosin hingga memacu kontraksi kandungan.

Disamping itu, air mani pria memiliki kandungan hormon prostaglandin yang bisa menolong menghaluskan dan buka leher kandungan hingga percepat pembukaan persalinan. Tetapi, dari sisi keamanan, rupanya tidak seluruhnya ibu hamil bisa melakukan hubungan intim menjelang hari persalinan.

Terlebih jika alami kompleksitas persalinan seperti ketuban pecah awal, pendarahan, atau beresiko melahirkan bayi prematur. Nach, untuk memperhitungkan beberapa hal yang tidak diharapkan, seharusnya konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan jika ingin coba induksi alami dengan yang ini, ya!

2. Stimulan puting

Merilis dari situs American Pregnancy Association, stimulan puting terhitung satu diantara cara-cara induksi persalinan alami. Tehnik ini dapat dilaksanakan dengan manual memakai tangan atau pompa payudara elektrik.

Dengan menstimuli puting, hormon oksitosin pada tubuh ibu dengan alami bisa menggairahkan kandungan sebagai langkah percepat kontraksi. Selainnya untuk percepat pembukaan persalinan, langkah ini dapat Anda kerjakan untuk menggairahkan produksi ASI pada inisiasi menyusui awal (IMD) sebentar sesudah bayi dilahirkan.

Walau demikian, seharusnya minta pemikiran dokter kandungan terlebih dahulu saat sebelum lakukan langkah ini. Merilis Southwestern Medical Center, stimulan puting bisa jadi parah kontraksi dan mencelakakan janin.

3. Jalan kaki

Ibu hamil dianjurkan untuk teratur jalan kaki semenjak masuk kehamilan trimester ke-3. Menurut beberapa pakar, pergerakan pinggul saat jalan kaki bermanfaat untuk menggerakkan status bayi ke jalan lahir.

Walau demikian, efektifitas jalan kaki sebagai induksi alami untuk menggairahkan kontraksi kandungan masih dipermasalahkan. Merilis My Cleveland Clinic, belum diketemukan riset yang menunjukkan jika ibu yang kerap jalan kaki dapat semakin cepat melahirkan dibanding yang tidak lakukan aktivitas ini.

Tetapi, tidak berarti jalan kaki tidak bermanfaat. Aktivitas ini masih tetap berguna untuk membenahi status bayi yang sungsang dan percepat tingkatan pembukaan persalinan, misalkan dari pembukaan 1 ke 2, dan sebagainya.

4. Akupunktur

Akupunktur dilaksanakan dengan menusukkan jarum ke sejumlah titik tertentu dalam tubuh. Ini sebagai tehnik induksi persalinan alami yang yang cukup terkenal dalam masyarakat. Langkah ini dipercaya bisa tingkatkan produksi oksitosin, memacu gerakan kepala bayi, dan menggairahkan persiapan kandungan ke arah persalinan.

Walaupun begitu, riset dari Journal of Perinatal Medicine memperlihatkan jika akupunktur belum bisa dibuktikan efisien sebagai sistem untuk percepat kontraksi. Disamping itu, kesuksesan akupunktur tergantung pada persiapan janin untuk lahir.

Saat sebelum putuskan lakukan langkah ini, yakinkan Anda pilih terapi yang professional dan konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan.

5. Akupresur

Akupresur kemungkinan memanglah tidak setenar akupuntur. Tetapi, langkah ini mempunyai konsep yang serupa dengan akupunktur. Ke-2 langkah yang kemungkinan termasuk semakin aman sebagai induksi persalinan alami ini sama memberi penekanan di bagian badan tertentu untuk kurangi merasa sakit.

Namun, akupresur memakai penekanan jemari, tidak dengan jarum seperti pada akupuntur. Pegiat akupresur memakai alat khusus atau ujung jemari untuk tekan titik tertentu. Titik itu umumnya ada pada sela di antara ibu jemari dan telunjuk kaki Anda.

Hal yang penting digarisbawahi, sama seperti seperti akupunktur, akupresur juga belum bisa dibuktikan menjadi sistem induksi persalinan alami. Beberapa ibu hamil pun tidak alami dampak apa saja sesudah jalani akupresur.

Walau demikian, akupresur cukup bermanfaat untuk kurangi ngilu mendekati persalinan. Bila merencanakan lakukan akupresur sebagai induksi alami, Anda harus konsultasi dan memperoleh kesepakatan dari dokter kandungan lebih dulu. Seterusnya, Anda bisa kontak terapi bersertifikasi untuk lakukan tehnik akupresur secara benar dan aman.

6. Membrane stripping

Membrane stripping dilaksanakan langsung oleh dokter, tapi langkah ini termasuk induksi persalinan alami karena tidak memakai obat. Dokter akan memakai sarung tangan, lalu masukkan jarinya ke vagina untuk pisahkan kantung ketuban.

Ini akan memacu pelepasan prostaglandin yang menggairahkan persalinan. Namun, ada resiko efek membrane stripping berbentuk ngilu dan timbulnya bintik darah. Sistem ini cuma bisa dilaksanakan oleh tenaga pakar seperti dokter atau dokter kandungan.

7. Minum minyak jarak

Minum minyak jarak sebagai salah satunya langkah yang cukup terkenal sebagai induksi alami untuk percepat pembukaan persalinan. Masalahnya minyak jarak bisa menggairahkan hormon prostaglandin hingga menolong pembukaan kandungan.

Tetapi, masih diperlukan riset selanjutnya tentang efektivitasnya dalam percepat kontraksi. Walau condong aman, Sebaiknya anda tidak minum minyak jarak kebanyakan, cukup dua sampai 4 sdm saja.

Ini mempunyai tujuan supaya tidak memacu diare. Disamping itu, konsultasilah dahulu sama dokter kandungan saat sebelum konsumsi minyak itu.

8. Beberapa obat herbal

Beberapa tanaman herbal seperti daun cohosh biru atau hitam, teh raspberry, dan minyak primrose mempunyai potensi baik sebagai langkah percepat kontraksi. Beberapa obat itu di-claim bisa menyiapkan kandungan untuk bersalin. Tetapi, Sebaiknya anda tidak langsung memercayai claim itu.

Karena sampai sekarang ini, tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan jika herbal itu bisa dipakai sebagai induksi alami untuk percepat kontraksi atau pembukaan persalinan. Bahkan juga, tanaman herbal seperti daun cohosh malah beresiko mengakibatkan tidak berhasil stroke dan jantung pada janin dan mempunyai potensi mengakibatkan kompleksitas persalinan.

Maka dari itu, saat sebelum konsumsi obat herbal apa saja untuk menggairahkan kontraksi, seharusnya Anda minta pemikiran dokter kandungan lebih dulu.

9. Birth ball

Birth ball ialah bola memiliki ukuran lumayan besar dengan wujud yang seperti bola gym. Anda tak perlu cemas karena birth ball telah dibuat khusus supaya tidak licin saat digunakan di lantai hingga aman untuk ibu hamil.

Menurut riset yang diedarkan oleh jurnal Midwifery, duduk di atas birth ball sepanjang proses persalinan normal bisa menolong kurangi ngilu pada punggung karena kontraksi kandungan. Disamping itu, teratur latihan birth ball semenjak kehamilan trimester ke-3 dapat menolong ibu hamil berasa lebih santai dan kurangi kekhawatiran saat sebelum melahirkan.

Walau demikian, masih diperlukan riset selanjutnya untuk menunjukkan apa langkah ini efisien sebagai sistem induksi alami untuk percepat pembukaan persalinan.

10. Melahap makanan pedas

Kemungkinan Anda kerap dengar anjuran untuk konsumsi makanan pedas sebagai langkah untuk percepat kontraksi. Walau sebenarnya, menurut Southwestern Medical Center, langkah ini belum bisa dibuktikan efisien sebagai sistem induksi alami.

Selain itu, Anda perlu waspada jika ingin konsumsi makanan pedas mendekati persalinan. Masalahnya makanan pedas bisa mengakibatkan heartburn, diare, dan masalah pencernaan yang lain pada ibu hamil. Sudah pasti ini akan jadi memperburuk rasa ngilu yang Anda alami pada perut saat persalinan. Status yang disarankan supaya pembukaan bisa lebih cepat Untuk kehamilan pertama, umumnya pembukaan berjalan 12 sampai 14 jam.

Sementara untuk kehamilan ke-2 dan sebagainya umumnya berjalan bisa lebih cepat, yakni sekitaran 5 sampai 10 jam. Selainnya jalani induksi alami, Anda bisa juga coba status tertentu supaya menolong gerakan bayi.

Merilis situs University of Minnesota, berikut status yang disarankan untuk percepat proses pembukaan persalinan.

  1. Jauhi status terlentang dan bertumpu pada punggung karena bisa menghalangi gerakan janin.
  2. Duduk di atas bola birth ball supaya merasa sakit menyusut dan menolong menggerakkan janin.
  3. Jika tidak ada birth ball, Anda dapat coba duduk di toilet dengan kaki terbuka.
  4. Berdiri dengan ke-2 kaki terbuka sekalian menyandar kepala di depan.
  5. Tiduran miring ke samping saat badan berasa capek.

Induksi alami perlu disamakan dengan keadaan kehamilan. Tidak seluruhnya sistem induksi persalinan alami bisa dibuktikan efisien. Tetapi, diambil dari Cleveland Clinic, sistem induksi alami kemungkinan menjadi alternative opsi jika keadaan kehamilan Anda seperti berikut.

  • Umur kehamilan telah masuk 37 minggu atau lebih.
  • Dokter membolehkan lakukan induksi persalinan alami sama sesuai saran.
  • Status kepala bayi telah ada di bawah atau di jalan lahir.
  • Ibu dan bayi sehat atau mungkin tidak mempunyai kompleksitas kehamilan.

Bila ingin lakukan induksi alami, Anda juga perlu memperoleh kesepakatan dokter kandungan karena cara- langkah ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebenarnya, salah satu sistem induksi yang aman dan bisa dihandalkan untuk memacu persalinan yaitu obat yang diberi oleh dokter saat ibu hamil melahirkan di rumah sakit.

Dokter biasanya akan menimbang untuk memberi induksi persalinan klinis sesuai keadaan kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan. Itu penyebabnya, pengatasan langkah menggairahkan kontraksi supaya bayi cepat lahir untuk tiap-tiap keadaan ibu hamil juga dapat berbeda.

Keadaan yang mewajibkan induksi klinis

Walau induksi alami bisa saja Anda kerjakan, ada banyak keadaan yang mewajibkan ibu untuk jalani proses induksi persalinan secara klinis. Dokter umumnya akan lakukan proses itu untuk percepat pembukaan persalinan jika Anda alami keadaan ini.

  • Air ketuban telah pecah tapi ibu belum rasakan kontraksi sama sekalipun.
  • Ibu alami infeksi dalam kandungan.
  • Bayi tidak berkembang secara berarti dalam waktu tertentu.
  • Kandungan tidak mempunyai air ketuban yang cukup.
  • Ibu alami ablasio plasenta atau plasenta terputus dari kandungan.
  • Keadaan kesehatan ibu terusik, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi yang mencelakakan diri dan bayinya.

Maka supaya semakin aman, seharusnya selalu tanyakan sama dokter saat sebelum ibu hamil coba lakukan induksi alami untuk percepat pembukaan persalinan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama