7 Jenis Emosi dan Pengaruhnya ke Organ Tubuh Anda

Kalimat klasik kedokteran, "Menana di Corporo Sano" (dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat) tampaknya tidak dapat disangkal lagi. Hubungan antara kondisi psikologis dan kesehatan fisik telah terbukti dengan jelas. Kita sudah tahu bahwa kesehatan emosional seseorang memengaruhi kesehatan fisik, dan sebaliknya. Dalam sesi lokakarya meditasi, guru meditasi saya pernah berkata, "Tubuhnya seperti gelas, dan pikiran seperti air di dalamnya." Posisi tubuh mempengaruhi kondisi emosional, dan sebaliknya.

Hubungan antara emosi dan kesehatan bahkan menginspirasi klinik mayo untuk membangun koleksi seni klinik mayo, dengan harapan bahwa pasien yang dirawat di sana, tidak hanya pulih melalui sentuhan perawatan medis, tetapi juga sentuhan seni yang dapat menembus lebih dalam Menyembuhkan emosi dan spiritual. William J. Mayo, pendiri Klinik Mayo, mengatakan,

"Kami tahu betul leher untuk manajemen yang efisien, tetapi ada aspek spiritual dan material dalam perawatan orang sakit.",

Selain itu, ia berkata, "Kepentingan terbaik pasien adalah satu -satunya minat yang harus dibawa."

Hubungan antara kesehatan emosional dan kesehatan fisik bukanlah omong kosong.

Dunia medis saat ini mulai memeriksa lebih dalam tentang pengaruh spesifik dari kondisi emosional tertentu pada tubuh kita, tetapi yang menarik adalah teori klasik pengobatan oriental yang telah sangat luar biasa menggambarkan hal ini sejak ribuan tahun yang lalu. Anda dapat mempercayainya atau tidak, tetapi ini sangat nyata yang saya temui dalam praktik klinis saya.

Dikatakan dalam teks klasik Suwen, "lima organ Yin manusia menghasilkan lima jenis energi yang menghasilkan 5 jenis emosi: kegembiraan, kesedihan, kemarahan, ketakutan, dan kekhawatiran". Selain itu, dalam teori klasik dikatakan, "Emosi dalam batas normal adalah alami, tetapi jika emosinya berlebihan dan dikendalikan seseorang, emosi akan melukai organ terkait dan membuka pintu untuk beberapa jenis penyakit."

Detail lebih lanjut secara lebih rinci tentang 7 jenis emosi dan pengaruhnya terhadap organ (menurut ilmu klasik kedokteran oriental):

1. Joy (kegembiraan)

Kegembiraan di sini bukanlah kebahagiaan atau kegembiraan yang mendalam dan penting, tetapi situasi yang terlalu bahagia, meluap, dan bersemangat. Dikatakan dalam Lingshu, "Jika seseorang terlalu bahagia dan meluap, jiwa seseorang akan tersebar dan tidak bisa tinggal." Kegembiraan yang di luar kendali akan melukai organ jantung, karena dalam teori medis oriental (Cina/Jepang), jiwa tinggal di dalam organ jantung.

2. Kemarahan (kemarahan)

Kemarahan dijelaskan dalam bentuk ledakan, bentuk emosional yang mudah terganggu, dan frustrasi dengan suatu kondisi. Dalam teori klasik, dikatakan bahwa kemarahan akan melukai organ hati (hati), dan menyebabkan stagnasi energi di hati, yang mengakibatkan energi hati meluap dan menyebabkan kepala dan bahu yang kaku dan parah, wajah kemerahan, dan tinggi tekanan darah.

3. Kecemasan (kecemasan)

Kecemasan adalah jenis emosi yang meremas, dan mencekik. Dikatakan bahwa kecemasan akan melukai energi paru -paru Qi. Fungsi paru -paru untuk bernafas dalam pernapasan, mengambil oksigen, dan energi kehidupan (qi) dari luar, dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Kecemasan akan membuat napas sesak, tidak halus, pendek, dan stagnan. Dalam hubungan antara organ Zang-Fu, paru-paru terkait dengan usus besar, dan karenanya kecemasan dalam periode waktu yang lebih lama juga akan melukai usus besar. Dunia pengobatan modern dapat menemukan pola kolitis ulserativa di mana kecemasan kronis akan membuat banyak cedera di usus besar (usus besar).

4. Penindasan (bijaksana)

Terlalu banyak pikiran dan terlalu tegang, akan melukai energi limpa Qi (limpa), dan menyebabkan kelelahan, tidak kuat, dan tidak dapat berkonsentrasi.

5. Kesedihan (kesedihan)

Kesedihan terkait dengan organ Paru-paru. Kita bisa melihat orang -orang yang menangis sedih, mencoba mengambil napas lebih dalam yang mencerminkan kegiatan paru -paru. Kesedihan yang dalam dan kronis akan melukai paru -paru, dan melemahkan energinya, dan menghambat paru -paru dalam menyebarkan energi di seluruh tubuh.

6. Takut (Ketakutan)

Ketakutan akan melukai energi ginjal. Dapat dilihat dari mereka yang sering buang air kecil saat takut.

7. Ketakutan (ketakutan yang mengejutkan)

Ketakutan yang mengejutkan ini tidak secara khusus terkait dengan organ tertentu. Namun, pada tahap awal, ketakutan akan melukai jantung, dan jika itu terjadi berulang kali itu akan melukai energi ginjal.

Tujuh jenis emosi di atas dan pengaruhnya terhadap organ secara khusus adalah teori klasik obat oriental yang telah ditulis sejak ribuan tahun yang lalu. Apakah ini sesuai dengan kondisi Anda? Mungkin sekarang Anda telah menyadari bahwa emosi tidak lain adalah energi yang bergerak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama