Wakapolri Kunjungi Markas, Staf LPSK Kembalikan Amplop Coklat 'Titipan Bapak' Komnas HAM Batal Periksa Putri Chandrawathi Hari Ini

Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Gatot Eddy Pramono mengunjungi Mako Brimob, berangkat sebelum pemeriksaan Inspektur Jenderal Ferdy Sambo. 

Rombongan Gatot terlihat memasuki Markas Brimob sekitar pukul 15.11 WIB. Mobil bernomor polisi 2 00 itu diikuti beberapa mobil polisi.

Rombongan tiba sekitar 30 menit setelah dua kendaraan taktis Blimob menerobos Markas Brimob. Kendaraan itu digunakan sekali saat polisi menggerebek rumah Ferdi Sambo. Sejauh ini polisi belum memberikan komentar resmi terkait kedatangan Gatot, saya berencana mengusut Sambo dan Barada Eliezel. 

Pemeriksaan akan dilakukan di Mabes Polri. Komnath juga dikabarkan telah memeriksa istri Sambo kemarin. Tapi dia bilang dia belum siap.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan pihaknya melakukan itu karena kondisi Putri masih genting dan tidak mau tunduk pada penyelidikan. 

 "Belum siap (diperiksa), belum siap," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (12/8).

Pada Jumat, Sambo diperiksa oleh tim khusus (Tim Sus) yang dibentuk Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Saat diperiksa, Sambo mengaku ingin membunuh Brigadir J. Sambo mengatakan Brigadir J melanggar martabat keluarganya.

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK) Edwin Partogi mengatakan, salah seorang anggotanya menerima dua amplop cokelat usai bertemu dengan Irjen Ferdi Sambo, mantan ketua divisi propom. 

Ia menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Rabu (13/7). Saat itu, dua petugas LPSK bertemu dengan Sambo di kantor Propham Khadib. Menurut dia, pertemuan itu terkait permintaan perlindungan istri Sambo.

"Permohonan perlindungan istri saya sudah masuk. Sudah tiga hari polisi mengungkap kasus itu," kata Edwin saat itu.

Ia mengatakan, salah satu petugas LPSK melakukan salat di masjid Mabes Polri usai bertemu dengan Sambo dan menunggu kedatangan Barada E.

Saat itu, hanya ada satu petugas LPSK yang menunggu di ruang tunggu tamu di Markas Propham. 

 “Pada kesempatan itu, salah satu staf yang mengenakan seragam hitam bergaris abu-abu menyerahkan titipan atau surat perintah untuk berbagi 'Bapa' di antara petugas LPSK,” kata Edwin. 

Menurut kesaksian mereka, staf menyerahkan sebuah map berisi dua amplop coklat setebal 1 cm. 

 "Petugas LPSK tidak menerima titipan atau perintah dan mengirimkannya kepada staf untuk dikembalikan," kata Edwin. 

Kami berusaha menghubungi kuasa hukum istri Sambo Putri Candrawati, Arman Hanis. Istri Sambo, Putri Chandrawati, diketahui bungkam soal penembakan Brigjen J yang menyebut namanya pada Jumat (7/8). 

Dia juga membuat satu penampilan publik setelah insiden itu terungkap. Momen tersebut terjadi pada Minggu (7/9) saat Putri menjenguk suaminya yang menginap di lokasi khusus Markas Brimob Kelapa Dua Depok. Sambo bukan tersangka pada saat itu. 

Putri adalah Brigadir Jenderal J. Putri mencari perlindungan dari LPSK, namun prosedur evaluasinya gagal dua kali karena tidak bisa dimintai keterangan.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnath HAM) pada Jumat (8/12) menghentikan penyidikan terhadap istri Irjen Ferdi Sambo, Putri Kandrawati. Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM , mengatakan pihaknya melakukan itu karena kondisi Putri masih genting dan tidak mau tunduk pada penyidikan. 

 "Belum siap (diperiksa), belum siap," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (12/8).

Taufan mengatakan, status saat ini diberikan oleh psikolog pendamping Putri. Karena itu, Taufan mengatakan pihaknya akan menyiapkan pendapat ahli untuk mendukung pemulihan psikologis istri Ferdi Sambo itu.

"Kami akan meminta tim integrasi untuk menilai dan mendukung pemulihan," katanya. Sebelum , Komnath Ham menyiapkan tim pembanding psikologis untuk mempelajari Putri. Namun, Taufan mengatakan pihaknya masih mencoba menanyakan langsung kepada Putri. Oleh karena itu, langkah ini diambil ketika rencana untuk mencari informasi berlarut-larut. 

 "Ya, kami akan. Jika terlambat, kami akan mendapatkan second opinion. Kami memiliki tim pembanding," kata Taufan. 

Putri diketahui bungkam terkait insiden penembakan terhadap Brigjen J pada Jumat lalu (8/7). Gugatan itu berlangsung selama 3 hari hingga Kamis (8 November).



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama