Heboh! Tiongkok Akan Buat Lajur Kereta Bawah Laut Tiongkok-Amerika Serikat!

Tiongkok disampaikan ingin membuat jaringan rel bawah laut sebesar $200 miliar dari dataran Tiongkok ke Amerika Serikat (AS). Jaringan kereta bawah laut akan mempunyai panjang lebih dari 12.800 km dan akan menjadi satu diantara project termahal yang sempat dibikin.

Bukan hanya lakukan perjalanan dari dataran Tiongkok ke AS, lajur kereta bawah laut ini akan jalan lewat Siberia, Alaska, dan ke Kanada. Kereta peluru bawah air ini segera dapat mengusung penumpang dari Tiongkok ke AS cuma dalam 2 hari.

Walau ini ialah gagasan yang berambisi, kereta bawah laut sebetulnya dapat direalisasikan. Jepang telah mempunyai terowong kereta bawah laut yang menyambungkan Pulau Honshu dan Pulau Hokkaido.

Rel kereta api ini dibuat sejauh 140 m di permukaan laut. Sekitaran 23 km dari Terowong Seikan sekarang ini ada di bawah air, menjadikan salah satunya terowong bawah laut paling panjang di dunia.

Selainnya terowong Seikan ada pula terowong bawah laut Kanal yang menyambungkan Inggris dengan Prancis. Dengan panjang nyaris 40 km, ini ialah terowong rel bawah laut paling panjang di dunia. Terowong Kanal ada di kedalaman 115 mtr. di permukaan laut.

Bila lajur kereta Tiongkok ke AS jadi dibuat, ini akan menaklukkan terowong Kanal dan terowong Seikan. Walau memungkinkannya, membuat terowong bawah air yang melingkari setengah dunia kelihatannya ialah tugas yang cukup melawan.

Pembikinan lajur kereta bawah laut ini tentunya memerlukan eksperimen tehnik yang tidak bermain-main. Terowong ini akan bertambat ke dasar laut dan mengapung di air dan harus lumayan kuat untuk meredam penekanan dari air disekelilingnya dan harus kedap air.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama