Ketahui Penyebab Stres Pada Mahasiswa, Bukan Cuma Urusan Kuliah

Banyak siswa sekolah menengah bergegas untuk cepat cepat ke perguruan tinggi, berpikir bahwa kehidupan kampus lebih santai daripada sekolah. Ya ternyata, "kenyataan jauh dari imajinasi".

Kampus lebih ribut daripada sekolah. Itu sebabnya banyak orang kaget bahkan stres saat masuk kuliah. Ternyata kehidupan kampus tidak sesantai yang Anda bayangkan. Memang apa sih yang bisa jadi penyebab stres mahasiswa. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Mengkhawatirkan kondisi keuangan atau ekonomi keluarganya

Kuliah sama sekali tidak murah. Khususnya untuk anak SMA negeri yang tidak memiliki SPP, harus membayar uang kuliah per semester bisa membuat stres. Apalagi jika kondisi keuangan atau ekonomi keluarganya pas-pasan, ini bisa menjadi beban tersendiri .

Tugas kuliah bisa jadi penyebab stres mahasiswa yang terbesar

Tugas yang diberikan saat kuliah jauh berbeda dengan yang diterima saat SMA. Bebannya lebih berat dan harus dikerjakan dengan lebih serius karena bisa langsung mempengaruhi nilai dan IPK per semester.

Jika di SMA kamu terbiasa santai-santai saat mengerjakan tugas, jangan heran jika kamu stres saat mendapatkan tugas kuliah yang terasa tidak ada habisnya.

Kompetisi yang bisa terjadi di antara mahasiswa

Ada jurusan kuliah yang tidak terlalu memperdulikan mengenai kompetisi, tapi ada juga jurusan yang paling ketat dalam hal kompetisi.

Jika kamu kuliah di jurusan seperti ini, jangan harap bisa santai karena kamu pasti akan tertinggal. Nilai dan IPK rendah, serta lulus dalam waktu lama, bisa menjadi risikonya.

Terlalu banyak atau terlalu sibuk mengikuti organisasi

Keterlibatan dalam organisasi memang penting sebagai nilai tambahan bagi mahasiswa. Tapi, jika terlalu banyak atau terlalu sibuk mengikuti organisasi, tidak mungkin kamu akan stres karena waktu untuk mengerjakan tugas kuliah semakin sedikit.

Padahal, tugas kuliah harus menjadi prioritas utama kamu sebagai seorang mahasiswa.

Penyebab stres mahasiswa lainnya adalah sulit menentukan prioritas

Bagi kamu yang terbiasa terorganisir dalam menjalani aktivitas, ini bisa menjadi penyebab stres saat kuliah. Ditambah lagi dengan (hampir) tidak adanya pengawasan dari dosen atau kampus, kamu bisa jadi kebablasan dan melupakan semua prioritas utama.

Ingat, ya, Nggak seperti saat SMA, Dosen atau pihak kampus nggak akan mengingatkan atau bahkan memberitahu orang tua jika kamu tidak mengerjakan tugas atau gagal dalam beberapa mata kuliah. Kalau kamu gagal, ya itu menjadi tanggung jawabmu sendiri.

Stres kerja setelah nanti selesai kuliah

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), per Februari 2021 ada hampir 1 juta sarjana di Indonesia yang menganggur. Itu menjadi bukti kalau lulusan S1 belum tentu mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Hal ini tentu saja bisa menjadi penyebab stres mahasiswa. Dengan segala kesulitan yang mereka jalani saat kuliah , apakah hal tersebut bisa membuat mereka mudah mendapatkan pekerjaan? Itu yang belum pasti.

Masalah dengan keluarga juga bisa jadi penyebab stres mahasiswa

Apalagi jika mahasiswa tidak kuliah di luar kota dan masih pulang ke rumah. Setelah berolahraga di luar (atau kuliah online di masa pandemi ini), menghadapi dosen killer , tugas kuliah yang menumpuk, dan harus ditambah dengan masalah dalam keluarga yang tidak selesai-selesai, tentu saja ini bisa membuat stres.

Gaya hidup yang tidak sehat

Lho, apakah gaya hidup tidak sehat bisa membuat stres? Tentu saja. Kalau pola makan kamu nggak beres, terlalu banyak duduk mengerjakan tugas sehingga jarang bergerak, tidak rutin berolahraga, semua ini akhirnya bisa membuat stres.

Jadi, jangan pernah menyepelekan makan makanan sehat tepat waktu dan rutin berolahraga. Kalau bisa sih menghindari begadang terlalu sering, ya. Belajar mengerjakan tugas secara efisien sehingga tepat waktu.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Penyebab Stres Pada Mahasiswa, Bukan Cuma Urusan Kuliah"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini