5 Bank Digital diIndonesia Tanpa Biaya Admin

Bank digital menawarkan fasilitas yang tidak terbayangkan sebelumnya, yaitu rekening tanpa admin. Apa aja sih 5 bank digital di indonesia tanpa adanya biaya admin?

Selama ini salah satu keluhan dari nasabah bank adalah besarnya biaya administrasi bulanan. Akibatnya, uang di rekening tabungan Anda tidak dapat tumbuh dan malah menimbulkan bunga.

Namun belakangan ini, bank digital muncul karena perkembangan teknologi keuangan. Bank yang menggunakan aplikasi mobile untuk berinteraksi dengan konsumen.

Salah satu fitur bank digital adalah tidak ada biaya administrasi. Gambaran umum bank digital yang menawarkan semua biaya administrasi gratis pada tahun 2022.

1. Jago Bank

Jago adalah aplikasi mobile banking Bank Jago, salah satu pionir perbankan digital di Indonesia. Salah satu fitur yang  paling menarik dari Jago Digital adalah bebas dari administrasi dan biaya lainnya. Nasabah tidak perlu membayar semua rincian biaya administrasi yang biasanya dibebankan oleh bank.

Berikut adalah tabel biaya yang diambil dari website Bank Jago.

Keluhan para milenial soal rekening tabungan di bank adalah banyaknya biaya dan kewajiban minimum saldo, yang menyulitkan bagi mereka dengan keuangan terbatas.

Jago tampaknya paham sekali soal itu sehingga memberikan banyak gratis biaya, yaitu:

- Biaya administrasi bulanan: Gratis

- Saldo awal saat buka rekening adalah Nol.

- Biaya akun dorman (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan) Nol.

- Tidak ketentuan ada saldo minimum.

No Cost at Jago sangat cocok untuk kaum milenial dan profesional muda yang memiliki dana terbatas namun membutuhkan kartu debit untuk mengelola uangnya.

Beberapa bank lain yang saya kenal tidak mengenakan biaya administrasi. Dalam hal ini, biaya administrasi gratis akan dikenakan. Kebanyakan dari mereka membutuhkan saldo setoran minimum yang besar, sehingga persyaratannya bervariasi.

Jago memberikan fasilitas gratis biaya transfer dan biaya top-up emoney. Biaya gratis ini dibatasi dalam sebulan.

Dari situs Jago, saya mendapatkan info bahwa

- Gratis: 25x Transfer dan Top up e-Wallet/Bulan

- Setelah kuota habis: Rp3.000/transaksi

Biaya transfer bank di Jago jauh lebih murah dibandingkan biaya transfer di bank - bank lain, yaitu Rp 7,500 per setiap kali transfer antar rekening bank.

Gratis biaya top-Up Go Pay dari Jago tidak ada batasan. Nasabah Jago bisa selalu menikmati gratis biaya top-up Go Pay, tanpa dibatasi maksimum berapa kali dalam sebulan.

Kita tahu bahwa GoJek adalah salah satu pemilik Bank Jago, sehingga fasilitas gratis biaya top-up Go Pay bisa dinikmati oleh nasabah Jago.

Saat ini, biaya top-up Go Pay di bank lain berkisar antara Rp 3 ribu sd Rp 6 ribu. Jumlah ini cukup lumayan, terutama buat pasar milenial, yang kerap menggunakan Go Pay untuk berbagai transaksi.

Berbeda dengan bank pada umumnya, nasabah tidak perlu ke kantor cabang untuk bisa membuka rekening tabungan di Jago.

Jago menjanjikan proses pembukaan rekening bank yang 100% online. Hanya lewat aplikasi di ponsel.

Nasabah cukup mengunduh aplikasi Jago di Google Play Store, mengisi data, lalu mengupload dokumen yang diminta. Setelah itu, untuk mengaktifkan, nasabah perlu menghubungi pihak Jago melalui video call.

Apakah aman transaksi via aplikasi ?

Aman !

Ada beberapa mitigasi pengamanan yang bank digital, seperti Jago, terapkan, yaitu:

- Scan sidik jari biometrik di ponsel yang bisa membaca sidik jari

- PIN sebagai kontrol untuk membuka aplikasi di ponsel yang tidak punya sidik jari

- Password diminta saat melakukan transaksi finansial, misalnya transfer uang dan lain-lain.

Karena bagian dari Bank Jago, aplikasi digital banking ini diawasi dan diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dan simpanan tabungan lewat aplikasi ini dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

2. Blu BCA

Blu bca adalah aplikasi mobile banking besutan dari Bank BCA Digital.

Kemudahan yang dijanjikan oleh bank digital Blu adalah biaya yang rendah. Ini penting karena produk bank digital, umumnya, ditujukan untuk milenial dan karyawan baru, yang punya keterbatasan budget.

Keluhan para milenial soal rekening tabungan di bank adalah banyaknya biaya dan kewajiban minimum saldo, yang menyulitkan bagi mereka dengan keuangan terbatas.

Salah satu fitur yang menurut saya paling menarik dari Bank BCA Digital adalah biaya admin dan biaya - biaya lainnya yang gratis. Nasabah tidak perlu membayar segala tetek - bengek biaya admin, yang biasanya dibebankan oleh bank.

Blu BCA Digital memberikan gratis biaya admin, yaitu:

- Biaya Pembukaan dan Penutup Rekening: Nol

- Biaya administrasi bulanan: Gratis

- Saldo awal saat buka rekening adalah Nol.

- Biaya akun dorman (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan): Nol

- Biaya dibawah saldo minimum: Nol

No cost di Blu tepat sekali untuk milenial atau first time jobber yang keuangannya terbatas, tetapi ingin punya  kartu debit untuk mengelola keuangan.

Di perbankan lain, yang saya tahu, hampir tidak ada yang tidak membebankan biaya admin. Jika pun ada, free admin fee, syaratnya banyak, seperti yang paling sering adalah harus punya minimum saldo tabungan yang besar.

BCA Digital memberikan fasilitas gratis biaya transfer dan biaya top-up emoney. Biaya gratis ini dibatasi dalam sebulan.

Blu memberikan gratis biaya transfer dan top-up e money dalam 2 bulan pertama:

- Gratis: 20x Transfer atau Top up e-Wallet/Bulan

- Setelah kuota habis: Rp6.500/transaksi

Biaya transfer bank di blu jauh lebih murah dibandingkan biaya transfer di bank - bank lain, yaitu Rp 7,500 per setiap kali transfer antar rekening bank.

Gratis biaya top-Up Go Pay dari Blu sebanyak maksimum 20 kali dalam 2 bulan sejak pembukaan rekening pertama kali.

Jika sudah melewati 2 bulan, kuota 20 kali bebas transfer masih bisa dinikmati, asal memenuhi persyaratan tertentu. Syaratnya adalah: rata - rata saldo per bulan adalah Rp 1 juta.

Perhitungan angka rata - rata tersebut adalah dari tanggal 28 di bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 27 bulan berjalan.

Saat ini, biaya top-up Go Pay di bank lain berkisar antara Rp 3 ribu sd Rp 6 ribu. Jumlah ini cukup lumayan, terutama buat pasar milenial, yang kerap menggunakan Go Pay untuk berbagai transaksi.

BCA Digital menjanjikan proses pembukaan rekening bank yang 100% online. Cukup punya e-KTP dan ponsel smartphone.

Nama aplikasi mobile banking BCA Digital adalah Blu. Blu BCA Digital.

Apakah aman transaksi perbankan via aplikasi ?

Aman !

BCA Digital melakukan sejumlah mitigasi pengamanan dia aplikasi Blu, yaitu:

- Scan sidik jari biometrik di ponsel yang bisa membaca sidik jari

- PIN sebagai kontrol untuk membuka aplikasi di ponsel yang tidak punya sidik jari

- Password diminta saat melakukan transaksi finansial, misalnya transfer uang dan lain-lain.

Karena bagian dari Bank BCA Digital, aplikasi Blu digital banking ini diawasi dan diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dan simpanan tabungan lewat aplikasi ini dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

3. Line Bank Hana

Line Bank adalah aplikasi digital banking kerjasama Line dan Bank Hana. 

Bank Hana merupakan PT Bank KEB Hana Indonesia (”Bank”) yang didirikan dengan nama PT Bank Pasar Pagi Madju berdasarkan Akta Pendirian No. 25 tanggal 27 April 1971 dengan pengesahan Menteri Kehakiman sesuai Keputusan No. Y.A.5/189/25 tanggal 25 Mei 1974.

Komisi yang menguntungkan untuk perdagangan di aplikasi ini. Di Line Bank tidak ada biaya transaksi, mulai dari tanpa biaya transfer hingga tarik tunai dari ATM bank lain.

Dengan biaya tarik tunai yang gratis, kita bisa ambil uang dari kartu debit Line di semua ATM bank tanpa perlu khawatir kena biaya tambahan.

Tidak ada minimum setoran saldo yang membebani, baik saat pembukaan rekening atau selama rekening aktif. Bahkan rekening dormant pun tidak kena biaya.

Banyak promo cashback. Dengan menggunakan aplikasi, kita bisa menikmati sejumlah potongan diskon di berbagai e-commerce besar.

Desain kartu debit sangat khas anak muda, dari warna dan bentuk kartu debit. Disediakan pula pengiriman kartu secara gratis.

Aplikasinya sendiri secara UX UI juga nyaman digunakan. Desainnya clean, warna terang dengan navigasi yang mudah, membuat pengalaman menggunakan menjadi menyenangkan.

Bank ini dimiliki sepenuhnya oleh Hana Bank di Korea. Bank Hana merupakan salah satu bank terbesar di Korea Selatan yang merupakan anak perusahaan dari Hana Financial Group. 

LINE Bank adalah bank digital. Namun, jika nasabah butuh bantuan, tetap bisa mengunjungi kantor cabang PT Bank KEB Hana Indonesia.

4. Seabank

Seabank menawarkan gratis semua biaya admin. Mau itu transfer kemanapun, biayanya gratis.

Gratis tanpa biaya ini membantu banyak kalangan untuk bisa bertransaksi di bank.

Nasabah tidak perlu khawatir kena tambahan biaya saat melakukan transaksi karena Seabank menerapkan kebijakan bebas biaya admin dan biaya transfer bahkan untuk rekening di bank yang berbeda.

Seabank tidak meminta saldo minimum di rekening tabungan. Tidak hanya saat buka, tetapi juga saldo rekening per bulan.

Orang jadi bebas menarik uangnya saat dibutuhkan, tanpa perlu khawatir beban biaya akibat saldo dibawah minimum.

Tanpa saldo minimum, mungkin karena ini bank digital, Seabank jadi membuka akses keuangan menjadi terbuka luas. Semua kalangan jadi bisa mempunyai rekening bank.

Ketentuan tanpa saldo ini juga bagus membantu milenial, orang dengan punya keuangan terbatas untuk bisa membuka tabungan.

Apalagi, nasabah Seabank kemungkinan akan banyak dari konsumen Shopee yang berasal dari berbagai tingkat penghasilan.

Selama ini, salah satu hambatan banyak orang untuk buka rekening adalah kewajiban untuk menempatkan uang pada saldo minimum. Tidak semua orang punya uang yang cukup untuk buka rekening.

Seabank Indonesia dulunya bernama Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE). BKE berubah nama menjadi Seabank karena per 10 Februari 2021, perusahaan tersebut telah resmi diakuisisi oleh Sea Group, induk perusahaan marketplace Shopee.

Dalam perubahan nama tersebut, per 18 Februari 2022, Seabank mengirimkan pemberitahuan bahwa situs web BKE yang dapat diakses di bankbke.co.id akan dinonaktifkan dan beralih ke situs seabank.co.id.

Sebagai sebuah bank digital, tentunya masyarakat Indonesia bisa mengakses berbagai produk dan layanan Seabank Indonesia melalui aplikasi Seabank Indonesia. Aplikasi tersebut saat ini tersedia dalam versi mobile untuk pengguna iPhone dan Android. 

Saat ini Seabank Indonesia telah terdaftar dan diawasi OJK serta menjadi bank peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Pengguna Shopee bisa dengan mudah membuka rekening bank di Seabank. Akses orang jadi lebih mudah ke sistem perbankan.

Hal ini membantu literasi dan akses keuangan masyarakat yang selama ini masih terbatas.

Akses lewat e-commerce akan sangat membantu bank seperti Seabank untuk menjangkau lebih banyak masyarakat.

Sementara, masyarakat yang selama ini sulit mendapatkan layanan perbankan, sekarang dengan bank digital yang hadir di e-commerce, jadi lebih mudah membuka rekening bank dan menikmati layanan perbankan.

5. Neo Bank

Aplikasi Neo Bank yang juga sering disebut aplikasi Bank Neo Commerce adalah bank digital yang didirikan oleh perusahaan perbankan yang bernama PT. Bank Yudha Bhakti. Bank Neo Commerce telah berdiri sejak 2020, sementara itu Bank Yudha Bhakti sebagai perusahaan perbankan di Indonesia, telah berdiri sejak 30 tahun. 

Untuk akun neobank, semua biaya GRATIS, yang meliputi:

Suku Bunga mulai dari 6.00% sampai dengan 8.00% p.a. untuk Suku Bunga disesuaikan dengan tenor.

Pembayaran bunga deposito akan dibayar pada saat jatuh tempo, sesuai tenor deposito. 

Contohnya: buka deposito 3 bulan pada tanggal 1 Juli 2021 nominal adalah Rp.1 juta dan rate bunganya adalah 7.50%, bunga akan dihitung mulai dari tanggal 1 Juli 2021. Karena bulan Juli dan Agustus ada 31 hari kalender dan September ada 30 hari kalender, jadi saat deposito jatuh tempo jumlah bunganya sekitar 1,000,000*(31+31+30)*7.50%/365?Rp18.904

Nasabah bisa melakukan penarikan dan pengisian saldo secara fleksibel tanpa terbatas waktu. Bahkan, untuk produk deposito sekalipun tanpa dikenai denda.

Dengan usia yang terbilang cukup belia di dunia perbankan, pasti saat ini Anda punya pertanyaan “aplikasi Bank Neo Commerce, apakah aman?”

Secara legalitas, saat ini Bank Neo memiliki status terdaftar dan diawasi OJK serta dijamin oleh LPS

Artinya, masyarakat bisa menggunakan aplikasi ini dengan aman. Aplikasi ini bisa didapatkan di App Store/Google Play Store.

Aplikasi neobank juga telah diunduh lebih dari 18 juta kali sejak diluncurkan akhir Maret 2021 dan menjadi aplikasi paling populer di Google Play Store dan App Store di Oktober 2021. 

Salah satu hal yang juga menarik, baru - baru ini aplikasi Fintech Akulaku menjadi salah satu pemegang saham mayoritas di Bank Neo. Akulaku mengambil alih sebagian besar kepemilikan saham lewat jalur rights issues di pasar modal.

Masuknya Akulaku dipandang sebagai tanda masuknya kapitalis besar dari China. Menjadikan Neo Commerce Bank sebagai salah satu bank digital dengan teknologi terkuat, modal terkuat dan jaringan terkuat di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "5 Bank Digital diIndonesia Tanpa Biaya Admin"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini