Pentingnya Harga Diri dan Cara Untuk Meningkatkannya - Self Esteem

Pentingnya Harga Diri/Self Esteem – Ketika Anda mengenal diri sendiri, Anda akan sering menemukan istilah-istilah seperti mencintai diri, penyembuhan diri, dan harga diri. Jadi apa sebenarnya harga diri itu? Baca sampai habis artikel kali ini karena jawabannya ada di sini!

Arti Self Esteem menurut Psikolog

Harga diri/Self Esteem secara harfiah berarti harga diri. Namun, definisi ini dapat diperluas untuk memasukkan perspektif psikolog.

Menurut Adler dan Stewart, pengertian harga diri adalah pemahaman tentang nilai dan harga diri. Harga diri dapat ditinggikan sebagai ukuran seberapa besar seseorang menghargai, mencintai, menyukai, dan menerima dirinya sendiri.

Untuk ahli harga diri Morris Rosenberg, ini hanyalah perilaku individu terhadap diri sendiri, lebih khusus digambarkan sebagai perilaku yang menguntungkan atau tidak menguntungkan terhadap diri sendiri.

Mengapa Self Esteem Penting?

Self esteem amat mempengaruhi banyak hal yang menyangkut dirimu. Proses menentukan sesuatu, mengambil keputusan, relationship, well being, dan kesehatan mental – semua ini terpengaruh oleh self esteem. Selain itu juga mempengaruhi motivasi, pikiran positif, dan juga potensi seseorang.

5 Cara Sederhana Meningkatkan Self Esteem

Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan self esteem:

1. Mengenali diri sendiri

Untuk bisa tahu harga dari dirimu, kamu harus mengenali diri sendiri. Dari situ, kamu bisa tahu apa saja kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Kelebihan bisa terus ditingkatkan dan kekurangan bisa ditingkatkan sampai batas wajar saja.

2. Menentukan ekspektasi yang realistis

Penting dan amat berarti bagimu untuk bisa menentukan goal yang bisa tercapai dengan kekuatanmu. Misalnya, tak usahlah menunggu orang berubah untuk akhirnya menjadi sosok yang kamu inginkan. Itu tak akan terjadi.

3. Berhenti menjadi seorang perfeksionis

Kesalahan adalah hal yang wajar dilakukan oleh manusia. Nobody is perfect memang benar adanya. Daripada menggerutu diri dengan sebuah kesalahan yang ada, mulailah fokuskan diri pada pencapaian yang sudah diraih.

4. Eksplorasi diri

Untuk bisa meningkatkan self esteem, proses mengenali diri tidak boleh berhenti. Terus eksplorasi diri hingga kamu setiap harinya selalu menjadi versi terbaik dari kamu yang kemarin. Self esteem tinggi adalah sebuah perjalanan panjang.

5. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Membandingkan dirimu dengan orang lain adalah sebuah jebakan yang semua orang gampang untuk terjatuh padanya. Di zaman media sosial yang mudah diakses, melakukan hal ini sudah pasti menjadi lebih sering karena triggernya yang tak pernah berhenti. Satu orang yang harus kamu bandingkan sebenarnya adalah dirimu sendiri (Grohol, 2011).

Self esteem sama seperti self love, melakukannya tidak cukup hanya dilakukan atau disadari sekali saja. Ini adalah sebuah proses panjang yang pada akhirnya akan membentuk dirimu sendiri. Meski waktu yang dibutuhkan banyak, tapi hasilnya pasti akan membuatmu kagum akan perubahan diri yang kamu alami.

Kesimpulan

Arti self esteem adalah pemahaman seseorang tentang seberapa ia menghargai, menyukai, menerima, dan mengapresiasi dirinya sendiri. Self esteem penting untuk dimiliki karena Ia mempengaruhi banyak hal dalam hidup seseorang seperti pada kesehatan, pengambilan keputusan, asmara, mental, dll.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama