Frustasi

Mungkin Anda sering mendengar kata frustrasi

Frustrasi dapat ditafsirkan sebagai kekecewaan pada individu yang disebabkan oleh tidak tercapainya keinginan. 

Pemahaman lain tentang frustrasi adalah "kekecewaan yang mendalam karena tujuan yang diinginkan tidak dilakukan". 

Misalnya seperti ini, jika seorang siswa atau siswi melakukan suatu kegiatan, misalnya mengikuti ujian semester akhir, dan ternyata lulus (pencapaian tujuan yang diinginkan atau diharapkan), maka ia akan merasa puas dan bahagia. 

Tetapi jika ternyata aktivitas itu tidak mencapai tujuan yang diharapkan (ujian akhirnya tidak lulus), maka dia akan kecewa.

Reaksi masing -masing individu terhadap frustrasi yang ia alami berbeda, ini disebabkan oleh perbedaan dalam struktur dan fisik, serta perbedaan budaya dan nilai -nilai agama yang mereka adopsi. 

Perbedaan dalam reaksi individu terhadap frustrasi, dapat dilihat dari kegiatan yang dia lakukan.

Bentuk cara individu dalam mereaksikan aksi terhadap frustrasi, adalah sebagai berikut.

1. Agresi marah (Angry Agression)

Sebagai hasil dari tujuan yang ingin ia dapatkan mencapai kegagalan, individu menjadi agresif, marah dan destruktif, baik melawan diri mereka sendiri maupun pada sesuatu di luarnya.

Agresi ini bisa verbal (marah), atau non-verbal (seperti membanting pintu, memecahkan atau merusak hal-hal dan memukul).

Bertindak secara eksplosif (mudah meledak)

2. Perasaan tidak berdaya (ketidakberdayaan)

Reaksi ini menunjukkan sikap tak berdaya, patah hati, pasif dan juga dapat menderita rasa sakit. Reaksi ini bertentangan dengan agresi marah.

Dan masih banyak lagi



Cara positif untuk mengatasi frustrasi

1. Cara pertama yang dapat Anda lakukan ketika Anda merasa frustrasi adalah cobalah untuk tenang dulu.

2. Lakukan latihan pernapasan untuk menghilangkan frustrasi.

3. Ambil napas dalam -dalam, lalu lepaskan perlahan.

4. Bicaralah dengan orang yang Anda percayai. Ketika Anda merasa frustrasi, jangan ragu untuk membicarakannya dengan orang yang Anda percayai. Berbicara dengan orang yang Anda percayai, dapat membantu Anda membuat perasaan Anda lebih tenang.

5. Bicaralah dengan diri sendiri. Anda dapat menggunakan perekam dan merekam apa yang Anda bicarakan dengan diri sendiri. Metode ini dapat membantu Anda mengetahui penyebab Anda merasa frustrasi dan juga kondisi perasaan Anda saat ini.

6. Cara selanjutnya dapat Anda lakukan adalah menuliskan perasaan Anda. Tulis tentang apa yang Anda rasakan. Metode ini dapat membantu Anda menemukan apa pun yang mengganggu Anda. Selain itu, metode ini dapat membantu Anda menemukan masalah apa yang membuat Anda frustrasi dan Anda dapat menuliskan cara atau solusi untuk mengatasinya.

7. Pergi ke layanan hipnoterapi profesional. Metode ini efektif untuk membantu Anda melepaskan perasaan frustasi, agar dapat menikmati keindahan, sehat, hidup ini dengan kebahagiaan.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama