Tutorial Pergerakan Senam Zumba dan Faedahnya untuk Kesehatan, Dapat Melancarkan Metabolisme Badan!

Capai berat tubuh seimbang, siapakah yang tidak ingin? Beberapa orang yang usaha meraih berat tubuh bagus dengan beragam langkah, dimulai dari mengontrol pola makan, mengaplikasikan pola hidup sehat, dan teratur olahraga, seperti senam zumba. Senam zumba sebagai olahraga yang dari Kolumbia, dan menjadi satu diantara tipe olahraga yang saat ini lebih banyak disukai. Bagaimana tidak, zumba ialah tipe olahraga yang membahagiakan, di inspirasi oleh beragam style tarian dari Amerika Latin, yang disertai musik. Tetapi sebetulnya, berapa efektifkah zumba, dan bagaimana pergerakannya? Yok baca secara lengkap pada artikel ini!

Riwayat Zumba

Zumba diketemukan pada 1998 oleh Alberto di Cali, Kolombia. Kedatangan zumba berawal saat Alberto lupa bawa kaset musik yang umum digunakan untuk mengajarkan di kelas aerobik. Sebagai tukarnya, dia menyetel kaset musik dansa Latin seperti salsa dan merengue di kelas selanjutnya ajak beberapa peserta aerobik untuk menari bersama. Tarian yang diberikan itu pada akhirnya dinamakan Rumbacize. Rumbacize ialah gabungan dari kata rumba (kata dengan bahasa Spanyol yang memiliki arti acara pesta dan macam tarian) dan Jazzercize. Walau nama aslinya ialah Rumbacize, latihan kesehatan ini lebih dikenali khalayak bernama Zumba yang disebut merk dagang dari Zumba Fitness.

Pada 2001, Alberto bekerjasama dengan Alberto Perlman dan Alberto Aghion melaunching sebuah seri video kesehatan. Karena investasi dari Insight Venture Partners dan Raine Grup pada 2012, kelas zumba juga diperlebar. Sampai di tahun 2015, terdaftar sudah ada 14 juta orang-oran yang belajar zumba di 186 negara.

Type Senam Zumba

Zumba condong mengundang perhatian yang dikuasai wanita, tapi tidak tutup peluang untuk pria bisa melakukan. Karena koreografinya bisa dituruti oleh tiap orang dari semua umur. Hingga dibentuklah beberapa kelas dengan koreografi yang bervariatif berdasar umur, tipe kelamin, dan tingkat kesehatan. Adapun opsi kelasnya, mencakup:

1. Aqua Zumba

Kelas zumba satu ini benar-benar cocokt buat mereka yang alami cidera atau yang memerlukan latihan olahraga yang berpengaruh rendah, karena kelas zumba ini dilaksanakan dalam kolam renang.

2. Zumba Gold

Versus modifikasi dari kelas zumba standard ini diperuntukkan untuk beberapa orang lebih tua yang inginkan gabungan musik dan kegiatan membahagiakan yang serupa seperti kelas tradisionil, tapi dilaksanakan dengan intensif yang lebih rendah.

3. Zumba Kids

Sama sesuai namanya, kelas zumba ini diperuntukkan khusus untuk anak-anak, persisnya untuk anak-anak berumur di antara 7 sampai 11 tahun. Zumba kids melakukan modifikasi pergerakan zumba tradisionil, lalu menambahkan sejunlah kegiatan dan permainan hebat dengan arah membuat anak-anak berasa turut serta dan membuat mereka jadi lebih tertarik,

4. Zumba Kids Jr.

Nyaris serupa dengan zumba kids, tetapi kelas ini lebih fokus pada anak berumur 4 sampai enam tahun.

5. Zumba Tahap

Masih mempunyai koreografi yang serupa, tetapi ditamabahkan pergerakan aerobik untuk tingkatkan intensif latihan dan menambah semakin banyak pergerakan pengokohan kaki.

Pergerakan Senam Zumba

Saat Mam akan ikuti kelas zumba, turuti beberapa langkah pergerakannya berikut ya!

1. Pemanasan

Tiap lakukan olahraga, penting untuk lakukan pemanasan lebih dulu, tidak kecuali saat akan lakukan senam zumba. Ini mempunyai tujuan supaya Mam terbebas dari cidera saat masuk pokok pergerakan olahraga. Saat pemanasan saat sebelum mengawali zumba, Mam dapat lakukan pergerakan jalan pada tempat, putar lengan, kepala, kaki, pundak, pinggang, dan melompat-lompat.

2. Pergerakan Salsa

Pergerakan khusus dari zumba ialah pergerakan salsa. Untuk melakukan, turuti beberapa langkahnya di bawah ini.

- Mengambil satu cara ke kiri dan sekalian menggoyahkan tubuh, seperti pinggul, tangan, dan kaki.

- Kerjakan pergerakan itu ke arah kebalikannya.

- Selanjutnya, merapatkan kaki sekalian masih tetap menggoyahkan badan.

- Kerjakan skema pergerakan yang serupa pada kaki kanan.

- Mam dapat lakukan pergerakan ini sekitar 2x8 perhitungan. 

2. Pergerakan Merengue

Pergerakan merengue berguna untuk latih lengan dan pinggang supaya terlihat lebih ramping. Untuk lakukan pergerakan ini, pertama kali bentangkan ke-2 tangan. Lalu, ambil tangan kanan dan kiri ke dalam dan bawah secara berganti-gantian. Kerjakan pergerakan itu sekalian mengayunkan tempat pinggul, sementara kaki berjalan pada tempat.

3. Pergerakan Cumbia

Pergerakan cumbia berguna untuk kencangkan tempat perut dan paha. Pergerakan ini mempunyai tiga tipe pergerakan dasar, yaitu basic, sleepy leg, dan funk.

4. Pergerakan Reggaeton

Pergerakan reggaeton di inspirasi dari musik reggae. Dalam pergerakan reggaeton ini terdiri dari 3 tipe, yakni basic, steps, dan vibrate hip. Pergerakan ini fokus untuk kencangkan otot-otot di tempat paha dan tangan.

Faedah Senam Zumba

Berikut sejumlah faedah untuk kesehatan dengan lakukan senam zumba, mencakup:

1. Turunkan Berat Tubuh

Olahraga zumba untuk turunkan berat tubuh akan efisien jika dilaksanakan dengan teratur. Menurut study yang diedarkan dalam Journal of Sports Science dan Medicine di tahun 2012, lakukan senam zumba dengan intensif standard sepanjang 39 menit bisa membakar rerata 9,5 kalori per menit. Jika dihitung secara keseluruhan, Mam dapat membakar minimal 369 kalori pada sebuah sesion kelas zumba. Lain kembali menurut study dari American Council on Exercise. Study ini mengutarakan jika zumba sanggup membakar 300 kalori per latihan, hingga bisa turunkan berat tubuh secara efisien. Rasanya tidaklah heran ya, karena olahraga zumba sebagai gabungan dari tari salsa dan aerobik. Ditambah dengan ikuti irama musik, Mam akan lakukan zumba dengan membahagiakan dan tidak jemu.

"Zumba ialah tipe olahraga membahagiakan yang bisa membuat badan fit. Kelas bisa disamakan dengan tingkat kesehatan. Disamping itu, zumba bisa tingkatkan hormon endorfin dan menurunkan tingkat depresi," ungkapkan Dr. Melinda Ratini, dokter famili medicine dari Amerika Serikat, dikutip dari WebMD. Zumba efisien untuk turunkan berat tubuh karena mengikutsertakan pergerakan semua badan, dimulai dari lengan ke pundak dan ke kaki, hingga hasil yang didapat jadi optimal. Tetapi, seharusnya masih tetap tidak boleh lupakan lakukan pemanasan saat sebelum lakukan beragam tipe olahraga apa saja, terhitung zumba.

2. Tingkatkan Situasi Hati

Gabungan olahraga dan tarian memacu otak untuk melepas hormon endorfin dan serotonin, yang bisa membuat seorang lebih berbahagia. Zumba ialah olahraga yang prima untuk dilaksanakan bila Mam ingin hilangkan semua depresi yang dirasakan.

3. Turunkan Penekanan Darah

Latihan dengan senam zumba berguna juga untuk turunkan tekanan darah Mam. Hal itu ditunjukkan dalam riset di Journal of Sports Medicinie and Physical Fitness, yang ungkap jika terjadi pengurangan tekanan darah sesudah lakukan 17 kali sesion kelas zumba.

4. Membuat Otot

Faedah yang tidak kalah penting dengan ikuti kelas zumba ialah bisa membuat otot secara membahagiakan. Jaringan otot yang kuat memiliki peran penting dalam membuat perlindungan seorang dari cidera. Otot yang kuat akan tingkatkan kestabilan sendi dan bisa bergerak bisa lebih cepat menghindar kecelakaan.

5. Tingkatkan Kemampuan Badan

Zumba sebagai latihan yang mengikutsertakan pergerakan stabil. Ini memerlukan banyak usaha dari otot perut dan otot punggung bawah. Pergerakan zumba menolong dalam kencangkan dan kencangkan badan. Ini bisa tingkatkan ketahanan kemampuan dan meregangkan otot. Olahraga ini menolong dalam tingkatkan kesetimbangan badan dan bentuk saat bergerak.

6. Menolong Kenaikan Kognitif

Olahraga zumba rupanya bagus untuk tingkatkan kognitif lho Mam. Hal itu diterangkan dalam riset di Journal of Sports Science dan Medicine, jika latihan menari zumba bisa tingkatkan peranan kognitif ke orang dewasa yang lebih tua dengan sindrom metabolik. Ingat bertambahnya banyaknya orang dewasa dengan umur yang lebih tua menanggung derita demensia, jadikan penerapan program latihan senam zumba menjadi langkah yang efisien untuk penangkalan dan penyembuhan masalah kognitif.

7. Memperlancar Metabolisme Badan

Dengan membuat semua badan aktif, hal itu bisa tingkatkan metabolisme badan dan tingkatkan perputaran darah, dan ketahanan tubuh yang semakin kuat buat menolong supaya masih tetap dinamis selama seharian. Karena kenaikan metabolisme ini, Mam bisa membakar semakin banyak kalori sepanjang istirahat. Kemungkinan kelas zumba yang Mam turuti cuma sepanjang 30-45 menit, tapi Mam bisa membakar semakin banyak kalori bahkan juga sesudah lakukan olahraga zumba itu.

8. Memberikan dukungan Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan kardiovaskular akan jauh lebih bagus dengan ikuti beberapa gerakan zumba. Karena ini olaharaga layaknya seperti tarian, Mam tak perlu mengatur kecepatan pernafasan. Kebalikannya, Mam perlu bernapas semakin banyak karena ini ialah olahraga menari tambah energi tinggi. Ini akan tingkatkan tingkat oksigen pada tubuh yang hendak menolong badan untuk selalu lebih dinamis.

9. Membuat Komunikasi Sosial

Karena senam zumba sebagai kegiatan yang sudah dilakukan secara bergerombol, karena itu Mam akan ada pada kondisi sosial setiap ikuti kelas olahraga ini. Merilis dari American College of Sports Medicine, faedah dari olahraga secara barisan, mencakup:

- Paparan peradaban sosial dan membahagiakan.

- Pergerakan olahraga yang nyaman dan aman, karena direncanakan secara efisien.

Tersebut yang dapat didapat dari teratur lakukan senam zumba. Selainnya, olahraga Mam perlu memperhatikan skema makan setiap hari, kualitas tidur yang bagus, dan banyak melakukan aktivitas.

Dengan demikian, faedah kesehata di atas gampang didapat . Maka, ingin coba zumba dimulai dari saat ini?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama