19 Kegunaan Brokoli untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewati

Brokoli, sayur hijau yang seperti rambut kribo ini punyai banyak manfaat, lho. Faedah brokoli tidak cuma untuk umum, tetapi untuk ibu hamil. Selainnya dimakan sebagai menu khusus, sayur sejenis kubis-kubisan ini dapat menjadi cemilan sehat dengan direbus. Yok, lihat beragam faedah brokoli dan kandungan nutrisi didalamnya!

Kandungan Nutrisi Brokoli

Keseluruhannya, brokoli memiliki kandungan kandungan yang berguna untuk kesehatan. Ini karena kaya bermacam vitamin, mineral, serat, dan senyawa bioaktif yang lain yang diperlukan oleh badan. Diambil Nutrition Data Self, pada sebuah cangkir atau 91 gr buntel brokoli mentah memiliki kandungan:

- Karbohidrat: 6 gr

- Protein: 2,6 gr

- Lemak: 0,3 gr

- Serat: 2,4 gr

- Vitamin C: 135% dari RDI

- Vitamin A: 11% dari RDI

- Vitamin K: 116% dari RDI

- Vitamin B9 (Folat): 14% dari RDI

- Kalium: 8% dari RDI

- Fosfor: 6% dari RDI

- Selenium: 3% dari RDI

Brokoli bisa dikonsumsi dengan diolah atau mentah. Ke-2 nya benar-benar sehat, tapi memberi profile gizi yang lain. Tetapi, baik dikonsumsi mentah atau diolah, brokoli ialah sumber vitamin C yang bagus untuk badan.

Beragam Faedah Brokoli untuk Kesehatan

Sesudah ketahui kandungan hebat dari brokoli, berikut ialah beberapa faedah kesehatan yang dapat didapat. Perlu konsumsi dengan teratur supaya bisa rasakan faedah brokoli ini, ya, Mam.

1. Banyak Macam untuk Dimakan

Dipercaya, brokoli bisa diolah beragam rupa seperti direbus, dipanggang dengan microwave, atau ditumis. Meskipun begitu, mengukus dipercaya sebagai salah satunya langkah mengolah yang terbaik untuk memproses brokoli. Menurut Journal of Zhejiang University Science B, mengukus nampaknya mempunyai dampak negatif sedikitnya dan menjadi opsi terbaik untuk mengolah brokoli. Ini tidak mengganti formasi gizi sayur, khususnya kurangi vitamin C, dan protein terlarut dan gula.

2. Tolong Kurangi Infeksi

Brokoli memiliki kandungan beragam senyawa bioaktif yang sudah bisa dibuktikan kurangi infeksi pada kumpulan sel tubuh. Beberapa senyawa ini bekerja dengan maksimal untuk menantang infeksi yang terjadi dalam tubuh, seperti flu atau pilek. Kaempferol, zat aktif flavonoid dalam brokoli, memperlihatkan peranan antiradang yang kuat pada riset pada hewan, diambil dalam Journal Plos One. Maknanya, faedah brokoli ini sebagai berita baik yang dapat berkesempatan sama untuk manusia nanti.

3. Menahan Sel Kanker

Sayur hijau seperti brokoli, bisa kurangi kerusakan sel yang disebabkan karena penyakit akut tertentu. Beberapa riset kecil sudah memperlihatkan jika makan brokoli bisa membuat perlindungan pada tipe kanker. Merilis study dalam Breast, faedah brokoli ini bagus untuk menahan kanker payudara. Kanker payudara adalah tipe kanker yang tersering serang wanita. Kasusnya di Indonesia lumayan banyak diketemukan, Mam.

4. Memberikan dukungan Kesehatan Jantung

Tidak itu saja, faedah sayur hijau ini bagus untuk peranan jantung secara detail. Beberapa riset memperlihatkan jika brokoli bisa memberikan dukungan kesehatan jantung dalam beragam langkah. Kenaikan kandungan cholesterol LDL dan trigliserida ‘jahat' dijumpai sebagai factor resiko khusus penyakit jantung. Brokoli cukup berperanan dalam menahan gempuran dan penyakit jantung yang lain. Study dalam Diabetes Research and Clinical Practice menyaksikan brokoli secara berarti kurangi trigliserida dan cholesterol LDL ‘jahat'. Ini juga diimbangi dengan kenaikan kandungan cholesterol baik pada darah.

5. Perlambat Pengurangan Psikis

Faedah sayur brokoli bisa juga dirasa untuk kesehatan otak. Dipercaya, manfaatnya dapat perlambat pengurangan psikis dan memberikan dukungan peranan otak dan jaringan saraf yang sehat. Riset Neurology pada 960 orang dewasa yang lebih tua, mengutarakan jika 1 jatah setiap hari konsumsi sayur hijau, dapat menantang pikun berkaitan dengan penuaan. Adapun ini sama manfaatnya bila dimakan orang dewasa.

6. Kurangi Infeksi Otak

Dalam beberapa riset, tikus yang diobati dengan sulforaphane memperlihatkan rekondisi jaringan otak yang berarti. Kandungan ini dijumpai ada pada sayur brokoli. Faedah brokoli ini dapat kurangi infeksi saraf sesudah cidera otak atau karena paparan toksin. Riset kelanjutan dibutuhkan untuk menyaksikan perannya pada manusia ya, Mam.

7. Memperlambat Proses Penuaan 

Proses penuaan mayoritas disebabkan karena depresi oksidatif dan pengurangan peranan metabolisme. Walau penuaan ialah proses alami yang tidak bisa dijauhi, kualitas makanan dipandang paling berperanan dalam kurangi tanda-tanda ini. Riset memperlihatkan jika sulforaphane, senyawa bioaktif khusus dalam brokoli cukup bermanfaat, lho! Menurut Journal of Experimental Biology, kandungan anti-oksidan yang tinggi memberikan nutrisi kulit dan menahan penuaan awal.

8. Memberikan dukungan Mekanisme Kebal Badan

Mekanisme ketahanan tubuh manusia ialah hal yang kompleks dan memerlukan banyak gizi untuk berperan secara baik. Vitamin C dapat disebut gizi yang terpenting untuk peranan ketahanan tubuh. Umumnya, vitamin C dihubungkan dengan jeruk tapi kandungan brokoli pun tidak kalah baik. Riset memperlihatkan jika vitamin C berperanan baik pada penangkalan dan penyembuhan beragam penyakit. Konsumsi harian 100-200 mg vitamin C cukup buat menahan infeksi tertentu, diambil dalam Nutrient.

9. Memberikan dukungan Kesehatan Gigi dan Mulut

Brokoli ialah sumber vitamin C dan kalsium yang bagus. Ke-2 gizi ini berkaitan dengan pengurangan resiko penyakit gigi dan mulut. Kaempferol, senyawa flavonoid yang diketemukan dalam brokoli, mungkin saja berperanan dalam menahan periodontitis.

10. Mempromokan Tulang dan Persendian yang Sehat

Banyak gizi yang diketemukan dalam brokoli, dijumpai memberikan dukungan kesehatan tulang dan gigi. Faedah brokoli ini bisa menahan masalah berkaitan tulang. Brokoli ialah sumber vitamin K dan kalsium yang bagus. Ke-2 gizi penting ini untuk jaga tulang kuat dan sehat. Study pada Journal of Cellular Physiology memperlihatkan, sulforaphane dapat menahan osteoartritis. Selain itu, kandungan fosfor, seng dan vitamin A dan C, yang dibutuhkan untuk kesehatan.

11. Membuat perlindungan Kulit dari Cahaya Matahari

Kasus kanker kulit bertambah karena kerusakan susunan ozon dan kenaikan pancaran cahaya ultraviolet (UV). Proceedings of The National Academy of Science US menerangkan, kandungan aktif brokoli membuat perlindungan kulit dari kerusakan radiasi UV. Faedah brokoli ini sudah capai hasil yang sama yaitu ada dampak pelindungan yang berarti di kulit. Ini juga perlu diimbangi dengan teratur menggunakan sunscreen saat melakukan aktivitas di luar rumah.

12. Kaya Gizi untuk Kehamilan

Apa aman makan brokoli sepanjang kehamilan? Brokoli aman untuk makan brokoli dengan jumlah sedang sepanjang kehamilan. Karena, brokoli banyak vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, dan anti-oksidan. Ini bisa pastikan supply sel darah merah yang bagus, dan tingkatkan konsumsi gizi janin. Mam bisa konsumsi sekitaran 3 sampai 5 jatah brokoli tiap hari. Satu jatah sama dengan 1/2 cangkir sayur yang diolah atau dipotong.

13. Kaya Akan Anti-oksidan

Kandungan anti-oksidan dalam brokoli kemungkinan menjadi satu diantara keuntungan khusus untuk kesehatan. Anti-oksidan ialah molekul yang menghalangi atau menetralkan kerusakan sel yang disebabkan karena radikal bebas. Faedah brokoli dari anti-oksidan ini pasti bagus untuk kesehatan kulit, dan menahan perkembangan sel kanker.

14. Tinggi Sumber Vitamin

Selainnya menambahkan serat, kandungan vitamin dalam brokoli termasuk cukuplah tinggi dibanding sayur yang lain. Ini mencakup kandungan vitamin A dan C yang berguna sebagai anti-oksidan. Peranan sumber vitamin ini pasti bermacam untuk kesehatan, yakni:

- Mendetoksifikasi radikal bebas

- Membenahi mekanisme ketahanan tubuh

- Membuat tahan lama muda

- Turunkan resiko diabetes dan penyakit jantung

Maka dari itu, janganlah sampai melewati konsumsi brokoli untuk keluarga dan Sang Kecil, ya!

15. Hindari Resiko Cacat Janin

Untuk ibu hamil, brokoli ialah opsi sayur yang akurat. Brokoli memiliki kandungan asam folat, yakni vitamin B kompleks yang terlarut di air. Folat ialah gizi penting untuk perubahan otak janin dan sumsum tulang belakang. Mengonsumsi makanan kaya folat dengan teratur seperti brokoli, menolong memberikan dukungan kehamilan yang sehat. Faedah brokoli ini sanggup menahan resiko cacat janin.

16. Menormalkan Kandungan Gula Darah

Diabetes gestasional terjadi bila badan tidak bisa menghasilkan cukup insulin untuk merusak gula yang dimakan sepanjang kehamilan. Kandungan dalam brokoli dijumpai bisa menormalkan kandungan gula darah. Ini bisa dimakan sebagai alternatif nasi pada ibu hamil yang menanggung derita diabetes. Disamping itu, brokoli memiliki kandungan omega 3 untuk memantapkan tekanan darah.

17. Usir Sembelit Ibu Hamil

Sembelit ialah permasalahan umum pada ibu hamil yang umum terjadi pada trimester 1 dan 2. Peralihan hormonal, metabolisme, dan suplemen zat besi berperanan dalam mengganti peranan pencernaan. Brokoli memiliki kandungan serat terlarut dan tidak terlarut yang menolong meredam air dan atur gerakan usus. Maka dari itu, brokoli menolong menahan sembelit sepanjang kehamilan.

18. Bisa Mengatur Anemia

Keperluan zat besi akan bertambah sepanjang kehamilan. Bila tidak tercukupi, ini dapat mengakibatkan anemia. Untuk menghindar hal itu, mengonsumsi makanan yang sarat dengan zat besi. Maka dari itu, dapat manfaatkan brokoli untuk sumber zat besi dan asam folat yang bagus. US Department of Health and Human Serviss menyarankan konsumsi brokoli sepanjang kehamilan untuk menahan anemia.

19. Memberikan dukungan Kesehatan Mata

Faedah brokoli bisa dirasa untuk kesehatan mata. Beta karoten dalam sayur hijau ini menolong jaga pandangan. Riset dalam jurnal Nutrients menjelaskan jika beta karoten bersama vitamin A dapat menghindari penyakit seperti rabun, mata merah, atau infeksi.

Panduan Pilih dan Konsumsi Brokoli

Saat sebelum mengkonsumsinya, kenali langkah pilih brokoli yang betul. Tentukan brokoli fresh warna hijau tua dan jauhi sayur dengan bintik atau bintik kuning kehitaman. Brokoli dengan bintik itu mengisyaratkan sudah layu atau ke arah busuk. Langkah lain ketahui tingkat kesegaran brokoli ialah tekan tangkai atas brokoli dengan ujung jemari. Jika keras, maknanya brokoli masih lumayan fresh. Tentukan kepala brokoli yang fresh, padat, dan warna hijau tua atau ungu-hijau ceria. Tentukan tangkai dan batang yang kuat, dan bukan yang memiliki rongga. Jauhi kepala warna kuning karenanya memperlihatkan jika brokoli terlampau masak. Jauhi pilih kuntum yang layu atau kering. Janganlah lupa, untuk selekasnya konsumsi brokoli sesudah dibeli. Tidak boleh konsumsi brokoli lebih satu minggu semenjak dibeli.

Untuk hal penyimpanan, lebih bagus brokoli diletakkan dalam kulkas dalam tas dengan bahan nilon. Langkah melahap brokoli juga bisa jadi salad, lahapan, atau juice sayur yang sedap. Nach, bila Mam ingin rebusnya upayakan tidak lebih dari 5 menit. Karena kandungan sulforaphane dalam brokoli bisa lenyap sampai 50% bila kelamaan diolah. Mempunyai rasa yang nikmat, brokoli bahkan juga dapat diperkenalkan saat Sang Kecil Mulai MPASI.

Selamat berkreatifitas dengan sayur hijau ini!

Belum ada Komentar untuk "19 Kegunaan Brokoli untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewati"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini