Shampo Kuda Manfaatnya Untuk Memanjangkan Rambut, Benar Atau Salah?

sampo kuda

Apa Mam pernah ingat di 2014 lalu, shampo kuda menjadi satu diantara trend perawatan rambut yang cukup terkenal. Awalannya, shampo kuda diperuntukkan untuk menjaga rambut kuda ini dipercaya aman dipakai untuk manusia, bahkan juga mereka dapat memanjangkan dan menyuburkan rambut.

Ada beberapa bukti shampo kuda yang penting Mam kenali. Tipe shampo ini di-claim sanggup membuat rambut lebih tebal, kuat, dan bercahaya seperti rambut kuda. Saat sebelum Mam memilih untuk memakainya, yok Mam baca bukti shampo kuda yang penting Mam kenali berikut!

Berikut beberapa bukti shampo kuda yang nampaknya perlu Mam kenali:

1. Awalannya Sebagai Sampo Khusus Kuda

Shampo kuda pada realitanya memang diformulasi khusus untuk rambut kuda. Masalahnya perawatan rambut atau surai kuda memanglah tidak bisa asal-asalan. Ini karena makin sehat dan kuat surai kuda itu, makin tinggi nilainya di mata beberapa pecinta kuda.

Maka dari itu, peternak kuda di Amerika Serikat memakai shampo kuda yang diformulasi khusus untuk grooming bulu-bulu tubuh dan surai kuda-kuda ternak mereka. Karena kehebatan sampo yang diformulasi khusus itu untuk memanjangkan dan menebalkan surai kuda.

Sebagian orang juga selanjutnya coba mengimplementasikan shampo kuda pada rambutnya dan mengharap memperoleh hasil yang serupa. Hasilnya rupanya benar-benar tidak diduga, shampo kuda yang awalannya cuma ditujukan untuk kuda ini rupanya hasilkan dampak yang serupa bagusnya saat dipakai manusia.

Dari situlah, selanjutnya shampo kuda banyak mulai ditawarkan dan diserang oleh mereka yang inginkan rambut yang panjang dan tebal.

2. Kandungannya Tidak Berbeda Jauh dengan Shampo Biasa

Bukti shampo kuda yang lain ialah kandungan yang berada di dalam shampo kuda yang sebenarnya hampir sama dengan sampo yang lain. Mereka memiliki kandungan air sekitaran 80 sampai 90 %, dan 10 sampai 20 % bekasnya sebagai kandungan bahan kimia yang termasuk aman untuk dipakai manusia. 

Tetapi perbedaannya, shampo kuda asli yang tersebar di pasar biasanya memiliki kandungan beberapa bahan aktif. Mencuplik U.S. National Library of Medicine, berikut ialah bahan aktif yang ada pada shampo kuda:

- Keratin

Keratin ialah protein alami yang dapat diketemukan pada rambut, kuku, dan gigi. Protein alami ini bekerja mempertahankan kesehatan rambut manusia. Sayang, saat manusia semakin bertambah umur dan paparan zat kimia, jumlah keratin turut menyusut.

Tersebut penyebabnya, kandungan keratin yang ada di shampo kuda akan tumbuhkan rambut. Bahkan juga, keratin hasilkan rambut yang lebih halus, sehat, dan gampang ditata.

- Minyak Nabati

Ini dapat mencakup minyak biji bunga matahari, minyak zaitun, minyak alpukat yang mempunyai peranan untuk melembutkan rambut. Minyak-minyak nabati ini akan menolong menjaga kelembapan kutikula dan buat rambut lebih bercahaya.

- Panthenol (Turunan Vitamin B-5)

Senyawa ini mempunyai peranan khusus yaitu melembapkan atau jaga rambut supaya tidak gampang lepek dan kering. Vitamin ini sebetulnya dibikin secara organik dan bisa datang dari tumbuhan dan hewan. Riset dari British Journal of Dermatology memperlihatkan, senyawa ini tolong sembunyikan penampilan rambut yang tipis.

- Pyrithione Zinc

Ini ialah bahan aktif yang mempunyai karakter antibakteri, antimikroba, dan antijamur. Maka dari itu, bahan ini hingga kerap dipakai dalam produk perawatan rambut, terhitung sampo. Sampo yang mengandung ini umumnya dipakai untuk menyembuhkan beragam permasalahan kulit kepala, dimulai dari ketombe, psoriasis, sampai dermatitis seboroik.

- Benzalkonium Klorida

Ini ialah bahan aktif dengan karakter antimikroba yang menolong menantang jamur atau ragi pemicu dermatitis seboroik.

3. Pas untuk Perawatan Rambut Manusia

Ada banyak faedah shampo kuda yang hendak Mam peroleh. Beberapa faedah itu diantaranya:

- Bisa menolong tumbuhkan rambut.

- Bisa menolong membenahi rambut yang bercabang di bagian ujungnya.

- Dapat dihandalkan untuk menahan kerusakan rambut selanjutnya.

- Bisa menolong membuat rambut lebih halus dan bercahaya.

- Dapat menolong membuat perlindungan warna rambut.

- Menolong menahan rambut lepek.

Semua faedah ini tiba dari kandungan asam amino yang sebagai bahan untuk memanjangkan rambut. Disamping itu, Mam akan memperoleh faedah itu dari kandungan minyak nabati dalam sampo. Tidak itu saja, sampo ini bisa juga menolong kamu dalam membenahi rambut bercabang.

Tetapi, Mam perlu rajin menggunting ujung rambut tiap 6-8 minggu sekali untuk memperoleh hasil lebih optimal. Tetapi, sayang selama ini tidak ada riset yang lumayan kuat untuk menunjukkan faedah shampo kuda. Sampai sekarang ini, cuma ada laporan terbatas mengenai dampak pemakaian sampo untuk hewan itu dalam periode pendek atau periode panjang.

4. Gampang untuk Dipakai

Langkah memakai sampo dan conditioner kuda pada rambut benar-benar gampang. Mam bisa memakai shampo kuda secara sama dengan sampo biasa. Beberapa conditioner ada dalam formulasi botol semprot, yang dapat Mam pakai sebagai conditioner tanpa basuh sesudah mandi.

Untuk memakai shampo kuda dan conditioner, Mam dapat ikuti langkah ini:

- Basahi rambut secara detail. Lantas, berikan sedikit (sekitaran 2 sdt) shampo kuda ke rambut sampai berbuih. Selanjutnya ratakan dan basuh seutuhnya.

- Bila memakai conditioner berikan sekitaran 2 sdt. ke rambut. Gosokkan dengan rata dari ujung sampai ke akar. Selanjutnya sisir rambut untuk membuat lebih rata. Diamkan sepanjang semenit dan basuh. Atau Mam dapat selekasnya pergi bila memakai conditioner tanpa basuh.

- Semprot conditioner atau pembasmi kusut ke semua rambut. Pakai sisir bergigi jarang-jarang pada rambut untuk pastikan penerapan telah rata

5. Lihat Dampak Samping

Bukti shampo kuda setelah itu ada efek bila Mam memakainya secara salah. Mam bisa memakainya, namun sebaiknya memakainya sedikit dulu dan menyaksikan dampak yang diakibatkan sesudah penggunaan. Bila pas dan Mam berasa tidak ada efek yang bikin rugi, Mam dapat meneruskannya. 

Tetapi, bila Mam rasakan ada efek yang bikin rugi, seharusnya disetop. Berikut ialah beberapa efek negatif yang kemungkinan terjadi saat Mam pertama kalinya memakai shampo kuda, hingga perlu Mam pikirkan saat akan meneruskan pemakaiannya:

- Rambut menjadi lebih gampang kering.

- Bila Mam mempunyai rambut yang diwarnai, karena itu warna rambut bisa lebih cepat menghilang.

- Rambut akan megar, khususnya untuk pemilik rambut keriting.

- Rambut hancur karena kebanyakan terkena keratin yang berada di dalam sampo.

- Kulit kepala gampang gatal dan ada ruam karena ada kandungan benzalkonium klorida.

Apakah benar claim faedah itu?

Shampo kuda yang tersebar di pasar memang dipercayai bisa memanjangkan rambut. Saat rambut kekurangan asam amino sebagai bahan untuk memanjangkan rambut, Anda akan memperoleh faedah itu dari kandungan minyak nabati dalam sang shampo.

Disamping itu, shampo ini dapat juga menolong membenahi rambut bercabang. Namun, Anda perlu rajin menggunting ujung rambut tiap 6 - 8 minggu sekali untuk memperoleh hasil ini.

Walau demikian, tidak ada riset yang lumayan kuat untuk menunjukkan faedah shampo ini. Selama ini cuma ada laporan terbatas mengenai dampak pemakaian shampo untuk hewan itu dalam periode pendek atau periode panjang.

Oleh karenanya, diperlukan riset selanjutnya dengan informan yang semakin banyak untuk ketahui faedah dan efek dari shampo ini. Tersebut beberapa bukti menarik sekitar shampo kuda yang penting Mam kenali.

Tetapi saat sebelum memakainya, sebaiknya untuk membahasnya dulu sama dokter agar tidak ada efek yang bikin rugi ya Mam!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama