Cara Membersihkan Penyimpanan Internal Ponsel OPPO Agar Penyimpanan Kosong

Walaupun sudah banyak ponsel OPPO hadir dengan penyimpanan internal yang besar, tetapi ada kalanya karena banyaknya data yang disimpan, kapasitasnya pun bisa hampir penuh.

Biasanya kapasitas internal yang sudah hampir penuh akan membuat handphone tiba–tiba memunculkan notifikasi error, aplikasi yang telah diakses tiba-tiba keluar sendiri, atau mengalami freeze.

Untuk itulah sebaiknya kamu membersihkan beragam file cache, sampah, atau data yang sudah tidak terpakai secara berkala untuk membuat memori internal di handphone OPPO kembali lega sehingga sistem operasi, aplikasi, maupun game dapat berjalan dengan lancar.

Sebagai solusi mudahnya, kamu dapat memanfaatkan fitur Clean Up yang secara bawaan sudah tersemat pada aplikasi My Files di handphone OPPO. Kamu juga bisa menghapus secara manual melalui aplikasi My Files dengan mengunjungi lokasi data tersebut.

Cara Membersihkan Memori Internal Handphone OPPO

Melalui Fitur Clean Up

1. Buka aplikasi My Files di handphone OPPO

2. Pada halaman utama aplikasi, tekan tombol Clean Up

3. Selanjutnya, fitur akan memindai data yang layak dihapus

4. Pada halaman Clean Up, kamu akan diperlihatkan besarnya data yang sudah dideteksi

5. Tekan tombol Clean

6. Data pun akan langsung terhapus

Sebenarnya kalian juga akan dapat melihat bagian Deep Cleanup yang memungkinkan kamu menghapus beberapa data secara manual di handphone OPPO yang sudah dipisahkan sesuai kategorinya seperti Photos, Video, Apps, Audio, dan Documents.

Selain itu, ada juga bagian App Cleanup yang bisa digunakan untuk menghapus beberapa data WhatsApp secara manual. Namun sebelum menghapusnya, kalian harus memastikan terlebih dulu bahwa data tersebut memang sudah tidak digunakan.

Melalui My Files

1. Buka aplikasi My Files di handphone OPPO

2. Pada halaman utama aplikasi, pilih folder tempat file akan dihapus

3. Setelah dipilih, tekan tombol Delete

4. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Delete [jumlah] items. Misal Delete 4 items

5. Selanjutnya file yang dihapus akan masuk ke folder Recently Delete

6. Untuk menghapusnya secara permanen, tekan tombol Delete All di folder Recently Delete

Nantinya setelah terhapus secara permanen, maka kamu melihat kapasitas kosong pada memori internal jadi bertambah. Tentunya kamu juga harus berhati-hati dan yakin bahwa file yang dihapus memang sudah tidak berguna agar tidak menyesal di kemudian hari.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama