Reksadana Ajaib vs Bibit, Mana yangTerbaik?

Ajaib and bibit adalah dua aplikasi investasi reksadana online yang paling banyak digunakan untuk pemula dibandingkan saat ini. Apa saja aplikasi reksadana online terbaik?

Untuk mengetahuinya, saya meminta salah satu penulis untuk melihat pro dan kontra dari kedua metode dan mendokumentasikan hasilnya di artikel ini.

Ajaib dan Bibit adalah sama - sama aplikasi saham dan reksadana dalam satu tempat, yang menargetkan pengguna pemula dana milenial.

Keunggulan Ajaib adalah aplikasi yang mudah digunakan dan user friendly, murah komisinya, namun informasi riset terbatas dan tidak ada komunitas saham di dalamnya. Sementara, Bibit unggul dalam hal komisi fee transaksi gratis, informasi riset lengkap, bisa autodebet dari GoPay, dan punya komunitas online saham terbesar di Indonesia, namun aplikasi tidak terlalu mudah digunakan.

Keduanya, Ajaib dana Bibit adalah aplikasi reksadana Online yang legit dan kredibel di Indonesia karena semuanya punya izin dari OJK.

Kita akan membahas secara singkat ihwal perbedaan Ajaib dan Bibit. Mana yang lebih baik digunakan saat ingin berinvestasi?

Apa itu Ajaib Sekuritas

Berdiri sejak 2018, Ajaib Group menaungi Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia).

Ajaib Sekuritas atau PT Ajaib Sekuritas Asia berdiri pada 1989 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-171/PM/1992. 

Ajaib Reksa Dana atau PT Takjub Teknologi Indonesia berdiri pada 2019 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-17/PM.21/2018.

Kelebihan Ajaib

Berikut ini kelebihan Ajaib Sekuritas

1. Ajaib: Dua Macam Investasi, Dalam Satu Aplikasi

Dalam satu aplikasi, pengguna bisa melakukan tidak hanya jual beli Reksadana, tetapi juga jual beli saham.

Hal ini sangat membantu karena investor jadi punya banyak pilihan instrumen. Tidak terpaku pada satu jenis investasi.

2. Ajaib Sekuritas Aman, Bukan Penipu

Ajaib Sekuritas aman karena sudah punya izin resmi dari OJK dan Anggota Bursa di PT Bursa Efek Indonesia. Dengan legalitas yang jelas, Ajaib Sekuritas bukan penipu. Ini broker yang legit.

3. Minimum Deposit Nol

Investasi reksa dana mulai dari Rp10.000. dan Minimal deposit untuk beli jual saham di Ajaib Sekuritas adalah 0.

4. Buka Rekening Reksadana dan Saham Online

Calon investor tidak perlu mengirim dokumen via pos maupun negosiasi dengan agen di kantor sekuritas. Cukup mengunduh aplikasi dari PlayStore, kemudian mengikuti alur prosedur pendaftaran. 

Setelah semua tahapan selesai, calon investor hanya perlu menunggu selama sekitar 1x24 jam hingga pembukaan rekening disetujui.

5. Platform Trading Saham Informatif.

Investor dapat memilih saham secara mandiri maupun berdasarkan data per sektor saham dan daftar populer (Top Value, Top Gainer, Top Volume, dll). Profil setiap emiten sudah dilengkapi dengan data-data seperti statistik fundamental (EPS, PER, PBV, Dividend Yield, RoA, RoE, DER, NPM, dll), grafik finansial (Balance Sheet, Cash Flow, Income Statement), jadwal aksi korporasi, dan berita terkini. Semuanya dapat diakses dalam satu klik.

6. Aplikasi Mudah Dipakai untuk Milenial

Ajaib dikenal sebagai platform trading yang dekat dengan milenial. Pendekatan dan cara komunikasi yang bergaya anak muda, membuat Ajaib banyak digunakan oleh anak muda untuk main saham.

Tampilan UX/UI di aplikasi Ajaib juga mudah digunakan. Hilang kesan bahwa trading saham itu rumit dan kompleks.

Jadi, meskipun Ajaib muncul belakangan dibandingkan sekuritas lain, mereka bisa menarik kaum muda untuk berinvestasi di saham.

Kekurangan Ajaib

1. Aplikasi Lambat, Bug, Verifikasi RDN Sulit

Dari informasi di Play Store, banyak user yang mengeluhkan aplikasi yang suka lambat, bug dan hang. Di samping itu, proses pembukaan rekening, yang tidak mulus, terutama saat koneksi dengan rekening Bank.

2. Bukan Penjamin Emisi IPO

Ajaib bukan penjamin emisi IPO. Sehingga ketika ada IPO besar, seperti GoTo atau saham IPO lainnya, sekuritas ini tidak menjadi penjamin IPO.

Akibatnya, kita tidak bisa mendapatkan prioritas saham IPO di Ajaib Sekuritas.

3. Riset Kurang Sekali

Ajaib tidak memiliki tim riset in-house, baik itu fundamental atau teknikal, yang bisa memberikan informasi ke para investor. Padahal, riset ini adalah salah satu nilai tambah buat investor saat akan melakukan jual beli saham.

4. Tidak Ada Fasilitas Tarik Dana Jual Saham di T+0

Jual saham di Ajaib sekuritas tidak bisa diterima dananya di T+0. Hal mana fasilitas ini penting buat investor yang butuh dana darurat untuk menarik uangnya segera, meskipun dikenakan fee atau biaya tambahan.

5. Tidak Ada Fasilitas Robot Trading

Aplikasi Ajaib belum memiliki fasilitas Robot Trading, yang bisa melakukan otomasi proses jual beli trading saham.

6. Pilihan Instrumen Lain Tidak Ada

Di Ajaib, tidak ada instrumen seperti emas, obligasi ORI SBN dan tabungan haji. Instrumen hanya di saham dan Reksadana.

Apa itu Bibit

Bibit adalah aplikasi jual beli Reksadana secara online. Orang bisa beli dan jual serta memilih Reksadana cukup dari aplikasi.

Berbeda dengan umumnya pembelian Reksadana selama ini, yang orang memilih sendiri dan sering membuat pemula jadi sulit memulai, Bibit membangun algoritma yang memungkinkan untuk memberikan rekomendasi pilihan Reksadana terbaik.

Kelebihan Bibit

1. Aman, Izin OJK

Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK. Bibit sudah terdaftar dan mempunyai izin lisensi APERD resmi dari OJK & Kominfo.

Bibit tidak menyimpan dana kamu. Dana yang kamu investasikan ditransfer langsung ke kustodian bank dan dikelola oleh perusahaan berlisensi OJK. Dana hanya dapat dicairkan ke rekening atas nama kamu.

2. Mudah Buat Pemula Sekalipun

Calon nasabah masuk ke aplikasi dan mengisi profil risiko mereka, lalu sistem di Bibit akan memilihkan jenis Reksadana yang paling sesuai dengan tujuan keuangan, profil risiko dan target yang hendak dicapai.

Cara ini membuat mereka yang pemula bisa dengan sangat mudah memulai investasi di Reksadana. Tanpa perlu pengalaman. Tanpa harus bingung. Tinggal terima beres.

3. Gratis Biaya Komisi (Rp 0)

Semua pembelian di Bibit tidak dipotong biaya transaksi supaya keuntungan bisa lebih tinggi. Bibit di bayar oleh pihak manajer investasi.

4. Minimum Investasi Terjangkau

Mulai dari Rp 10.000 bisa berinvestasi di Bibit.

Bisa Bayar Pakai GOPAY dan LinkAJa. Gratis biaya transfer. Tanpa perlu upload bukti transfer. Instan tanpa ribet.

5. Keuntungan Beli Reksa Dana dengan GoPay

Untuk mempermudah, Bibit menyediakan fasilitas GoPay AutoPay, sehingga nasabah bisa langsung potong saldo GoPay secara otomatis supaya investasi jadi lebih disiplin.

Bibit menyediakan fitur nabung rutin yang dibuat untuk membantu melakukan investasi secara konsisten setiap bulan pada tanggal yang telah di set di aplikasi Bibit.

Fitur Nabung rutin ini akan mengirim push notification dan email pada tanggal yang telah di set, sekaligus membuat order pembeliannya. Tinggal melakukan pembayaran/transfer saja di order yang telah di set.

Kelemahan Bibit

1. Pilihan Instrumen Masih Terbatas

Bibit tidak memiliki beberapa pilihan produk Tabungan Umroh, SBN, dan Emas. Sementara, produk ini dicari banyak orang.

2. Minimum Investasi Rp 10 ribu, hanya di beberapa pilihan Reksadana

Untuk reksadana dengan minimum pembelian Rp 10.000 hanya bisa dibeli melalui pilihan sendiri di beberapa Reksadana tertentu. Tidak semua Reksadana di Bibit, bisa minimum investasi Rp 10 ribu.

Secara umum, minimum investasi di Bibit adalah Rp 100 ribu.

3. Tampilan di website cukup rumit dan tidak user’s friendly

Website Bibit punya maksud baik dengan menyajikan banyak informasi. Tetapi, kesannya cukup rumit, jadi kurang ramah buat pengguna pemula.

4. Tidak Bisa Pencairan Reksadana di Hari Sama

Di halaman situs Bibit, kurang ditekankan bahwa pencairan Reksadana tidak bisa secepat deposito atau tabungan karena adanya proses settlement yang butuh waktu beberapa hari mulai dari T+3 sd T+5.

Mungkin Bibit harus mengembangkan produk yang memungkinkan penarikan dana lebih cepat. Anda dapat menarik dalam 1 hari, tetapi ada biaya tambahan. Ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan penarikan dana darurat  segera.

Ajaib tidak kalah unggul dengan satu aplikasi bisa saham dan reksadana, lalu tampilan UX UI yang menarik para milenial. Bibit unggul karena punya integrasi dengan komunitas saham online dan menyediakan data riset soal saham yang lengkap.

Namun, yang paling penting, kedua aplikasi  ini Ajaib dan Bibit, aman dan kredibel karena punya izin resmi OJK.

Belum ada Komentar untuk "Reksadana Ajaib vs Bibit, Mana yangTerbaik?"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini