Mengelola Master Data Induk - MDM

Data master adalah data yang menggambarkan objek yang berhubungan dengan proses bisnis. Pelanggan, produk, dan data referensi lainnya adalah objek data master. Data master tidak sering berubah dan  digunakan untuk menggambarkan transaksi, tetapi bukan transaksi.

Manajemen data master (MDM) adalah inti dari setiap program tata kelola data dan pembuatan data master tepercaya sangat penting. Buat data master dengan menentukan entitas data master dalam glosarium bisnis dari katalog data. Anda dapat membuat daftar sumber data dalam katalog data, mencari beberapa penyimpanan data di  lanskap data terdistribusi Anda, dan menemukan tempat data master yang berbeda berada.

Nama data fisik dari data master yang ditemukan dapat dipetakan ke istilah bisnis umum di Azure Purview. Anda juga dapat membersihkan, merekonsiliasi, dan mengkonsolidasikan data yang Anda temukan di seluruh lanskap data terdistribusi Anda dan menggunakannya untuk membuat catatan master emas yang disimpan dalam sistem MDM terpusat.

Setelah data master dibuat dan disimpan secara terpusat, data tersebut dapat digunakan dan disinkronkan dengan semua sistem  untuk memastikan konsistensinya.

Sangat penting untuk mengatur pemeliharaan data master Anda. Identifikasi di mana pemeliharaan berlangsung, mencatat tugas mana dari mana proses bisnis terlibat. Anda dapat menggunakan identifikasi proses bisnis dan membuat, membaca, memperbarui, atau menghapus (CRUD) analisis untuk mengidentifikasi tugas-tugas ini. Setelah Anda mengidentifikasi tugas yang mempertahankan data master, Anda kemudian dapat mengatur data. Mengerjakan tata kelola data ini sering kali merupakan tugas manual, tetapi pemrosesan penggalian dan analisis file log database dapat membantu Anda dalam prosesnya.

Solusi mitra data master

Microsoft telah bermitra dengan Profisee dan CluedIn untuk menyediakan integrasi asli untuk Azure Purview. Menilai produk-produk ini untuk persyaratan data master organisasi Anda.

Solusi alternatif

Di luar MDMapplication yang dibuat khusus, beberapa kemampuan teknis yang diperlukan untuk membangun solusi MDM dapat ditemukan dalam ekosistem Azure.

- Kualitas data: Anda dapat membangun kualitas data ke dalam proses integrasi saat memuat ke platform analitik. Misalnya, Anda dapat menerapkan transformasi kualitas data dalam alur Azure Data Factory menggunakan skrip yang dikodekan secara permanen.

- Standardisasi dan pengayaan data: Azure Maps tersedia untuk menyediakan verifikasi dan standarisasi data untuk data alamat, yang dapat digunakan dalam Azure Functions dan/atau Azure Data Factory. Standardisasi data lain mungkin memerlukan pengembangan skrip yang dikodekan secara permanen.

- Manajemen data duplikat: Anda dapat menggunakan Azure Data Factory untuk mendeduplikasi baris di mana pengidentifikasi yang memadai tersedia untuk kecocokan yang tepat. Skrip hardcoded kustom kemungkinan diperlukan oleh logika untuk menggabungkan yang cocok dengan kelangsungan hidup yang sesuai.

- Pengelolaan data: Power Apps dapat digunakan untuk mengembangkan solusi pengelolaan data sederhana dengan cepat untuk mengelola data di Azure. Solusi ini berisi antarmuka pengguna yang sesuai untuk peninjauan, alur kerja, pemberitahuan, dan validasi.

Menu Master Data

Menu Master Data adalah menu untuk menambah/mengubah data-data utama dari program seperti data barang (item), suplier, pelanggan, sales, satuan, jenis dan lainnya.

Keterangan :

Menu Utama : Untuk menampilkan halaman utama.

Daftar Item : Untuk menampilkan Daftar Barang yang dimiliki, selain itu dapat mengubah dan menghapus data barang.

Item Baru : Untuk menambah item baru, tanpa melalui daftar Item. 

Kartu Stok : Untuk menampilkan data history keluar masuknya barang per 1 kode barang.

Barcode : Untuk membuat, mendisain dan mencetak kode barocde dan label pada rak barang.

Datasheet : Untuk menampilkan seluruh data barang beserta harga dalam beberapa pilihan harga, dan juga dapat mengubah harga barang dengan cepat.

Daftar Suplier : Untuk menampilkan daftar suplier, beserta menambah, mengubah dan menghapus data suplier. 

Daftar Pelanggan : Untuk menampilkan daftar pelanggan, beserta menambah, mengubah dan menghapus data pelanggan. 

Daftar Penjualan : Untuk menampilkan daftar penjualan, beserta menambah, mengubah dan menghapus data penjualan. 

Grup Pelanggan : Untuk membuat dan mengubah grup / kelompok dari masing-masing pelanggan. Selain itu untuk menentukan Level dan Potongan per kelompok.

Point Pelanggan : Untuk mengatur point untuk pelanggan.

Satuan : Untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus data satuan. Satuan yang digunakan untuk menentukan ukuran atau unit item barang. 

Jenis : Untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus jenis data. Jenis bekerja sebagai pengelompokan dari item barang. 

Bank : Untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus data bank. Data bank ini berhubungan dengan pembayaran kartu debit dan kartu kredit, beserta akun perkiraannya agar saat transaksi penjualan/kasir dapat otmatis memutasi akun pada kartu tersebut.

Dept / Gudang :  Untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus data departemen atau gudang.

Merek : Untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus data merek barang.

Ongkir : Untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus data ongkir/ekspedisi.

Manajemen Data Induk

Kurasi dan pengelolaan data master adalah kunci untuk memastikan kualitas dan kegunaannya. Semua aspek operasional dan analitis suatu organisasi sangat bergantung pada kualitas data induk organisasi. Oleh karena itu, master data menjadi fokus disiplin teknologi informasi (TI) master data management (MDM). Tanpa disiplin ini, organisasi biasanya berjuang dengan memiliki beberapa versi "kebenaran" tentang entitas bisnis, baik dalam aplikasi individu maupun di beberapa aplikasi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama