Tips Menjaga Mata Tetap Sehat untuk Pecinta Gadget

Di era digital saat ini, kita tidak bisa jauh-jauh dari gadget dan elektronik yang  kita gunakan sehari-hari. Baik ponsel dan komputer, laptop dan tablet  menjadi beberapa perangkat yang paling terlihat sepanjang hari.

Apalagi bagi mereka yang bekerja di depan komputer, aktivitas di depan layar sudah tidak bisa dipisahkan lagi.

Perangkat elektronik sebenarnya membawa banyak keuntungan dan kemudahan bagi kita. Namun, efek samping bagi kesehatan kita, terutama kesehatan mata, tidak bisa dihindari.

Ya, salah satu efek samping dari terlalu seringnya memandang layar perangkat elektronik adalah resiko terganggunnya kesehatan mata.

Tidak hanya mata lelah dan merah, namun juga jangka panjang seperti mata minus dan bahkan infeksi mata yang cukup serius.

Bagi Anda pecinta gadget, berikut adalah tips menjaga kesehatan mata agar jauh dari efek samping aktivitas di depan layar perangkat elektronik.

Kondisi yang Nyaman saat Bermain Gadget 

Salah satu sebab mata cepat lelah saat beraktivitas dengan gadget adalah situasi yang kurang nyaman, misalnya layar gadget atau perangkat elektronik yang terlalu kecil sehingga kita harus mendekat ke layar, kursi yang tidak nyaman sehingga posisi duduk terganggu dan menciptakan stress dan berdampak ke mata, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat mengatur kondisi ruangan atau tempat bermain gadget senyaman mungkin, misalnya cahaya ruangan yang cukup, serta benda atau dekorasi ruang yang dapat mengalihkan sudut pandang Anda sesekali agar tidak terlalu fokus pada layar.

Sumber Cahaya yang Cukup

Untuk menjaga kesehatan mata selama beraktivitas dengan gadget, usahakan untuk tidak mengarahkan cahaya kepada Anda yang hanya bersumber dari layar gadget tersebut.

Sebaiknya di dalam ruangan terdapat sumber cahaya lain seperti lampu meja, lampu ruang maupun sinar matahari dari jendela sehingga mata Anda tidak mudah lelah.

Atur juga sinar dari gadget Anda agar tidak terlalu terang karena dapat mengakibatkan iritasi mata.

Jaga Jarak Pandangan dari Gadget

Menjaga jarak pandang dari gadget dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata. Hindari memandang gadget lurus ke depan dengan dekat.

Beri jarak setidaknya 60 hingga 70 centimeter agar mata tidak langsung terpapar sinar dari layar secara langsung dan terlalu dekat.

Atur Teks Agar Mudah Dibaca

Salah satu penyebab kita melihat layar gadget dari jarak yang sangat dekat adalah karena tulisan yang ada pada layar terlalu kecil.

Atur teks pada layar dalam ukuran yang cukup besar dan mudah dibaca dari jarak aman baca, untuk menghindari Anda menatap layar dalam jarak yang sangat dekat.

Sering Berkedip

Aktivitas dengan gadget biasa membuat mata kita fokus dan rentan kering. Normalnya, jika mata sedang beraktivitas dengan fokus, mata akan lebih jarang berkedip, padahal dengan mengedip mata akan terjaga kelembapannya.

Usahakan untuk berkedip dengan cukup selama beraktivitas menggunakan gadget.

Beri Waktu Istirahat

Salah satu tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga mata tetap sehat selama beraktivitas dengan gadget adalah dengan memberi jeda waktu untuk beristirahat.

Setidaknya setiap 30 menit, ubah sudut pandang Anda dengan tidak menatap layar.

Siapkan Tetes Mata

Mata yang sering memandang layar gadget sangat rentan kering dan iritasi. Terutama bagi Anda yang menggunakan lensa kontak, mata semakin rentang kering.

Anda dapat menyiapkan tetes mata dan gunakan setiap kali mata terasa kering untuk tetap menjaga kelembaban mata.

Asupan Vitamin A yang Cukup

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata. Bagi Anda yang terbiasa beraktivitas menggunakan gadget, pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, seperti buah-buahan dan sayuran.

Bagi para pengguna gadget di atas, menjaga kesehatan mata tampaknya cukup mudah bukan? Jaga kesehatan mata Anda sekarang juga dan jangan menunggu untuk melihat efek negatif gadget pada mata Anda.

Semoga Bermanfaat!!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama