Cara Cepat Untuk Memahami Orang Selalu Ingin Dimengerti

Semua orang selalu ingin dimengerti. Tetapi sebelum orang memahami orang lain, mereka melupakan satu hal penting. Yaitu untuk memahami orang lain.

Jika kamu ingin orang lain memahamimu , maka kamu juga harus berusaha memahami orang lain. Bagaimana caranya? Inilah 5 cara mudah dari kami agar bisa menjadi orang lebih memahami sesama.

1. Cara memahami orang lain dimulai dengan mendengar

Langkah pertama untuk memahami orang lain adalah dengan menjadi pendengar yang baik . Karena kalau kamu ingin memahami orang lain, kamu harus mendengar apa yang mereka katakan.

Menjadi pendengar yang baik berarti Anda fokus pada setiap kata yang dilakukan orang lain. Jangan terlalu fokus pada kata-kata yang akan kamu tonton nanti. Apa lagi, jangan pernah bicara.

Saat mendengarkan orang lain, kamu bukan hanya mendengarkan ucapannya. Kamu juga bisa ikut memahami emosinya.

2. Sebelum berucap, pikir dulu baik-baik

Ucapan bisa menjadi pisau tajam yang menyakiti hati orang lain. Karena itu, jangan lupa untuk berpikir baik-baik sebelum bicara. Tidak hanya untuk menghindari ucapan tak baik, berpikir sebelum bicara juga bisa membuat orang lain menerima apa yang kamu katakan dengan lebih mudah.

Saat kamu merasa sulit berpikir dulu sebelum bicara, menerapkan teknik pernapasan. Ambil napas dalam-dalam sambil berpikir kata yang ingin diucapkan. Pikirkan tujuanmu saat memikirkan kata-kata. Ini semua agar pesan dapat tersampaikan dengan baik.

3. Memposisikan diri sebagai orang lain

Memposisikan diri sebagai orang lain bisa kamu lakukan untuk memahami orang lain dengan lebih baik. Tempatkan diri Anda pada posisi orang lain . bayangkan jika kamu ada di posisi orang lain.

Sebagai contoh, kamu diundang ke pesta sementara temanmu tidak. Temanmu sedih karena tidak diundang, tetapi kamu tidak bisa memahami rasa sedih itu. Kamu mungkin menganggap pesta itu sepele, namun temanmu tidak.

Jika kamu ingin memahami orang lain, kamu bisa membayangkan apa jadinya jika kamu adalah orang yang tidak diundang. Bayangkan kalau kamu sudah menunggu pesta ini sejak lama, tapi tidak diundang. Dari situ, barulah kamu bisa mengerti atas rasa sedih temanmu.

4. Cara memahami orang lain selanjutnya adalah memperhatikan bahasa tubuh

Sering kali, orang lain tidak akan bicara apa-apa tentang perasaan atau pikiran yang merasa malasnya. Namun, serapat apapun orang-orang berusaha menyembunyikan isi hati, bahasa tubuh bisa semuanya.

Bahasa tubuh adalah bahasa tubuh. Bahasa tubuh meliputi ekspresi wajah, postur tubuh, gestur, dan gerakan mata. Dengan memperhatikan bahasa tubuh seseorang, kamu bisa tahu perasaan seseorang. Misalnya orang yang sedang khawatir akan terlihat dari kebiasaan menggigit bibir atau hilang fokus dalam percakapan.

5. Merespon dengan tepat

Kamu sudah belajar cara mendengarkan dengan baik. Maka, selanjutnya kamu harus belajar cara merespon dengan tepat.

Saat akan memberi respon, kamu juga bisa memposisikan diri sebagai orang lain. Misalnya, temanmu curhat karena sedang objek dengan pacarnya. Bagaimana caramu merespon? Coba bayangkan dirimu ada di posisi temanmu, kira-kira, apa yang kamu inginkan dari orang lain? Oh, ternyata temanmu hanya ingin memeluk, jadi jangan dulu mengguruinya.

Meski tampaknya tidak gampang, kamu juga bisa melakukannya, kok. Jangan takut sebelum mencoba ya..

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Untuk Memahami Orang Selalu Ingin Dimengerti"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini