Cacar Monyet Dapat Menyebabkan Kematian Pada janin, Ini adalah Penjelasan Dari Ahli

Wabah cacar monyet cukup baru di Indonesia. Tapi virus ini cukup menakutkan. Virus cacar monyet itu sendiri ditemukan di Kongo, Afrika Selatan pada tahun 1970.

Munculnya virus ini ditandai oleh ruam pada kulit yang melepuh dan tangguh. Sebenarnya gejalanya tidak jauh berbeda dari cacar biasa, tetapi biasanya orang cacar monyet mengalami kelenjar getah bening bengkak di ketiak.

Smallpox monyet ini dapat ditransmisikan di antara manusia melalui kontak langsung dengan lanty yang terkandung di kulit. Penyakit ini juga dapat ditularkan melalui air liur yang dilepaskan saat batuk atau bersin.

Ketika wabah virus cukup mengkhawatirkan, fokus beberapa orang adalah wanita hamil dan kondisi janin.

Konsultan Penyakit Tropis dan Infeksi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, DR. Robert Sinto, SPPD-KPTI mengatakan ketika wanita hamil terinfeksi cacar monyet, itu akan menjalani transmisi transplasental yang dapat terjadi pada fase veremik. Fase ini adalah suatu kondisi karena tingkat virus yang tinggi dalam tubuh.

"Tetapi hanya dalam bentuk laporan kasus yang dapat menyebabkan kematian pada janin ketika ada cacar monyet," jelas Dokter Sinto di acara webinar kesehatan: Indonesia Wasapa Plague Monkeypox, pada hari Selasa (9/8/2022).

Tetapi untuk sekarang Dokter Sinto belum dapat menggambarkan data spesifik karena tidak ada data penelitian.

"Jika data itu sendiri saya tidak tahu karena data penelitian belum baru dalam seri laporan, itu (monyet cacar) dapat mengakibatkan peristiwa buruk dalam kehamilan," jelasnya.

Menurutnya, salah satu orang yang berpotensi menjadi yang tercepat yang terinfeksi virus ini adalah wanita hamil.

"Menurut WHO, wanita hamil memiliki potensi untuk pasien populasi yang rentan yang dapat terjadi pada memburuknya cacar monyet," katanya.

Untuk alasan ini, baik wanita hamil atau orang biasa harus melakukan berbagai pencegahan seperti dengan rajin mencuci tangan, menghindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi cacar monyet, menghindari hewan yang diduga sakit, dan menggunakan peralatan pelindung pribadi ketika merawat orang dan hewan yang sakit.

Belum ada Komentar untuk "Cacar Monyet Dapat Menyebabkan Kematian Pada janin, Ini adalah Penjelasan Dari Ahli"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini