Sangat Merasa Terganggu? Baca Doa Ini Untuk Mengusir Orang agar Tidak Betah!

Sangat Merasa Terganggu? Baca Doa Ini Untuk Mengusir Orang agar Tidak Betah!

Walau dalam Islam tetangga ialah orang yang spesial, ada saatnya pada saat-saat tertentu pemilik rumah ingin istirahat. Maka dari itu, ada doa menyingkirkan orang supaya tidak kerasan yang dapat dibacakan.

Pada intinya, Islam lewat Nabi Muhammad SAW memperlihatkan jika sikap seorang muslim harus terus melakukan perbuatan baik ke seseorang khususnya tetangga. Dalam salah satunya hadits, Rasulullah SAW bersabda:

ياَ أَباَ ذَرٍّ إِذَا طَبِخْتَ مِرْقَةً فَأَكْثِرْ مَاءَ الْمِرْقَةِ، وَتُعَاهِدُ جِيْرَانَكَ، أَوِ اقْسِمْ فِي جِيْرَانِكَ

Maknanya: "Wahai Abu Dzar, jika kamu membuat satu masakan, karena itu perbanyaklah kuahnya. Selanjutnya undanglah tetanggamu atau kamu bisa membagikan ke mereka." (HR Muslim)

Ini memperlihatkan demikian Islam mengingati untuk selalu share kebaikan untuk seseorang terhitung tetangga, sampai pada beberapa hal yang kecil.

Tetapi bagaimana bila orang yang lain justru memberi masalah, khususnya saat ada di rumah? Baca penuturannya di sini!

Doa Menyingkirkan Orang Supaya Tidak Betah

Doa Menyingkirkan Orang Supaya Tidak Betah

Melakukan perbuatan baik ke seseorang ialah poin penting dalam Islam. Banyak alasan dalam Alquran dan hadis yang memberi deskripsi menerangkannya.

Misalkan dengan terus melakukan perbuatan baik ke seseorang, dan memberi kontribusi ke orang yang memerlukannya,

Tetapi pada realitanya, tidak seluruhnya orang melakukan perbuatan baik. Ada saatnya seseorang mempunyai karakter yang kurang dicintai sampai tidak diharap hadirnya.

Selainnya dengan bersabar dan berlapang dada, pasti jangan untuk membalasnya buruknnya dengan terburukan yang serupa.

Seorang tidak bisa atur karakter dan watak seseorang. Dan doakan adalah langkah pintar untuk memberi balasan ke tindakan jelek seseorang.

Maka dari itu, bila ingin mempunyai waktu istirahat tetapi belum mendapati langkah yang sama sesuai ketika berada tamu, doa menyingkirkan orang supaya tidak kerasan ini dapat dibaca:

Doa Menyingkirkan Orang supaya Tidak Kerasan Pertama

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَارِ السُّوْءِ، وَمِنْ زَوْجٍ تُشَيِّبُنِيْ قَبْلَ المَشِيْبِ، وَمِنْ وَلَدٍ يَكُوْنُ عَلَيَّ رَبًّا، وَمِنْ مَالٍ يَكُوْنُ عَلَيَّ عَذَابًا، وَمِنْ خَلِيْلٍ مَاكِرٍ عَيْنُهُ تَرَانِيْ، وَقَلْبُهُ يَرْعَانِيْ، إِنْ رَأَى حَسَنَةً دَفَنَهَا، وَإِذَا رَأَى سَيِّئَةً أَذَاعَهَا

(Allaahumma innii a'uudzu bika min jaarissuu', wa min zaujin tusyayyibunii qoblal masyiib, wa min waladin yakuunu ‘alayya robban, wa min maalin yakuunu ‘alayya adzaaban, wa min kholiilin maakirin, ‘ainuhu taroonii, wa qolbuhu yar'aanii, in ro'aa hasanatan dafanahaa, wa idzaa ro'aa sayyi'atan adzaa'ahaa)

Maknanya: "Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari tetangga yang jelek, dan dari istri yang membuatku beruban saat sebelum waktunya, dan dari anak yang menguasaiku, dan dari harta sebagai hukuman atasku, dan dari sahabat pembikin pemberontakan, matanya melihatku sedang hatinya memantauku, bila dia menyaksikan kebaikan pada diriku karena itu dia sembunyikannya, apabila dia menyaksikan terburukan karena itu dia menebarkannya."

Doa Menyingkirkan Orang supaya Tidak Betah Ke-2

Dari Abu Hurairah RA, dia berbicara jika salah satunya doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW untuk terbebas dari tetangga yang jelek ialah seperti berikut:

اللّهُمَّ! إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَارِ السُّوْءِ فِي دَارِ الْمُقَامِ فَإِنَّ جَارَ الدُّنْيَا يَتَحَوَّلُ

(Allahumma inni a'uuzubika min jaaris-su`i fi daaril-muqaam fa inna jaarad-dun-ya yatahawwal)

Maknanya: "Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari tetangga yang jelek di akhirat karena tetangga di dunia akan selalu beralih-alih."

Doa Menyingkirkan Orang supaya Tidak Kerasan Ke-3

Rasulullah mengajari umat Islam untuk berdoa supaya terbebas dari mempunyai rekan dan tetangga yang jahat.

اَللَّهُـمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ يَوْمِ السُّوْءِ، وَمِنْ لَيْلَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ سَاعَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ صَاحِبِ السُّوْءِ، وَمِنْ جَارِ السُّوْءِ فِيْ دَارِ الْـمُقَامَةِ

Maknanya: "Ya Allah, sebenarnya saya berlindung kepada-Mu dari hari yang jelek, malam yang jelek, saat yang jelek, rekan yang jahat, dan tetangga yang jahat pada tempat tinggal tetapku." (HR Thabrani)

Langkah Hadapi Orang yang Mengusik

Langkah Hadapi Orang yang Mengusik

Apa saja sebagai penyebabkan kemauan untuk menyingkirkan seseorang karena sudah mengusik, cuma ke Allah SWT doa bisa dipanjatkan untuk menghaluskan hati orang itu.

Tidak boleh minta seorang untuk keluar dari rumah kita dengan kasar, tetapi coba membaca doa menyingkirkan orang supaya tidak kerasan menjadi jalan keluar.

Dengan mempraktikkan bimbingan dari Rasulullah SAW ini, siapa yang tahu orang berbeda dan sikapnya kembali jadi lebih baik.

Selainnya memanjatkan doa menyingkirkan orang supaya tidak kerasan, ada banyak hal yang bisa dilaksanakan supaya kita tidak terasa terusik dengan kehadiran seseorang, khususnya yang tidak begitu dicintai, misalkan:

  • Mengajak berbicara dari dalam hati ke hati. Siapa yang tahu orang itu bukan punya niat untuk melakukan perbuatan kekeliruan sampai membuat kita ingin menyingkirkannya.
  • Janganlah sampai menyingkirkannya dengan kasar, apa lagi membalas lebih jahat. Karena ini dapat memunculkan perselisihan lebih yang semakin besar hingga lebih susah untuk mendapati jalan keluarnya.
  • Berlaku rileks dan masih tetap tenang, khususnya karena awalnya sudah membaca doa menyingkirkan orang supaya tidak kerasan.
  • Coba tidak untuk pikirkannya dan kembali melakukan perbuatan baik di masa datang sesudah hilangkan rasa geram karena sudah terasa terusik.

Bila orang yang lakukan hal itu ialah tetangg apa lagi yang lokasinya dengan rumah kita, ada cara-cara simpel yang dapat dicoba, misalnya:

  • Memberi senyuman saat berjumpa tetangga.
  • Rajin share, apa lagi ke tetangga paling dekat.
  • Lakukan bersilahturahmi secara periodik tanpa mengusik waktunya.
  • Undang saat ada peristiwa khusus
  • Turut serta di kehidupan sosial.
  • Memberi perhatian saat ada tetangga yang kesusahan.
  • Tidak boleh terlampau ikut serta masalah tetangga.
  • Saat tetangga sakit, besuklah

Tersebut keterangan ringkas berkenaan doa menyingkirkan orang supaya tidak kerasan dalam tulisan Arab, latin, dan maknanya. Mudah-mudahan Allah SWT selalu membuat perlindungan dari terburukan dari pihak lain untuk yang membacanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama