15 Makanan Ciri Khas Riau yang Menggoyahkan Selera, Wajib Coba!

Makanan Ciri Khas Riau yang Menggoyahkan Selera

Sedang bertandang ke Riau? Janganlah sampai melewati jejeran makanan ciri khas Riau yang mengunggah hasrat, ya! Riau adalah propinsi di Sumatera yang terletak lumayan strategis. Propinsi ini menjadi satu diantara tempat rekreasi favorite, karena kekhasan budaya. Sudah pasti, akan sayang rasa-rasanya bila bertandang ke situ tanpa mencicip makanan ciri khas Riau.

Referensi Makanan Ciri khas Riau

Walau setiap orang mempunyai opsi makanan yang berbeda. Namun, bila satu hari Mam punyai peluang untuk tiba ke Riau, sebaiknya untuk mencicip semua kulineran ciri khas di situ. Bila Mam ingin cari tahu dahulu masalah info makanan ciri khas Riau sebagai favorite beberapa orang, berikut ada banyak referensinya. Dimulai dari makanan yang renyah, bersantan, sampai yang manis, berikut referensi makanan ciri khas Riau yang Mam harus tahu!

1. Sup Sokong

Sup Tunjang

Salah satunya makanan ciri khas Riau sebagai favorite beberapa orang ialah sup sokong. Sajian sup ini dibuat dari kaldu sokong yakni tulang kaki sapi hingga bisa ditegaskan Mam akan memperoleh cita-rasa kaldu yang paling unik dan renyah.

Bila Mam barusan datang di Riau, karena itu satu mangkuk sup sokong dengan nasi pasti dapat beri kesegaran diri sesudah tempuh perjalanan. Salah satunya yang jadikan sup sokong cukup unik, Mam umumnya akan mendapati sedikit tersisa daging yang menyengaja didiamkan melekat di bagian kaki sapi.

Sisi ini umumnya dipendam bersama kombinasi rempah-rempah. Cita-rasa yang dibuat benar-benar empuk dan halus hingga bisa membuat Mam ingin makan kembali, kembali, dan kembali. Disamping itu, Mam bisa juga nikmati sumsum dalam tulang kaki sapi.

2. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

Makanan ciri khas Riau seterusnya yang harus Mam cicip ialah gulai ikan patin. Gulai yang ini benar-benar pas untuk dicicipi dengan keluarga setelah tiba di Riau, baik itu untuk makan siang atau untuk makan malam. Mam tak perlu cemas karena Mam dapat secara mudah untuk mendapati gulai yang ini nyaris setiap restaurant yang berada di Riau.  Makanan ciri khas Riau ini benar-benar dikenali mempunyai kuah yang warna kuning pekat dan kental. 

Disamping itu, saat melahapnya, Mam akan berasa senang karena sajian gulai ini memakai material dasar ikan patin yang dipotong besar. Gulai ikan patin ini akan nikmat bila Mam melahapnya dengan nasi hangat dan sayur ubi yang direbus. Kesedapan dan rasa renyah yang dibuat dari rempah opsi yang dipakai akan membuat Mam suka.

3. Gulai Belacan

Gulai Belacan

Makanan ciri khas Riau lain yang tidak kalah terkenal ialah gulai belacan. Ini ialah hidangan gulai yang memakai olahan udang berkuah kental yang dibuat dari santan. Kuah gulainya mempunyai cita-rasa ciri khas yang dibuat dari kombinasi kemiri, lada, dan asam jawa.

Umumnya, Mam akan mendapati olahan gulai belacan dari udang air tawar atau udang laut. Ke-2 nya ialah sajian nikmat untuk digabungkan dengan kuah kental berasa unik dan dikonsumsi dengan nasi putih yang hangat.

4. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Mam awalnya tentu mengenali nasi lemak sebagai makanan ciri khas Malaysia, namun saat Mam berkunjung Riau, Mam bisa juga mendapati sajian nasi lemak. Selainnya di Riau dan Malaysia, Mam bisa juga mendapati nasi lemak ini di Brunei Darussalam dan Singapura.

Nasi yang serupa nasi uduk ini sangat pas sebagai menu makan pagi pada pagi hari. Cita-rasanya yang renyah datang dari kombinasi santan dan daun pandan yang akan menambahkan wewangian wangi nasi ini.

Tersering nasi lemak dihidangkan dengan lauk lain seperti ikan teri goreng, telur sambal, dan beberapa potongan ketimun. Selainnya beberapa menu pendamping itu, makan nasi ini umumnya ditemani dengan tempe, daging, sayur kacang panjang dan ada banyak kembali menu yang lain yang dapat Mam cicipi.

5. Mie Sagu

Mie Sagu

Bila Mam jemu dengan olahan santan, kemungkinan Mam dapat mencoba olahan mie yang paling unik dan inovatif dari Riau yakni mie sagu. Jika umumnya Mam nikmati mie yang dibuat dari tepung terigu, karena itu mie ini dengan bahan olahan tepung sagu. Makanan ciri khas Riau yang ini jadi makanan yang sering kali dicari oleh pelancong karena rasanya yang paling sedap dan buat suka. 

Mie sagu ini sangat nikmat karena diperlengkapi dengan menu lain seperti ikan teri sambal goreng, tauge rebus, dan daun kucai. Tidak cuma nikmat, mie sagi ini banyak mengandung nutrisi dan nutrisi yang diperlukan oleh badan untuk selalu sehat.

6. Mie Lendir

Mie Lendir

Olahan mie yang lain yang disebut makanan ciri khas Riau ialah mie lendir. Kemungkinan Mam kurang berselera saat dengar namanya, tetapi realitanya olahan mie dengan kuah kacang yang kental ini mempunyai cita-rasa yang hebat.

Kuahnya memang kental seperti lendir, tetapi cita-rasa bumbu uniknya tentu buat Mam suka. Dibuat dari mie kuning, telur rebus, tauge, dan potongan cabai rawit, sajian ini semakin nikmat dihidangkan saat hangat, khususnya saat cuaca dingin.

7. Lakse Kuah

Lakse Kuah

Kembali lagi ke tipe sajian yang bersantan, Mam bisa juga coba lakse kuah saat bertandang ke Riau. Kuahnya dibuat dari kombinasi ketumbar, adas manis, dan bermacam rempah yang lain yang hendak sukses menggoyang lidah. Mie yang dipakai ialah mie sagu dan akan nikmat bila dihidangkan dengan olahan ikan laut fresh, ikan tongkol, atau ikan teri yang telah ditumbuk lembut.

8. Sup dan Sate Rusa

Sup dan Sate Rusa

Makanan ciri khas Riau yang lain unik dan harus Mam cicip saat bertandang ke Riau ialah sop dan sekaligus juga sate rusa. Bila umumnya Mam mencicip sate daging sapi atau sate ayam, jadi tidak ada kelirunya mencicip sate yang dibuat dari daging rusa.

Tidak boleh cemas, daging rusa ini mempunyai struktur yang empuk dan mempunyai rasa sensasi tertentu saat Mam mencicipinya. Apa lagi sate dan supnya diproses dengan bumbu ciri khas yang makin menambah Mam ingin tahu untuk mencoba.

Rasa daging rusa yang manis juga pas oleh dicicipi oleh siapapun. Selainnya sate, Mam harus pesan sop yang dihidangkan dengan nasi putih hangat.

9. Cincalok

Cincalok

Saat pesan menu makanan ciri khas Riau, nampaknya Mam bisa juga lengkapinya dengan cincalok. Ini ialah olahan udang kecil yang telah lewat tahapan peragian. Cincalok begitu nikmat dikonsumsi dengan nasi putih hangat dan di Riau Mam akan mendapatinya sebagai pendamping sambal.

10. Gulai Cipuik

Gulai Cipuik

Makanan ciri khas Riau selanjutnya ialah gulai cipuik. Gulai ini dibuat dari siput. Walau kemungkinan terlihat tidak biasa, tapi gulai siput banyak disukai oleh warga Riau. Maka Mam seharusnya tidak melewatinya saat berekreasi kulineran di Riau.

Kenyalnya daging siput yang bersatu dengan kuah gulai renyah berasa begitu nikmat. Mam akan nikmati kesan makan gulai yang unik karena harus keluarkan sisi daging dari cangkang siputnya saat sebelum dikonsumsi.

11. Lopek Bugi

Lopek Bugi

Lopek bugi sebagai salah satunya tipe kue basah ciri khas Riau yang tidak kalah nikmat dengan makanan yang lain. Sebagai info, makanan ini datang dari Kabupaten Kampar dan telah banyak dikenali orang karena kesedapannya.

Lopek bugi sendiri ialah kue yang dibuat dari tepung beras ketan dan dikasih isian, lalu dibuntel memakai daun pisang. Umumnya, isian lopek bugi berbentuk parutan kelapa yang diolah dengan gula pasir atau gula merah hingga mempunyai cita-rasa manis dan legit.

Kue lopek bugi terdiri jadi 2 variasi yang diperbedakan berdasar bahan bakunya, yaitu memakai tepung beras ketan putih dan ketan hitam. Mam juga dapat pilihnya sesuai dengan selera.

12. Ikan Selais Asap

Ikan Selais Asap

Seterusnya, ada ikan selais asap yang jangan Mam terlewat bila bertandang ke daerah Riau. Ikan selais adalah tipe ikan terpopuler di Riau hingga banyak dimakan oleh warga sekitaran. Sebagian besar masyarakat Riau memproses ikan selais ini dengan dipindang atau jadi gulai. Tetapi, sebelumnya, ikan selais akan diasap lebih dulu. 

Sudah pasti, rasa pindang dan gulai dari ikan selais asap ini sangat nikmat. Struktur gurih dan cita-rasa ciri khas ikan asapnya membuat siapa akan suka. Karena pemrosesannya dengan diasap, ikan selais asap dapat tahan lama hingga Mam dapat menjadikan oleh-olehan.

13. Asam Pedas Ikan Baung

Asam Pedas Ikan Baung

Masih dari olahan ikan, Riau dikenal juga dengan kulineran asam pedas ikan baungnya. Sama sesuai namanya, daging ikan baung akan diolah dengan bumbu asam pedas. Umumnya, olahan ikan tanpa duri ini mempunyai warna kuah merah menonjol dan diolah memakai bermacam rempah. Rasanya pedas dan asam yang beri kesegaran, benar-benar pas dikonsumsi dengan nasi putih hangat.

14. Ikan Cuka

Ikan Cuka

Sajian dari ikan ciri khas Riau selanjutnya ialah ikan cuka. Adapun ikan yang umum dipakai sebagai material dasarnya adalah ikan tenggiri. Dalam masakan ini, cuka dipakai sebagai kuah ikan yang telah dimasak. Sudah pasti, cuka yang dipakai akan digabung dengan bermacam bumbu hingga rasanya sedap saat dikonsumsi.

15. Mie Tarempa

Mie Tarempa

Mie tarempa menjadi satu diantara olahan mie ciri khas Riau yang banyak disukai warga. Maka saat Mam bertandang ke Riau, wajib buat mencicipinya. Mie tarempa sendiri sebagai sajian dari mie kuning yang digabung dengan telur, udang, tauge, dan dibumbui cabai rawit dan kecap. Dalam penyuguhannya, mie tarempa bisa diproses dengan kuah (basah) atau dimasak (kering).

Itulah jejeran sajian ciri khas Riau yang cukup terkenal. Makanan ciri khas Riau mana yang hendak Mam coba saat ada di sana? Masih tetap ingat untuk batasi jatah supaya tidak terlalu berlebih, ya!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama