Map Nusa Berhasil Kolaborasi PUBG Mobile dan Kemenparekraf

Foto : Tencent

Tencent bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memastikan perilisan map baru bernama Nusa di game  PUBG Mobile Battle Royale. Diambil dari kata 'Nusantara', kartu ini didesain terinspirasi dari keindahan Bali, Indonesia.

“Kerjasama ini menghadirkan peta baru di PUBG Mobile yang terinspirasi dari keindahan pulau Bali, di mana peta baru ini akan memiliki nama Nusa yang diambil dari kata “Nusantara” dan akan tersedia di PUBG Mobile pada 13 September 2022,” kata Sandiaga Uno.

Dilansir dari Esports GG, Selasa (30/8/2022), ketika bermain di peta Nusa, pemain juga dapat menggunakan senjata jenis Shotgun NS 200 dan mengendarai kendaraan khusus, Monster Truck.

Kehadiran Nusa menambah daftar map dalam game PUBG Mobile yang sebelumnya telah diramaikan oleh enam map lainnya, antara lain Erangel, Sanhok, Vikendi, Miramar, Livik, dan Karakin. 

Informasi ini disampaikan saat acara Grand Final PMPL ID Fall 2022 yang digelar di Basketball Hall Senayan pada 26-28 Agustus lalu. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan bahwa dengan menghadirkan peta (map) Nusa, Kementerian Pariwisata dan Kreatif Ekonomi bisa terus melanjutkan komitmennya untuk menghadirkan kearifan budaya Indonesia di mata dunia. 

“Kemenparekraf sangat mengapresiasi kolaborasi ini, yang menghadirkan keindahan budaya Indonesia dan kecanggihan teknologi dapat berpadu dan menciptakan sesuatu yang luar biasa, sehingga pikiran dan hati dunia bisa menyatu. Kearifan Indonesia semakin diakui di mata dunia," lanjutnya.

Country Manager PUBG Mobile Indonesia, Elvarica Noviyati, berharap keindahan map Nusa bisa dinikmati semua orang, tidak hanya oleh para penggemar PUBG Mobile di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. 

Kolaborasi antara PUBG Mobile dan Kemenparekraf juga akan berlanjut di bidang e-sports. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah PUBG MOBILE Global Championship (PMGC) 2022 pada Januari 2023 mendatang.

“PMGC ini merupakan kejuaran dunia yang akan melibatkan partisipan dari puluhan negara yang akan bertanding di Indonesia. Mari manfaatkan momentum ini untuk memajukan sektor parekraf guna menjadi pilar kebangkitan ekonomi Indonesia serta mampu membuka lapangan kerja dan peluang usaha melalui industri game,“ tutup Sandi.

Nusa dikonfirmasi untuk meluncur di game PUBG Mobile mulai 13 September mendatang, setelah melewati uji coba beta. 

Nusa adalah sebuah pulau tropis yang dikelilingi oleh tebing tinggi dan hamparan pantai. Pulau ini memiliki banyak tempat menarik yang berbeda untuk dikunjungi, seperti rumah besar di tengah pulau, balon udara, kincir angin, bianglala, hingga goa tersembunyi. 

Dibandingkan dengan map lainnya, Nusa digadang-gadang akan menjadi map terkecil di game PUBG Mobile dengan ukuran 1 km x 1 km. Dari segi ukuran, Nusa memiliki luas peta yang jauh lebih kecil dibandingkan peta Livik. Sebagai perbandingan, Livik memiliki luas peta dengan ukuran 4 km x 4 km. Karena ukurannya yang kecil, Nusa diperkirakan hanya mampu menampung 32 pemain atau sekitar delapan tim dalam satu kali pertandingan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama