Penyebab Munculnya Komedo Hitam dan Cara Mengatasinya

Blackhead Komedo Hitam?

Ada dua tipe komedo yang dapat ada di muka, yakni whitehead dan blackhead. Whitehead ialah komedo yang terlihat warna putih. Dalam pada itu, blackhead ialah komedo dengan warna kehitaman. Untuk Mam yang mempunyai kulit berminyak, blackhead adalah permasalahan kulit yang umum terjadi.

Blackhead benar-benar sangat menjengkelkan, karena membuat kulit tidak nyaman dan mengusik performa. Untuk memperjelasnya, berikut ulasan komplet mengenai komedo hitam, dimulai dari pemahaman sampai langkah menanganinya.

Apa Itu Blackhead?

Blackhead ialah komedo dan terhitung salah satunya tipe acne atau jerawat. Keadaan ini terjadi saat pori-pori di kulit mampet oleh sel-sel kulit mati dan zat berminyak yang dikenali sebagai sebum. Blackhead membuat sisi atas komedo kelihatan di atas kulit warna gelap.

Merilis Informed Health, blackhead kelihatan gelap karena komedo tipe ini membuat pori-pori kelihatan besar dan kulit lebih gelap. Masalahnya pigmen kulit melanin bereaksi dengan oksigen pada udara. Umumnya, rambut tumbuh dari folikel rambut di pori-pori dan kelenjar sebasea pemroduksi sebum berada di bawahnya.

Saat pori-pori ini mampet, beberapa sel kulit mati di pori-pori terbuka bereaksi dengan oksigen pada udara dan jadi hitam, membuat blackhead. Lesi jerawat yang lain umumnya tertutup, tapi pada komedo, kulit disekitaran pori-pori yang mampet terbuka dan udara juga pada akhirnya masuk. Keadaan ini mengakibatkan minyak sebum terkumpul atau sel-sel kulit mati teroksidasi, hingga beralih menjadi hitam atau kadang kekuningan.

Penyebab Blackhead

Pemicu blackhead berbeda, Mam. Tetapi, ada faktor-faktor yang bisa tingkatkan peluang munculnya blackhead. Apa sajakah?

1. Kotoran di Muka

Pemicu khusus blackhead ialah penimbunan dan mampetnya pori-pori oleh kotoran yang menjadi sel-sel kulit mati. Kotoran di muka karena tersisa kotoran karena penggunaan make up selama seharian, pencemaran udara, dan cahaya matahari.

2. Keringat Berlebihan

Olahraga, panas, dan depresi bisa mengakibatkan badan menghasilkan semakin banyak keringat. Terutamanya, untuk Mam yang gampang berkeringat dan olahraga. Bila kulit Mam condong kurang bersih sesudah olahraga, karena itu endapan dan kotoran kulit bisa kembali terendap di pori-pori. Untuk menghindarinya, Mam harus bersihkan muka sesudah olahraga dengan sabun yang sanggup bersihkan keringat berlebihan dan kotoran secara cepat.

3. Produk Perawatan Rambut

Pemakaian produk perawatan rambut yang keliru bisa mengakibatkan rambut berminyak. Kerap kali, rambut yang berminyak tidak menyengaja terserang muka hingga mengakibatkan blackhead ada. Mam harus menghindari rambut dari muka di siang hari dan langsung bersihkan muka yang berminyak.

4. Kulit Berminyak

Tipe kulit berminyak condong lebih rawan ada blackhead. Bila tidak dirawat secara baik, sebum akan menimbun dan pada akhirnya mengikat kotoran di kulit muka. Mengakibatkan, kotoran bersama sebum akan masuk ke pori-pori dan menutupnya. Karena itu, janganlah lupa selalu bersihkan kulit muka memakai sabun yang memiliki kandungan AHA dan BHA dan lakukan ganda cleansing ya, Mam!

5. Periode Pubertas

Pubertas ialah saat anak mulai tumbuh dan beralih menjadi dewasa. Selama saat ini, anak Mam mulai alami peralihan hormon. Ini memacu kenaikan produksi sebum, lho, Mam. Karena itu, masalah kulit seperti jerawat hormon dan blackhead ada di tempat sekitaran muka.

6. Sel Kulit Mati Berlebihan

Pemicu blackhead yang lain ialah sel-sel kulit mati berlebihan. Saat kebanyakan sel-sel kulit mati yang ada di pori-pori pada permukaan kulit, keadaan ini bisa menggumpal dan menutup pori-pori hingga memunculkan blackhead.

7. Factor Genetik

Gen ialah factor turunan yang disebut peninggalan dari orangtua. Gen menjadi pemasti hormon pada tubuh. Bila gen Mam mempunyai hormon berlebihan, jadi tidak tutup peluang hal itu turun ke Mam. Hormon berlebihan bisa menjadi satu diantara penyebab blackhead.

8. Dampak Samping Obat

Konsumsi beberapa obat tertentu dapat menjadi pemicu munculnya blackhead, misalnya:

  • Kortikosteroid
  • Litium
  • Androgen

Beberapa obat ini menggerakkan penggantian sel-sel kulit secara cepat, hingga seringkali menyebabkan pori-pori mampet.

9. Menggosok Muka secara Terlalu berlebih

Kerap membersihkan dan menggosok muka malah bisa mengakibatkan blackhead ada. Ini karena membersihkan dan menggosok muka sering bisa mengakibatkan kulit berminyak dan pori-pori terbuka. Saat pori-pori di muka terbuka, ini mengakibatkan kotoran gampang masuk dan mampet di muka.

10. Depresi

Depresi ialah reaksi badan pada sesuatu penekanan. Penyebab depresi benar-benar bermacam, satu diantaranya kekurangan tidur. Depresi bisa memacu produksi sebum berlebihan. Ini dapat memunculkan komedo hitam di muka.

Langkah Menangani Blackhead

Blackhead dapat membuat hidung atau muka gatal, ini tentu saja benar-benar mengusik, Mam. Merilis Journal of the American Academy of Dermatology, komedo hitam susah untuk ditiadakan dan sering memerlukan ekstraksi mekanis. Tetapi, komedo hitam ini sebetulnya bisa ditangani dengan beragam langkah, dimulai dari alami sampai perawatan ke dokter kulit.

Berikut langkah menangani blackhead, Mam.

1. Scrub

Sekarang ini telah banyak scrub yang dipasarkan di pasar untuk menolong mengusung kotoran dan beberapa sel kulit mati. Ini bisa menolong hilangkan blackhead. Cari scrub yang bebas pewangi untuk kulit peka, dan jauhi apa saja yang membuat kulit Mam terlampau kering. Tetapi, Mam tidak boleh kerap memakai scrub, ya! Masalahnya ini akan membuat kulit jadi tipis. Mam cukup pakai satu minggu 2x saja.

2. Penyeleksian Kandungan Make up

Pakai produk non komedogenik yang tidak menutup pori-pori. Hingga tidak memunculkan komedo hitam di muka. Mam harus juga jaga pori-pori masih tetap bersih dan terbuka dan kurangi penimbunan kulit mati.

3. Makanan

Makanan yang kurang sehat bisa mengakibatkan lesi kulit terkena. Makanan seperti junk food atau makanan berminyak condong bisa memunculkan jerawat, terhitung komedo. Karena itu, Mam harus konsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, ya!

4. Obat

Beberapa obat ini ada berbentuk cream dan gel yang bisa dibalurkan langsung ke kulit. Obat itu memiliki kandungan beragam bahan aktif, misalnya:

  • Asam salisilat
  • Benzoil peroksida
  • Resorsinol

Obat ini bekerja dengan:

  • Mematikan bakteri
  • Keringkan minyak berlebihan
  • Memaksakan kulit untuk melepas beberapa sel kulit mati

5. Obat Resep

Saat Mam konsultasi sama dokter, umumnya akan diresepkan obat untuk hilangkan blackhead. Beberapa obat itu memiliki kandungan vitamin A yang bisa menahan penyumbatan folikel rambut dan menggerakkan penggantian sel-sel kulit yang bisa lebih cepat. Beberapa obat ini diaplikasikan langsung ke kulit. Dokter mungkin saja memberi resep tipe obat tropis yang lain memiliki kandungan benzoyl peroxide dan antibiotik.

6. Mikrodermabrasi

Sepanjang mikrodermabrasi, dokter akan memakai alat khusus yang mempunyai permukaan kasar untuk melembutkan susunan atas kulit. Pengamplasan kulit hilangkan sumbatan yang mengakibatkan komedo hitam di muka.

7. Kelupasan kimiawi

Kelupasan kimiawi atau chemical peeling hilangkan penyumbatan dan singkirkan sel-sel kulit mati yang berperan pada komedo hitam. Sepanjang kelupasan, larutan kimia yang kuat dibalurkan ke kulit. Seiring berjalannya waktu, susunan atas kulit terkupas, menunjukkan kulit lembut di bawahnya. Bahan peeling yang enteng ada tanpa resep, sementara peeling yang semakin kuat harus dilaksanakan pakar kulit atau pakar perawatan kulit yang lain.

8. Therapy Laser dan Sinar

Therapy laser dan sinar memakai arsip sinar yang paling kecil untuk kurangi produksi minyak atau mematikan bakteri. Baik laser dan sinar capai di permukaan kulit untuk menangani komedo dan jerawat tanpa menghancurkan susunan atas kulit.

9. Perawatan dengan Bahan Alami

Perawatan berbahan alami kerap direferensikan untuk jerawat dan komedo. Dikutip BioMed Research International, minyak pohon teh, timi, lidah buaya, dan mawar semua tawarkan faedah antibakteri untuk menahan infeksi di wajah. 

Blackhead memanglah tidak mengakibatkan keadaan kesehatan yang serius. Namun, bila didiamkan akan membuat muka tidak nyaman dan turunkan rasa optimis. Itulah keterangan berkenaan blackhead sampai langkah menanganinya. 

Selalu menjaga kesehatan kulit muka dengan cermat, ya, Mam!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama