5 Ragam Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Berbagai  makanan sehat untuk ibu hamil penting  selama  kehamilan. Makanan ini diperlukan tidak hanya  untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, tetapi juga  untuk mendukung perkembangan janin.

Kebutuhan nutrisi yang perlu dipenuhi ibu hamil antara lain kalsium dan protein untuk membentuk jaringan tubuh dan tulang janin, serta zat besi untuk mencegah anemia selama kehamilan.

Kebutuhan nutrisi tersebut dapat dipenuhi dari berbagai macam makanan. Oleh karena itu, penting  untuk mengetahui pola makan sehat bagi ibu hamil agar asupan makanannya tetap tercukupi selama kehamilan.

Di bawah ini adalah makanan dan minuman sehat untuk ibu hamil.

1. Sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan salah satu  makanan kesehatan bagi ibu hamil. Semua ibu hamil harus makan sayur dan buah setiap hari untuk memastikan kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral dan serat  terpenuhi. 

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K dan asam folat. Berbagai nutrisi tersebut penting untuk menjaga kesehatan mata, menjaga stamina, dan mencegah janin lahir cacat. 

2. Daging merah, ikan dan telur

Makanan sehat untuk ibu hamil kaya akan protein yang penting untuk pertumbuhan janin. Telur mengandung kolin, yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin serta mengurangi risiko spina bifida. 

Di sisi lain, beberapa spesies ikan laut yang mengandung omega-3 baik untuk menjaga mood pada ibu hamil dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin. 

Namun, ibu hamil disarankan untuk membatasi asupan ikan laut tidak lebih dari 350 gram per minggu. Hal ini dilakukan untuk menghindari paparan merkuri yang biasa terdapat pada ikan laut seperti salmon, tuna dan tuna.

3. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan berperan penting dalam  kebutuhan serat dan  pencernaan ibu hamil. Selain itu,  makanan sehat untuk ibu hamil  juga kaya akan potasium, asam folat, zat besi dan magnesium. 

Asupan serat yang cukup dapat membantu ibu hamil  terhindar dari sembelit dan wasir. Selain itu,  konsumsi teratur makanan kaya serat dan bergizi seperti kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan juga dapat membantu mencegah  diabetes gestasional. 

4. Gandum Utuh 

Gandum utuh adalah sumber karbohidrat dan kaya nutrisi seperti serat, vitamin E, dan selenium, yang membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Untuk memenuhi kebutuhan energi selama kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dari roti gandum utuh, oatmeal, pasta, atau beras merah.Makanan olahan seperti keju kaya akan kalsium, yang membantu membangun jaringan tulang pada bayi dan menjaga kesehatan tulang pada masa kehamilan wanita hamil.

5. Susu dan makanan olahan 

Susu dan makanan olahan seperti yogurt dan keju kaya akan kalsium, yang membantu membangun jaringan tulang pada bayi dan menjaga kesehatan tulang pada ibu hamil. 

Selain beberapa pilihan makanan sehat untuk ibu hamil  yang tercantum di atas, ibu hamil juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Hal ini penting untuk mengurangi risiko bayi lahir prematur dan untuk mencegah  dehidrasi, wasir dan sembelit pada ibu hamil. 

Selama  kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk minum 10 gelas air per hari. Cairan juga dapat diperoleh dari buah-buahan dengan kadar air  tinggi, jus dan susu pasteurisasi.

Namun, hindari minum terlalu banyak minuman kemasan yang tinggi gula. Minuman ini dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. 

Suplemen Makanan Memenuhi Kebutuhan Gizi Anda Selama Kehamilan.

Meskipun Anda makan berbagai macam makanan, wanita hamil mungkin  masih kekurangan nutrisi tertentu. Oleh karena itu,  dokter atau bidan biasanya menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen vitamin prenatal dalam dosis yang  disesuaikan dengan status kesehatan ibu hamil.

Salah satu suplemen makanan yang biasa diberikan pada ibu hamil adalah TTD (Tablet Suplemen Darah), yang mengandung 60 miligram zat besi dan 

400 mikrogram asam folat. 

Cermat Mempersiapkan Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Mengolah makanan sendiri adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas dan kesehatan bahan-bahan yang masuk ke dalam tubuh. Di bawah ini adalah panduan untuk menyiapkan makanan sehat untuk ibu hamil.

- Cuci semua sayuran dan buah-buahan yang Anda masak untuk memastikannya bebas dari kotoran dan debu, termasuk bakteri seperti parasit Toxoplasma gondii. 

- Pisahkan area penyimpanan  makanan mentah dari makanan siap saji di lemari es untuk menghindari kontaminasi bakteri. 

- Gunakan berbagai pisau dan talenan  untuk memotong daging mentah, sayuran dan buah. 

- Cuci  tangan dan semua peralatan sebelum dan sesudah memotong atau mengolah makanan. 

- Memasak daging mentah, telur, dan ikan hingga benar-benar matang. Makanan mentah merupakan jenis makanan yang berbahaya bagi ibu hamil.

Selain pola makan yang sehat untuk ibu hamil, ibu hamil harus berolahraga secara teratur, cukup istirahat, berhenti merokok, menghindari asap rokok, menghindari minuman beralkohol, mengurangi stres, dan berolahraga secara teratur. dan janin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama