Langkah Investasi Kripto yang Aman untuk Pemula 2022

Investasi kripto memiliki prospek keuntungan yang bagus sekali. Banyak pemula yang masuk dan masuk ke cryptocurrency. Tetapi, risiko investasi kripto tidak kecil. Banyak yang rugi bukan karena hanya jeblok nya harga kripto di pasar tapi juga bangkrutnya beberapa instansi kripto. 

Berikut langkah investasi kripto yang aman untuk yang baru memulai : 

1. Analisis Arah Proyek Proyek Kripto, Apa Arah itu? Masalah apa yang ingin dipecahkan oleh projek kripto itu ?

Koin kripto yang investor akan membeli perlu dianalisa use case, ekosistem dan keunggulan dibanding projek - projek kripto yang lain. Mengapa proyek ini bagus dan berguna hingga koinnya pantas dibeli.  Misalnya , Bitcoinmata uang kripto angkatan 1 , yang cuma dapat dipakai sebagai emas digital atau toko nilai. Kasus penggunaan Bitcoin masih relatif terbatas. Ethereum adalah projek kripto, yang diperkembangkan sebagai angkatan 2, untuk membenahi dan memberi nilai plus tehnologi Blockchain dari Bitcoin, dengan menawarkan kontrak pintar. Kontrak pintar memungkinkannya menggunakan kasus kripto lebih luas,desentralisasi keuangan, nft, dan game. 

Cardano adalah projek kripto digadang - gadang angkatan 3, yang berusaha lebih bagus dari Bitcoin dan Ethereum, dengan penawaran kontrak pintar yang bisa lebih cepat , tambah murah serta lebih irit energi. Info masalah projek kripto dapat dicari sekarang di youtube atau komunitas Reddit. Nyaris ada selalu youtuber atau komunitas reddit yang mengulas projek kripto. Tetapi , selainnya youtube dan reddit, sumber informasi yang juga sangat penting, karena orisinal dari developer yang punyai project adalah Whitepaper.

Apakah itu Whitepaper ?

2. Baca Whitepaper

Investor perlu membaca dokumen whitepaper setiap projek kripto. Ini dokumen yang maha penting. Whitepaper seperti prospektus jika di saham. Didalamnya menjelaskan argumen projek dibikin, permasalahan apa yang diperpecah kan dan jalan keluar yang dijajakan.

Dari whitepaper, investor dapat memandang apa ini project yang ditangani dengan serius, menawarkan tehnologi inovatif dan prospek di masa mendatang. Dapat memperbandingkan isi whitepaper dengan whitepaper project - project yang lain telah sukses. Kita dapat menyaksikan dan memperbandingkan kedalaman kertas putih itu Whitepaper. dokumen ada di website projek kripto dapat dicapai dengan gratis. Masalah memang tidak mudah membaca dan memahami isi Whitepaper . Didalamnya benar-benar tehnis, terutama masalah tehnologi info dan komputer. 

3. Telisik Founder dan Developer 

Projek Kripto Penting untuk menyaksikan siapa founder dari projek ini. Orang di belakang pistol benar-benar memengaruhi kesuksesan satu proyek. Kita dapat pengalaman memeriksa dan pendiri CV di LinkedIn. telah berapakah lama di industri kripto, apa pengalaman kerja, alumni sekolah mana dan bagaimana rekam tapak jejaknya. Selanjutnya selainnya pendiri kita perlu menyaksikan tim developernya. 

Berapa pengalaman dan besar ukuran tim mencoba sungguh - sungguh projek ini. Proyek yang tidak serius pada umumnya dapat diperoleh dari pendiri dan pengembang.  Misalkan, pernah peristiwa photo founder dan developer yang terpasang di website dicomot dari photo seseorang.

4. Periksa Pendukung Investor VC

Untuk membuat projek kripto agar sukses memerlukan dana yang tidak kecil. Perlu dukungan permodalan yang kuat terus-menerus untuk membuat tim dan tehnologi yang kompak. Karenanya , kita perlu menyaksikan siapa investor besar yang ada di balik proyek itu. Investor yang punyai pengalaman luas dalam peningkatan project kripto sudah pasti jadi nilai plus. Ada beberapa investor dan VC yang menekuni dalam project kripto. Maka, mereka punyai pengalaman dan keterampilan dalam meningkatkan kripto.

5. Dalami Ekosistem Kripto

Maju tidaknya satu aset kripto yang ditetapkan oleh berkembang tidaknya ekosistem kripto itu. Semakin bertambah pengembang yang membuat program di aset kripto ekosistem akan maju. Bagaimana proyek itu membuat ekosistem - ekosistem ini penting? 

Ekosistem yang baik akan menggerakkan adopsi aset kripto yang luas, yang ujungnya membuat keinginan akan aset kripto itu bertambah. Harga terang akan dengan sendirinya naik bila keinginan dari adopsi bertambah. Karenanya investor harus menganalisis ekosistem. Triknya adalah Menyaksikan berapa pengembang yang telah turut meningkatkan proyek itu berapakah nilai investasi yang dimasukkan dalam proyek itu 6.

Analisis Tokenomics Seperti mata uang, harga aset kripto yang ditetapkan oleh suplai dan permintaan dari mata uang kripto. Info masalah peredaran mata uang kripto termasuk peraturan didalamnya dikenal sebagai Tokenomics. Jika mata uang semakin bertambah yang diciptakan atau di-minting suplai di pasar besar harga condong susah untuk naik atau justru turun Kebalikannya, jika mata uang kripto banyak yang di bakar (dikurangkan suplai - nya) harga akan konstan atau naik karena suplai menyusut.

Banyak hal yang investor perlu lihat dan perhatikan masalah Tokenomics adalah berikut ini :

Keseluruhan Suplai

Jumlah mata uang kripto yang tersebar Ada dua tipe suplai - suplai uang kripto terbatasi. Misalkan,  jumlah Bitcoin maksimal 21 juta. Suplai uang kripto tidak terbatasi Misalkan di Ethereum, Suplai uang kripto ini berkaitan dengan suplai suplai yang beredar.

Circulating Suplai

Circulating suplai menghitung berapakah uang yang telah tersebar di pasar dari keseluruhan suplai, Kok bisa ? Jadi di kripto tidak seluruhnya mata uang telah dibuat. Ada yang telah diperkirakan tetapi belum bikin. Jika suplai yang beredar relatif kecil dibanding total suplai investor perlu jeli. Karena maknanya akan ada tambahan suplai mata uang di masa datang.

7. Keterlibatan di Komune

Komune punyai peranan penting dalam perubahan aset kripto. Aset kripto sebagai sistem open-source yang terdesentralisasi memakai teknologi blockchain dalam mekanisme ini komune jadi aspek khusus. Komune menebarkan info tentang projek itu karena info dipisah oleh komune beberapa orang lebih berminat untuk didengarkan, dipandang lebih objektif dibanding info dari kanal sah.

Ketika rumor negatif tiba dan harga kripto jatuh, komune Penting untuk dianggap berperan penting dengan sama-sama berbagi informasi dan menepiskan informasi negatif. Selain itu, komune yang aktif juga di berbagai koin yang dipertaruhkan. Staking adalah sisi dari proses kesepakatan proof of stake di blockchain. Makin tinggi jumlah staking, harga coin akan lebih konstan karena mempertaruhkan membuat koin diletakkan dan tidak di trading kan.

8. Penganekaragaman Investasi

Walau semua langkah telah kita lakukan untuk memitigasi risiko di kripto tapi, investasi di jenis aset ini masih tetap tinggi. Ini karena beragam risiko yang investor kripto temui, yakni : 

Risiko Pasar

Fluktuasi harga kripto yang paling fluktuatif, satu hari dapat turun naik 1% sd 5% Investasi baru. Umur kripto yang baru kurang 1 dasawarsa membuat beberapa projek masih di awal pembangunan. Minimnya pelindungan pelanggan dari regulator karena karakter kripto yang terdesentralisasi membuat tidak ada pelindungan dari regulator di investasi kripto Untuk memitigasi risiko ini, penganekaragaman portofolio harus dilaksanakan.

Penganekaragaman portofolio adalah cara yang perlu dilaksanakan. Ini telah jadi dasar jika tidak boleh menyimpan semua uang di satu instrument, apa lagi resiko nya tinggi sekali. Wujud kehati - hatian kita dengan tidak menyimpan semua uang di Bitcoin atau aset kripto yang lain. Simpan sebesar yang kita mampu untuk kehilangan. istilahnya, simpan 'uang dingin' di Bitcoin. Siap untuk kehilangan uang ini.

Penganekaragaman dapat dilaksanakan dengan cara-cara , yaitu :

1. Aset Kripto Yang lain

Aset kripto itu bukan hanya Bitcoin saja. Yang paling besar memang Bitcoin sekarang ini, tapi selain itu banyak aset kripto yang lain yang berkembang dan tumbuh. Ada beberapa ratus aset kripto yang lain. Menariknya, masing - masing aset kripto punyai karakter dan proyek yang tidak sama. Kita dapat melakukan penganekaragaman di seluruh aset kripto yang lain. Sudah pasti kita harus memastikan jika aset kripto itu tidak punyai korelasi yang tinggi dengan Bitcoin. 

2. Aset Yang Lain Di luar Kripto 

Kita lakukan penganekaragaman ke instrumen keuangan yang lain di luar aset kripto. Misalkan, saham reksadana atau P2P. Baiknya, umumnya instrumen keuangan tidak punyai korelasi yang kuat dengan Bitcoin. Ini membuat penganekaragaman semakin lebih efisien .

9. Penganekaragaman Exchange

Proses transaksi bisnis Bitcoin dilaksanakan melalui bursa. Tukar punyai peran sentra untuk simpanan Bitcoin yang kita punyai. Jual-beli aset kripto seharusnya bukan hanya melalui satu pertukaran, tapi di sejumlah pertukaran. Ini membuat perlindungan bila yang satu ada permasalahan masih tetap ada pertukaran lainnya. Jumlahnya kasus pertukaran yang kecolongan mengingati kita jikalau telah banyak pengobatan untuk menjaga keamanan pertukaran dari gempuran hacker, tapi tetap terjadi kasus - kasus pembobolan.

Di Indonesia, Bappebti sebagai regulator perdagangan kripto, telah mengeluarkan izin ke-13 pertukaran kripto. Investor punyai beberapa pilihan bursa kripto di Indonesia. Di luar negeri, tukarkan kripto banyak juga ada. Tetapi, kita harus yakinkan jika mereka menemukan instansi yang sah dan punyai izin yang terang Salah satunya langkah menyaksikan apa pertukaran itu terkenal banyak anggotanya atau mungkin tidak dengan menyaksikan berdasarkan jumlah transaksi bisnis yang sudah dilakukan. Data ini penting karena semakin bertambah transaksi bisnisnya semakin likuid pasarnya harga dapat membuat semakin menguntungkan. Masalah di Indonesia tidak ada instansi yang menyediakan catatan statistik transaksi bisnis setiap bursa itu.

Datanya sekarang ini hanya ada di luar, di situs web coinmarketcap.com. Coinmarketcap memeringkat dan menilai pertukaran berdasarkan trafik , likuiditas, volume perdagangan, dan kepercayaan pada legitimasi volume perdagangan yang dilaporkan. Menurut CoinMarketCap, rangking exchange di Indonesia sekarang ini (Jan 2021) dapat ditemukan : Indodax , TokoCrypto, dan Luno. 10. Yakinkan Validitas dan ijin Exchange Kripto Saya lebih suka yang punyai validitas dan teregulasi di Indonesia, dalam masalah ini di bawah Bappebti. Argumennya sederhana jika terjadi apa - apa, customer gampang untuk protes ke kantornya.

Berlainan misalkan jika pertukaran di luar negeri, apa lagi belum teregulasi sah di kewenangan Indonesia yang bila terjadi suatu hal pelanggan akan susah melakukan protes atau aduan. Perusahaan yang sah tercatat di Bappebti juga penuhi ketetapan pengatur dan punyai modal cukup. Ketentuan Bappebti memutuskan jika modal minimal untuk perusahaan tercatat sebagai pedagang aset kripto yaitu Rp 100 Miliar dan untuk berijin Rp 1 Triliun. Seperti telah diterangkan awalnya masalah aspek terpenting buat pertukaran adalah keamanan & keamanan. Untuk membuat mekanisme keamanan digital yang kompak perlu modal tidak kecil.

Akan beresiko bila perusahaan cuma punyai modal kecil. Mengakibatkan kekuatan perusahaan membuat mekanisme keamanan yang kompak secara terus-menerus jadi terbatas. Misalnya , di luar negeri beberapa pertukaran yang kecolongan siap menukarkan rugi pelanggan yang aset kripto kepunyaannya diculik. Untuk dapat melakukan perubahan ini pertukaran perlu modal yang kuat. Sementara, perusahaan kecil bermodal terbatas umumnya tidak mampu melakukan pergantian. Jangankan mengganti rugi, membuat infrastruktur keamanan yang kompak pun tidak mudah. Penting diingat jika sekarang ini di Indonesia tidak ada asuransi atau dana pelindungan pelanggan dalam perdagangan kripto. Maka , bila terjadi perampokan aset kripto nasabah cuma dapat mengandalkan pada pertukaran perusahaan.

Yakinkan jika exchange lakukan proses klarifikasi dan KYC yang ketat dan disiplin. Maksudnya untuk memastikan jika pemakai atau investor yang dapat digunakan untuk melakukan pertukaran faksi yang punyai identitas terang dan dapat dicari bila terjadi suatu hal atau sebuah hal. Selain itu , proses KYC akan memastikan jika AML - Anti Money Laundering berjalan dengan baik. Pemakaian aset kripto untuk kebutuhan uang dapat diminimalkan.  

11. Perlindungan Keamanan di Exchange 

Pemakaian 2FA ( Two Faktor Authentication ) untuk terhubung akun di mana pemakai wajib melakukan klarifikasi identitas sekitar 2x. Bukan hanya harus tahu e-mail dan sandi, tapi akses di handphone. Langkah ini pastikan jika setiap transaksi bisnis diberi tanda tangan dan divalidasi oleh pemilik akun. Selain itu , yang juga sangat penting adalah bagaimana cara mengurus dompet mereka. Dompet yaitu 'dompet' tempat simpan aset kripto.

Saat membeli bitcoin, kita sudah pasti tidak dapat membawa pulang fisik koin itu karena ini adalah aset digital. Tempat penyimpanannya adalah di wallet yang dapat ada di exchange atau dapat diatur sendiri. Biasanya, investor retail yang punyai bitcoin dengan jumlah kecil, simpan di bursa. Memercayakan aset kripto mereka ke pertukaran. Pertukaran keamanan dalam simpanan kripto jadi penting. Banyak kasus pembobolan, diretas, pertukaran bitcoin begitu penting faktor keamanan dan keselamatannya.

12. Punyai Wallet Sendiri

Aset kripto yang diletakkan di bursa selalu punyai risiko jika uang itu tidak dapat diambil karena beragam argumen. Telah banyak contoh di mana uang kripto tidak dapat diambil karena tukar menukar permasalahan. Salah satu cara mengatasi permasalahan ini dengan investor punyai dompet sendiri. Dompet ini kita kontrol sendiri. Setelah selesai melakukan transaksi bisnis di exchange, mata uang kripto kita kirim ke dompet kita. Tidak diletakkan di bursa. Bila pertukaran menghadapi permasalahan , misalkan menangguhkan penarikan, uang kripto masih tetap karena telah diletakkan di dompet individu.

Belum ada Komentar untuk "Langkah Investasi Kripto yang Aman untuk Pemula 2022"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini