Cara Mendidik Anak Remaja Zaman Now: Jangan Di Kekang

Remaja zaman sekarang berbeda dengan remaja zaman dulu. Remaja saat ini banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget. Arus informasi dari internet telah mengubah pola pikir para remaja.

Perbedaan zaman orang tua dan waktu yang berbeda memiliki gaya pengasuhan yang berbeda juga. Mereka tidak bisa lagi menggunakan gaya pengasuhan yang sama seperti  dulu. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mendidik generasi muda saat ini?

Simak baik-baik dan menerapkan untuk anak Anda, ya!

1. Mendidik remaja zaman sekarang termasuk mendidik remaja bijak berinternet

Remaja zaman now adalah remaja yang pandai mengakses internet. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua konten internet memiliki muatan positif sehingga Anda perlu waspada.

Anda tak perlu melarang remaja mengakses internet. Sebab, para remaja punya 1001 cara untuk bisa mengaksesnya. Di satu sisi, Anda juga tidak bisa mengawasinya berinternet terus menerus. Maka, Anda dapat memberi pemahaman pada remaja untuk mengakses internet dengan bijak. Beri pemahaman tentang efek negatif yang akan diterima jika mengakses konten tidak baik.

2. Jadi pendengar yang baik agar remaja tak takut bercerita

Semua remaja memiliki masalahnya sendiri. Tak sedikit dari mereka yang memilih media sosial sebagai tempat bercerita. Namun, curhat di media sosial tidak selamanya baik. Keterbukaan medsos bisa membuat remaja menerima respons negatif dari netizen.

Curhat di media sosial tidak akan diperlukan jika orang tua bisa menjadi tempat curhat yang baik. Artinya, orang tua harus mendengarkan dengan seksama , tidak menghakimi, dan tidak menyalahkan remaja atas masalah yang menimpanya.

3. Beri contoh pada remaja

Persepsi yang beredar tentang remaja zaman now adalah mereka selalu bermain gawai sepanjang hari. Padahal, sering kali orang tua juga melakukan hal yang sama. Remaja kecanduangawai, begitu pula orang tua .

Anda tidak bisa berharap remaja akan mengantisipasi gawainya jika Anda juga tidak bisa melakukannya. Maka, berikan contoh yang baik. Simpan gawai Anda ketika makan atau liburan keluarga agar remaja juga melakukan hal yang sama.

Beri contoh pada remaja tidak hanya seputar gawai. Anda juga bisa memberi contoh lain, misalnya tepat waktu, kerja keras, dan kejujuran.

4. Beri pendidikan seks pada remaja

Pendidikan seks bukan lagi hal tabu di era digital. Orang tua harus memberi pendidikan seks sebelum remaja memperoleh informasi yang salah dari internet.

Pendidikan seks apa yang sesuai dengan usia remaja? Topik yang bisa Anda diskusikan dengan remaja misalnya pubertas, bahaya seks bebas, dan cara menjaga kesehatan alat reproduksi.

5. Mendidik remaja zaman sekarang berarti mengembangkan bakat dan minat mereka

Era digital adalah era terbaik untuk mengembangkan minat dan bakat remaja. Melalui internet, Anda dan remaja dapat menemukan bahan bacaan atau video yang dapat meningkatkan kemampuan minat dan bakat.

Apa yang anak Anda suka dan kuasai, kembangkanlah. Ajak remaja Anda untuk menggunakan fasilitas gawai untuk mengembangkan minat dan bakat sebaik mungkin. Misalnya, anak remaja Anda menggemari programming . Internet memiliki segudang kursus online yang bisa remaja ikuti, berikanlah fasilitas itu pada anak Anda.

Itulah cara mendidik remaja zaman now di masa digital. Berbeda dengan cara asuh remaja di zaman Anda, bukan?

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendidik Anak Remaja Zaman Now: Jangan Di Kekang"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini