Teknik Atur Keuangan Supaya Milenial Dapat Membeli Rumah di Usia Muda

Beberapa pengembang memandang susahnya milenial untuk beli property tempat tinggal sekarang ini ialah susahnya membuat rencana dan mengurus keuangan. General Manajer Pemasaran Kota Podomoro Tenjo Yoga Gunawan menjelaskan cukup banyak dari kelompok tersebut susah pilih property sama sesuai kekuatan dan keperluan. Karena itu, ia memberi beberapa panduan tepat untuk mengelola keuangan supaya milenial lebih gampang beli property terbaik.

"Ini akan menolong Anda untuk memiliki komitmen dalam menabung, bahkan juga menggerakkan Anda untuk cari kesempatan untuk menambahkan penghasilan di luar dari penghasilan khusus," kata Yoga dalam tayangan Podcast "Gercep Milenial Punyai Rumah" di Youtube Kota Podomoro Tenjo, diambil pada Minggu, (18/9/2022).

Yoga menjelaskan kesusahan milenial untuk beli property tempat tinggal sendiri biasanya yakni susah kumpulkan tabungan untuk penuhi Down Payment (DP) dalam pengajuan Credit Kepemilikan Rumah (KPR). Beberapa yang lain masih tetap kurang optimis saat tentukan asset property yang pantas untuk dibeli. Karena itu, podcast yang didatangi oleh Financial Planner Aliyah Natasya memberi jalan keluar penting untuk rencana keuangan untuk milenial dalam menyiapkan pembelian property.

Panduan Membeli Property Tempat tinggal untuk Milenial

1. Siapkan dan Samakan Anggaran Modal Langkah awal yakni dengan lakukan penelitian untuk mendapatkan prediksi anggaran yang dibutuhkan untuk beli rumah. Dengan demikian, sasaran untuk menyisihkan penghasilan sebagai tabungan khusus untuk beli rumah lebih terang. Ini akan menolong untuk memiliki komitmen dalam menabung, bahkan juga menggerakkan untuk cari kesempatan untuk menambahkan penghasilan di luar dari penghasilan khusus.

2. Tetapkan keperluan dan nilai asset property Tempat tinggal yang diputuskan harus memberi prediksi kehidupan yang bisa dirasa dan dicicipi sepanjang 10—20 tahun di depan. Maka dari itu, pilih tempat tinggal yang mendukung aksesbilitas dan sarana yang komplet. Ingat, property tidak cuma untuk tempat tinggal tapi juga sisi dari investasi periode panjang yang perlu jadi perhatian.

3. Konsitensi Kemauan dalam Raih Arah Salah satunya rintangan yang dirasakan milenial hingga mereka tidak bisa beli rumah ialah terjerat dalam lingkaran 'sandwich generation'. Sandwich generation ialah panggilan untuk pribadi yang perlu memikul keperluan ekonomi keluarga dalam kurun waktu bertepatan. Untuk hadapi rintangan ini diperlukan semangat dan kemauan yang kuat untuk beli rumah. Malah dengan berani beli rumah ketika saat ini adalah kunci untuk hentikan 'sandwich generation' karena asset property terhitung investasi periode panjang yang bisa dicicipi dengan keluarga.

4. Tentukan produk dari pengembang paling dipercaya Saat sebelum beli rumah, yakinkan untuk pilih pengembang tepercaya lewat produk property yang berkualitas. Adapun, persyaratan produk property yang bagus ialah yang penuhi standard yaitu gampang dan dapat dijangkau aksesbilitasnya, disokong oleh tehnologi, dan mendukung kesehatan, dan yang terpenting sesuai anggaran.

5. Tentukan Sasaran

Hal petama yang bisa Anda kerjakan ialah cari info tentang harga rumah yang diharapkan dan disamakan dengan pendapatan yang Anda punyai /bulannya. Dengan demikian, sasaran tabungan yang ditetapkan semakin lebih logis dan teratur secara baik.

Disamping itu, pertimbangkan kekuatan peningkatan harga rumah di beberapa tahun kedepan hingga kamu dapat mempersiapkan dana baik itu untuk uang muka (DP) dan angsurannya sesuai harga di beberapa tahun selanjutnya.

6. Menabung di Awalnya

Menabung pada awal sebagai langkah untuk menghindar keborosan yang dapat Anda kerjakan saat terima penghasilan. Kekeliruan yang sering dilaksanakan ialah tidak mengutamakan tabungan, hingga uang yang jadi tabungan ialah tersisa penghasilan yang sudah dihabiskan satu bulan. Tidak boleh menanti tersisa upah untuk ditabung karena malah akan membuat kamu tidak berhasil menabung. Kerjakan menabung pada awal pas sesudah terima upah, lalu pos-poskan uang untuk kepentingan-keperluan yang lain.

7. Pakai 2 Rekening Berlainan

Saat sebelum menabung, dianjurkan untuk mempunyai dua rekening bank. Satu rekening diutamakan untuk memuat uang tabungan (saving), dan satu kembali untuk kepentingan harian (living). Dengan pisahkan uang ke dua rekening berlainan, pengeluaran akan menjadi lebih termonitor. Untuk rekening tabungan, tidak perlu dibawa setiap hari buat menahan penarikan tiba-tiba yang membuat tabungan kepakai.

8. Disiplin dalam Membagikan Uang

Langkah menabung untuk membeli rumah setelah itu disiplin dalam membagikan uang. Peruntukan dana dapat dibikin /bulan dengan membuat catatan keperluan bulanan yang terinci. Misalkan bill, ongkos transportasi, ongkos hidup dan makan, tabungan, terhitung angsuran. Bujet ini nanti bisa menjadi tutorialmu setiap bulan hingga pengeluaran tidak melenceng.

9. Awasi Skema Hidup Konsumtif

Penghalang khusus tidak bisa menabung ialah gaya hidup konsumtif dan tidak mempunyai fokus berbelanja. Seperti rutinitas jajan, membeli beberapa barang yang tak perlu di luar keperluan primer, sampai tergoda potongan harga dan promosi. Bila kamu sudah memutuskan arah untuk menabung beli rumah, tahan diri untuk pengeluaran remeh. Sebesar apa saja penghasilan, bila tidak dapat diatur secara baik karena itu berapa saja uang akan habis demikian saja tidak bersisa.

10. Lunasi Semua Hutang

Saat sebelum memilih untuk menabung, sebaiknya untuk membayar semua hutang atau credit lebih dulu. Hutang yang belum dibayar bisa menjadi beban dan bisa membuat keuangan makin tercekik terutama bila nominalnya besar. Dengan bebasnya dari semua kewajiban bayar hutang, kamu akan makin konsentrasi menyisihkan uang untuk ditabung.

11. Mencari Pendapatan Tambahan

Langkah menabung untuk membeli rumah selanjutnya ialah cari penghasilan lain di luar upah dasar. Pendapatan tambahan dapat diperoleh dengan kerja sambilan atau buka usaha baru skala kecil. Ini dilaksanakan untuk menolong mendapatkan penghasilan tambahan, bagus untuk kehidupan setiap hari atau menambahkan beberapa pundi tabungan. Disamping itu, dengan mempunyai pendapatan tambahan bisa jadi gagasan cadangan bila satu hari penghasilan masih tetap Anda menyusut atau bahkan juga lenyap.

12. Melakukan investasi

Ada banyak instrument investasi yang dapat kita tentukan sama sesuai profile resiko dan sasaran individu, dimulai dari saham, sukuk, deposito, obligasi, menabung, asuransi, sampai reksa dana. Sepanjang menanti tabungan terkumpul, lakukan investasi memungkinkannya kita untuk memperoleh semakin banyak uang. Juga penting untuk pilih tipe investasi apakah yang pas dengan kekuatan keuangan kita.

13. Terus mengawasi sasaran

Paling akhir, karena kita telah membuat sasaran pada awal, hal yang penting ditemui dan dilaksanakan yaitu stabil dan memiliki komitmen untuk memainkannya. Janganlah sampai di tengah-tengah jalan, kita tertarik untuk memakai uang itu atau melewati menyerahkan beberapa uang. Yakinkan kita disiplin dan terus mengawasi keuangan tiap bulannya, termausk pengeluaran.

Tidak sampai disitu, Yoga mengenalkan beberapa produk di Kota Podomoro Tenjo yang menjadi rekomendasi untuk calon customer. Masalahnya Kota Podomoro Tenjo tawarkan tempat tinggal berkualitas premium dengan aksesbilitas yang bagus. 

Satu diantaranya yakni pembangunan sarana Grand Transit Oriented Development (TOD) yang menyambungkan stasiun Tigaraksa dan Tenjo untuk terhubung Commuter Line ke arah Jakarta. Kawasannya diperlengkapi dengan ruangan terbuka hijau dengan sarana Green Belt. 

Adapun tempat tinggal rumah tapak di Kota Podomoro Tenjo masih ada di range dimulai dari Rp200 juta-an dengan angsuran dimulai dari Rp1,7juta /bulan. Dalam pada itu, Pengembang Anwa Residence Hocky Anwa Lestari mengatakan apartemen sebagai opsi tempat tinggal dambaan untuk beberapa milenial. Karena apartemen mempunyai lokasi vital dibanding dengan rumah tapak. Bukan hanya mempunyai lokasi yang vital, apartemen mempunyai sarana yang komplet. Tidaklah aneh banyak beberapa milenial semakin nyaman tinggal di apartemen. 

"Berdasar hasil survey BPS (Tubuh Pusat Statistik) menjelaskan jika angkatan milenial cenderung pilih apartemen dibanding dengan rumah tapak, karena angkatan itu lebih terasa nyaman, aman dan ada lajur transit oriented development (OTD) yang terpadu secara baik," sebut Kelly Maria Emmanuella Andwa sebagai Direktur PT. Hocky Anwa Lestari Karena itu, ucapnya, mereka tawarkan apartemen Anwa Residence Apartemen at Bintaro, yang mempunyai akses dekat sama Stasiun Jurang Mangu, ke arah Mall Bintaro XChange. Untuk memancing ketertarikan, mereka tawarkan promosi dimulai dari Bantuan DP + Ikrar, Free Furnished, sampai Promosi Potongan harga sampai beberapa puluh juta rupiah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama