Meneliti Desain Robot Industri, Jurusan Kuliah dengan Prospek Cerah Bagi Generasi Milenial

 

Getty Images

Gelar dalam bidang mekanika dan teknologi seringkali menjanjikan dan menyenangkan. Saya mempelajari perkembangan di dunia digital dan teknologi lainnya seperti robotika. Awalnya, robot dianggap mustahil dan cerdik. Mungkin Anda juga seorang penggemar teknologi dan kursus ini sangat cocok untuk Anda. Pernahkah Anda mendengar tentang kursus desain robot industri? Jika Anda tidak tahu, baca artikel di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang jurusan ini!

Jurusan Industrial Robotic Design merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana membangun keberlanjutan industri dengan sistem produksi yang berbasis robot. Kalian akan mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga penerapannya menggunakan aplikasi di dunia industri. Pada zaman sekaran ini, permintaan Industrial Automation Engineer yang berbasis aplikasi masih sangat tinggi karena hampir seluruh sektor ekonomi mengikuti pembaruan teknologi yang ada. Beragam jenis robot dan aplikasinya ditawarkan untuk mempermudah kegiatan ekonomi dan sektor lainnya. Apabila kalian tertarik pada jurusan Industrial Robotic Design ini, kalian harus juga mengetahui sistem belajar yang disediakan oleh jurusan.

Sistem Pembelajaran Jurusan Industrial Robotic Design

Jurusan Industrial Robotic Design ini sudah berstandar nasional dan juga tersertifikasi. Dengan demikian, lulusan dari jurusan ini akan mempunyai kualifikasi yang sama dengan lulusan luar negeri terutama ASEAN. Rata-rata mata kuliah yang disediakan berjumlah 5 mata kuliah per semester.

Mata kuliah yang ditawarkan ada robotika, pemrograman visual, algoritma dan pemrograman, Mobile Device Programming, dan masih banyak lagi. Pembagian sistem pembelajarannya pun dibagi menjadi teori dan kerja laboratorium terintegrasi. Mahasiswa akan dapat mempraktekkan langsung di lapangan untuk proses pembuatannya. juga berbagai topik terkini mengenai kebutuhan industri. Kurikulum yang diterapkan dalam jurusan ini juga menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kalian dapat mengasah kemampuan berbahasa kalian melalui jurusan ini juga.

Beberapa kemampuan tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki skill wirausaha yang kuat. Hal ini lantaran jurusan tersebut juga mempelajari kegiatan berwirausaha atau entrepreneurship. Harapannya nanti para lulusannya dapat memproduksi sendiri design robot yang mereka buat dan menyebarluaskannya kepada masyarakat. Setelah mengetahui sistem belajar dari jurusan Industrial Robotic Design, kalian juga perlu mengetahui prospek kerja dari jurusan ini agar tidak bingung lagi ke depannya.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Industrial Robotic Design

Kalian tidak perlu khawatir mengenai prospek jurusan ini karena sampai saat ini bidang teknologi masih sangat dibutuhkan. Selain itu, lulusan dari jurusan Industrial Robotic Design akan menjadi engineer yang mampu memimpin, mendesain, dan mampu mengatur project manufaktur modern.

Kalian dapat memilih karier seperti di bawah ini

1. Automation/Mechatronics Engineer: Design, Implementation, Maintenance.

2. Programmer.

3. Project Manager, Production, Engineering.

Tak hanya di bidang industri, dengan kemampuan dan kualifikasi yang kalian dapatkan dari jurusan ini, kalian dapat bekerja di

1. Perguruan tinggi.

2. Lembaga penelitian.

3. Instansi pemerintah.

4. Wirausaha (entrepeuner)

Kursus ini juga dapat ditemukan di kampus-kampus di Indonesia. Kampus-kampus ini sudah menawarkan fasilitas dan sistem pembelajaran berstandar nasional, jadi Anda tidak perlu khawatir. Tak jarang murid-muridnya menciptakan karya-karya pemenang dalam kompetisi nasional dan internasional.

Kampus yang menyediakan jurusan ini adalah

1. Institut Teknologi Sepuluh November

2. Universitas Sebelas Maret

3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

kalian tertarik pada jurusan Industrial Robotic Design ini, kalian dapat mulai mempersiapkannya dari sekarang. Jurusan dengan sistem pembelajaran yang baik ini sangat menjanjikan untuk prospek pekerjaan ke depannya. Kalian juga dapat menimba ilmu ini di luar negeri, seperti University of Brimingham (Inggris), University of Bath (Inggris), Arizona State University (Amerika Serikat), dan masih banyak lagi. Gali lebih dalam lagi informasi mengenai jurusan Industrial Robotic Design agar persiapan kalian pun dapat lebih matang. Segala bentuk fasilitas yang disediakan akan sangat membantu kalian dalam menyalurkan minat dan bakat kalian dalam dunia teknik.

Belum ada Komentar untuk "Meneliti Desain Robot Industri, Jurusan Kuliah dengan Prospek Cerah Bagi Generasi Milenial"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini