6 Situs Terbaik untuk Belajar UI/UX Design Untuk Pemula

Foto: Eventfinity

Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, permintaan akan keterampilan yang terkait dengan teknologi digital semakin meningkat, seperti desain antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna yang disebut desain UI/UX.

UI/UX design ini dibutuhkan dalam banyak hal, salah satunya yang populer adalah dalam pembuatan dan pengembangan suatu aplikasi.

Nah, bagi kalian yang sedang mendalami UI/UX design, berikut adalah rangkuman beberapa situs terbaik untuk referensi dalam mempelajari UI/UX design.

1. Colorhunt.co

Colorhunt.co adalah situs untuk membantu desainer untuk menentukan kombinasi warna dalam suatu desain. Tidak hanya untuk desainer UI/UX tetapi situs ini banyak digunakan oleh para desain grafis lainnya.

Di situs ini, desainer cukup memilih suatu warna nanti akan otomatis keluar perpaduan warna yang cocok untuk warna tersebut. Selain memilih warna sendiri, di situs ini juga disediakan beberapa perpaduan warna yang populer dikalangan desainer.

2. Colors.eva.design

Dalam UI/UX Design dikenal istilah design system yang digunakan untuk membuat suatu kerangka organisasi desain agar bisa digunakan secara konsisten oleh tim yang tergabung dalam suatu proyek. Design system erat kaitannya dalam menentukan warna utama atau primary dan warna pendamping atau sekunder atau sering juga disebut semantic colors.

Agaibuat memiliki kesesuaian warna, situs Colors.eva.design akan membantu desainer untuk menentukan warna tersebut. Desainer cukup memasukkan warna utama yang biasanya diambil dari logo atau branding aplikasinya.

Nanti di halaman ini, kita akan memilih beberapa warna yang cocok sebagai warna pendamping. Selain itu, Anda dapat memilih warna terang atau gelap.

3. Uigradients.com

Peminasi warna yang tepat sangat diperlukan dalam suatu desain tidak hanya dalam desain UI/UX tetapi juga dalam desain grafis lainnya. Situs Uigradients.com digunakan oleh desainer untuk menentukan kombinasi warna dalam suatu gradasi.

Di situs ini sudah terdapat template kombinasi warna gradasi. Desainer bisa memilih warna dasar, nanti akan terdapat pilihan warna gradasi yang sesuai dengan warna dasar yang dipilih. Situs ini membantu desainer agar gradasi yang dibuat menjadi elok, tidak norak, dan tentunya enak dipandang.

4. Material.io

[Masih erat kaitannya dengan design system, sistus Material.io ini berisikan design system yang dibuat oleh Google untuk membantu suatu tim dalam perancangan UI/UX suatu aplikas. Di situs ini akan dijelaskan bagaimana tata letak masing-masing komponen yang digunakan seperti tombol, teks, warna, ikon dan sebagainya.

Selain tata letak juga akan dijelaskan komponen-komponen yang sesuai dengan design system dari Google seperti bentuk ikon, bentuk tombol, bentuk menu dan lain-lainnya. Situs ini sangat membantu desainer baik untuk yang pemula maupun sudah mahir.

5. Medium.com

Medium.com sebenarnya merupakan suatu situs mirip blog yang di dalamnya terdapat beragam artikel untuk para profesional. Di Medium terdapat beberapa artikel mengenai UX Law yang merupakan salah satu hal penting dalam UI/UX Design. UX Law ini digunakan sebagai acuan perancangan UI atau user interface dalam sudut pandang user atau pengguna.

6. Dribbble.com

Setiap desainer UI/UX wajib menggunakan situs Dribbble.com sebagai referensi desain yang akan dibuat. Situs ini merupakan tempat berkumpulnya komunitas desainer yang di dalamnya terdapat ribuan desain yang sangat menarik baik untuk UI/UX maupun desain lainnya.

Sebagai desainer pemula, biasanya menggunakan metode ATM (amati, tiru dan modifikasi) dalam membuat suatu desain, di mana ia bisa meniru desain-desain yang ada di situs ini. Selain itu di situs ini bisa digunakan untuk memamerkan hasil karya kita sehingga bisa digunakan sebagai portofolio pribadi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama