5 Kebiasaan yang Bisa Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak membesar

Kerusakan gigi merupakan salah satu penyakit gigi yang paling mengganggu. Mulai dari kepekaan dan rasa sakit saat makan dan minum hingga pembengkakan dan rasa sakit yang menyiksa.

Salah satu cara paling umum untuk mengobati gigi berlubang adalah dengan mengunjungi dokter gigi dan memeriksakan gigi Anda.

Gigi berlubang biasa diobati dengan ditambal atau jika sudah cukup parah makan gigi harus dicabut agar tidak membuat gigi lainnya ikut berlubang.

Meskipun demikian, ketimbang terlanjur sakit gigi dan berobat ke dokter gigi, ada beberapa kebiasaan yang dapat mencegah gigi berlubang. Berikut ulasannya.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Air putih dikenal sebagai resep tubuh sehat. Kebutuhan mineral dalam tubuh yang terbantu dengan minum air putih dapat membuat tubuh tetap bugar, jauh dari dehidrasi hingga kulit yang kenyal dan lembab.

Tidak hanya itu, minum air putih yang cukup juga dapat mencegah gigi berlubang. Mengapa bisa begitu? Air putih dapat menyapu sisa makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Tak jarang pula kita minum air yang mengandung gula seperti jus dan soda yang buruk untuk kesehatan gigi Anda. Maka dari itu, minum air putih sehingga melarutkan asam yang dihasilkan bakter dalam mulut dan mencegah munculnya plak yang membuat gigi berlubang.

2. Rajin Minum Teh Hijau atau Teh Hitam

Apakah Anda suka mengonsumi teh hijau dan teh hitam? Jika iya, maka kebiasaan tersebut adalah kebiasaan yang baik.

Teh hijau dan teh hitam mengandung fluoride alami yang dapat melindungi enamel gigi. Selain itu, kandungan polifenol dalam teh juga dapat mengurangi pembentukan plak pada gigi, sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan gigi berlubang.

3. Sikat Gigi dengan Rutin

Cara paling mudah untuk mencegah gigi berlubang adalah dengan rutin sikat gigi setidaknya dua kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur.

Sepanjang hari tentu kita makan dan minum sehingga sisa makanan dan minuman tersebut menempel di gigi Anda. Sisa makanan dan minuman inilah yang dapat memicu tumbuhnya bakteri yang menyebabkan pembentukan plak.

Lama kelamaan, plak ini dapat membuat gigi berlubang. Maka dari itu, pastikan Anda rajin menyikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari.

4. Konsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari

Apa hubungan sayur dan buah dengan pencegahan gigi berlubang? Tanpa kita sadari, sayur dan buah banyak mengandung serat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan gigi.

Ya, serat tidak hanya baik untuk pencernaan namun juga dapat meningkatkan produksi air liur. Air liur yang mengandung kalsium dan fosfat dapat membantu mulut menjaga kesehatan gigi sekaligus mencegah gigi berlubang.

5. Kunyah Permen Karet

Tak asing lagi, permen karet rasa mint biasa dikonsumsi untuk membuat nafas segar. Ternyata tidak hanya itu, permen karet bebas gula juga dapt membersihkan gigi dari sisa makanan.

Permen karet juga dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut, sehingga membantu mengurangi plak penyebab gigi berlubang.

Itulah 5 kebiasaan sederhana yang manfaatnya luar biasa untuk mencegah gigi Anda berlubang. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi Anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi agar gigi Anda selalu sehat dan jauh dari risiko gigi berlubang. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "5 Kebiasaan yang Bisa Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak membesar"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini