10 Website Tempat Belajar Coding Gratis yang Wajib Kamu Coba

Kemampuan untuk membuat kode program adalah keterampilan yang  sangat berguna, terutama bagi pengusaha dan pekerja lepas.

Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk belajar coding? Jawabannya: Gratis.

Berikut rangkuman 10 situs kursus coding gratis yang bisa kamu jadikan wadah untuk mengasah dan mengembangkan skill programming-mu.

10 Situs Web Terbaik untuk Belajar Coding

1. BitDegree

BitDegree adalah tempat yang ideal untuk belajar coding secara gratis. Platform pendidikan online ini menawarkan kursus tentang banyak bahasa pemrograman seperti HTML, JavaScript, PHP, CSS, dan mata pelajaran seperti pengembangan game dan ilmu data. Beberapa kelas menawarkan sertifikasi yang berguna dalam resume pekerjaan.

Kelebihan

- Tidak ada biaya untuk mencapai keterampilan teknis.

- Komunikasi dengan siswa lain dan mentor mempercepat proses pembelajaran.

- Kursusnya sangat menarik dan menghibur dengan sesi interaktif.

Kekurangan

- Memerlukan Flash Player

- Biaya Ijazah dan Sertifikat.

- Penghapusan iklan dengan imbalan pembayaran.

2. Codecademy

Sama seperti BitDegree, Codecademy juga menyediakan kursus gratis dan berbayar pada 14 bahasa pemrograman yang berbeda seperti HTML, CSS, GO, Swift, dan banyak lainnya. Codecademy memiliki kuis penyortiran di awal yang membantu siswa menentukan pekerjaan pemrograman mana yang paling cocok untuk mereka dan kursus mana yang akan mereka ikuti. Ada kelas ramah pemula dan menengah – keduanya bekerja secara terorganisir.

Kelebihan

- Codecademy menawarkan paket gratis dasar di mana pengguna dapat menikmati kelas interaktif gratis dan latihan harian juga.

- Kursus interaktif ramah pemula.

Kekurangan

- UI tidak terlalu mudah dinavigasi.

- Tidak ada uji coba gratis dari paket berbayar.

3. Coursera

Coursera bermitra dengan beberapa universitas dan perusahaan terkemuka untuk menyediakan kursus berkualitas.

Perpustakaan subjek sangat besar. Kamu bisa mempelajari ilmu komputer, analisis data, dan pengembangan web dari situs web pendidikan online ini. Beberapa kursus gratis, tetapi yang menengah akan dikenakan biaya cukup banyak.

Kelebihan

- Katalog kursus yang luas.

- Kursus berbayar dilengkapi dengan uji coba gratis 7 hari.

- Platform online ini up-to-date dan sangat terorganisir dengan baik.

Kekurangan

- Sebagian besar kursus berbayar

4. edX

Platform online nirlaba ini bermitra dengan universitas kelas dunia seperti Harvard dan NYU untuk menyediakan 3000+ kursus online gratis. Ada paket gratis dan berbayar untuk kursus.

Kelebihan

- Banyak pilihan kursus tingkat universitas yang ditawarkan bekerja sama dengan universitas terbaik di dunia – MIT, Harvard, Microsoft, dll.

- Sebagian besar kursus dapat diaudit secara gratis.

Kekurangan

- Pelajaran kelas dapat diakses secara bebas tetapi melakukan tugas untuk umpan balik dan penilaian serta melamar sertifikat akan mengharuskan pengguna untuk membeli kursus. Kursus berbayar akan dikenakan biaya antara $50 dan $300.

5. Khan Academy

Khan Academy terutama menyediakan kursus ramah pemula untuk pengkodean. Topik terdiri dari aturan dasar pemrograman komputer dan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, jQuery, dan SQL.

Kelebihan

- Khan Academy gratis dan dapat diakses oleh semua orang. Platform ini tidak mengenakan biaya untuk menonton video mereka dan menyelesaikan masalah pengkodean.

- Pengguna dapat belajar dengan kecepatan pengguna sendiri.

Kekurangan

- Video bisa lebih menarik secara visual.

6. Codewars

Menjadi salah satu situs pengkodean paling populer, Codewars dijalankan oleh perusahaan penilaian teknologi. Perusahaan ini memberikan tantangan kode yang dikenal sebagai kata. Kamu bisa mempertajam keterampilan-mu dengan cara ini.

Kelebihan

- Gratis untuk digunakan.

- Community engagement.

Kekurangan

- Kamu akan memerlukan beberapa pengetahuan pengkodean dasar.

7. Udemy

Udemy menyediakan 2000+ kelas dalam kategori pengembangan termasuk beberapa bahasa pemrograman, kursus pengembangan game, ilmu data, dan banyak lagi. Kamu bisa memfilter opsi sesuai kebutuhan-mu.

Kelebihan

- Hampir 600+ kursus gratis.

- Berbagai pilihan kursus/mata pelajaran.

Kekurangan

- Karena Udemy bukan lembaga terakreditasi, sertifikat yang dikeluarkan oleh mereka mungkin bukan akreditasi informal yang valid.

8. Dash

Dash adalah platform online yang dirancang oleh General Assembly yang merupakan kamp pelatihan pengkodean dan platform pendidikan digital. Pengguna dapat belajar coding secara gratis di situs ini melalui berbagai proyek online. Setiap tugas memberi pengguna wawasan tentang dasar-dasar bahasa pemrograman seperti HTML, JavaScript, dan CSS.

Kelebihan

- Fleksibilitas kursus

- Kurikulum kursus terus diperbarui

Kekurangan

- Kursus berbayar itu mahal

9. freeCodeCamp

Situs web pengkodean ini memiliki kurikulum kursus 3000 jam dan memiliki 40.000+ lulusan. Situs web ini adalah platform tepercaya terbaik tempat kamu bisa belajar coding secara gratis. freeCodeCamp memiliki alumni terbaik yang akan kamu temui.

Kelebihan

- Gratis untuk diakses dan digunakan.

- Proyek dimaksudkan untuk mempertajam keterampilan-mu

Kekurangan

- Konsep dapat dijelaskan secara rinci.

10. The Odin Project

Ini adalah tempat yang bagus untuk pemula yang lengkap untuk memulai kursus pengkodean Foundations mereka. Kamu akan dipandu melalui pembelajaran bahasa pemrograman dasar HTML, CSS, dan JavaScript.

Kelebihan

- Ini adalah platform gratis untuk belajar coding dan sangat ramah pemula.

- Itu melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mengatur topik dengan cara yang sangat sederhana sementara juga menunjukkan aplikasi dunia nyata dari topik tersebut.

Kekurangan

- Kursus mendalam sedikit lebih mahal.

Jadi, kelas online mana yang akan kamu ambil?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama