7 Kegunaan Minyak Bunga Matahari untuk Kesehatan Badan

Apakah Mam tahu mengenai minyak bunga matahari (sunflower oil)?

Memang, namanya tidak sepopuler minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak kelapa sawit. Walau demikian, minyak bunga matahari masih tetap punyai banyak faedah, lho. Tidak cuma untuk menggoreng, tipe minyak ini baik digunakan untuk perawatan muka. Ingin tahu apa faedah minyak bunga matahari (sunflower oil)? Yok, cari info bersama!

Apa Itu Minyak Bunga Matahari?

Minyak bunga matahari (sunflower oil) ialah tipe minyak sehat yang diproses proses dari penekanan biji bunga matahari yang punyai nama latin Helianthus annuus. Bukan tanpa argumen minyak bunga matahari dikatakan sebagai minyak sehat. Masalahnya minyak ini memiliki kandungan lemak tidak jemu hingga bagus untuk memberikan dukungan kesehatan jantung. Asal bunga matahari ialah dari negara Amerika. Konsentrat minyak bunga ini sebagai sumber lemak untuk warga asli Amerika yang didapatkan proses dari perebusan bijinya.

Sementara biji bunga matahari sendiri, ukuran kecil tapi dapat dikonsumsi dengan kupas sisi kulitnya. Orang Indonesia suka juga mengkonsumsinya sebagai cemilan, dikenali bernama kuaci. Menariknya, selainnya untuk minyak mengolah, minyak bunga matahari bisa menjadi perawatan muka. Ini karena minyaknya memiliki kandungan beberapa senyawa yang berguna untuk kulit, seperti vitamin E, asam oleat, sampai asam linoleat.

Manfaat Minyak Bunga Matahari

Keseluruhannya, faedah minyak bunga matahari, bagus untuk mengolah atau untuk perawatan muka, yaitu:

1. Mempunyai Smoke Poin yang Tinggi

Faedah minyak bunga matahari yang pertama berada di titik asap (smoke poin) saat mengolah. Titik asap (smoke poin) ialah suhu atau temperatur saat minyak terlihat mulai berasap karena menguapkan beberapa senyawa. Titik asap, atau disebutkan dengan titik pembakaran minyak, dapat sekitar dari temperatur rendah yaitu 163 derajat Celsius sampai tinggi sekali yakni 271 derajat Celsius. Makin tinggi titik asap satu tipe minyak goreng, makin baik minyak ini digunakan untuk mengolah.

Untuk minyak bunga matahari sendiri, titik asapnya dapat capai 226 derajat Celsius sampai 246 derajat Celsius. Itu penyebabnya, minyak ini dipandang menjadi opsi yang bagus untuk mengolah, terhitung mengoseng dan menggoreng. Tetapi sayang, seperti umumnya minyak tidak jemu yang lain, minyak bunga matahari condong tidak konstan dan dapat hancur dengan pemanasan yang kelamaan.

2. Memiliki kandungan Asam Lemak Fundamental

Dengan alami, minyak bunga matahari mempunyai kandungan beragam asam lemak fundamental, seperti asam linoleat dan asam lemak omega-6 dengan susunan zig-zag. Beritanya, susunan zig-zag pada asam lemak ini lebih bagus dan tidak tingkatkan kandungan cholesterol daripada lemak jemu dengan susunan lempeng. Akhirnya, kandungan ini juga yang jadikan minyak bunga matahari bagus untuk kesehatan jantung sekalian menahan perubahan penyakit kardiovaskular.

3. Tinggi Kandungan Lemak Tidak Jemu

Selainnya punyai asam lemak fundamental, kandungan lemak tidak jemu dalam minyak bunga matahari termasuk tinggi, Mam. Kebalikannya juga demikian, kandungan lemak jemu dalam minyak nabati ini pasti rendah hingga tidak tingkatkan kandungan cholesterol jahat (LDL). Bahkan juga, minyak ini kaya dua tipe asam lemak, yaitu asam lemak tidak jemu double dan asam lemak tidak jemu tunggal. Asam lemak tidak jemu double atau polyunsaturated fatty acid (PUFA) bisa menolong kurangi kandungan cholesterol dan trigliserida pada darah. PUFA terhitung asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Sementara asam lemak tidak jemu tunggal monounsaturated fatty acid (MUFA) dapat menolong turunkan resiko penyakit jantung.

4. Bagus untuk Jaga Kesehatan Jantung

Sama seperti yang telah disebut awalnya, kandungan asam lemak fundamental dan lemak tidak jemu tunggal yang dipunyai minyak bunga matahari termasuk tinggi. Didalamnya terhitung ada asam oleat dan asam linoleat. Jika dimakan, ini tentu saja berpengaruh baik untuk jantung karena sanggup tingkatkan kandungan cholesterol baik (HDL). Menurut Food and Drug Administration (FDA), kandungan asam oleat yang capai minimal 70% bisa menolong kurangi resiko gempuran penyakit jantung koroner. Begitu halnya peranan asam linoleat yang tidak kalah bagus untuk jantung, terhitung untuk turunkan kesempatan Mam, Dads, dan Sang Kecil alami penyakit jantung.

5. Memaksimalkan Peranan Otak dan Saraf

Salah satunya tipe vitamin yang terdapat banyak dalam minyak bunga matahari ialah vitamin E. Vitamin E ialah gizi yang perlu untuk memaksimalkan peranan pandangan, reproduksi, kesehatan darah, kesehatan otak, dan kesehatan kulit. Tidak itu saja, vitamin E bagus untuk tunda perubahan penyakit Alzheimer ke orang yang telah didiagnosa alami penyakit ini. Kandungan anti-oksidan dalam vitamin E bisa juga menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari dampak jelek radikal bebas.

6. Membuat perlindungan Skin Barrier

Faedah minyak bunga matahari tidak cuma baik sebagai konsumsi, tapi bisa juga dipakai sebagai produk perawatan kulit. Ini karena minyak nabati yang ini memiliki kandungan asam linolenat yang rupanya dapat menolong jaga skin barrier atau pelindungan kulit supaya tidak gampang hancur. Kulit dibikin menjadi lebih lembap dan dan memperoleh dampak antiperadangan dapat digunakan secara tropis atau dibalurkan di kulit. Itu penyebabnya, minyak bunga matahari dipandang benar-benar berguna untuk kulit kering dan alami eksim.

7. Percepat Pengobatan Cedera

Berita baiknya, kandungan asam oleat dalam minyak bunga matahari bisa juga menolong percepat pengobatan cedera. Langkah memakainya perlu Mam berikan saja di kulit yang alami cedera. Tetapi, saat sebelum gunakan minyak bunga matahari di kulit, seharusnya Mam kerjakan test lebih dulu untuk cari ada reaksi alergi atau mungkin tidak. Mam dapat memoleskan sedikit minyak ini pada belakang telinga, tengan, atau anggota badan yang lain yang dipandang aman. Selanjutnya, saksikan reaksinya dalam beberapa saat atau hari. Bila tidak tampil reaksi alergi, peluang Mam dapat memakai minyak bunga matahari sebagai perawatan kulit.

Berapa Sehat Minyak Bunga Matahari Dibanding Tipe Yang lain?

Jumlah asam lemak jemu dalam minyak bunga matahari kurang lebih serupa dengan minyak zaitun dan minyak jagung. Dalam pada itu, bila dibanding dengan minyak canola dan safflower, kandungan lemak jemu minyak bunga matahari semakin tinggi. Jika dibanding minyak kelapa sawit dan minyak kedelai, kandungan lemak jemu pada sunflower oil lebih rendah. Dengan beberapa hal itu, apa Mam tertarik untuk memulai manfaatkan minyak bunga matahari alias sunflower oil?

Masih tetap lihat batas yang sudah dikatakan awalnya, ya. Bila ingin semakin aman, tidak ada kelirunya untuk konsultasi lebih dulu ke dokter saat sebelum manfaatkan minyak bunga matahari.

Belum ada Komentar untuk "7 Kegunaan Minyak Bunga Matahari untuk Kesehatan Badan"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini