10 Makanan Jepang Paling Populer

10 Makanan Jepang Paling Populer

Pencinta makanan Jepang di Indonesia pasti banyak, Mam kemungkinan satu diantaranya. Biasanya, makanan Jepang yang paling disukai orang Indonesia ialah sushi dan ramain. Sebetulnya ada banyak kembali tipe makanan Jepang yang tidak kalah nikmat lho, apa ya?

Yok, kita ketahui makanan Jepang lain selainnya sushi dan ramain!

Makanan Jepang Paling Terkenal

Seperti kita mengetahui, Jepang populer dengan masakannya yang nikmat dan unik. Tetapi, saat kita pikirkan makanan Jepang, hal pertama kali yang tebersit dalam pemikiran ialah sushi dan ramain. Rupanya makanan ciri khas Jepang tidak cuma dua tipe itu lho Mam.

Yok, ketahui makanan Jepang yang terkenal dan pantas untuk dicoba!

1.Udon

udon

Pertama ada makanan Jepang yang bisa disebut sebagai mie ciri khas Jepang. Udon sebagai salah satunya tipe mi yang telah dikenali di Jepang dari dahulu, dibikin dari tepung terigu dan berwujud tebal dan cukup lebar.

Tidak cuma tebal saja, udon ada juga yang tipis lho dan biasa disebutkan dengan Hosoudon. Tepung terigu berprotein sedang atau rendah diulen sama air dan sedikit garam untuk membikin adonan udon. Sesudah adonan dipotongi, udon langsung bisa direbus dan umumnya dikonsumsi bersama kuah yang dibikin dari dashi plus tambahan kecap asin yang disebutkan tsuyu.

2. Dorayaki

Dorayaki

Dorayaki sebagai kue yang terhitung ke kelompok kue tradisionil Jepang. Makanan Jepang yang ini memiliki bentuk bundar dan tebal. Dorayaki dibikin dari 2 helai panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Teksturnya halus dan serupa castella karena adonannya dikasih madu. Dorayaki nyaris sama dengan imagawayaki, tapi berlainan dari wujud dan langkah memanggangnya.

3. Takoyaki

Takoyaki

Takoyaki berwujud bola-bola kecil berdiameter 3-5 cm yang dibikin dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita didalamnya. Di Jepang sendiri, makanan ini biasanya dipasarkan di tepi jalan sebagai jajan. Takoyaki dikonsumsi dengan memakai tusuk gigi, tapi di Tokyo dikonsumsi dengan memakai sumpit sekali saja pakai. Bahan seperti baking powder atau asinan jahe warna merah kerap juga digabungkan ke adonan untuk membikin makanan Jepang yang ini.

4. Soba

Soba

Kembali lagi makanan Jepang mempunyai mi sebagai makanan ciri khas dari negaranya, kali ini bukanlah udon tapi soba namanya. Soba sebagai salah satunya tipe mi Jepang yang dibikin dari tepung gandum kuda. Istilah "soba" bisa juga memiliki arti mi telur asal Tionghoa yang diolah jadi yakisoba atau ramain. Orang Jepang memiliki adat makan soba pada malam tahun baru.

5. Okonomiyaki

Okonomiyaki

Makanan Jepang seterusnya ada okonomiyaki. Ini sebagai makanan Jepang yang dibuat dari tepung terigu yang digabung sama air yang berisi sayur, daging, ikan, selanjutnya dipanggang di atas pelat besi dan dibaluri sauce di atasnya. Ada 2 jenis okonomiyaki yakni okonomiyaki ala-ala Kansai yang dibikin dengan mengeduk lebih dulu bahan makanan dengan tepung terigu lalu dipanggang. Ada juga okonomiyaki ala-ala Hiroshima yang dibikin tanpa diaduk-aduk bahan makanan lain dan tepungnya. Tetapi, langsung ditumpuk dan dipanggang di atas pelat besi panggangan.

6. Sashimi

Sashimi

Sashimi pada intinya ialah ikan mentah atau makanan laut yang dihidangkan dengan wasabi (bumbu pedas Jepang) dan kecap. Makanan Jepang ini diperlengkapi dengan potongan lobak untuk menambahkan kerenyahan. Sashimi berlainan dari sushi, lho! Sushi tidak selamanya memakai ikan mentah, dan sashimi dibuat dari ikan mentah dengan nasi. Ikan yang dipakai untuk membikin sashimi harus sesegar kemungkinan, bagus untuk meminimalisir resiko kontaminasi dan untuk rasa yang sedap.

7. Yakitori

Yakitori

Bila Indonesia populer dengan sate ayam dan kambingnya, Jepang punyai yakitori, Mam! Yakitori ialah semacam sate berbahan dasar ayam panggang yang diberi bumbu dengan garam. Seringkali, makanan ini dipertambah dengan sauce, gula, jeruk nipis, dan kecap di atasnya. Ada beberapa tipe yakitori, tapi tipe yang umum ialah momo (paha ayam), negima (ayam dan daun bawang), dan tsukune (bakso ayam).

8. Tempura

Tempura

Tempura ialah makanan Jepang yang dimasak dan dibuat dari makanan laut dan sayur. Diberi bumbu dengan sauce, kecap, jahe, dan gula. Ukuran potongannya kecil-kecil dan dapat dikonsumsi dalam sekali suap. Antiknya, walau dimasak, tempura tidak mempunyai struktur yang berminyak. Tempura umumnya dihidangkan dengan sauce Tetsuyu yang disebut kombinasi dari kecap, jahe, lobak, dan rempah-rempah.

9. Nasi Kari Jepang

Nasi kari jepang

Jemu dengan nasi sushi atau ramain? Yok, coba makanan Jepang berbentuk nasi kari ini! Ini salah satunya makanan ciri khas Jepang yang terkenal dan gampang diketemukan. Nasi kari diperlengkapi daging dan sayur fresh. Sayur yang digunakan ialah bawang, wortel, ubi jalar, ayam, sapi, dan kadang bebek. Dapat dikonsumsi pedas atau tidak pedas, lho!

10. Donburi Rice Bowl

Donburi Rice Bowl

Sajian rice bowl ini hampir serupa terkenalnya dengan ramain di Jepang. Umumnya donburi dikonsumsi saat makan siang. Donburi dibikin dengan beragam daging, ikan, dan sayur yang dihidangkan di atas nasi kukus dalam mangkok besar. Disamping itu umumnya dipertambah beragam topping seperti ayam rebus, telur, daun bawang, gyudon, dan bawang bombay. Dikonsumsi dengan kecap asin dan potongan tempura goreng. Makin tidak sabar untuk mencoba, kan?

Itulah beberapa jenis makanan ala-ala Jepang selainnya ramain dah sushi. Makanan ciri khas Jepang yang mana telah Mam coba?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama