Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Berjerawat dan Efek Sampingnya

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Berjerawat dan Efek Sampingnya

Konsentrat buah jeruk kerap jadi bahan dalam produk skincare karena kandungan antioksidannya. Langkah hilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan sisa jerawatnya banyak juga mendapatkan sambutan positif. Masalahnya anti-oksidan dan vitamin C dalam jeruk ini dapat mencegah radikal bebas di kulit dan tingkatkan kandungan collagen.

Acne.org menulis, faedah juice lemon untuk penyembuhan jerawat banyak disebutkan dalam forum-forum kecantikan sebagai salah satunya jalan keluar yang murah dan efisien untuk mengobati dan hilangkan sisa jerawat. Selainnya anti-oksidan dan vitamin C, jeruk nipis punyai L-asorbic yakni zat alami yang dapat keringkan jerawat dan antibakteri yang menantang bakteri pemroduksi jerawat.

Faedah jeruk nipis untuk kesehatan dipercayai bisa menolong turunkan berat tubuh, dan menahan kerutan di kulit. Disamping itu, kandungan anti-oksidan yang berada di dalam jeruk nipis, membuat dapat membuat perlindungan badan kita dari beragam penyakit beresiko.

Nilai nutrisi jeruk nipis

Sama dengan tipe jeruk yang lain, salah satunya kandungan khusus dari ejruk nipis yang tertinggi ialah vitamin C. Dalam 60 gr atau sama dengan sebuah ukuran sedang, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dapat penuhi 22% keperluan harian badan. Selainnya tinggi vitamin C, berikut nilai nutrisi jeruk nipis yang berguna untuk kesehatan badan:

  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 7 gr
  • Protein: 0,5 gr
  • Lemak: 0,1 gr
  • Serat: 1,9 gr
  • Zat besi: 2% dari keperluan harian badan
  • Kalsium: 2% dari keperluan harian badan
  • Vitamin B6: 2% dari keperluan harian badan
  • Thiamin: 2% dari keperluan harian badan
  • Kalium: 1% dari keperluan harian badan

Kalori jeruk nipis termasuk rendah, hingga bagus untuk program diet. Tidaklah aneh, banyak yang menggunakan jeruk nipis untuk turunkan berat tubuh. Disamping itu, buah yang ini tinggi serat.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Berikut ialah beberapa faedah jeruk nipis untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh:

1. Meremajakan kulit

Salah satunya manfaat jeruk nipis yang diaminkan.diiyakan beberapa orang untuk kecantikan. Faedah jeruk nipis untuk kecantikan diantaranya bermanfaat untuk meremajakan kulit. Ini tidak terlepas dari kandungan vitamin C didalamnya.

Vitamin C adalah kandungan jeruk nipis yang tertinggi. Vitamin C berperanan penting dalam produksi collagen untuk jaga kulit masih tetap kuat. Tidak itu saja, jeruk nipis kaya anti-oksidan yang bisa menahan penuaan awal.

2. Menolong turunkan berat tubuh

Salah satunya faedah jeruk nipis untuk diet ialah menolong turunkan berat tubuh. Ini datang dari kandungan asam sitrat didalamnya yang bagus untuk tingkatkan metabolisme badan. Dengan demikian, badan sanggup membakar semakin banyak kalori dan simpan semakin sedikit lemak.

Untuk dapat turunkan berat tubuh dengan jeruk nipis, Anda dapat minum satu gelas air jeruk nipis pada pagi hari atau menghisap potongan jeruk nipis saat sebelum makan. Tetapi, jika Anda mempunyai GERD, seharusnya waspada. Makanan yang terlampau asam malah bisa membuat asam lambung Anda naik.

3. Memperlancar pencernaan

Air jeruk nipis berguna juga untuk memperlancar pencernaan. Ini jeruk nipis bisa menolong air liur dalam merusak makanan. Disamping itu, kandungan flavonoid dalam jeruk nipis dapat menggairahkan produksi sekresi cairan pencernaan dan kegiatan usus.

4. Tingkatkan ketahanan badan

Jeruk nipis kaya kandungan vitamin C dan anti-oksidan yang dapat menolong tingkatkan mekanisme imun badan. Itu penyebabnya, konsumsi jeruk nipis dengan teratur dapat menjadi salah satunya langkah untuk menahan flu. Disamping itu, ketahanan badan yang kuat dapat percepat pengobatan penyakit.

5. Tingkatkan peresapan zat besi

Zat besi sangat penting untuk kesehatan. Mineral ini diperlukan untuk menahan berlangsungnya anemia defisiensi zat besi. Vitamin C sendiri bisa menolong peresapan zat besi oleh badan lebih bagus. Itu penyebabnya, konsumsi vitamin C dari jeruk nipis dapat menolong menahan anemia.

6. Menghalangi perkembangan bakteri

Kandungan jeruk nipis yang namanya limonen bisa menolong menahan perkembangan bakteri sejenis Streptococcus. Bakteri ini bisa mengakibatkan beragam penyakit, seperti infeksi di rongga mulut dan aliran pernafasan.

7. Menahan kerusakan sel badan

Jeruk nipis memiliki kandungan anti-oksidan bisa menahan kerusakan beberapa sel di badan, yang menjadi pemicu timbulnya beberapa penyakit beresiko, seperti diabetes, kanker, dan demensia.

Menurut riset yang termuat di jurnal Nutrients, meskipun ekstra vitamin C belum bisa dibuktikan bisa membenahi tanda-tanda medis, kesempatan bertahan hidup, dan kualitas hidup pada mayoritas pasien kanker, minum vitamin C oral bisa menolong tingkatkan kekebalan.

Beberapa pasien kanker yang jalani kemoterapi intens kurangnya vitamin C. Vitamin C menggairahkan produksi dan pengaktifan sel kebal. Penyembuhan dengan vitamin C kemungkinan aman, dengan nyaris tidak ada efek yang serius dan efek enteng yang minimum, bahkan juga dengan suplementasi intravena jumlah tinggi.

8. Kurangi infeksi

Beragam penyakit satu diantaranya seperti rematik, asam urat, dan permasalahan persendian yang lain, disebabkan karena infeksi atau inflamasi yang terjadi di badan. Jeruk nipis dijumpai sebagai salah bahan alamiah yang berguna turunkan kandungan asam urat.

Selainnya tiu, sebuah riset dalam jurnal Annals of the Rheumatic Diseases mempelajari konsumsi vitamin C sebagian orang. Hasilnya, orang yang sedikitnya konsumsi vitamin C 3x semakin tinggi beresiko alami artritis.

9. Turunkan kandungan gula darah

Karena kandungan vitamin C yang tinggi, faedah jeruk nipis juga bermanfaat untuk orang yang mempunyai diabetes. Karena, orang diabetes rawan alami infeksi. Belum juga, jeruk nipis terhitung ke buah yang mempunyai index glikemik rendah. Ini tidak membuat gula darah naik tinggi, khususnya sesudah mengkonsumsinya.

10. Mempertahankan kesehatan jantung

Jeruk nipis kaya kandungan magnesium dan kalium. Ke-2 mineral berikut yang membuat jeruk nipis berguna untuk kesehatan jantung. Kalium bisa menolong mengontrol tekanan darah dan memperlancar peredaran darah. Dengan begitu, resiko gempuran stroke dan jantung juga bisa menyusut. Disamping itu, kandungan limonin dalam jeruk nipis dapat menolong turunkan angka cholesterol.

11. Kurangi resiko kanker

Faedah lainnya dari jeruk nipis, dan buah-buah sitrus yang lain, ialah turunkan resiko tipe kanker tertentu. Ini karena kandungan anti-oksidan yang tinggi, yakni flavonoid . Maka, mekanisme imun badan semakin kuat, sekalian bisa menolong mencegah radikal bebas.

12. Bagus untuk otak

Jeruk nipis mempunyai zat kimia khusus yang berguna mempertahankan kesehatan sel otak dari zat beracun. Zat itu dapat menolong menantang kerusakan dan infeksi sel otak. Ini berguna untuk menahan Anda dari beberapa penyakit otak dan saraf, seperti seperti Alzheimer dan Parkinson.

13. Menahan penyakit gusi

Kurangnya vitamin C dapat mengakibatkan satu keadaan yang disebutkan scurvy. Penyakit ini diikuti dengan gusi yang lebam, berlangsungnya pendarahan, dan gigi goyang. Untuk menanganinya, Anda dapat minum air jeruk nipis hangat teratur tiap pagi. Konsumsi jeruk nipis yang kaya kandungan vitamin C menjadi jalan Anda untuk menahan penyakit gusi ini.

14. Menangani berbau ketiak

Siapa kira jika jeruk nipis bisa juga berguna untuk permasalahan berbau tubuh. Sebagian orang memakai jeruk nipis sebagai salah satunya langkah hilangkan berbau tubuh. Ini karena kandungan anti-oksidan dan antibakteri yang bisa kurangi berbau tubuh.

Disamping itu, wewangian jeruk nipis yang kuat dapat menolong menyarukan berbau keringat berlebihan di tingkat tertentu. Tetapi, dampak ini umumnya memiliki sifat sementara dan dapat lenyap sesudah sesaat.

Pemicu Umum Jerawat dan Sisa Cederanya

Saat sebelum ketahui langkah hilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan sisanya, sebaiknya untuk ketahui lebih dahulu apa yang mengakibatkan ada jerawat di muka Mam. Menurut Mayo Clinic jerawat ialah keadaan kulit yang terjadi saat folikel rambut mampet oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Ini mengakibatkan whiteheads, komedo atau jerawat.

Empat aspek terpenting pemicu jerawat yaitu:

  • Produksi minyak (sebum) berlebihan
  • Folikel rambut mampet oleh minyak dan sel-sel kulit mati
  • Bakteri
  • Infeksi

Bergantung di tingkat keparahannya, jerawat bisa mengakibatkan penekanan emosional dan sisa cedera di kulit. Makin cepat mengawali perawatan, makin rendah resiko alami permasalahan yang lebih berat.

"Pertama, kenali apa yang betul dan apa yang tidak dapat tentukan bahan terbaik yang mana dapat dipakai untuk menjaga muka Anda," tutur dr Jonathan Wolfe dari Einstein Healthcare Network di Philadephia.

Pemakaian beberapa bahan ini juga penting diingat jumlahnya. "Apa saja yang dipakai terlalu berlebih justru dapat memunculkan semakin banyak permasalahan dibanding faedah," lanjut dr Jonathan. Karena itu, pemakaian jeruk nipis perlu terbatasi karena karakternya yang asam.

Jika dipakai terlalu berlebih, bisa saja kulit muka akan alami permasalahan lain seperti iritasi, kulit kering atau sensitivitas bertambah jika terserang matahari. Sisa jerawat berkembang dari bintik dan bisa bertahan sepanjang beberapa waktu bahkan juga sekian tahun bila tidak dirawat.

Mam beresiko semakin tinggi terserang sisa jerawat bila mengorek atau menekan jerawat. Orang dengan warna kulit yang lebih gelap condong beresiko semakin tinggi alami hiperpigmentasi karena jaringan parut jerawat, menurut pembahasan diedarkan oleh Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

Bila Mam berpikiran untuk memakai lemon untuk menyembuhkan sisa jerawat di dalam rumah, tanya ke dokter kulit lebih dulu. Dokter bisa memberikan beberapa panduan dan membahas factor resiko pribadi, seperti kisah hiperpigmentasi.

Dokter kulit kemungkinan merekomendasikan perawatan kimia atau dermabrasi di kantor, yang disebut opsi yang banyak didalami untuk sisa cedera.

Langkah Hilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis Dan Sisanya

Langkah hilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan sisanya adalah dari banyak penyembuhan rumahan. Ini karena tingkat antioksidannya yang tinggi, dan kandungan asam sitrat alami, satu wujud vitamin C. Untuk jerawat, jeruk nipis di-claim bisa menangani:

  • Kurangi minyak (sebum), karena dampak pengeringan asam sitrat.
  • Kualitas antiseptik, yang bisa mematikan bakteri yang mengakibatkan jerawat.
  • Kurangi kemerahan dan infeksi yang bisa menolong menyembuhkan jerawat yang meradang dan sisa cedera yang masih ada

Faedah ini dihubungkan dengan dampak anti-oksidan dan antibakteri dari vitamin C tropis. Tetapi, vitamin C belum didalami untuk penyembuhan jerawat selebar vitamin lain, seperti zinc dan vitamin A (retinoid).

Nach, berikut cara-cara aman hilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan sisa cederanya.

1. Sari Jeruk Nipis

Sari jeruk nipis untuk hilangkan sisa jerawat dapat diterapkan melalui cara-cara. Pertama, dengan mengimplementasikannya ke muka sepanjang malam, sesudah membersihkan muka tentu saja. Jika Mam tidak ingin sepanjang malam, juga bisa mengimplementasikannya sesudah membersihkan muka pada pagi hari.

Saat sebelum memoleskan jeruk nipis ke muka, yakinkan muka telah bersih, kering, dan lembap. Langkah yang lain dengan memakai cotton bud dan memoleskan jeruk nipis cuma ke jerawat atau sisa jerawat. Rendam cotton bud sepanjang beberapa menit dalam perasan jeruk nipis, selanjutnya berikan.

2. Jeruk Nipis dan Susu

Dua bahan bumbu dapur ini punyai peranan penting untuk hilangkan sisa jerawat, lho. Sari jeruk nipis dan susu sebagai dua bahan yang dapat hapus semua bercak di muka. Langkah hilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan susu ini dengan menambah perasan jeruk nipis ke susu yang direbus. Sesudah dingin, bersihkan muka dengan rebusan ini, selanjutnya bersihkan sampai bersih. Kerjakan dengan teratur satu hari sekali untuk menyaksikan hasilnya.

3. Jeruk Nipis dan Putih Telur

Putih telur benar-benar baik untuk hilangkan kotoran dan minyak berlebihan di muka, Mam. Tidaklah aneh jika kombinasi putih telur dan jeruk nipis dapat dipakai untuk menolong hilangkan sisa jerawat. Sebagai langkah hilangkan jerawat dengan jeruk nipis, Mam bisa menambah jeruk nipis dan putih telur dengan jus, selanjutnya terapkan di wajah sebagai masker dan nantikan sampai kering. Kemudian, membersihkan muka sama air hangat. Terapkan gabungan jeruk nipis dan putih telur ini dengan teratur, 2-3 hari sekali untuk hasil yang maksimal.

4. Jeruk Nipis dan Madu

Kombinasi jeruk nipis dan madu dapat membuat kulit muka terhidrasi dalam waktu yang lama dan memberi anti-oksidan hingga meminimalkan kerusakan di kulit. Dalam pengertian lain, kombinasi yang ini sanggup mendetoksifikasi muka Mam hingga ikut hilangkan sisa jerawat. Terapkan di wajah tiap hari untuk memperoleh hasil maksimal dan kulit lebih berkilau. Mam juga bisa menambah olive oil untuk memberi faedah tambahan.

5. Jeruk Nipis dan Air

Jika Mam punyai kulit yang peka, Mam masih tetap dapat kok memakai ramuan jeruk nipis sebagai pembasmi sisa jerawat. Siapkan 1 sdt perasan jeruk nipis dan 1 sendok teh air, selanjutnya pakai cotton bud untuk memoleskannya di sisa jerawat. Pemakaian air ini kurangi kepekatan perasan jeruk nipis yang umumnya kurang pas untuk kulit peka.

6. Jeruk Nipis dan Sea Salt

Sea salt atau garam laut sebagai bahan ampelas alami yang hendak punyai hasil hebat jika digabungkan dengan jeruk nipis. Pakai kombinasi ini sebagai scrub untuk hilangkan jerawat dan sisa jerawat, dan membuat cerah kulit. Campur jeruk nipis dan sea salt seperlunya sampai berwujud pasta, selanjutnya terapkan ke muka dan leher. Gosok perlahan dengan pergerakan melingkar. Nantikan 8-10 menit saat sebelum mencucinya sama air dingin.

Untuk dipakai sebagai astringen, campur juice lemon fresh sama air dengan perbedaan yang serupa dua sampai 3x satu hari saat sebelum memoleskan pelembap. Sistem ini dapat juga dipakai untuk perawatan sisa jerawat, walau Mam kemungkinan tidak menyaksikan hasil yang berarti dalam masalah ini. Bila Mam memakai juice lemon sebagai penyembuhan spot untuk hilangkan jerawat, berikan dengan berhati-hati ke jerawat dengan kapas.

Diamkan sepanjang beberapa menit dan basuh muka sama air hangat. Ulang seringkali satu hari sama sesuai keperluan sampai bintik lenyap.

Dampak Efek Samping Memakai Jeruk Nipis pada Kulit Muka

Pada umumnya, jeruk nipis aman untuk dimakan. Tetapi, Anda perlu tetap siaga karena asam yang terdapat di dalam jeruk nipis bisa mengakibatkan beberapa permasalahan kesehatan. Misalkan saja, bila Anda tempelkan jeruk nipis di cedera terbuka, seperti sariawan, bibir pecah, atau jerawat, Anda dapat rasakan kesan perih yang sangat benar-benar.

Disamping itu, bila dimakan terlalu berlebih, kandungan asam yang tinggi dapat memacu ada masalah pencernaan, seperti sakit maag ke orang yang mempunyai kisah penyakit GERD. Bila dimakan dengan jumlah banyak, jeruk nipis dapat menghancurkan gigi dan membuat gampang berlubang.

Pada sebagian orang, konsumsi jeruk nipis dapat mengakibatkan timbulnya tanda-tanda alergi seperti bentol-bentol yang dirasa gatal, lebam, dan napas sesak. Bila ini terjadi, selekasnya kontak dokter untuk memperoleh pengatasan selanjutnya.

Bila Mam pernah menggigit jeruk nipis, tentu tahu rasa masamnya. Dampaknya di kulit bisa juga benar-benar kuat, yang mengakibatkan kekuatan efek. Ini terhitung:

  • Kulit kering
  • Kesan kulit terbakar
  • Gatal
  • Kemerahan
  • Mematikan bakteri baik

Resiko untuk efek ini kemungkinan semakin besar bila memakai jeruk nipis di kulit tiap hari. Sistem penyembuhan jerawat ini mungkin saja bukan opsi terbaik untuk warna kulit yang lebih gelap, karena buah jeruk bisa mengakibatkan hiperpigmentasi. Ini dapat juga tingkatkan resiko kulit terbakar dan bercak, lepas dari warna kulit.

Jeruk nipis kerap kali dipakai sebagai penyembuhan alami ingat faedahnya yang banyak. Meskipun begitu, jadikan jeruk nipis sebagai penyembuhan khusus untuk permasalahan kesehatan Anda bukan hal tepat. Jeruk nipis dapat menjadi pengiring, tetapi tidak sebagai penyembuhan khusus. Namun, bila Anda cari makanan dengan sumber vitamin C tinggi, jeruk nipis ialah opsi tepat.

Masalahnya peresapan vitamin C yang dari makanan jauh lebih bagus daripada suplemen. Alternative Bahan Alami Lain untuk Menyembuhkan Jerawat Bila Mam cari penyembuhan rumahan lain untuk jerawat atau sisa jerawat, bahas sama dokter kulit mengenai pilihan berikut ini:

  • Lidah buaya
  • Kayu putih
  • Teh hijau
  • Lisin
  • Minyak rosehip
  • Sulfur
  • Minyak pohon teh

Seperti banyak penyembuhan rumahan yang lain untuk jerawat dan sisa jerawat, tidak ada beberapa bukti ilmiah yang memberikan dukungan jeruk nipis sebagai opsi penyembuhan yang pantas. Tetapi, ini mungkin janjikan saat dipakai untuk kadang-kadang saat breakout. 

Disamping itu, dikutip dari American Academy of Dermatology Association, ada cara-cara klinis yang dapat dilaksanakan untuk menangani sisa jerawat, misalnya:

  • Operasi untuk hilangkan sisa jerawat
  • Laser
  • Filler
  • Kencangkan kulit
  • Therapy collagen

Mam, tersebut cara-cara hilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan sisa cederanya. Masih tetap awasi pemakaian supaya tidaklah sampai terlalu berlebih. Sesudah memakai jeruk nipis, jauhi terkena cahaya matahari untuk menghindar kulit jadi memeras. Selalu yakinkan untuk mengonsultasikan semua perlakuan pada dokter kulit pakar ya, Mam!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama