Panduan Utama MDM - Penjelasan, Manfaat, Fungsi, dan Cara Mengatasi Mobile Device Management

Mobile Device Management atau biasa disebut dengan MDM merupakan salah satu solusi Enterprise Mobility Management (EMM) yang  mengelola, memantau, mengintegrasikan, dan mendukung perangkat bergerak (smartphone, komputer tablet, perangkat POS, laptop atau komputer desktop/PC). adalah. Milik perusahaan, khusus bisnis (COBO), atau bawa perangkat Anda sendiri (BYOD), termasuk aplikasi distribusi dan konfigurasi manajemen untuk perangkat ini.

Peran manajemen perangkat seluler (MDM) adalah menambahkan lapisan keamanan tambahan dan menyediakan cara untuk berintegrasi di seluruh perangkat. Ada beberapa fitur manajemen perangkat seluler (MDM) seperti enkripsi perangkat, kebijakan khusus platform, dan enkripsi kartu SD. Pelacakan lokasi, profil koneksi (VPN, Wi-Fi, Bluetooth), penghapusan jarak jauh, dan fitur lainnya yang merupakan bagian dari solusi MDM.

Kasus 1

Sebuah perusahaan menyediakan perangkat inventaris kepada karyawannya dalam bentuk (smartphone, komputer tablet, atau laptop). Dalam hal ini, perusahaan menghadapi beberapa masalah seperti:

1. Perusahaan sulit untuk mengelola perangkat inventaris yang diberikan kepada karyawannya.

2. Jika salah satu karyawan mengundurkan diri atau perangkat tersebut hilang atau dicuri, perusahaan merasa kesulitan untuk mencari perangkat dan melindungi data seperti kontak, cache email, catatan penting, dokumen sensitif dan foto bahkan konektifitas langsung / virtual private network (VPN) pada aplikasi internal perusahaan dan serangan terhadap jaringan internal perusahaan yang ada pada perangkat tersebut.

3. Perusahaan merasa sangat sulit sekali untuk melakukan beberapa kebijakan prosedur keamanan (policy) pada perangkat yang diberikan ke perusahaan.

Kasus 2

Suatu toko retail (minimarket) memiliki perangkat KIOSK system yang berbasis android dimana fungsinya sebagai swalayan, pembelian tiket, top-up pulsa, dll. Pada perangakat tersebut belum menggunakan layanan MDM akibat perangkat tersebut tidak optimal dalam fungsionalitasnya di antara:

1. Seseorang dapat melakukan perubahan pengaturan terhadap konfigurasi perangkat.

2. Seseorang dapat mengaktifkan fitur tethering sehingga pihak toko retail (minimarket) mengalami over kouta internet.

3. Seseorang dapat melakukan installasi aplikasi lain selain aplikasi yang diperuntukan untuk sistem KIOSK.

4. Dan parahnya seseorang dapat melakukan perubahan atau pencuian data dari aplikasi yang ada pada perangkat tersebut.

Dengan adanya Mobile Device Management (MDM) dari Enterprise Mobility Management (EMM) ini perusahaan tidak perlu khawatir lagi terhadap beberapa kemungkinan kerentanan terhadap perangkat dan data perusahaan yang berada pada perangkat mobile tersebut.

Adapun Manfaat penggunaan solusi Mobile Device Management (MDM) bagi perusahaan yaitu:

1. Segi Management Keamanan: Data perusahaan yang berada pada perangkat seluler baik itu COBO atau BYOD dapat dihapus dan dihapus secara jarak jauh, ketika perangkat tersebut dicuri atau hilang.

2. Segi Management Kebijakan: dapat mendistribusikan mengenai regulasi keamanaan secara otomatis pada perangkat mobile (seperti: mematikan kamera, menonaktifkan sd-card, melarang pengambilan screenshoot, memberikan kata sandi khusus, dll) yang bertujuan untuk membuat data perusahaan.

3. Segi Pendistribusian Aplikasi: memungkinkan perusahaan untuk mendistribusikan aplikasi apa saja yang perlu atau diizinkan tanpa proses instalasi aplikasi secara satu per satu.

4. Segi Management Inventori: Perusahaan dapat mengumpulkan data aplikasi dan perangkat seluler secara teratur serta melacak keberadaan perangkat tersebut.

Datacomm Cloud Business sebagai salah satu penyedia layanan memiliki satu produk Sentriciti dari datacomm , yaitu Enterprise Mobility Management (EMM) dimana akan memberikan layanan perlindungan pada data perusahaan dan perangkat mobile yang komprehensif terhadap pencurian ataupun serangan.

Datacomm Cloud Business sebagai Penyedia Layanan memiliki  produk Datacom Sentriciti, atau Enterprise Mobility Management (EMM). Ini memberikan  perlindungan komprehensif untuk data perusahaan dan perangkat seluler dari pencurian dan serangan.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Utama MDM - Penjelasan, Manfaat, Fungsi, dan Cara Mengatasi Mobile Device Management"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini